Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flashing Oppo A71: Panduan Lengkap dan Terperinci

Selamat datang di blog ini, di mana kita akan membahas cara flashing Oppo A71 secara detail dan komprehensif. Jika Anda memiliki Oppo A71 yang mengalami masalah, seperti bootloop, hang, atau bahkan mati total, flashing bisa menjadi solusi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam melakukan proses flashing Oppo A71 dengan mudah.

Sebelum kita memulai, penting untuk diingat bahwa flashing adalah proses yang kompleks dan bisa berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan hati-hati dan memahami risiko yang terkait. Sebaiknya, lakukan backup data penting Anda sebelum memulai proses ini.

Persiapan Sebelum Flashing Oppo A71

Sebelum memulai proses flashing, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Pertama, pastikan Oppo A71 Anda memiliki daya baterai yang cukup atau colokkan ke sumber daya agar tidak mati selama proses. Selanjutnya, unduh dan instal driver USB Oppo A71 di komputer Anda. Anda juga perlu mengunduh firmware yang sesuai untuk Oppo A71 Anda.

Unduh Firmware dan Driver USB Oppo A71

Langkah pertama dalam persiapan adalah mengunduh firmware yang sesuai untuk Oppo A71 Anda. Anda dapat mencarinya secara online di situs resmi Oppo atau menggunakan sumber terpercaya lainnya. Pastikan firmware yang Anda unduh sesuai dengan model dan versi perangkat Oppo A71 Anda.

Selain firmware, Anda juga perlu mengunduh dan menginstal driver USB Oppo A71 di komputer Anda. Driver ini diperlukan agar komputer dapat mengenali perangkat Oppo A71 saat terhubung melalui kabel USB. Anda dapat mengunduh driver USB Oppo A71 dari situs resmi Oppo atau mencarinya secara online.

Backup Data Penting Anda

Sebelum memulai proses flashing, sangat penting untuk melakukan backup data penting Anda. Flashing Oppo A71 dapat menghapus semua data yang ada di perangkat, termasuk foto, video, kontak, dan pesan. Dengan melakukan backup terlebih dahulu, Anda dapat menghindari kehilangan data yang berharga.

Anda dapat melakukan backup data dengan menggunakan fitur backup bawaan di Oppo A71 atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pastikan Anda menyimpan data backup di lokasi yang aman, seperti komputer atau penyimpanan cloud, agar dapat dengan mudah mengembalikannya setelah proses flashing selesai.

Charge Oppo A71 atau Colokkan ke Sumber Daya

Pastikan Oppo A71 Anda memiliki daya baterai yang cukup sebelum memulai proses flashing. Jika baterai perangkat kurang dari 50%, sebaiknya Anda mengisi daya baterai terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Ini akan memastikan Oppo A71 tetap menyala selama proses flashing dan menghindari kemungkinan mati mendadak yang dapat merusak perangkat.

Jika Anda tidak dapat mengisi daya baterai Oppo A71, pastikan Anda mencolokkannya ke sumber daya, seperti charger atau komputer, selama proses flashing berlangsung. Hal ini akan memastikan perangkat tetap hidup tanpa kekhawatiran baterai habis saat proses berlangsung.

Instal SP Flash Tool

SP Flash Tool adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses flashing pada perangkat Oppo A71. Setelah Anda mengunduh SP Flash Tool, ekstrak file tersebut dan instal di komputer Anda. Pastikan Anda menginstal versi yang kompatibel dengan sistem operasi komputer Anda.

Unduh dan Ekstrak SP Flash Tool

Langkah pertama adalah mengunduh SP Flash Tool dari sumber terpercaya. Anda dapat mencarinya secara online dan pastikan Anda mendapatkan versi terbaru. Setelah berhasil mengunduhnya, ekstrak file tersebut ke folder yang mudah diakses di komputer Anda.

Instal SP Flash Tool

Setelah berhasil mengunduh dan mengekstrak SP Flash Tool, langkah selanjutnya adalah menginstalnya di komputer Anda. Buka folder tempat Anda mengekstrak SP Flash Tool dan cari file instalasi. Klik dua kali pada file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar komputer Anda. Pastikan Anda membaca dan memahami setiap langkah instalasi sebelum melanjutkan. Jika diminta untuk memilih lokasi instalasi, pilih lokasi default atau sesuaikan dengan preferensi Anda. Setelah selesai, SP Flash Tool akan terinstal di komputer Anda dan siap digunakan.

Ekstrak Firmware Oppo A71

Setelah Anda mengunduh firmware yang sesuai untuk Oppo A71 Anda, ekstrak file tersebut ke dalam folder yang mudah diakses di komputer Anda. Pastikan Anda mengingat lokasi folder ini karena Anda akan membutuhkannya nanti dalam proses flashing.

