Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Samsung: Tutorial Lengkap dan Praktis

Apakah Kamu sering ingin merekam layar Samsung Anda? Mungkin Kamu ingin berbagi tutorial, merekam permainan, atau menyimpan momen berharga. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara merekam layar Samsung Kamu dengan mudah dan praktis.

Sebelum kita mulai, pastikan Kamu memiliki perangkat Samsung yang sudah terinstal aplikasi perekam layar. Jika belum, Kamu dapat mengunduhnya melalui Galaxy Store atau Play Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai merekam layar Samsung Kamu.

Merekam Layar Menggunakan Fitur Bawaan Samsung

Salah satu cara termudah untuk merekam layar Samsung adalah menggunakan fitur bawaan yang disediakan oleh Samsung. Fitur ini berguna bagi pengguna yang tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar. Caranya sangat sederhana, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Fitur Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Perekam Layar

Setelah membuka pengaturan perekam layar, Kamu akan melihat tombol on/off atau terdapat pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini. Geser tombol ke posisi "Aktifkan" atau centang kotak untuk mengaktifkan fitur perekam layar Samsung.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar

Setelah mengaktifkan fitur perekam layar, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu. Kembali ke layar utama perangkat dan buka aplikasi atau halaman yang ingin Kamu rekam. Untuk memulai perekaman, Kamu dapat menekan kombinasi tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik. Kamu juga dapat menggeser bilah notifikasi ke bawah dan ketuk ikon perekam layar jika tersedia.

Langkah 5: Selesai Merekam Layar

Setelah selesai merekam layar, Kamu dapat menghentikan perekaman dengan menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan lagi atau dengan menggeser bilah notifikasi dan mengetuk ikon perekam layar. Rekaman layar akan disimpan secara otomatis dalam galeri atau folder khusus yang ditentukan oleh aplikasi perekam layar Samsung.

Dengan fitur perekam layar bawaan Samsung, Kamu dapat dengan mudah merekam layar Samsung Kamu tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Fitur ini sangat praktis dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, merekam permainan, atau menyimpan momen berharga. Jika Kamu mencari cara yang sederhana dan efisien untuk merekam layar Samsung, fitur ini adalah pilihan yang tepat.

Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Kamu ingin lebih banyak opsi dan fitur tambahan saat merekam layar Samsung Kamu, Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Aplikasi perekam layar pihak ketiga ini menawarkan berbagai fitur yang lebih lengkap dan lebih fleksibel dibandingkan dengan fitur bawaan Samsung. Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar yang populer:

1. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar paling populer di Play Store. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang lengkap, seperti merekam layar dengan resolusi tinggi, merekam suara internal, merekam dengan kamera depan, dan banyak lagi. Selain itu, AZ Screen Recorder juga memungkinkan Kamu mengedit rekaman layar langsung dari aplikasi.

2. DU Recorder

DU Recorder adalah aplikasi perekam layar yang juga sangat populer di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti merekam layar dengan resolusi tinggi, merekam suara internal dan eksternal, merekam dengan kamera depan, dan fitur pengeditan video yang lengkap. DU Recorder juga memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

3. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar yang mudah digunakan dan menawarkan berbagai fitur yang berguna. Aplikasi ini memungkinkan Kamu merekam layar dengan kualitas video hingga 1080p, merekam suara internal dan eksternal, merekam dengan kamera depan, dan mengedit rekaman layar langsung dari aplikasi.

4. ScreenCam Screen Recorder

ScreenCam Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar yang sederhana namun efektif. Aplikasi ini memungkinkan Kamu merekam layar dengan kualitas video hingga 1080p, merekam suara internal, merekam dengan kamera depan, dan mengedit rekaman layar langsung dari aplikasi. ScreenCam Screen Recorder juga memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Kamu dapat memperluas kemampuan merekam layar Samsung Kamu dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan fleksibel. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu dan eksplorasi berbagai fitur yang ditawarkan untuk mendapatkan hasil rekaman yang maksimal.

