Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy

Windows 11 Pro Insider Preview merupakan versi uji coba terbaru dari sistem operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft. Namun, bagi sebagian pengguna, mungkin ada keinginan untuk menghilangkan versi evaluasi ini dan mengembalikan ke versi Windows sebelumnya. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan komprehensif tentang cara menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy melibatkan beberapa langkah yang kompleks dan risiko. Pastikan Kamu telah membuat cadangan semua data penting sebelum melanjutkan. Selain itu, pastikan juga Kamu memiliki lisensi yang sah untuk versi Windows sebelumnya yang ingin Kamu instal kembali.

Mencadangkan Data Anda

Sebelum melakukan perubahan pada sistem operasi Kamu, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencadangkan semua data penting. Ini termasuk file pribadi, foto, video, dokumen, dan setiap data lain yang ingin Kamu pertahankan setelah menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy.

Anda dapat memindahkan data ke penyimpanan eksternal seperti hard disk eksternal, flash disk, atau menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Pastikan untuk membuat salinan data di tempat yang aman dan dapat diakses setelah menginstal ulang sistem operasi.

Untuk mencadangkan data, cukup buka File Explorer dan pilih file atau folder yang ingin Kamu backup. Kamu dapat menyalinnya ke perangkat penyimpanan eksternal atau melakukan operasi drag and drop. Pastikan untuk memeriksa kembali bahwa semua data penting telah berhasil dicadangkan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Mendapatkan Media Instalasi Windows Sebelumnya

Langkah selanjutnya adalah memastikan Kamu memiliki media instalasi untuk versi Windows sebelumnya yang ingin Kamu instal kembali setelah menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy. Kamu dapat mengunduhnya dari situs web resmi Microsoft atau menggunakan media instalasi yang Kamu miliki sebelumnya.

Jika Kamu menggunakan media instalasi yang sudah Kamu miliki sebelumnya, pastikan itu adalah media instalasi yang sah dan kompatibel dengan versi Windows sebelumnya yang ingin Kamu instal. Jika Kamu tidak memiliki media instalasi, Kamu dapat mengunduhnya dari situs web resmi Microsoft menggunakan perangkat lain yang terhubung ke internet.

Kunjungi situs web resmi Microsoft dan cari halaman unduhan Windows. Pilih versi Windows yang Kamu inginkan dan ikuti petunjuk untuk mengunduh file ISO. Setelah file ISO diunduh, Kamu dapat membuat media instalasi menggunakan perangkat lunak seperti Rufus atau menggunakan perintah bawaan pada Windows untuk membuat drive bootable.

Menghapus Partisi Windows 11 Pro Insider Preview

Setelah Kamu memiliki media instalasi Windows sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menghapus partisi yang berisi Windows 11 Pro Insider Preview. Menghapus partisi akan menghapus semua data yang ada di dalamnya, jadi pastikan Kamu telah mencadangkan data penting sebelumnya.

Untuk menghapus partisi, Kamu dapat menggunakan utilitas partisi disk yang tersedia pada media instalasi Windows sebelumnya atau menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang sesuai. Jika Kamu menggunakan media instalasi Windows, masukkan media bootable ke perangkat dan restart komputer Kamu.

Setelah masuk ke menu instalasi Windows, pilih opsi "Custom installation" atau "Advanced options". Di sini, Kamu akan melihat daftar partisi yang ada pada hard disk Kamu. Pilih partisi yang berisi Windows 11 Pro Insider Preview dan pilih opsi "Delete" untuk menghapus partisi tersebut.

Anda mungkin perlu menghapus beberapa partisi terkait lainnya, seperti partisi sistem atau partisi pemulihan, tergantung pada konfigurasi disk Kamu. Pastikan untuk melihat dan memeriksa dengan hati-hati sebelum menghapus partisi apa pun untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Menginstal Kembali Windows Sebelumnya

Setelah partisi Windows 11 Pro Insider Preview dihapus, Kamu dapat menginstal kembali versi Windows sebelumnya yang Kamu miliki. Pastikan untuk mengikuti panduan instalasi yang disediakan oleh Microsoft atau mengikuti petunjuk dari media instalasi yang Kamu gunakan.

Jika Kamu menggunakan media instalasi DVD, masukkan DVD instalasi ke perangkat dan restart komputer Kamu. Setelah masuk ke menu instalasi Windows, pilih opsi "Install now" dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal Windows.

Jika Kamu menggunakan media instalasi USB, sambungkan drive USB ke perangkat dan restart komputer Kamu. Selama proses booting, tekan tombol yang ditunjukkan pada layar untuk masuk ke menu boot dan pilih drive USB sebagai perangkat boot. Setelah masuk ke menu instalasi Windows, pilih opsi "Install now" dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal Windows.

