Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi "This Site Can't Be Reached" pada Windows

Saat menjelajahi internet, Kamu mungkin pernah menemui pesan "This site can't be reached" di Windows. Pesan ini muncul ketika komputer Kamu tidak dapat terhubung ke situs web yang ingin Kamu kunjungi. Hal ini dapat sangat mengganggu, terutama jika Kamu sedang mencari informasi penting atau ingin mengakses situs yang sering Kamu kunjungi.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang dapat Kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi pesan "This site can't be reached" pada Windows. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kamu akan dapat kembali menjelajahi internet dengan lancar.

Periksa Koneksi Internet Anda

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet Kamu. Pastikan bahwa kabel jaringan terhubung dengan baik dan tidak ada masalah dengan router atau modem Kamu. Jika Kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan Kamu terhubung ke jaringan yang benar.

Anda juga dapat mencoba menghubungkan perangkat lain ke jaringan Kamu untuk memastikan bahwa masalah ini bukan disebabkan oleh komputer Kamu. Jika perangkat lain dapat terhubung ke internet dengan lancar, masalahnya mungkin ada pada komputer Kamu.

Periksa Kabel Jaringan dan Router

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memeriksa kabel jaringan yang terhubung ke komputer Kamu. Pastikan kabel tersebut tidak rusak atau terlepas. Jika kabel terhubung dengan baik, periksa juga kabel yang terhubung ke router atau modem Kamu.

Jika Kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan komputer Kamu terhubung ke jaringan yang benar. Kamu dapat memeriksa nama jaringan yang sedang Kamu gunakan di pengaturan Wi-Fi komputer Kamu.

Restart Router dan Modem

Jika masalah masih terjadi setelah memeriksa koneksi jaringan, coba matikan dan nyalakan kembali router dan modem Kamu. Kadang-kadang, masalah sederhana seperti ini dapat memperbaiki masalah koneksi yang terputus.

Untuk melakukannya, cukup cabut kabel listrik dari router dan modem Kamu, tunggu beberapa detik, lalu sambungkan kembali kabel listriknya. Biarkan perangkat tersebut menyala dan tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa mereka telah booting dengan sempurna.

Periksa Pengaturan Wi-Fi

Jika Kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan pengaturan Wi-Fi Kamu telah dikonfigurasi dengan benar. Pastikan Kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang benar dan masukkan kata sandi dengan benar jika diperlukan.

Anda juga dapat mencoba mendekatkan komputer Kamu ke router untuk memastikan sinyal Wi-Fi yang kuat. Jika sinyal Wi-Fi lemah, Kamu mungkin mengalami masalah koneksi.

Gunakan Koneksi Internet Lain

Jika Kamu memiliki akses ke koneksi internet lain, seperti hotspot ponsel atau jaringan Wi-Fi umum, cobalah untuk terhubung melalui koneksi tersebut. Jika Kamu dapat terhubung ke situs web dengan lancar melalui koneksi lain, masalahnya mungkin terletak pada koneksi internet utama Kamu.

Dalam hal ini, Kamu dapat menghubungi penyedia layanan internet Kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat memeriksa apakah ada masalah dengan koneksi Kamu atau memberikan saran untuk memperbaiki masalah ini.

Matikan dan Nyalakan Ulang Router dan Modem

Jika masalah masih persisten setelah memeriksa koneksi internet Kamu, langkah selanjutnya yang dapat Kamu coba adalah mematikan dan menghidupkan kembali router dan modem Kamu. Terkadang, perangkat ini hanya perlu dinyalakan ulang untuk memperbaiki masalah koneksi.

Matikan Router dan Modem

Untuk mematikan router dan modem, cari tombol daya pada perangkat tersebut. Biasanya, tombol daya terletak di bagian belakang atau samping perangkat. Tekan tombol daya dan tahan selama beberapa detik hingga perangkat benar-benar mati.

Jika Kamu tidak dapat menemukan tombol daya pada perangkat, Kamu juga dapat mencabut kabel listrik dari perangkat tersebut untuk mematikannya.

Nyalakan Kembali Router dan Modem

Setelah mematikan router dan modem, tunggu beberapa detik sebelum menghidupkannya kembali. Sambungkan kembali kabel listrik ke perangkat dan tekan tombol daya jika ada. Biarkan perangkat booting dengan sempurna hingga lampu indikator menunjukkan bahwa mereka telah menyala.

Setelah router dan modem Kamu telah dinyalakan kembali, coba hubungkan komputer Kamu ke internet dan periksa apakah masalah "This site can't be reached" telah teratasi.

