Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Unik dan Komprehensif

Apakah Kamu sedang mencari contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang unik dan komprehensif? Mungkin Kamu ingin memberikan kesan yang berbeda dan menarik kepada perekrut ketika melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menjadi alternatif yang menarik untuk membedakan diri Kamu dari pelamar lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang lengkap dan mendetail, serta memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuatnya.

Sebelum kita masuk ke contoh surat lamaran kerja tulis tangan, penting untuk memahami bahwa surat lamaran kerja adalah alat yang penting dalam mencari pekerjaan. Surat ini dapat memberikan gambaran tentang pengalaman, keahlian, dan motivasi Kamu kepada perekrut. Dengan menyertakan surat lamaran kerja tulis tangan yang unik dan komprehensif, Kamu dapat menunjukkan dedikasi dan perhatian ekstra yang Kamu berikan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Informasi Pribadi

Bagian pertama dari surat lamaran kerja tulis tangan adalah informasi pribadi. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email Kamu dengan jelas dan mudah dibaca. Dengan memberikan informasi pribadi yang lengkap dan akurat, perekrut dapat menghubungi Kamu dengan mudah jika mereka tertarik dengan lamaran Kamu.

Contoh:

Nama: John Doe

Alamat: Jl. Contoh No. 123, Jakarta

Nomor Telepon: 08123456789

Email: johndoe@example.com

Alamat

Di bagian ini, tuliskan alamat lengkap Kamu, termasuk nama jalan, nomor rumah, dan kota tempat tinggal Kamu. Pastikan untuk menulis alamat dengan benar dan jelas agar perekrut tidak kesulitan mencari lokasi Kamu jika diperlukan.

Nomor Telepon

Tuliskan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan mudah. Pastikan nomor telepon yang Kamu cantumkan adalah nomor aktif dan Kamu dapat dihubungi melalui nomor tersebut.

Alamat Email

Sertakan alamat email yang profesional dan mudah diingat. Pastikan untuk memeriksa kotak masuk email Kamu secara teratur agar tidak melewatkan pesan dari perekrut.

Setelah mencantumkan informasi pribadi, langkah berikutnya adalah menulis tujuan lamaran.

Tujuan Lamaran

Tujuan lamaran adalah bagian penting dalam surat lamaran kerja tulis tangan Kamu. Di bagian ini, jelaskan mengapa Kamu tertarik dengan posisi yang Kamu lamar dan apa yang membuat Kamu cocok untuk pekerjaan tersebut. Sampaikan dengan jelas dan meyakinkan kepada perekrut mengapa Kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Contoh:

Tujuan Saya:

Dengan surat lamaran ini, saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya yang besar untuk bergabung dengan perusahaan XYZ sebagai seorang Marketing Executive. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasinya yang baik dan komitmen dalam menghadirkan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan pengalaman saya dalam industri ini dan keahlian dalam strategi pemasaran, saya yakin dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai tujuan perusahaan XYZ.

Reputasi Perusahaan

Jelaskan mengapa Kamu tertarik dengan perusahaan tersebut dan apa yang menarik bagi Kamu dari reputasi perusahaan. Bicarakan tentang prestasi dan penghargaan yang perusahaan telah capai, serta nilai-nilai dan budaya perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai Kamu.

Keahlian dan Pengalaman

Bagian ini adalah kesempatan untuk menyoroti keahlian dan pengalaman Kamu yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar. Jelaskan dengan rinci keahlian dan pengalaman yang Kamu miliki, dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam peran yang Kamu lamar.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan Kamu adalah informasi penting yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja. Tuliskan dengan jelas tentang pendidikan formal yang Kamu selesaikan, termasuk nama sekolah/universitas, jurusan, tahun lulus, dan prestasi akademik yang relevan.

Contoh:

Riwayat Pendidikan:

- S1 Teknik Informatika, Universitas ABC, 2010-2014

- IPK: 3.75/4.00

- Penghargaan Akademik Terbaik, 2014

Nama Sekolah/Universitas

Tuliskan nama sekolah atau universitas tempat Kamu menyelesaikan pendidikan. Jika Kamu memiliki gelar atau sertifikat, cantumkan juga di bagian ini.

Jurusan

Tuliskan jurusan atau program studi yang Kamu ambil selama pendidikan. Jika Kamu memiliki spesialisasi atau konsentrasi di bidang tertentu, sebutkan juga di sini.