Merekam Layar dengan Suara Internal

Jika Kamu ingin merekam layar Samsung sambil merekam suara internal, Kamu perlu mengaktifkan fitur suara internal terlebih dahulu. Fitur suara internal memungkinkan Kamu merekam suara yang keluar dari aplikasi atau perangkat lunak yang sedang Kamu gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Suara

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Suara" atau "Audio" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan suara.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Suara Internal

Setelah membuka pengaturan suara, cari opsi "Suara Internal" atau "Internal Audio" dan pastikan tombol atau kotak centang di sebelahnya dalam keadaan aktif. Aktifkan fitur suara internal ini agar Kamu dapat merekam suara yang keluar dari aplikasi atau perangkat lunak yang Kamu gunakan saat merekam layar.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar dengan Suara Internal

Setelah mengaktifkan fitur suara internal, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Pastikan suara yang ingin direkam keluar melalui speaker atau headphone perangkat Kamu agar dapat terekam dengan baik.

Dengan mengaktifkan fitur suara internal, Andadapat merekam suara yang keluar dari aplikasi atau perangkat lunak saat merekam layar Samsung Kamu. Hal ini sangat berguna jika Kamu ingin membuat tutorial atau merekam permainan dengan komentar suara. Pastikan untuk mengaktifkan fitur suara internal sebelum memulai perekaman agar suara yang dihasilkan dapat terekam dengan jelas dan berkualitas.

Merekam Layar dengan Suara Eksternal

Apabila Kamu ingin merekam layar Samsung sambil merekam suara dari mikrofon eksternal, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kamu ikuti:

Langkah 1: Sambungkan Mikrofon Eksternal

Pertama, pastikan Kamu memiliki mikrofon eksternal yang dapat terhubung dengan perangkat Samsung Kamu. Sambungkan mikrofon tersebut ke port yang sesuai, seperti jack headphone atau port USB (jika didukung). Pastikan mikrofon terpasang dengan baik dan terdeteksi oleh perangkat Kamu.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Setelah memasang mikrofon eksternal, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 3: Cari dan Buka Pengaturan Suara

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Suara" atau "Audio" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan suara.

Langkah 4: Pilih Mikrofon Eksternal sebagai Sumber Suara

Selanjutnya, dalam pengaturan suara, cari opsi untuk memilih sumber suara yang akan digunakan saat merekam layar. Biasanya, opsi ini disebut "Sumber Suara" atau "Audio Source". Ketuk opsi tersebut dan pilih mikrofon eksternal sebagai sumber suara yang ingin Kamu rekam.

Langkah 5: Mulai Merekam Layar dengan Suara Eksternal

Setelah mengatur pengaturan suara, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Pastikan untuk menggunakan mikrofon eksternal yang terhubung untuk merekam suara yang diinginkan. Mikrofon eksternal akan membantu meningkatkan kualitas suara rekaman Kamu.

Dengan menghubungkan mikrofon eksternal ke perangkat Samsung Kamu, Kamu dapat merekam suara dari sumber eksternal saat merekam layar. Hal ini sangat berguna jika Kamu ingin memberikan komentar suara, mengadakan presentasi, atau merekam suara lingkungan sekitar ketika melakukan rekaman. Pastikan untuk menggunakan mikrofon yang berkualitas baik agar suara yang direkam terdengar jelas dan terang.

Merekam Layar dengan Notifikasi Tertutup

Jika Kamu ingin merekam layar Samsung tanpa adanya notifikasi yang muncul di rekaman Kamu, Kamu dapat mengaktifkan fitur notifikasi tertutup. Dengan fitur ini, notifikasi yang muncul saat merekam layar akan disembunyikan sehingga tidak mengganggu tampilan rekaman. Berikut adalah caranya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Notifikasi Tertutup

Setelah membuka pengaturan perekam layar, cari opsi "Notifikasi Tertutup" atau "Hide Notifications" dan pastikan tombol atau kotak centang di sebelahnya dalam keadaan aktif. Aktifkan fitur notifikasi tertutup ini untuk menyembunyikan notifikasi yang muncul saat merekam layar.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar dengan Notifikasi Tertutup

Setelah mengaktifkan fitur notifikasi tertutup, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Notifikasi yang muncul saat merekam akan disembunyikan sehingga tidak terlihat dalam rekaman layar.

