Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi dan File di Start Menu Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang hadir dengan berbagai fitur baru yang menarik. Salah satu perubahan signifikan yang terlihat pada Windows 11 adalah tampilan Start Menu yang lebih modern dan memiliki rekomendasi aplikasi dan file yang muncul secara otomatis. Meskipun fitur ini dapat membantu pengguna menemukan aplikasi dan file dengan lebih cepat, namun ada beberapa pengguna yang ingin menghilangkan rekomendasi tersebut.

Jika Kamu termasuk pengguna yang ingin menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu Windows 11, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukannya. Kami akan menjelaskan langkah-langkah secara rinci dan memberikan tips tambahan untuk mengoptimalkan pengalaman menggunakan Windows 11.

Menggunakan Pengaturan Start Menu

Langkah pertama untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu Windows 11 adalah dengan menggunakan pengaturan Start Menu. Dalam pengaturan Start Menu, Kamu dapat menyesuaikan tampilan dan fitur yang ditampilkan.

1. Buka Start Menu dengan mengklik ikon Windows di pojok kiri bawah layar atau tekan tombol Windows pada keyboard.

2. Klik ikon gear di bagian kiri atas Start Menu untuk membuka Pengaturan.

3. Di jendela Pengaturan, pilih opsi "Personalisasi" dan klik "Start".

4. Di bagian Start, cari opsi "Munculkan rekomendasi aplikasi di Start" dan nonaktifkan tombol pengaturannya.

5. Lakukan hal yang sama untuk opsi "Munculkan rekomendasi file di Start".

6. Setelah itu, tutup jendela Pengaturan dan lihat perubahan yang terjadi pada Start Menu.

Langkah 1

Pengaturan Lainnya dalam Start Menu

Selain menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file, Kamu juga dapat menyesuaikan tampilan dan fitur lainnya dalam Start Menu. Berikut adalah beberapa pengaturan lain yang dapat Kamu sesuaikan:

1. Menyesuaikan ukuran Start Menu: Kamu dapat menyesuaikan ukuran Start Menu dengan menggeser tepi kanan atau bawah Start Menu.

2. Menambah atau menghapus grup aplikasi: Kamu dapat menambah atau menghapus grup aplikasi di Start Menu dengan mengklik kanan pada grup aplikasi atau menggunakan opsi "Tambah grup" atau "Hapus grup".

3. Menambah atau menghapus aplikasi: Kamu dapat menambah atau menghapus aplikasi di Start Menu dengan mengklik kanan pada aplikasi atau menggunakan opsi "Tambah" atau "Hapus" pada aplikasi yang ingin ditambahkan atau dihapus.

4. Menambah atau menghapus folder: Kamu dapat menambah atau menghapus folder di Start Menu dengan mengklik kanan pada folder atau menggunakan opsi "Tambah" atau "Hapus" pada folder yang ingin ditambahkan atau dihapus.

5. Mengubah tampilan daftar atau grid: Kamu dapat mengubah tampilan daftar atau grid aplikasi di Start Menu dengan menggunakan opsi "Tampilan" di bagian atas Start Menu.

Menggunakan Registry Editor

Jika pengaturan Start Menu tidak memberikan opsi untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file, Kamu dapat mencoba menggunakan Registry Editor. Registry Editor adalah alat yang kuat untuk mengedit pengaturan dan konfigurasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Registry Editor dengan menekan tombol Windows + R, ketik "regedit", dan tekan Enter.

2. Di jendela Registry Editor, navigasikan ke kunci registri berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Cari entri bernama "Start_ShowRecommendedApplications" dan "Start_ShowRecentFiles".

4. Untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi, ganti nilai entri "Start_ShowRecommendedApplications" menjadi 0.

5. Untuk menghilangkan rekomendasi file, ganti nilai entri "Start_ShowRecentFiles" menjadi 0.

6. Setelah mengubah nilai entri, tutup Registry Editor dan lihat perubahan yang terjadi pada Start Menu.

Langkah 2

Pentingnya Menjadi Berhati-hati dalam Mengedit Registry

Sebelum mengedit Registry, penting untuk diingat bahwa perubahan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah pada sistem operasi. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan membuat cadangan registri sebelum melakukan perubahan apa pun. Jika Kamu tidak yakin atau tidak nyaman dengan mengedit Registry, disarankan untuk menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menggunakan Grup Kebijakan

Jika Kamu menggunakan Windows 11 Pro atau versi yang lebih tinggi, Kamu dapat menggunakan Grup Kebijakan untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu. Grup Kebijakan adalah alat yang memungkinkan Kamu mengatur kebijakan dan pengaturan sistem di lingkungan Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Grup Kebijakan dengan menekan tombol Windows + R, ketik "gpedit.msc", dan tekan Enter.

