Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Recent Document Windows 10: Panduan Lengkap

Saat bekerja di Windows 10, seringkali kita perlu mengakses dokumen-dokumen terbaru yang pernah dibuka. Namun, beberapa pengguna mungkin tidak mengetahui cara menampilkan daftar dokumen terbaru ini. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menampilkan recent document di Windows 10.

Menampilkan daftar recent document sangatlah penting, terutama jika kamu sering bekerja dengan banyak dokumen atau jika kamu ingin kembali ke dokumen yang sudah kamu tutup. Fitur ini akan membantu kamu menghemat waktu dan memudahkan akses ke dokumen yang paling sering kamu gunakan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menampilkan recent document di Windows 10.

Buka File Explorer

Langkah pertama untuk menampilkan recent document di Windows 10 adalah dengan membuka File Explorer. kamu dapat melakukannya dengan mengklik ikon folder di taskbar atau menggunakan pintasan keyboard "Windows + E". File Explorer adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan kamu menjelajahi dan mengelola file dan folder di komputer kamu.

Pilih "Tampilan"

Setelah File Explorer terbuka, langkah selanjutnya adalah memilih tab "Tampilan" di bagian atas jendela. Tab ini berisi berbagai opsi yang dapat kamu atur untuk tampilan File Explorer. Dengan mengklik tab "Tampilan", kamu akan melihat opsi-opsi yang dapat mempengaruhi cara file dan folder ditampilkan.

Klik "Opsi"

Di dalam tab "Tampilan", kamu akan melihat grup "Opsi". Klik opsi ini untuk membuka jendela "Opsi Folder". Jendela "Opsi Folder" adalah tempat di mana kamu dapat mengatur berbagai pengaturan terkait File Explorer, termasuk pengaturan untuk menampilkan recent document.

Buka Tab "Umum"

Setelah jendela "Opsi Folder" terbuka, pilih tab "Umum". Tab ini berisi opsi-opsi umum yang dapat kamu atur untuk File Explorer. Pada tab "Umum", kamu akan menemukan berbagai pengaturan dan opsi terkait tampilan dan perilaku File Explorer.

Cari Bagian "Recent Document"

Pada tab "Umum", gulir ke bawah sampai kamu menemukan bagian "Recent Document". Di bagian ini, kamu dapat mengatur jumlah dokumen terbaru yang ditampilkan di daftar recent document. Recent document adalah daftar dokumen-dokumen terakhir yang telah kamu buka di Windows 10.

Atur Jumlah Dokumen Terbaru

Di bagian "Recent Document", ada opsi "Bilangan Dokumen yang Akan Ditampilkan". Klik kotak dropdown di sebelah opsi ini dan pilih jumlah dokumen terbaru yang ingin kamu tampilkan di daftar recent document. kamu dapat memilih angka antara 1 hingga 30, tergantung pada berapa banyak dokumen terbaru yang ingin kamu lihat.

Klik "Terapkan" dan "OK"

Setelah kamu mengatur jumlah dokumen terbaru, klik tombol "Terapkan" di bagian bawah jendela "Opsi Folder". Tombol "Terapkan" akan mengaktifkan pengaturan yang telah kamu lakukan. Setelah itu, klik tombol "OK" untuk menyimpan pengaturan dan menutup jendela "Opsi Folder".

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu telah berhasil menampilkan recent document di Windows 10. Sekarang, mari kita lihat beberapa cara lain untuk mengakses recent document yang telah kamu buka sebelumnya.

Buka Recent Document dari File Explorer

Setelah mengatur pengaturan recent document, kamu dapat membuka recent document dengan mudah melalui File Explorer. Caranya adalah dengan mengklik kanan ikon File Explorer di taskbar, lalu pilih "Recent" dari menu yang muncul. Dengan melakukan ini, kamu akan langsung melihat daftar dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka.

Klik Kanan Ikon File Explorer

Pertama, cari ikon File Explorer di taskbar. Ikon ini biasanya terletak di bagian bawah layar di sebelah kanan. Setelah menemukan ikon File Explorer, klik kanan ikon tersebut dengan menggunakan mouse kamu. Ini akan membuka menu konteks dengan berbagai opsi terkait File Explorer.

Pilih "Recent" dari Menu Konteks

Setelah kamu mengklik kanan ikon File Explorer, lihatlah menu konteks yang muncul. Di dalam menu ini, cari opsi yang bertuliskan "Recent". Opsi ini akan membuka daftar dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya.

Akses Recent Document melalui Start Menu

Selain melalui File Explorer, kamu juga dapat mengakses recent document melalui Start Menu. Start Menu adalah menu utama Windows 10 yang terletak di pojok kiri bawah layar. Dengan mengakses recent document melalui Start Menu, kamu dapat dengan mudah membuka dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya.

Klik Tombol "Start"

Pertama, cari tombol "Start" di pojok kiri bawah layar. Tombol "Start" biasanya berupa ikon Windows atau kotak persegi yang bertuliskan "Start". Setelah menemukan tombol "Start", klik tombol tersebut untuk membuka Start Menu.

Pilih "Recent Documents" dari Menu Start

Setelah Start Menu terbuka, lihatlah bagian paling bawah menu. Di sana, kamu akan menemukan opsi yang bertuliskan "Recent Documents". Pilih opsi ini dengan mengkliknya untuk membuka daftar dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya.

Gunakan Pencarian File Explorer

Jika kamu tidak ingin membuka recent document melalui File Explorer atau Start Menu, kamu juga dapat menggunakan fitur pencarian di File Explorer untuk mencari dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya. Fitur pencarian ini memungkinkan kamu mencari dokumen berdasarkan kata kunci atau nama file.

Buka File Explorer

Pertama, buka File Explorer dengan mengklik ikon folder di taskbar atau menggunakan pintasan keyboard "Windows + E". Setelah File Explorer terbuka, kamu akan melihat kotak pencarian di bagian kanan atas jendela.

Ketikkan Kata Kunci atau Nama File

Di dalam kotak pencarian File Explorer, ketikkan kata kunci atau nama file yang ingin kamu cari. Misalnya, jika kamu ingin mencari dokumen dengan kata kunci "rapat", ketikkan kata kunci tersebut di kotak pencarian.

Tekan Tombol Enter

Setelah kamu mengetikkan kata kunci atau nama file, tekan tombol Enter di keyboard kamu. File Explorer akan melakukan pencarian dan menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci atau nama file yang kamu masukkan.

Dengan menggunakan fitur pencarian di File Explorer, kamu dapat dengan mudah menemukan dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya. Fitur ini sangat berguna jika kamu tidak ingat di mana kamu menyimpan dokumen tersebut.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara menampilkan recent document di Windows 10. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sekarang dapat dengan mudah mengakses dokumen-dokumen terbaru yang telah kamu buka sebelumnya. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot mencari-cari file yang telah kamu buka. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Recent Document Windows 10: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]