Dengan mengaktifkan fitur notifikasi tertutup, Kamu dapat merekam layar Samsung tanpa adanya gangguan dari notifikasi yang muncul. Hal ini berguna jika Kamu ingin merekam layar tanpa adanya gangguan visual atau jika Kamu ingin menjaga privasi pesan atau notifikasi pribadi yang muncul saat merekam. Pastikan untuk mengaktifkan fitur notifikasi tertutup sebelum memulai perekaman agar notifikasi tidak terlihat dalam rekaman layar.

Merekam Layar dengan Resolusi Tinggi

Jika Kamu ingin merekam layar Samsung dengan resolusi tinggi untuk hasil yang lebih jelas dan tajam, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Pilih Resolusi Tinggi

Setelah masuk ke pengaturan perekam layar, cari opsi "Resolusi" atau "Resolution" dan pilih opsi resolusi yang tinggi, seperti 1080p atau 720p. Pilih resolusi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu dan sesuai dengan kemampuan perangkat Samsung Kamu.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar dengan Resolusi Tinggi

Setelah memilih resolusi tinggi, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Rekaman layar akan dilakukan dengan resolusi yang Kamu pilih, sehingga menghasilkan video yang lebih jelas dan tajam.

Dengan merekam layar Samsung dengan resolusi tinggi, Kamu dapat memperoleh hasil rekaman yang lebih jelas dan tajam. Hal ini sangat berguna jika Kamu ingin membuat tutorial atau merekam permainan dengan kualitas video yang lebih baik. Pastikan untuk memilih resolusi yang sesuai dengan kemampuan perangkat Kamu agar rekaman layar dapat dilakukan dengan baik.

Merekam Layar dengan Mode Gelap

Jika Kamu menggunakan mode gelap di Samsung Kamu dan ingin merekam layar dengan mode tersebut, berikut adalah caranya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan TampilanSetelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Tampilan" atau "Display" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan tampilan.

Langkah 3: Aktifkan Mode Gelap

Dalam pengaturan tampilan, cari opsi "Mode Gelap" atau "Dark Mode" dan aktifkan tombol atau kotak centang di sebelahnya. Dengan mengaktifkan mode gelap, tampilan perangkat Samsung Kamu akan berubah menjadi latar belakang gelap dengan teks dan ikon yang lebih terang.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar dengan Mode Gelap

Setelah mengaktifkan mode gelap, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Rekaman layar akan dilakukan dengan mode gelap yang telah diaktifkan, sehingga tampilan rekaman akan sesuai dengan mode gelap yang Kamu inginkan.

Dengan merekam layar Samsung dengan mode gelap, Kamu dapat menciptakan rekaman yang sesuai dengan preferensi visual Kamu. Mode gelap dapat memberikan tampilan yang lebih nyaman bagi mata dan memberikan kesan yang lebih modern. Pastikan untuk mengaktifkan mode gelap sebelum memulai perekaman agar rekaman layar sesuai dengan preferensi Kamu.

Merekam Layar dengan Pengaturan Kualitas Gambar

Anda dapat mengatur kualitas gambar saat merekam layar Samsung Kamu sesuai dengan keinginan Kamu. Dengan pengaturan kualitas gambar yang tepat, Kamu dapat menghasilkan rekaman layar yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Pilih Pengaturan Kualitas Gambar

Setelah membuka pengaturan perekam layar, cari opsi "Kualitas Gambar" atau "Image Quality" dan pilih pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Kamu dapat memilih opsi kualitas gambar yang lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pada preferensi Kamu.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar dengan Pengaturan Kualitas Gambar

Setelah mengatur pengaturan kualitas gambar, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Rekaman layar akan dilakukan dengan pengaturan kualitas gambar yang telah Kamu pilih, sehingga menghasilkan rekaman yang sesuai dengan preferensi visual Kamu.

Dengan mengatur pengaturan kualitas gambar saat merekam layar Samsung Kamu, Kamu dapat menghasilkan rekaman yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Kamu. Kamu dapat memilih kualitas gambar yang lebih tinggi untuk menghasilkan rekaman yang lebih jelas dan tajam, atau memilih kualitas gambar yang lebih rendah untuk menghemat ruang penyimpanan. Pastikan untuk mengatur pengaturan kualitas gambar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Kamu sebelum memulai perekaman layar.