Tahun Lulus

Tuliskan tahun ketika Kamu menyelesaikan pendidikan. Ini akan memberikan gambaran tentang pengalaman Kamu dan sejauh mana Kamu telah berkembang dalam karir akademik Kamu.

Prestasi Akademik

Jika Kamu menerima penghargaan atau prestasi akademik selama pendidikan Kamu, cantumkan informasi tentang prestasi tersebut di bagian ini. Hal ini akan menunjukkan kepada perekrut bahwa Kamu memiliki kualitas yang luar biasa dalam bidang akademik.

Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja adalah hal penting yang harus Kamu sertakan dalam surat lamaran kerja tulis tangan Kamu. Di bagian ini, jelaskan pengalaman kerja Kamu yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar. Cantumkan nama perusahaan, jabatan, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah Kamu capai.

Contoh:

Pengalaman Kerja:

- Marketing Manager, PT ABC, Jakarta, 2015-2020

- Mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif

- Meningkatkan pendapatan perusahaan sebesar 20% dalam dua tahun terakhir

- Mengelola tim pemasaran dan mengawasi pelaksanaan proyek-proyek pemasaran

Nama Perusahaan

Tuliskan nama perusahaan tempat Kamu bekerja. Jika perusahaan tersebut terkenal atau memiliki reputasi yang baik, sebutkan juga di bagian ini.

Jabatan

Tuliskan jabatan atau posisi yang Kamu pegang selama bekerja di perusahaan tersebut. Jika Kamu memiliki tanggung jawab tambahan atau promosi selama bekerja, sertakan juga informasi tersebut.

Tanggung Jawab

Jelaskan tanggung jawab utama yang Kamu emban selama bekerja di perusahaan tersebut. Bicarakan tentang proyek yang Kamu kelola, tim yang Kamu pimpin, atau tugas khusus yang Kamu tangani.

Pencapaian

Jika Kamu memiliki pencapaian atau kontribusi yang signifikan selama bekerja di perusahaan tersebut, cantumkan informasi tentang pencapaian tersebut di bagian ini. Misalnya, peningkatan pendapatan, penghematan biaya, atau penghargaan yang Kamu terima.

Keahlian

Keahlian adalah aspek penting yang harus ditekankan dalam surat lamaran kerja tulis tangan. Di bagian ini, tuliskan keahlian atau keterampilan yang Kamu miliki yang relevan dengan pekerjaanyang Kamu lamar. Jelaskan secara rinci keahlian-keahlian tersebut dan bagaimana keahlian tersebut dapat memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.

Contoh:

Keahlian:- Analisis data: Mampu menganalisis data secara efisien menggunakan berbagai alat dan teknik analisis. Dapat mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang berharga untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.- Komunikasi efektif: Terampil dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Mampu menyampaikan ide-ide kompleks dengan jelas dan memberikan presentasi yang meyakinkan kepada pemangku kepentingan.- Manajemen proyek: Berpengalaman dalam mengelola proyek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Mampu mengatur sumber daya dan waktu dengan efektif untuk mencapai tujuan proyek dalam batas waktu yang ditentukan.

Analisis Data

Jelaskan secara rinci tentang keahlian analisis data yang Kamu miliki. Bicarakan tentang alat atau teknik analisis yang Kamu kuasai dan bagaimana Kamu dapat mengubah data menjadi wawasan berharga untuk perusahaan.

Komunikasi Efektif

Terangkan kemampuan komunikasi Kamu baik secara lisan maupun tulisan. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Kamu berhasil menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan kepada audiens yang beragam.

Manajemen Proyek

Jelaskan pengalaman Kamu dalam mengelola proyek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Bicarakan tentang bagaimana Kamu mengatur sumber daya dan waktu dengan efektif untuk mencapai tujuan proyek sesuai jadwal yang ditentukan.

Motivasi dan Nilai Kerja

Bagian ini adalah kesempatan bagi Kamu untuk menjelaskan motivasi Kamu dalam melamar pekerjaan tersebut dan nilai-nilai kerja yang Kamu anut. Jelaskan mengapa Kamu tertarik dengan perusahaan dan bagaimana nilai-nilai Kamu sejalan dengan budaya perusahaan. Berikan contoh konkret yang menunjukkan bagaimana Kamu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pekerjaan sebelumnya.