Unduh Firmware Oppo A71

Langkah pertama adalah mengunduh firmware Oppo A71 dari sumber terpercaya. Anda dapat mencarinya secara online dan pastikan Anda mendapatkan versi yang sesuai dengan model dan versi perangkat Anda. Pastikan juga firmware yang Anda unduh cocok dengan negara atau wilayah tempat Anda tinggal.

Ekstrak Firmware Oppo A71

Setelah berhasil mengunduh firmware Oppo A71, langkah berikutnya adalah mengekstrak file tersebut. Buka file yang telah Anda unduh dan cari file dengan ekstensi .zip atau .rar. Klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi "Ekstrak" atau "Extract" untuk mengekstrak isi file ke folder yang baru.

Pilih lokasi folder yang mudah diakses dan pastikan Anda mengingatnya karena Anda akan membutuhkannya nanti dalam proses flashing. Setelah selesai diekstrak, Anda akan melihat beberapa file dalam folder tersebut, termasuk file scatter yang diperlukan dalam proses flashing.

Buka SP Flash Tool

Sekarang, buka SP Flash Tool yang sudah Anda instal sebelumnya. Pada tampilan awal SP Flash Tool, Anda akan melihat berbagai opsi dan tombol yang berbeda. Pastikan Anda membaca dan memahami setiap opsi sebelum melanjutkan proses flashing.

Buka SP Flash Tool di Komputer Anda

Langkah pertama adalah mencari ikon SP Flash Tool di komputer Anda. Biasanya ikon ini akan muncul di desktop atau dapat ditemukan dalam menu program. Klik dua kali pada ikon tersebut untuk membuka SP Flash Tool.

Jika Anda tidak dapat menemukan ikon SP Flash Tool, Anda dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian di komputer Anda. Ketik "SP Flash Tool" dalam kotak pencarian dan pilih hasil yang sesuai. Ini akan membuka SP Flash Tool di komputer Anda.

Pelajari Antarmuka SP Flash Tool

Setelah Anda membuka SP Flash Tool, Anda akan melihat antarmuka program yang terdiri dari berbagai opsi dan tombol. Penting untuk memahami setiap opsi ini sebelum melanjutkan proses flashing. Berikut adalah beberapa komponen penting dalam antarmuka SP Flash Tool:

Scatter-loading

Opsi ini digunakan untuk memuat file scatter yang diperlukan dalam proses flashing. File scatter adalah file yang berisi informasi partisi dan alamat memori perangkat. Dalam proses flashing, SP Flash Tool akan menggunakan file scatter ini untuk memetakan bagaimana firmware akan dipartisi pada perangkat Oppo A71.

Download Only

Mode ini digunakan ketika Anda ingin mengunduh firmware baru ke perangkat Oppo A71 tanpa menghapus data yang ada. Jika Anda memilih mode ini, SP Flash Tool akan memasang firmware baru pada perangkat tanpa mengubah atau menghapus data yang ada. Mode ini berguna jika Anda ingin memperbarui firmware perangkat atau mem

Firmware Upgrade

Mode ini digunakan ketika Anda ingin mengunduh firmware baru ke perangkat Oppo A71 dan menghapus semua data yang ada. Jika Anda memilih mode ini, SP Flash Tool akan memasang firmware baru dan melakukan pemformatan penuh pada perangkat, menghapus semua data yang ada. Mode ini berguna jika Anda ingin melakukan flashing bersih atau mengatasi masalah pada perangkat yang tidak dapat diselesaikan dengan cara lain.

Format All + Download

Mode ini digunakan ketika Anda ingin menghapus semua data yang ada pada perangkat Oppo A71 dan memasang firmware baru. Jika Anda memilih mode ini, SP Flash Tool akan melakukan pemformatan penuh pada perangkat dan menginstal firmware baru. Mode ini berguna jika Anda ingin melakukan flashing bersih dan mengembalikan perangkat ke kondisi awal.

Read Back

Mode ini digunakan ketika Anda ingin membaca file firmware yang ada pada perangkat Oppo A71. Jika Anda memilih mode ini, SP Flash Tool akan membaca file firmware yang ada pada perangkat dan menyimpannya sebagai file backup. Mode ini berguna jika Anda ingin membuat salinan cadangan dari firmware perangkat Anda.

Format

Mode ini digunakan ketika Anda ingin melakukan pemformatan pada partisi tertentu pada perangkat Oppo A71. Jika Anda memilih mode ini, SP Flash Tool akan memformat partisi yang Anda pilih, menghapus semua data yang ada di dalamnya. Mode ini berguna jika Anda ingin menghapus data pada partisi tertentu tanpa melakukan flashing keseluruhan perangkat.

