Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Split Screen Xiaomi MIUI 9: Panduan Lengkap

Apakah Anda pengguna Xiaomi dengan sistem operasi MIUI 9? Jika iya, Anda mungkin tertarik untuk mempelajari cara menggunakan fitur split screen yang disediakan oleh Xiaomi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan split screen di perangkat Xiaomi MIUI 9 Anda. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, meningkatkan produktivitas dan kemudahan penggunaan perangkat Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan perangkat Xiaomi Anda sudah menjalankan MIUI 9. Jika belum, Anda dapat memperbarui sistem operasi Anda ke MIUI 9 melalui pengaturan perangkat. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan fitur split screen pada Xiaomi MIUI 9:

Aktifkan Mode Split Screen

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan mode split screen di perangkat Xiaomi MIUI 9 Anda. Caranya sangat mudah, cukup geser dari atas layar perangkat untuk mengakses menu notifikasi dan cepat, kemudian cari ikon split screen. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan mode split screen.

Memahami Fungsi Mode Split Screen

Mode split screen adalah fitur yang memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Dengan mengaktifkan mode ini, Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking tanpa harus terus-menerus beralih antara aplikasi satu dan lainnya. Misalnya, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp di satu sisi layar dan membuka aplikasi Chrome di sisi lainnya. Fitur ini sangat berguna saat Anda perlu membaca pesan dan mencari informasi di internet secara bersamaan atau saat Anda ingin menjawab pesan sambil menonton video YouTube.

Aktifkan Mode Split Screen

Untuk mengaktifkan mode split screen, Anda perlu mengakses menu notifikasi dan cepat dengan menggeser dari atas layar perangkat Xiaomi Anda. Setelah itu, cari ikon split screen. Biasanya, ikon ini berbentuk dua kotak kecil yang berdampingan. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan mode split screen.

Aktifkan Mode Split Screen

Buka Aplikasi Pertama

Setelah mode split screen diaktifkan, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi pertama yang ingin Anda jalankan dalam mode split screen. Misalnya, Anda ingin menjalankan aplikasi WhatsApp dan Chrome secara bersamaan. Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Buka Aplikasi WhatsApp

Untuk membuka aplikasi WhatsApp, kembali ke layar utama perangkat Xiaomi Anda dan cari ikon aplikasi WhatsApp. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Pilih Aplikasi yang Cocok

Pilih aplikasi yang ingin Anda jalankan dalam mode split screen dengan pertimbangan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Misalnya, jika Anda sering menggunakan WhatsApp dan Chrome bersamaan, pilih aplikasi-aplikasi tersebut sebagai contoh dalam panduan ini.

Buka Aplikasi Pertama

Buka Aplikasi Kedua

Setelah aplikasi pertama terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi kedua yang ingin Anda jalankan dalam mode split screen. Kembali ke layar utama perangkat Xiaomi Anda dan cari aplikasi yang ingin Anda buka. Misalnya, Anda ingin membuka aplikasi Chrome.

Buka Aplikasi Chrome

Untuk membuka aplikasi Chrome, cari ikon aplikasi Chrome di layar utama perangkat Xiaomi Anda. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi Chrome.

Pilih Aplikasi Lain yang Ingin Dijalankan

Pilih aplikasi kedua yang ingin Anda jalankan dalam mode split screen. Misalnya, jika Anda ingin menjalankan WhatsApp dan Chrome bersamaan, pilih aplikasi Chrome sebagai contoh dalam panduan ini.

Buka Aplikasi Kedua

Aktifkan Mode Split Screen

Setelah aplikasi kedua terbuka, Anda perlu mengaktifkan mode split screen. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol multitasking pada perangkat Xiaomi Anda. Biasanya, tombol ini berada di sebelah kanan tombol home atau navigasi bawah layar. Setelah Anda menekan tombol multitasking, layar akan terbagi menjadi dua bagian dan aplikasi pertama yang telah Anda buka akan muncul di satu sisi layar.

Ketahui Tombol Multitasking

Tombol multitasking adalah tombol yang memungkinkan Anda beralih antara aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Xiaomi Anda. Biasanya, tombol ini berada di sebelah kanan tombol home atau navigasi bawah layar. Jika Anda tidak yakin di mana tombol multitasking berada, periksa panduan pengguna perangkat Xiaomi Anda atau cari tahu melalui pencarian internet.