Contoh:

Motivasi dan Nilai Kerja:

Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan XYZ karena saya percaya bahwa perusahaan ini memberikan kesempatan bagi saya untuk terus tumbuh dan berkembang dalam karir saya. Saya sangat menghargai nilai-nilai kerja perusahaan, seperti inovasi, kolaborasi, dan keunggulan, yang sejalan dengan prinsip-prinsip yang saya anut. Selama bekerja di perusahaan sebelumnya, saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan mencapai hasil yang optimal, dengan tetap menjunjung tinggi integritas dan etika kerja. Saya percaya bahwa nilai-nilai ini akan membuat saya berkontribusi secara positif dalam mencapai tujuan dan visi perusahaan XYZ.

Keinginan untuk Tumbuh dan Berkembang

Jelaskan motivasi Kamu untuk terus tumbuh dan berkembang dalam karir Kamu. Bicarakan tentang bagaimana perusahaan ini dapat memberikan peluang dan tantangan yang akan membantu Kamu mencapai potensi penuh Kamu.

Nilai-nilai Kerja

Terangkan nilai-nilai kerja yang Kamu anut dan bagaimana nilai-nilai tersebut sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Kamu telah menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pekerjaan sebelumnya dan dampak positif yang dihasilkan.

Penghargaan dan Sertifikat

Jika Kamu memiliki penghargaan atau sertifikat yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar, sertakan informasi tentang penghargaan atau sertifikat tersebut dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung lamaran Kamu. Penghargaan dan sertifikat dapat menjadi bukti nyata tentang prestasi dan kualitas kerja Kamu.

Contoh:

Penghargaan dan Sertifikat:

- Penghargaan Karyawan Terbaik, PT ABC, 2018

- Sertifikat Pelatihan Manajemen Proyek, 2019

Penghargaan

Jelaskan penghargaan yang pernah Kamu terima selama karir Kamu. Bicarakan tentang kriteria penghargaan tersebut dan bagaimana Kamu berhasil memenuhi kriteria tersebut.

Sertifikat Pelatihan

Tuliskan sertifikat pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar. Jelaskan dengan singkat tentang konten pelatihan dan bagaimana pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualifikasi Kamu untuk posisi yang Kamu lamar.

Referensi

Jika Kamu memiliki referensi yang dapat memberikan rekomendasi positif tentang kepribadian dan kualitas kerja Kamu, sertakan informasi tentang referensi tersebut. Pastikan Kamu telah meminta izin dari referensi sebelum menyertakan informasi mereka. Referensi dapat memberikan tambahan kepercayaan kepada perekrut tentang kemampuan dan kualitas Kamu sebagai calon karyawan.

Contoh:

Referensi:

- Dr. John Smith, Dosen Pembimbing Skripsi, Universitas ABC

- Telp: 08123456789

- Email: johnsmith@example.com

Nama Referensi

Tuliskan nama lengkap dan jabatan dari referensi yang Kamu cantumkan. Jika Kamu memiliki lebih dari satu referensi, cantumkan semua referensi tersebut.

Kontak Referensi

Sertakan nomor telepon dan alamat email dari referensi yang Kamu cantumkan. Pastikan nomor telepon dan alamat email yang Kamu berikan masih aktif dan dapat dihubungi.

Penutup

Tuliskan penutup yang singkat namun tegas. Ucapkan terima kasih kepada perekrut atas waktu dan perhatiannya, serta ungkapkan harapan Kamu untuk dapat menghadiri wawancara selanjutnya. Penutup harus memberikan kesan yang positif dan meyakinkan kepada perekrut tentang minat dan komitmen Kamu dalam melamar pekerjaan tersebut.

Contoh:

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang Kamu berikan untuk membaca surat lamaran ini. Saya sangat antusias dengan peluang untuk bergabung dengan perusahaan XYZ dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya berharap dapat menghadiri wawancara selanjutnya untuk membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan XYZ. Terima kasih atas perhatian yang Kamu berikan dan saya berharap dapat segera mendengar kabar baik dari Kamu.

Tanda Tangan

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan Kamu di akhir surat. Tanda tangan ini dapat memberikan kesan profesional dan personal. Pastikan tanda tangan Kamu terlihat jelas dan mudah dibaca.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang unik dan komprehensif. Penting untuk diingat bahwa setiap surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan pekerjaan yang Kamu lamar. Gunakan contoh-contoh ini sebagai panduan dan tambahkan sentuhan pribadi Kamu untuk membuat surat lamaran yang unik dan menarik. Semoga berhasil dalam mencari pekerjaan yang Kamu idamkan!

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Unik dan Komprehensif"

Daftar Isi [
tampilkan
]