Memilih Partisi

Selama proses instalasi, Kamu akan diminta untuk memilih partisi di mana Kamu ingin menginstal Windows. Pilih partisi yang kosong atau partisi yang telah Kamu persiapkan sebelumnya untuk instalasi. Jika Kamu tidak yakin, Kamu dapat membuat partisi baru dengan mengklik opsi "New" dan mengatur ukuran partisi sesuai kebutuhan Kamu.

Pastikan untuk memilih partisi dengan hati-hati, karena instalasi akan menghapus semua data yang ada di dalam partisi tersebut. Jika Kamu memiliki data penting yang masih ada di partisi yang akan digunakan untuk instalasi, pastikan untuk memindahkan data tersebut ke tempat yang aman sebelum melanjutkan.

Proses Instalasi

Setelah Kamu memilih partisi, lanjutkan dengan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh Windows. Kamu akan diminta untuk memilih opsi bahasa, zona waktu, dan pengaturan lainnya. Pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan yang Kamu pilih sebelum melanjutkan dengan instalasi.

Setelah Kamu mengkonfirmasi pengaturan, proses instalasi akan dimulai. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa saat tergantung pada kecepatan perangkat keras Kamu. Selama proses instalasi, pastikan untuk tidak mematikan atau memutuskan sambungan listrik perangkat Kamu.

Setelah proses instalasi selesai, komputer Kamu akan me-restart secara otomatis dan Kamu akan melihat layar pengaturan awal Windows. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan pengaturan awal dan Kamu akan masuk ke desktop Windows yang baru diinstal.

Mengaktifkan Windows

Setelah Kamu berhasil menginstal kembali versi Windows sebelumnya, langkah terakhir adalah mengaktifkan Windows menggunakan lisensi yang sah. Kamu mungkin perlu memasukkan kunci produk atau melakukan aktivasi online sesuai petunjuk yang disediakan oleh Microsoft.

Untuk mengaktifkan Windows, buka "Settings" dengan mengklik ikon "Start" di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi "Settings". Di jendela pengaturan, pilih opsi "Update & Security" dan klik tab "Activation". Di sini, Kamu akan melihat opsi untuk memasukkan kunci produk atau mengaktifkan Windows secara online.

Jika Kamu memiliki kunci produk, masukkan kunci tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan Windows. Jika Kamu tidak memiliki kunci produk, pilih opsi "Activate" dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan Windows secara online. Pastikan Kamu terhubung ke internet selama proses aktivasi.

Setelah Windows berhasil diaktifkan, Kamu akan mendapatkan akses penuh ke semua fitur dan kemampuan Windows yang terkunci pada versi evaluasi sebelumnya. Pastikan untuk memeriksa apakah Windows telah diaktifkan dengan benar dan muncul status aktivasi yang valid di pengaturan Windows.

Mengupdate Sistem Operasi

Setelah berhasil menginstal kembali Windows sebelumnya, jangan lupa untuk mengupdate sistem operasi Kamu ke versi yang terbaru. Pembaruan ini penting untuk memastikan keamanan dankinerja sistem yang optimal. Kamu dapat melakukannya melalui Windows Update atau mengunduh pembaruan terbaru dari situs web resmi Microsoft.

Untuk mengupdate sistem operasi melalui Windows Update, buka "Settings" dengan mengklik ikon "Start" di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi "Settings". Di jendela pengaturan, pilih opsi "Update & Security" dan klik tab "Windows Update". Di sini, Kamu akan melihat opsi untuk memeriksa pembaruan yang tersedia dan mengunduh serta menginstal pembaruan tersebut.

Windows secara otomatis akan memeriksa dan mengunduh pembaruan yang diperlukan untuk sistem operasi Kamu. Pastikan untuk memeriksa secara berkala dan menginstal pembaruan yang direkomendasikan untuk memastikan sistem Kamu tetap aman dan berkinerja baik.

Jika Kamu tidak memiliki akses internet atau mengalami masalah dengan Windows Update, Kamu dapat mengunduh pembaruan terbaru dari situs web resmi Microsoft. Kunjungi halaman unduhan Windows di situs web Microsoft dan cari pembaruan terbaru untuk versi Windows Kamu. Unduh pembaruan tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstalnya di komputer Kamu.

Menginstal Kembali Aplikasi dan Driver

Setelah mengupdate sistem operasi, langkah selanjutnya adalah menginstal kembali aplikasi dan driver yang Kamu gunakan sebelumnya. Aplikasi dan driver ini mungkin telah dihapus saat Kamu menginstal ulang Windows, jadi pastikan Kamu memiliki file instalasi atau media yang diperlukan sebelum melanjutkan.