Aktifkan Mode Split Screen

Untuk mengaktifkan mode split screen, tekan dan tahan tombol multitasking pada perangkat Xiaomi Anda. Tahan tombol tersebut hingga muncul pilihan untuk mengaktifkan mode split screen. Jika Anda sudah mendapatkan pilihan tersebut, lepaskan tombol multitasking.

Aktifkan Mode Split Screen

Pindahkan Aplikasi

Selanjutnya, Anda dapat memindahkan aplikasi kedua ke sisi lain layar. Untuk melakukannya, cukup ketuk ikon aplikasi kedua yang telah muncul di bagian bawah layar, tahan beberapa detik, dan seret ke sisi yang diinginkan. Misalnya, seret aplikasi Chrome ke sisi kanan layar.

Pindahkan Aplikasi dengan Mudah

Untuk memindahkan aplikasi kedua ke sisi lain layar, ketuk ikon aplikasi tersebut dan tahan beberapa detik. Setelah itu, seret aplikasi ke sisi layar yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan aplikasi Chrome ke sisi kanan layar, seret ikon aplikasi tersebut ke arah kanan.

Atur Posisi Aplikasi

Anda dapat mengatur posisi aplikasi dalam mode split screen dengan cara menyeret ikon aplikasi ke sisi layar yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin aplikasi WhatsApp berada di sisi kiri layar dan aplikasi Chrome berada di sisi kanan layar, seret ikon aplikasi WhatsApp ke sisi kiri dan ikon aplikasi Chrome ke sisi kanan.

Pindahkan Aplikasi

Menyesuaikan Ukuran Layar

Jika Anda ingin menyesuaikan ukuran layar masing-masing aplikasi, Anda dapat melakukannya dengan menggeser garis pembatas antara kedua aplikasi. Dengan menggeser garis pembatas, Anda dapat memperbesar atau memperkecil ukuran masing-masing aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Atur Ukuran Layar Aplikasi

Untuk mengatur ukuran layar masing-masing aplikasi, cari garis pembatas yang terletak di tengah layar. Geser garis pembatas ke arah kanan atau kiri untuk memperbesar atau memperkecil ukuran aplikasi tersebut. Anda dapat menyesuaikan ukuran layar masing-masing aplikasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Pentingnya Menyesuaikan Ukuran Layar

Menyesuaikan ukuran layar aplikasi sangat pent

Menyesuaikan Ukuran Layar

Menyesuaikan ukuran layar aplikasi sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan fitur split screen. Dengan mengatur ukuran aplikasi, Anda dapat mengoptimalkan tampilan dan kenyamanan penggunaan dua aplikasi sekaligus. Misalnya, jika Anda ingin membaca artikel di satu sisi layar dan mencatat di aplikasi lain di sisi lainnya, Anda dapat memperbesar ukuran aplikasi pembaca artikel untuk memperjelas teks dan memperkecil ukuran aplikasi catatan untuk memberikan ruang yang cukup untuk menulis.

Menggeser Garis Pembatas

Untuk menggeser garis pembatas, arahkan kursor ke garis tersebut dan klik tahan. Kemudian, seret garis pembatas ke arah yang diinginkan. Jika Anda ingin memperbesar aplikasi pertama, seret garis pembatas ke kanan. Sebaliknya, jika Anda ingin memperbesar aplikasi kedua, seret garis pembatas ke kiri. Anda dapat mengatur ukuran layar aplikasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Menyesuaikan Ukuran Layar

Mengganti Aplikasi

Jika Anda ingin mengganti salah satu aplikasi yang sedang berjalan dalam mode split screen, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol multitasking. Ketuk ikon aplikasi yang ingin Anda ganti, dan aplikasi tersebut akan ditampilkan di layar penuh. Anda juga dapat menutup salah satu aplikasi dengan menggeser garis pembatas hingga ke salah satu sisi layar.