2. Di jendela Grup Kebijakan, navigasikan ke "Konfigurasi Pengguna" > "Template Administratif" > "Menu Mulai dan Taskbar".

3. Di panel sebelah kanan, cari dan buka kebijakan "Hindari munculnya aplikasi yang baru dipasang di daftar rekomendasi di Menu Mulai".

4. Pilih opsi "Diaktifkan" dan klik "Terapkan" atau "OK".

5. Lakukan hal yang sama untuk kebijakan "Hindari munculnya file yang baru digunakan di daftar rekomendasi di Menu Mulai".

6. Setelah mengatur kebijakan, tutup Grup Kebijakan dan lihat perubahan yang terjadi pada Start Menu.

Langkah 3

Memahami Grup Kebijakan

Grup Kebijakan adalah fitur yang hanya tersedia dalam versi Windows 11 Pro atau yang lebih tinggi. Jika Kamu menggunakan versi Windows 11 Home, Kamu tidak akan memiliki akses ke Grup Kebijakan. Namun, ada metode lain yang dapat Kamu gunakan, seperti pengaturan Start Menu dan Registry Editor yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Kamu tidak ingin menggunakan pengaturan bawaan Windows atau melakukan perubahan pada registri, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu. Beberapa aplikasi yang dapat Kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Start Menu Modifier: Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk sepenuhnya mengubah tampilan dan fitur Start Menu, termasuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file.

2. Start10: Aplikasi ini memberikan opsi yang lebih lengkap untuk mengkustomisasi Start Menu, termasuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file.

3. Classic Shell: Aplikasi ini dapat mengubah tampilan Start Menu menjadi lebih mirip dengan versi Windows sebelumnya, dan Kamu dapat mengatur untuk tidak menampilkan rekomendasi aplikasi dan file.

4. StartIsBack: Aplikasi ini mengembalikan Start Menu klasik ke Windows 11 dan memungkinkan Kamu untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file.

Langkah 4

Pentingnya Memilih Aplikasi Pihak Ketiga yang Terpercaya

Ketikamenggunakan aplikasi pihak ketiga, penting untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman. Pastikan untuk mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Selain itu, perhatikan juga apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan Windows 11 dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga, sebaiknya lakukan pencadangan sistem atau buat pemulihan titik pemulihan sistem sebagai langkah pencegahan.

Mengoptimalkan Pengalaman Menggunakan Windows 11

Selain menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Kamu mengoptimalkan pengalaman menggunakan Windows 11. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Kamu terapkan:

1. Menyesuaikan Pencahayaan dan Warna

Windows 11 menawarkan opsi untuk menyesuaikan pencahayaan dan warna layar sesuai dengan preferensi Kamu. Kamu dapat mengakses pengaturan ini dengan mengklik ikon "Action Center" di pojok kanan bawah taskbar dan memilih opsi "Pencahayaan dan Warna". Di sini, Kamu dapat mengatur kecerahan, mode pencahayaan, dan tema warna yang sesuai dengan preferensi visual Kamu.

2. Menggunakan Fitur Pencarian yang Ditingkatkan

Windows 11 memiliki fitur pencarian yang ditingkatkan yang memungkinkan Kamu mencari file, aplikasi, dan konten lainnya dengan cepat. Kamu dapat mengakses fitur pencarian ini dengan mengklik ikon "Search" di taskbar atau menggunakan kombinasi tombol Windows + S pada keyboard. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan perintah suara dengan mengklik ikon mikrofon di kotak pencarian.

3. Mengelola Desktop Virtual

Windows 11 menyediakan fitur Desktop Virtual yang memungkinkan Kamu membuat desktop tambahan untuk mengatur dan memisahkan tugas. Kamu dapat mengakses fitur ini dengan mengklik ikon "Task View" di taskbar atau menggunakan kombinasi tombol Windows + Tab pada keyboard. Dengan menggunakan Desktop Virtual, Kamu dapat mengatur aplikasi dan file sesuai dengan kebutuhan dan memaksimalkan produktivitas Kamu.

