Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Agar Story Instagram Tidak Tersimpan Otomatis

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di dunia saat ini. Dengan jutaan pengguna yang aktif setiap hari, Instagram menjadi tempat yang sempurna untuk berbagi momen-momen penting dalam hidup kita. Salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pengguna Instagram adalah fitur "Story". Dalam fitur ini, pengguna dapat membagikan foto atau video dalam periode waktu yang terbatas, biasanya 24 jam. Namun, ada beberapa pengguna yang tidak ingin story mereka tersimpan otomatis. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari ingin menjaga privasi hingga hanya ingin membagikan momen-momen tersebut dalam waktu yang terbatas. Jika Kamu juga termasuk pengguna yang ingin story Instagram tidak tersimpan otomatis, berikut adalah beberapa cara yang dapat Kamu coba.

Mengatur Pengaturan Privasi

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan adalah mengatur pengaturan privasi di akun Instagram Kamu. Dalam pengaturan privasi ini, Kamu dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat story Kamu. Dengan mengatur privasi dengan benar, Kamu dapat memastikan bahwa story Kamu tidak akan tersimpan oleh pengguna lain secara otomatis. Untuk mengatur pengaturan privasi, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Setelah itu, pilih menu "Profil" dan klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar. Kemudian, gulir ke bawah dan pilih "Pengaturan". Di dalam pengaturan, pilih opsi "Privasi" dan cari opsi "Cerita". Di sini, Kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat cerita Kamu. Kamu dapat memilih antara "Pengikut", "Pengikut dan Pengikut", atau "Hanya Saya". Jika Kamu ingin story Kamu tidak tersimpan otomatis, pilih opsi "Hanya Saya". Dengan begitu, hanya Kamu yang dapat melihat cerita Kamu dan cerita tidak akan tersimpan oleh pengguna lain.

Langkah-langkah Mengatur Pengaturan Privasi:

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar.

4. Gulir ke bawah dan pilih "Pengaturan".

5. Di dalam pengaturan, pilih opsi "Privasi".

6. Cari opsi "Cerita" dan klik.

7. Pilih opsi "Hanya Saya".

Mengatur Privasi

Menggunakan Fitur "Hide Story"

Jika Kamu ingin story Kamu tidak tersimpan otomatis tetapi tetap ingin membagikannya kepada sejumlah pengikut, Kamu dapat menggunakan fitur "Hide Story". Fitur ini memungkinkan Kamu untuk menyembunyikan story dari pengikut tertentu. Dengan menggunakan fitur ini, Kamu dapat memilih pengikut mana saja yang dapat melihat story Kamu, sehingga story tidak akan tersimpan oleh orang yang tidak Kamu inginkan. Untuk menggunakan fitur "Hide Story", buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Setelah itu, pilih menu "Profil" dan buka story yang ingin Kamu sembunyikan. Di dalam story, klik ikon "Tiga Titik" di pojok kanan bawah layar. Kemudian, pilih opsi "Sembunyikan Dari" dan pilih pengikut yang ingin Kamu sembunyikan story-nya. Dengan cara ini, story Kamu hanya akan terlihat oleh pengikut yang Kamu pilih dan tidak akan tersimpan oleh orang yang tidak Kamu inginkan.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur "Hide Story":

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Buka story yang ingin Kamu sembunyikan.

4. Klik ikon "Tiga Titik" di pojok kanan bawah layar.

5. Pilih opsi "Sembunyikan Dari".

6. Pilih pengikut yang ingin Kamu sembunyikan story-nya.

Hide Story

Menghapus Story Setelah 24 Jam

Salah satu cara paling sederhana untuk memastikan bahwa story Kamu tidak tersimpan otomatis adalah dengan menghapusnya setelah 24 jam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, story Instagram hanya akan aktif selama 24 jam. Setelah itu, story akan hilang dengan sendirinya. Dengan menghapus story setelah 24 jam, Kamu dapat memastikan bahwa tidak ada salinan story yang tersimpan secara permanen. Untuk menghapus story, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Setelah itu, pilih menu "Profil" di bagian bawah layar. Di dalam profil, klik ikon "Cerita" di atas foto profil Kamu. Kemudian, pilih story yang ingin Kamu hapus dan klik ikon "Tiga Titik" di pojok kanan bawah layar. Di dalam opsi tersebut, pilih "Hapus" dan konfirmasi tindakan tersebut. Dengan cara ini, story Kamu akan dihapus dan tidak akan tersimpan otomatis.