Menginstal Aplikasi

Untuk menginstal aplikasi, cari file instalasi atau unduh versi terbaru dari situs web resmi pengembang aplikasi tersebut. Jika Kamu memiliki file instalasi yang telah Kamu cadangkan sebelumnya, cukup jalankan file tersebut dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi.

Jika Kamu tidak memiliki file instalasi, kunjungi situs web resmi pengembang aplikasi dan cari opsi unduhan. Pastikan untuk memilih versi yang kompatibel dengan versi Windows Kamu. Setelah mengunduh file instalasi, jalankan file tersebut dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi.

Menginstal Driver

Untuk menginstal driver, Kamu dapat menggunakan file instalasi yang Kamu cadangkan sebelumnya jika Kamu memiliki. Jika tidak, Kamu dapat mengunjungi situs web resmi produsen perangkat keras Kamu dan mencari driver terbaru untuk perangkat Kamu.

Cari opsi unduhan atau dukungan di situs web produsen perangkat keras dan pilih model perangkat keras yang sesuai. Unduh driver terbaru yang kompatibel dengan versi Windows Kamu dan jalankan file instalasi yang telah Kamu unduh. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal driver dengan benar.

Pastikan untuk menginstal semua driver yang diperlukan untuk perangkat keras Kamu, seperti driver kartu grafis, driver suara, driver jaringan, dan driver lainnya. Driver yang terbaru akan memastikan perangkat keras Kamu berfungsi dengan optimal dan mendukung fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Windows.

Mengoptimalkan Pengaturan Sistem

Setelah semua aplikasi dan driver terinstal, Kamu dapat mengoptimalkan pengaturan sistem sesuai dengan preferensi Kamu. Ini termasuk pengaturan layar, suara, jaringan, keamanan, dan setiap pengaturan lain yang ingin Kamu sesuaikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna Kamu.

Pengaturan Layar

Untuk mengoptimalkan pengaturan layar, buka "Settings" dengan mengklik ikon "Start" di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi "Settings". Di jendela pengaturan, pilih opsi "System" dan klik tab "Display". Di sini, Kamu dapat mengubah resolusi layar, skala tampilan, dan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Kamu.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur seperti mode malam hari untuk mengurangi kelelahan mata, atau mengubah tema dan latar belakang desktop untuk personalisasi yang lebih baik.

Pengaturan Suara

Untuk mengoptimalkan pengaturan suara, buka "Settings" dan pilih opsi "System". Di jendela pengaturan, pilih tab "Sound". Di sini, Kamu dapat mengatur volume, memilih perangkat output suara yang diinginkan, dan mengkonfigurasi pengaturan suara lainnya seperti suara notifikasi, suara aplikasi, dan lainnya.

Anda juga dapat mengatur pengaturan mikrofon dan memeriksa apakah perangkat audio terdeteksi dengan benar oleh sistem.

Pengaturan Jaringan

Untuk mengoptimalkan pengaturan jaringan, buka "Settings" dan pilih opsi "Network & Internet". Di jendela pengaturan, Kamu dapat mengonfigurasi pengaturan jaringan seperti menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, mengatur koneksi Ethernet, mengelola VPN, dan lainnya.

Anda juga dapat mengatur pengaturan keamanan jaringan seperti firewall dan proteksi terhadap serangan yang mungkin terjadi.

Pengaturan Keamanan

Untuk mengoptimalkan pengaturan keamanan, buka "Settings" dan pilih opsi "Update & Security". Di jendela pengaturan, pilih tab "Windows Security". Di sini, Kamu dapat mengonfigurasi pengaturan keamanan seperti pengaturan Windows Defender, pengaturan keamanan aplikasi, dan pengaturan keamanan lainnya.

Pastikan untuk mengaktifkan dan mengonfigurasi fitur keamanan yang ditawarkan oleh Windows untuk melindungi sistem Kamu dari ancaman malware dan serangan cyber.

Menjaga Keamanan Sistem

Setelah menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy, penting untuk menjaga keamanan sistem Kamu. Pastikan untuk menginstal dan mengupdate perangkat lunak keamanan yang dapat melindungi sistem Kamu dari ancaman malware dan serangan cyber.

Instal Perangkat Lunak Keamanan

Untuk menjaga keamanan sistem, pastikan Kamu memiliki perangkat lunak keamanan terinstal seperti antivirus dan firewall. Pilih perangkat lunak keamanan yang terpercaya dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Ada banyak pilihan perangkat lunak keamanan yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar. Pastikan Kamu memilih perangkat lunak yang dapat memberikan perlindungan yang kuat dan efektif terhadap ancaman malware dan serangan cyber.