Pilih Scatter-loading dan Load Firmware

Setelah membuka SP Flash Tool, klik opsi "Scatter-loading" dan arahkan ke folder tempat Anda menyimpan firmware Oppo A71 yang sudah diekstrak sebelumnya. Pilih file scatter yang sesuai dan klik "Open" untuk memuatnya ke SP Flash Tool. Ini akan memetakan bagaimana firmware akan dipartisi selama proses flashing.

Pilih File Scatter yang Sesuai

Setelah mengklik opsi "Scatter-loading" dalam SP Flash Tool, jendela penjelajah file akan muncul. Cari folder tempat Anda menyimpan firmware Oppo A71 yang sudah diekstrak sebelumnya. Di dalam folder tersebut, Anda akan menemukan beberapa file, termasuk file scatter dengan ekstensi .txt.

Pilih file scatter yang sesuai dengan perangkat Oppo A71 Anda. Biasanya, file scatter memiliki nama yang menggambarkan model perangkat dan versi firmware. Setelah memilih file scatter yang tepat, klik "Open" untuk memuatnya ke SP Flash Tool.

Memuat File Scatter ke SP Flash Tool

Setelah memilih file scatter yang tepat, SP Flash Tool akan memuat file tersebut dan menampilkan informasi partisi dan alamat memori perangkat Oppo A71. Ini adalah langkah penting dalam proses flashing karena memetakan bagaimana firmware akan dipartisi pada perangkat.

Pastikan semua informasi partisi dan alamat memori terlihat dengan benar di antarmuka SP Flash Tool. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian, sebaiknya ulangi langkah ini dengan memilih file scatter yang sesuai atau memeriksa kembali firmware yang Anda unduh.

Matikan Oppo A71

Selanjutnya, matikan Oppo A71 Anda sepenuhnya. Pastikan untuk melepaskan baterai jika Anda dapat mengaksesnya. Tunggu beberapa detik sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Matikan Oppo A71 dengan Benar

Untuk mematikan Oppo A71 dengan benar, tekan dan tahan tombol daya perangkat selama beberapa detik. Setelah muncul menu daya di layar, pilih opsi "Matikan" atau "Power Off". Oppo A71 akan mulai mematikan diri dan layar akan menjadi gelap.

Jika Anda tidak dapat mengakses layar atau tombol daya tidak berfungsi, Anda dapat mencoba melepaskan baterai perangkat jika memungkinkan. Pastikan Anda mematikan perangkat sebelum melepaskan baterai untuk menghindari kerusakan atau masalah lebih lanjut.

Pilih Mode Flash

Sekarang, kembali ke SP Flash Tool di komputer Anda. Pada jendela SP Flash Tool, pilih opsi "Download Only" atau "Firmware Upgrade" tergantung pada preferensi Anda. Mode Flash yang Anda pilih akan memengaruhi cara Oppo A71 Anda akan diflashing.

Pilih Mode Flash yang Tepat

Setelah mematikan Oppo A71, kembali ke antarmuka SP Flash Tool di komputer Anda. Di bagian atas antarmuka, Anda akan melihat opsi "Download Only" dan "Firmware Upgrade". Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin memasang firmware baru tanpa menghapus data yang ada pada perangkat, pilih opsi "Download Only". Jika Anda ingin memasang firmware baru dan melakukan pemformatan penuh pada perangkat, pilih opsi "Firmware Upgrade". Perhatikan bahwa pemilihan mode yang salah dapat menyebabkan masalah pada perangkat Oppo A71.

Sambungkan Oppo A71 ke Komputer

Setelah memilih mode flash yang sesuai, sambungkan Oppo A71 Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan koneksi stabil dan Oppo A71 terdeteksi oleh komputer Anda. SP Flash Tool akan mulai memuat firmware dan memulai proses flashing.

Sambungkan Oppo A71 ke Komputer dengan Kabel USB

Ambil kabel USB yang disertakan dengan Oppo A71 Anda dan sambungkan satu ujungnya ke perangkat dan ujung lainnya ke komputer Anda. Pastikan kabel USB dalam kondisi baik dan tidak rusak. Pastikan juga koneksi antara Oppo A71 dan komputer stabil.

Setelah Anda menyambungkan Oppo A71 ke komputer, perhatikan layar Oppo A71. Jika muncul permintaan izin akses USB atau opsi pengaturan koneksi USB, pilih opsi yang sesuai dan berikan izin yang diperlukan. Ini akan memastikan komputer Anda dapat mengenali Oppo A71 dan memulai proses flashing.