Langkah-langkah Menghapus Story Setelah 24 Jam:

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Cerita" di atas foto profil Kamu.

4. Pilih story yang ingin Kamu hapus.

5. Klik ikon "Tiga Titik" di pojok kanan bawah layar.

6. Pilih opsi "Hapus" dan konfirmasi tindakan tersebut.

Hapus Story

Menggunakan Mode "Private"

Jika Kamu benar-benar ingin memastikan bahwa story Instagram Kamu tidak tersimpan oleh siapa pun, Kamu dapat mengubah akun Instagram Kamu menjadi mode "Private". Dalam mode "Private", hanya pengikut yang telah Kamu terima yang dapat melihat story Kamu. Dengan menggunakan mode "Private", Kamu dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat dan menyimpan story Kamu. Untuk mengubah akun menjadi mode "Private", buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Setelah itu, pilih menu "Profil" di bagian bawah layar. Di dalam profil, klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Privasi dan Keamanan". Di dalam opsi tersebut, pilih "Akun Pribadi" untuk mengubah akun Kamu menjadi mode "Private". Dengan cara ini, story Kamu hanya akan terlihat oleh pengikut yang telah Kamu terima dan tidak akan tersimpan oleh orang yang tidak Kamu inginkan.

Langkah-langkah Menggunakan Mode "Private":

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar.

4. Pilih opsi "Pengaturan".

5. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Privasi dan Keamanan".

6. Di dalam opsi tersebut, pilih "Akun Pribadi".

Mode Private

Menonaktifkan Fitur "Save to Archive"

Instagram memiliki fitur "Save to Archive" yang secara otomatis menyimpan semua story yang telah Kamu bagikan ke dalam arsip pribadi. Jika Kamu tidak ingin story Kamu tersimpan secara otomatis, Kamu dapat menonaktifkan fitur ini. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan story Instagram dan menonaktifkanopsi "Save to Archive". Untuk menonaktifkan fitur ini, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar dan klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih opsi "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Privasi dan Keamanan". Di dalam opsi tersebut, pilih "Cerita" dan cari opsi "Simpan ke Arsip". Matikan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi nonaktif. Dengan menonaktifkan fitur "Save to Archive", story Kamu tidak akan tersimpan otomatis dan akan hilang setelah 24 jam.

Langkah-langkah Menonaktifkan Fitur "Save to Archive":

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar.

4. Pilih opsi "Pengaturan".

5. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Privasi dan Keamanan".

6. Di dalam opsi tersebut, pilih "Cerita".

7. Cari opsi "Simpan ke Arsip".

8. Matikan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi nonaktif.

Menonaktifkan Save To Archive

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Kamu telah mencoba semua langkah di atas namun masih ingin memastikan bahwa story Kamu tidak tersimpan otomatis, Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang dapat membantu Kamu mengontrol penyimpanan otomatis story Instagram Kamu. Kamu dapat mencari dan mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui toko aplikasi di perangkat Kamu. Setelah mengunduh aplikasi yang Kamu pilih, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengatur dan mengontrol penyimpanan story Kamu.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga:

1. Cari dan unduh aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk mengontrol penyimpanan story Instagram.

2. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengatur dan mengontrol penyimpanan story Kamu.

Aplikasi Pihak Ketiga

Menghapus Story Sebelum Waktu Berakhir

Jika Kamu ingin story Kamu hanya tersedia dalam waktu yang sangat terbatas, Kamu dapat menghapus story sebelum waktu berakhir. Dengan cara ini, story Kamu akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan tersimpan oleh siapa pun. Namun, perlu diingat bahwa story yang dihapus sebelum waktu berakhir tidak dapat dipulihkan kembali. Untuk menghapus story sebelum waktu berakhir, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar dan klik ikon "Cerita" di atas foto profil Kamu. Di dalam daftar story, temukan story yang ingin Kamu hapus dan geser ke atas. Setelah itu, klik ikon "Tong Sampah" di pojok kanan atas layar untuk menghapus story tersebut.

Langkah-langkah Menghapus Story Sebelum Waktu Berakhir:

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Cerita" di atas foto profil Kamu.