Mengupdate Sistem Secara Berkala

Untuk menjaga keamanan sistem, pastikan Kamu mengupdate sistem operasi secara teratur. Pembaruan sistem operasi akan memperbaiki kerentanan keamanan dan memperkenalkan perbaikan yang diperlukan untuk menjaga sistem Kamu tetap aman.

Windows menyediakan fitur Windows Update yang secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan yang direkomendasikan. Pastikan Kamu mengaktifkan fitur ini dan memeriksa secara berkala apakah ada pembaruan yang tersedia untuk diinstal.

Pahami Ancaman Keamanan

Untuk menjaga keamanan sistem, penting untuk memahami ancaman keamanan yang ada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Selalu waspada terhadap email phishing, unduhan yang mencurigakan, atau tautan yang tidak diketahui.

Jangan menginstal atau menjalankan program yang tidak dapat dipercaya, dan hindari mengunjungi situs web yang tidak aman. Pastikan juga untuk mengaktifkan fitur keamanan seperti firewall dan Windows Defender, serta mengonfigurasi pengaturan keamanan dengan bijaksana.

Menggunakan Fitur Windows Sebelumnya

Setelah menginstal kembali versi Windows sebelumnya, Kamu dapat mulai menggunakan kembali fitur-fitur yang tersedia. Jelajahidan manfaatkan fitur-fitur ini untuk memaksimalkan produktivitas dan kenyamanan Kamu dalam menggunakan sistem operasi Windows.

Fitur Desktop

Windows menyediakan berbagai fitur desktop yang dapat membantu Kamu dalam organisasi dan produktivitas sehari-hari. Manfaatkan fitur seperti Taskbar yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dengan cepat, Start Menu untuk menjelajahi program dan file Kamu, dan Cortana untuk membantu Kamu dalam melakukan pencarian dan tugas lainnya.

Anda juga dapat menggunakan fitur Snap Assist untuk mengatur tampilan jendela dengan mudah, serta fitur Virtual Desktop untuk mengatur dan beralih antara desktop yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Fitur File Explorer

File Explorer adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan Kamu menjelajahi dan mengatur file dan folder di komputer Kamu. Manfaatkan fitur-fitur seperti pencarian cepat, tampilan pratinjau, dan opsi pengaturan tampilan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan Kamu.

Anda juga dapat menggunakan fitur seperti pemberian atribut pada file dan folder, kompresi file, serta fitur pembuatan shortcut untuk mempermudah akses ke file dan folder yang sering digunakan.

Fitur Keamanan

Windows memiliki sejumlah fitur keamanan yang dapat membantu Kamu melindungi data dan privasi Kamu. Manfaatkan fitur seperti Windows Defender yang menyediakan perlindungan terhadap malware dan serangan cyber, serta fitur pembaruan otomatis yang memastikan sistem Kamu tetap aman dengan pembaruan keamanan terbaru.

Anda juga dapat menggunakan fitur BitLocker untuk mengenkripsi data pada drive Kamu, dan Windows Hello untuk login yang cepat dan aman menggunakan pengenalan wajah atau sidik jari.

Fitur Pengaturan

Windows menyediakan berbagai pengaturan yang dapat Kamu sesuaikan sesuai dengan preferensi Kamu. Manfaatkan fitur seperti pengaturan tema, pengaturan suara, pengaturan layar, dan pengaturan jaringan untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya Kamu.

Anda juga dapat menggunakan fitur seperti pengaturan privasi untuk mengontrol bagaimana data Kamu digunakan oleh sistem dan aplikasi, serta fitur pengaturan akun untuk mengelola akun pengguna dan keamanan.

Penutup

Proses menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy dan mengembalikan ke versi Windows sebelumnya membutuhkan langkah-langkah yang hati-hati dan risiko. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan cermat dan menyelesaikan setiap langkah dengan teliti. Selain itu, pastikan Kamu telah membuat cadangan semua data penting sebelum memulai proses ini. Dengan mengikuti panduan ini, Kamu dapat menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy dan mengembalikan sistem operasi Windows sebelumnya dengan sukses.

Ingatlah untuk selalu mempertahankan keamanan sistem Kamu dengan menginstal perangkat lunak keamanan yang terbaru dan mengupdate sistem operasi secara teratur. Dengan merawat sistem Kamu, Kamu dapat memastikan kinerja yang optimal dan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Manfaatkan fitur-fitur Windows yang tersedia untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan Kamu dalam menggunakan sistem operasi. Jelajahi dan manfaatkan fitur-fitur ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat, Kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Windows dan memaksimalkan potensi sistem operasi ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Windows 11 Pro Insider Preview Evaluation Copy"

Daftar Isi [
tampilkan
]