Proses Flashing Oppo A71

Sekarang, biarkan SP Flash Tool menyelesaikan proses flashing Oppo A71. Jangan mencabut kabel USB atau mematikan komputer selama proses berlangsung. Ini bisa membatalkan proses dan berpotensi merusak Oppo A71 Anda.

Tunggu Hingga Proses Flashing Selesai

Setelah Oppo A71 terhubung ke komputer melalui kabel USB, biarkan SP Flash Tool menyelesaikan proses flashing. Jangan melakukan tindakan apa pun yang dapat mengganggu proses, seperti mencabut kabel USB atau mematikan komputer. Proses flashing biasanya membutuhkan beberapa menit tergantung pada ukuran firmware dan kecepatan komputer Anda.

Anda dapat melihat kemajuan proses di antarmuka SP Flash Tool. Anda akan melihat bar kemajuan dan pesan yang menunjukkan proses yang sedang berlangsung. Pastikan Anda tidak mengganggu proses ini dan biarkan SP Flash Tool menyelesaikan flashing Oppo A71 dengan sukses.

Selesai dan Restart Oppo A71

Setelah proses flashing selesai, SP Flash Tool akan memberi tahu Anda dengan pesan yang muncul di layar komputer. Anda dapat mencabut kabel USB dan menghidupkan kembali Oppo A71. Perangkat Anda sekarang harus berfungsi dengan baik dan masalah yang Anda hadapi sebelumnya seharusnya teratasi.

Cabut Kabel USB dan Hidupkan Kembali Oppo A71

Setelah SP Flash Tool menyelesaikan proses flashing, Anda dapat mencabut kabel USB yang menghubungkan Oppo A71 dengan komputer. Pastikan koneksi Oppo A71 dan komputer sudah terputus dengan aman sebelum mencabut kabel.

Setelah mencabut kabel USB, tekan dan tahan tombol daya Oppo A71 untuk menghidupkan kembali perangkat. Anda akan melihat logo Oppo muncul di layar, yang menandakan bahwa perangkat telah berhasil di-flash dan sekarang siap digunakan.

Periksa Kembali Perangkat Oppo A71

Setelah menghidupkan kembali Oppo A71, periksa apakah perangkat berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada lagi masalah seperti bootloop, hang, atau masalah lain yang Anda alami sebelumnya. Coba jalankan beberapa aplikasi atau fitur perangkat untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Atasi Masalah Jika Masih Terjadi

Jika Anda masih mengalami masalah setelah melakukan proses flashing, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba. Pertama, pastikan Anda telah mengikuti semua langkah dengan benar dan tidak ada langkah yang terlewat. Jika ada kesalahan dalam proses flashing, Anda mungkin perlu mengulang proses dari awal.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan firmware yang sesuai dengan model dan versi perangkat Oppo A71 Anda. Menggunakan firmware yang tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah pada perangkat. Jika Anda tidak yakin dengan firmware yang digunakan, sebaiknya mencari panduan yang lebih spesifik atau mencari bantuan dari forum atau sumber terpercaya lainnya.

Jika masalah masih terjadi setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat mencoba mencari solusi di forum atau situs web yang mengkhususkan diri dalam perbaikan perangkat Oppo. Ada banyak sumber daya online yang dapat membantu Anda mengatasi masalah yang spesifik dengan Oppo A71.

Pentingnya Flashing yang Aman dan Berhati-Hati

Flashing Oppo A71 adalah proses yang kompleks dan berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Penting untuk mengikuti panduan ini dengan hati-hati dan memastikan Anda memahami setiap langkah yang dilakukan. Selalu pastikan Anda menggunakan firmware yang sesuai dan membackup data penting Anda sebelum memulai proses.

Selain itu, pastikan Anda mengunduh firmware dan alat flashing dari sumber terpercaya dan resmi. Menggunakan firmware atau alat flashing yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda atau bahkan merusaknya.

Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo. Mereka akan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan proses flashing dengan aman dan efektif.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan secara detail dan komprehensif tentang cara flashing Oppo A71. Kami telah membahas persiapan sebelum flashing, instalasi SP Flash Tool, ekstraksi firmware Oppo A71, pemilihan mode flash yang tepat, serta proses flashing itu sendiri. Kami juga telah membahas pentingnya melakukan flashing dengan hati-hati dan berhati-hati.

Selalu ingat bahwa flashing adalah proses yang berisiko, dan Anda harus selalu melakukannya dengan hati-hati dan memahami risiko yang terkait. Jika Anda tidak yakin atau tidak merasa nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo.

Kami harap panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam memperbaiki masalah yang ada pada Oppo A71 Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Semoga sukses dalam proses flashing Oppo A71 Anda!

Posting Komentar untuk "Cara Flashing Oppo A71: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]