Merekam Layar dengan Durasi Waktu Tertentu

Jika Kamu hanya ingin merekam layar Samsung dalam waktu tertentu, Kamu dapat mengatur durasi rekaman sesuai keinginan Kamu. Berikut adalah caranya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Aktifkan Durasi Waktu

Di pengaturan perekam layar, cari opsi "Durasi Waktu" atau "Duration" dan aktifkan tombol atau kotak centang di sebelahnya. Dengan mengaktifkan durasi waktu, Kamu dapat mengatur waktu rekaman layar sesuai dengan keinginan Kamu.

Langkah 4: Atur Durasi Waktu

Setelah mengaktifkan durasi waktu, Kamu dapat memilih durasi rekaman layar yang diinginkan. Kamu dapat memilih durasi dalam detik, menit, atau jam tergantung pada kebutuhan Kamu. Pilih durasi yang sesuai dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Mulai Merekam Layar dengan Durasi Waktu Tertentu

Setelah mengatur durasi waktu, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Rekaman layar akan berhenti secara otomatis setelah durasi waktu yang Kamu tetapkan telah tercapai.

Dengan mengatur durasi waktu saat merekam layar Samsung Kamu, Kamu dapat mengontrol waktu rekaman dan memastikan rekaman berhenti sesuai dengan keinginan Kamu. Hal ini berguna jika Kamu hanya ingin merekam layar dalam waktu singkat atau jika Kamu ingin memastikan rekaman tidak berjalan terlalu lama. Pastikan untuk mengatur durasi waktu sebelum memulai perekaman agar rekaman layar berhenti sesuai dengan keinginan Kamu.

Merekam Layar dengan Tekstur Kursor

Jika Kamu ingin merekam layar Samsung dengan tekstur kursor yang lebih menarik, Kamu dapat mengaktifkan fitur tekstur kursor. Dengan fitur ini, kursor pada rekaman layar akan memiliki tampilan yang berbeda dan lebih menarik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka pengaturan pada perangkat Samsung Kamu. Kamu dapat menemukan aplikasi Pengaturan di menu utama atau di bilah notifikasi. Ketuk ikon Pengaturan untuk melanjutkan.

Langkah 2: Cari dan Buka Pengaturan Perekam Layar

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi "Perekam Layar" atau "Merekam Layar" di daftar opsi yang tersedia. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Penggunaan Umum" atau "Tambahan Pengaturan". Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan perekam layar.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Tekstur Kursor

Di pengaturan perekam layar, cari opsi "Tekstur Kursor" atau "Cursor Texture" dan aktifkan tombol atau kotak centang di sebelahnya. Dengan mengaktifkan fitur tekstur kursor, Kamu dapat mengubah tampilan kursor pada rekaman layar.

Langkah 4: Pilih Tekstur Kursor

Setelah mengaktifkan fitur tekstur kursor, Kamu dapat memilih tekstur kursor yang ingin digunakandalam rekaman layar. Pilihlah tekstur yang paling sesuai dengan preferensi Kamu dan klik "OK" atau "Simpan" untuk mengonfirmasi pengaturan.

Langkah 5: Mulai Merekam Layar dengan Tekstur Kursor

Setelah mengatur tekstur kursor, Kamu dapat mulai merekam layar Samsung Kamu seperti biasa menggunakan fitur bawaan Samsung atau aplikasi pihak ketiga. Kursor pada rekaman layar akan memiliki tampilan yang berbeda sesuai dengan tekstur yang Kamu pilih.

Dengan mengaktifkan fitur tekstur kursor saat merekam layar Samsung Kamu, Kamu dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan unik pada rekaman Kamu. Hal ini berguna jika Kamu ingin membuat tutorial atau merekam permainan dengan gaya yang lebih personal dan kreatif. Pastikan untuk memilih tekstur kursor yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Kamu sebelum memulai perekaman layar.

Dengan panduan lengkap di atas, Kamu sekarang dapat dengan mudah merekam layar Samsung Kamu sesuai kebutuhan Kamu. Ingatlah untuk menggunakan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh Samsung atau aplikasi pihak ketiga untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=sub title

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar Samsung: Tutorial Lengkap dan Praktis"

Daftar Isi [
tampilkan
]