4. Mencadangkan Data secara Teratur

Penting untuk selalu mencadangkan data Kamu secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Windows 11 menyediakan fitur pencadangan dan pemulihan data yang dapat Kamu manfaatkan. Kamu dapat mengakses fitur ini dengan masuk ke pengaturan "Pembaruan & Keamanan" dan memilih opsi "Pemulihan". Di sini, Kamu dapat membuat cadangan file, aplikasi, dan pengaturan sistem Kamu dengan mudah.

5. Menggunakan Mode Fokus

Windows 11 memiliki fitur Mode Fokus yang memungkinkan Kamu menghilangkan gangguan dan fokus pada tugas yang sedang Kamu kerjakan. Kamu dapat mengaktifkan Mode Fokus dengan mengklik ikon "Action Center" di taskbar dan memilih opsi "Mode Fokus". Ketika Mode Fokus aktif, notifikasi dan gangguan lainnya akan ditahan sementara, memungkinkan Kamu untuk bekerja dengan lebih konsentrasi.

6. Menyesuaikan Pengaturan Keamanan

Windows 11 menawarkan berbagai pengaturan keamanan yang dapat Kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Kamu dapat mengakses pengaturan keamanan ini dengan masuk ke pengaturan "Keamanan" dan memilih opsi yang relevan. Pastikan untuk mengaktifkan pengaturan keamanan yang penting, seperti Windows Defender, Firewall, dan pembaruan otomatis, untuk melindungi sistem Kamu dari ancaman keamanan.

7. Mengelola dan Mengoptimalkan Memori

Windows 11 hadir dengan fitur pengelolaan memori yang canggih untuk memastikan bahwa sistem Kamu berjalan dengan lancar dan efisien. Kamu dapat mengoptimalkan penggunaan memori dengan mengakses pengaturan "Sistem" dan memilih opsi "Memori". Di sini, Kamu dapat mengatur penggunaan memori oleh aplikasi dan proses tertentu, serta memantau penggunaan memori secara real-time.

8. Menyesuaikan Pengaturan Suara

Windows 11 memungkinkan Kamu menyesuaikan pengaturan suara sesuai dengan preferensi Kamu. Kamu dapat mengakses pengaturan suara dengan mengklik ikon suara di taskbar atau dengan masuk ke pengaturan "Suara". Di sini, Kamu dapat mengatur volume suara, mengubah perangkat output, dan mengatur pengaturan lainnya yang berkaitan dengan audio.

9. Menggunakan Fitur Kontrol Parental

Jika Kamu menggunakan Windows 11 untuk keluarga, Kamu dapat menggunakan fitur Kontrol Parental untuk melindungi anak-anak dari konten yang tidak pantas dan membatasi akses mereka ke aplikasi dan fitur tertentu. Kamu dapat mengakses fitur ini dengan masuk ke pengaturan "Akun" dan memilih opsi "Kontrol Orang Tua". Di sini, Kamu dapat mengatur pengawasan konten, batasan waktu, dan pengaturan lainnya yang relevan.

10. Memperbarui Windows 11 secara Teratur

Terakhir, pastikan Kamu selalu memperbarui Windows 11 ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur terbaru, perbaikan bug, dan peningkatan keamanan. Windows 11 secara otomatis melakukan pembaruan, tetapi Kamu juga dapat memeriksa pembaruan secara manual dengan masuk ke pengaturan "Pembaruan & Keamanan" dan memilih opsi "Periksa Pembaruan".

Langkah 5

Penutup

Menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu Windows 11 dapat membantu Kamu mengoptimalkan pengalaman menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Kamu gunakan untuk menghilangkan rekomendasi tersebut, mulai dari pengaturan Start Menu hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga. Kami juga memberikan tips tambahan untuk mengoptimalkan pengalaman menggunakan Windows 11 secara keseluruhan.

Cobalah metode yang kami jelaskan di artikel ini dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Kamu. Dengan menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start Menu, Kamu dapat membuat tampilan Windows 11 menjadi lebih bersih dan sesuai dengan keinginan Kamu. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi dan File di Start Menu Windows 11"

Daftar Isi [
tampilkan
]