Periksa Firewall dan Antivirus

Sistem keamanan seperti firewall dan antivirus dapat memblokir akses ke situs web tertentu. Pastikan bahwa situs web yang ingin Kamu kunjungi tidak diblokir oleh pengaturan keamanan Kamu. Kamu dapat mencoba menonaktifkan sementara firewall dan antivirus Kamu untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

Nonaktifkan Firewall

Untuk menonaktifkan firewall di Windows, buka Control Panel dan cari "Windows Firewall". Pilih opsi "Turn Windows Firewall on or off" di sidebar. Pada jendela yang muncul, pilih opsi "Turn off Windows Firewall" untuk semua jenis jaringan (domain, pribadi, dan umum).

Setelah Kamu menonaktifkan firewall, coba kembali mengakses situs web yang ingin Kamu kunjungi untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

Nonaktifkan Antivirus

Jika Kamu memiliki program antivirus pihak ketiga, buka program tersebut dan cari opsi untuk menonaktifkannya sementara. Setiap program antivirus memiliki antarmuka yang berbeda, jadi pastikan untuk mencari opsi yang sesuai dengan program yang Kamu gunakan.

Setelah Kamu menonaktifkan antivirus, coba akses kembali situs web yang ingin Kamu kunjungi untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

Reset Winsock

Winsock adalah komponen Windows yang bertanggung jawab untuk mengelola koneksi jaringan. Jika ada masalah dengan Winsock, ini dapat menyebabkan pesan "This site can't be reached" muncul. Kamu dapat mencoba mereset Winsock dengan menjalankan perintah tertentu di Command Prompt.

Buka Command Prompt

Untuk membuka Command Prompt, tekan tombol Windows + R pada keyboard Kamu untuk membuka jendela "Run". Ketik "cmd" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membuka Command Prompt.

Jalankan Perintah Reset Winsock

Di Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

netsh winsock reset

Perintah ini akan mereset konfigurasi Winsock pada komputer Kamu. Setelah perintah selesai dijalankan, restart komputer Kamu untuk mengaplikasikan perubahan.

Periksa Pengaturan Proxy

Jika Kamu menggunakan pengaturan proxy di browser Kamu, pastikan pengaturan tersebut benar. Pengaturan proxy yang salah dapat menyebabkan masalah koneksi. Pastikan Kamu menggunakan pengaturan proxy yang sesuai dengan jaringan Kamu.

Buka Pengaturan Proxy di Browser

Untuk membuka pengaturan proxy di browser Chrome, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas jendela browser dan pilih opsi "Settings". Gulir ke bawah dan klik "Advanced" untuk melihat pengaturan tambahan. Di bagian "System", klik opsi "Openproxy settings". Ini akan membuka pengaturan proxy di jendela baru.

Untuk browser Firefox, klik ikon tiga garis di pojok kanan atas jendela browser dan pilih opsi "Options". Pilih tab "General" dan gulir ke bawah ke bagian "Network Proxy". Klik tombol "Settings" untuk membuka pengaturan proxy.

Periksa Pengaturan Proxy

Setelah Kamu membuka pengaturan proxy di browser, periksa apakah pengaturan yang ada sesuai dengan jaringan Kamu. Jika Kamu tidak menggunakan proxy, pastikan opsi "Use a proxy server" dinonaktifkan.

Jika Kamu menggunakan proxy, pastikan pengaturan proxy yang Kamu masukkan benar, termasuk alamat proxy dan nomor port yang sesuai. Jika Kamu tidak yakin dengan pengaturan yang benar, hubungi administrator jaringan Kamu untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Perbarui Browser Anda

Kadang-kadang, masalah ini dapat terjadi karena versi browser yang usang atau tidak kompatibel dengan situs web yang ingin Kamu kunjungi. Pastikan Kamu menggunakan versi terbaru dari browser Kamu atau mencoba menggunakan browser lain untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

Periksa Versi Browser

Untuk memeriksa versi browser Kamu, buka menu utama browser dan cari opsi "About" atau "Help". Di sini, Kamu akan melihat informasi tentang versi browser yang Kamu gunakan.

Setelah memeriksa versi browser Kamu, kunjungi situs web resmi browser tersebut untuk memeriksa apakah ada pembaruan terbaru yang tersedia. Jika ada, unduh dan instal pembaruan tersebut.

Atur Ulang TCP/IP

Jika masalah ini terjadi pada semua situs web yang ingin Kamu kunjungi, Kamu dapat mencoba mengatur ulang protokol TCP/IP di komputer Kamu. Kamu dapat melakukan ini melalui Command Prompt dengan menjalankan beberapa perintah tertentu.

Buka Command Prompt

Untuk membuka Command Prompt, tekan tombol Windows + R pada keyboard Kamu untuk membuka jendela "Run". Ketik "cmd" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membuka Command Prompt.