Menggunakan Tombol Multitasking

Tombol multitasking adalah tombol yang memungkinkan Anda beralih antara aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Xiaomi Anda. Untuk mengganti aplikasi yang sedang berjalan dalam mode split screen, tekan tombol multitasking. Setelah itu, akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan. Ketuk ikon aplikasi yang ingin Anda ganti, dan aplikasi tersebut akan ditampilkan di layar penuh.

Menutup Aplikasi

Jika Anda ingin menutup salah satu aplikasi dalam mode split screen, cukup geser garis pembatas hingga ke salah satu sisi layar. Misalnya, jika Anda ingin menutup aplikasi kedua, geser garis pembatas ke sisi kiri atau kanan layar. Aplikasi yang ditutup akan keluar dari mode split screen dan hanya aplikasi pertama yang tetap berjalan di layar.

Mengganti Aplikasi

Menonaktifkan Mode Split Screen

Jika Anda ingin menonaktifkan mode split screen, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol multitasking dan menggeser garis pembatas ke salah satu sisi layar hingga aplikasi pertama menutupi seluruh layar. Mode split screen akan dinonaktifkan dan Anda dapat menggunakan perangkat Xiaomi MIUI 9 Anda seperti biasa.

Menggunakan Tombol Multitasking

Untuk menonaktifkan mode split screen, tekan tombol multitasking pada perangkat Xiaomi Anda. Setelah itu, geser garis pembatas hingga ke salah satu sisi layar hingga aplikasi pertama menutupi seluruh layar. Mode split screen akan dinonaktifkan dan perangkat Anda akan kembali ke tampilan layar penuh.

Kembali ke Tampilan Layar Penuh

Jika Anda ingin kembali ke tampilan layar penuh setelah menggunakan mode split screen, cukup geser garis pembatas hingga ke salah satu sisi layar hingga aplikasi pertama menutupi seluruh layar. Setelah itu, perangkat Xiaomi Anda akan kembali ke tampilan layar penuh tanpa adanya pembagian layar.

Menonaktifkan Mode Split Screen

Memaksimalkan Penggunaan Split Screen

Agar lebih efektif dalam menggunakan fitur split screen, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

Menggunakan Aplikasi yang Sering Digunakan Secara Bersamaan

Pertimbangkan aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan secara bersamaan dan manfaatkan fitur split screen untuk menjalankannya secara bersamaan. Misalnya, jika Anda sering menggunakan WhatsApp dan Chrome bersamaan, manfaatkan fitur split screen untuk membuka kedua aplikasi tersebut dalam satu layar.

Mengatur Ukuran Layar Masing-Masing Aplikasi

Setiap aplikasi mungkin memiliki tampilan yang berbeda-beda, dan Anda dapat mengatur ukuran layar masing-masing aplikasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membaca artikel di satu sisi layar dan mencatat di aplikasi lain di sisi lainnya, Anda dapat memperbesar ukuran aplikasi pembaca artikel dan memperkecil ukuran aplikasi catatan.

Menggunakan Fitur Split Screen saat Membaca Artikel dan Membuat Catatan

Fitur split screen sangat berguna saat Anda ingin membaca artikel dan membuat catatan secara bersamaan. Misalnya, jika Anda sedang membaca artikel di satu aplikasi, Anda dapat membuka aplikasi catatan di sisi lainnya untuk mencatat hal-hal penting yang Anda temukan. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada artikel yang sedang dibaca tanpa harus terus-menerus beralih antara aplikasi.

Memanfaatkan Fitur Split Screen saat Melakukan Multitasking

Fitur split screen juga sangat berguna saat Anda perlu melakukan multitasking yang melibatkan beberapa aplikasi. Misalnya, jika Anda sedang menonton video YouTube dan ingin menjawab pesan WhatsApp secara bersamaan, Anda dapat membuka kedua aplikasi tersebut dalam mode split screen. Dengan begitu, Anda dapat menonton video dan menjawab pesan tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Memaksimalkan Penggunaan Split Screen

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan fitur split screen pada perangkat Xiaomi MIUI 9. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, meningkatkan produktivitas dan kemudahan penggunaan perangkat Anda. Jangan ragu untuk mencoba fitur ini dan manfaatkan tips yang kami berikan untuk memaksimalkan penggunaan split screen. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Split Screen Xiaomi MIUI 9: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]