4. Temukan story yang ingin Kamu hapus dan geser ke atas.

5. Klik ikon "Tong Sampah" di pojok kanan atas layar.

Menghapus Story

Menggunakan Fitur "Close Friends"

Instagram memiliki fitur "Close Friends" yang memungkinkan Kamu untuk memilih sejumlah pengikut yang dapat melihat story Kamu. Dengan menggunakan fitur ini, Kamu dapat memastikan bahwa story Kamu hanya akan tersedia untuk orang-orang yang Kamu pilih. Untuk menggunakan fitur "Close Friends", buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar dan klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih opsi "Teman Dekat" dan klik "Mulai Menambahkan Teman Dekat". Di sini, Kamu dapat mencari pengikut Kamu dan menambahkannya ke dalam daftar "Teman Dekat". Setelah menambahkan pengikut ke dalam daftar, Kamu dapat membagikan story hanya kepada mereka.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur "Close Friends":

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar.

4. Pilih opsi "Teman Dekat".

5. Klik "Mulai Menambahkan Teman Dekat".

6. Cari pengikut Kamu dan tambahkan mereka ke dalam daftar "Teman Dekat".

Close Friends

Menggunakan Aplikasi Pengatur Story

Jika Kamu ingin lebih banyak kontrol atas story Instagram Kamu, Kamu dapat menggunakan aplikasi pengatur story yang tersedia di toko aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat dan menyimpan story Kamu. Kamu juga dapat mengatur waktu berapa lama story Kamu akan tersedia sebelum hilang dengan sendirinya. Cari dan unduh aplikasi pengatur story yang sesuai dengan kebutuhan Kamu melalui toko aplikasi di perangkat Kamu. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur dan mengontrol story Kamu.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pengatur Story:

1. Cari dan unduh aplikasi pengatur story yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

2. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengatur dan mengontrol story Kamu.

Aplikasi Pengatur Story

Mengubah Akun Menjadi "Bisnis"

Jika Kamu menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis, mengubah akun Kamu menjadi "Bisnis" dapat memberikan Kamu lebih banyak kontrol atas story Kamu. Dalam akun bisnis, Kamu dapat menggunakan fitur "Insights" yang memberikan statistik tentang kinerja story Kamu. Kamu juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat dan menyimpan story Kamu. Untuk mengubah akun menjadi "Bisnis", buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar dan klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih opsi "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Akun". Di dalam opsi tersebut, pilih "Beralih ke Akun Bisnis" dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pengubahan akun.

Langkah-langkah Mengubah Akun Menjadi "Bisnis":

1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Kamu.

2. Pilih menu "Profil" di bagian bawah layar.

3. Klik ikon "Tiga Garis" di pojok kanan atas layar.

4. Pilih opsi "Pengaturan".

5. Gulir ke bawah hingga menemukanopsi "Akun".

6. Di dalam opsi tersebut, pilih "Beralih ke Akun Bisnis".

7. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pengubahan akun.

Akun Bisnis

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu dapat memastikan bahwa story Instagram Kamu tidak tersimpan otomatis dan tetap terjaga privasinya. Penting untuk diingat bahwa penggunaan media sosial harus selalu didasarkan pada kebijakan privasi dan keamanan yang baik. Jaga informasi pribadi Kamu tetap aman dan berbagilah hanya dengan orang-orang yang Kamu percaya. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kamu dapat memiliki kontrol penuh atas story Instagram Kamu dan memastikan bahwa momen-momen penting Kamu tidak tersimpan secara otomatis.

Ingatlah bahwa setiap pengaturan yang Kamu lakukan dalam mengontrol penyimpanan story Instagram harus sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Kamu. Beberapa pengguna mungkin ingin membagikan story mereka secara terbuka, sementara yang lain mungkin ingin membatasi akses dan privasi. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu dan terapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Dengan demikian, Kamu dapat menjaga privasi dan keamanan Kamu saat menggunakan fitur story Instagram. Tetap berbagi momen-momen penting dan menyenangkan dalam hidup Kamu dengan pengikut Kamu tanpa khawatir tentang penyimpanan otomatis yang tidak diinginkan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Agar Story Instagram Tidak Tersimpan Otomatis"

Daftar Isi [
tampilkan
]