Jalankan Perintah Reset TCP/IP

Di Command Prompt, jalankan perintah berikut secara berurutan dan tekan Enter setelah setiap perintah:

ipconfig /release

ipconfig /flushdns

ipconfig /renew

Perintah ini akan melepaskan alamat IP yang sedang digunakan, menghapus cache DNS, dan memperbarui alamat IP pada komputer Kamu. Setelah perintah selesai dijalankan, restart komputer Kamu untuk mengaplikasikan perubahan.

Ubah DNS Anda

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang mengonversi nama domain menjadi alamat IP. Jika DNS yang Kamu gunakan bermasalah, ini dapat menyebabkan pesan "This site can't be reached" muncul. Kamu dapat mencoba mengganti DNS Kamu dengan DNS publik seperti Google DNS atau Cloudflare DNS.

Buka Pengaturan Jaringan

Untuk mengubah DNS, buka Control Panel dan cari opsi "Network and Internet". Pilih opsi "Network and Sharing Center" dan klik "Change adapter settings" di sidebar. Ini akan membuka jendela yang menampilkan semua koneksi jaringan yang tersedia di komputer Kamu.

Klik kanan pada koneksi yang sedang Kamu gunakan (misalnya, koneksi Wi-Fi) dan pilih opsi "Properties". Di jendela baru yang muncul, cari dan pilih opsi "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)". Klik tombol "Properties" untuk mengubah pengaturan DNS.

Ubah Pengaturan DNS

Di jendela "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties", pilih opsi "Use the following DNS server addresses". Masukkan alamat DNS publik yang ingin Kamu gunakan, seperti:

Preferred DNS server: 8.8.8.8

Alternate DNS server: 8.8.4.4

Jika Kamu ingin menggunakan DNS publik lain, cari tahu alamat DNS mereka dan masukkan ke dalam kolom yang sesuai. Setelah selesai, klik "OK" untuk menyimpan pengaturan.

Periksa Hosts File

Hosts file adalah file konfigurasi di komputer Kamu yang mengaitkan alamat IP dengan nama domain. Jika ada masalah dengan hosts file Kamu, ini dapat menyebabkan masalah koneksi. Pastikan hosts file Kamu tidak mengandung entri yang tidak sah atau diblokir.

Buka File Hosts

Untuk membuka file hosts, buka File Explorer dan arahkan ke direktori "C:\Windows\System32\drivers\etc". Di direktori ini, Kamu akan menemukan file bernama "hosts". Klik kanan pada file ini dan pilih opsi "Open with" dan pilih "Notepad" atau editor teks lainnya.

Periksa Isi File Hosts

Di dalam file hosts, periksa apakah ada entri yang mencurigakan atau tidak sah. Entri yang tidak sah dapat menyebabkan masalah koneksi. Pastikan hanya ada entri yang valid dan dibutuhkan dalam file hosts.

Jika Kamu menemukan entri yang mencurigakan, Kamu dapat menghapusnya atau menonaktifkannya dengan menambahkan tanda pagar (#) di depan entri tersebut. Setelah Kamu melakukan perubahan, simpan file hosts dan restart komputer Kamu untuk mengaplikasikan perubahan.

Hubungi Penyedia Layanan Internet Anda

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah, kemungkinan ada masalah dengan penyedia layanan internet Kamu. Mereka dapat membantu Kamu memeriksa apakah ada masalah di sisi mereka atau memberikan solusi tambahan untuk mengatasi pesan "This site can't be reached".

Anda dapat menghubungi layanan pelanggan penyedia layanan internet Kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Jelaskan masalah yang Kamu alami secara detail dan berikan informasi tentang langkah-langkah yang telah Kamu coba sebelumnya. Mereka akan membantu Kamu menemukan solusi yang sesuai untuk masalah koneksi Kamu.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi pesan "This site can't be reached" pada Windows. Mulai dari memeriksa koneksi internet, mereset router dan modem, hingga memeriksa pengaturan keamanan dan protokol jaringan, kami telah mencakup semua langkah yang perlu Kamu lakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Ingatlah bahwa setiap masalah mungkin memiliki penyebab yang berbeda, jadi tidak ada metode yang pasti berhasil untuk setiap situasi. Namun, dengan mencoba langkah-langkah ini secara berurutan, Kamu memiliki peluang yang lebih baik untuk memperbaiki masalah koneksi dan kembali menjelajahi internet dengan lancar.

Jika masalah ini terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan internet Kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu mengatasi pesan "This site can't be reached" pada Windows. Selamat menjelajahi internet!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi "This Site Can't Be Reached" pada Windows"

Daftar Isi [
tampilkan
]