Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Oppo A37 via SD Card: Panduan Lengkap

Anda ingin mengetahui cara flash Oppo A37 melalui SD card untuk tujuan SEO? Jika ya, Anda telah sampai di tempat yang tepat. Dalam artikel blog ini, kami akan memberikan panduan yang unik, terperinci, dan komprehensif tentang langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan flashing pada Oppo A37 menggunakan SD card. Kami akan menjelaskan setiap langkah dengan jelas dan memberikan gambar ilustrasi untuk membantu Anda memahaminya dengan lebih baik.

Sebelum kita memulai, mari kita bahas sedikit tentang apa itu flashing dan mengapa Anda mungkin perlu melakukan flashing pada Oppo A37 Anda. Flashing adalah proses menginstal ulang sistem operasi pada perangkat Android. Ini bisa dilakukan ketika perangkat Anda mengalami masalah seperti bootloop, hang, atau kinerja yang buruk. Dalam kasus Oppo A37, flashing juga dapat membantu Anda mengatasi masalah seperti lupa pola kunci atau lupa password.

Persiapan

Sebelum Anda mulai melakukan flashing, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengunduh firmware yang tepat untuk Oppo A37 Anda. Selain itu, pastikan Anda memiliki SD card dengan kapasitas yang cukup untuk menyimpan file firmware.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa Oppo A37 Anda memiliki daya baterai yang cukup. Kami sangat menyarankan untuk melakukan proses flashing dengan baterai yang terisi penuh atau minimal 50% untuk menghindari matinya perangkat saat proses berlangsung. Jika baterai Anda dalam kondisi rendah, sambungkan Oppo A37 ke charger sebelum melanjutkan.

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki PC atau laptop yang terhubung ke internet. Anda akan membutuhkannya untuk mengunduh firmware dan alat flashing yang diperlukan. Pastikan PC atau laptop Anda terhubung ke jaringan internet yang stabil dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh file firmware dan alat flashing.

Unduh Firmware

Langkah berikutnya adalah mengunduh firmware yang sesuai untuk Oppo A37 Anda. Anda bisa mencarinya di situs resmi Oppo atau situs-situs lain yang menyediakan firmware Oppo. Pastikan Anda mengunduh firmware yang sesuai dengan model dan versi perangkat Oppo A37 Anda.

Setelah Anda menemukan firmware yang sesuai, unduh file tersebut ke PC atau laptop Anda. Pastikan Anda mengunduh file firmware yang berekstensi .zip atau .rar. Ini adalah format kompresi yang umum digunakan untuk file firmware. Jika file firmware yang Anda unduh dalam format lain, seperti .exe atau .img, jangan khawatir. Anda dapat mengubahnya menjadi format yang sesuai dengan menggunakan alat kompresi seperti WinRAR atau 7-Zip.

Setelah Anda mengunduh firmware, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang mudah diakses di PC atau laptop Anda. Misalnya, Anda dapat membuat folder khusus di desktop atau di folder Downloads Anda. Ini akan memudahkan Anda saat Anda perlu mencarinya nanti.

Format SD Card

Setelah Anda mengunduh firmware, langkah berikutnya adalah memformat SD card Anda. Memformat SD card adalah proses yang penting untuk memastikan bahwa SD card Anda bersih dan siap digunakan untuk menyimpan file firmware yang akan digunakan dalam proses flashing.

Langkah 1: Persiapan SD Card

Sebelum Anda memulai proses format, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting yang ada di SD card Anda. Proses format akan menghapus semua data yang ada di dalam SD card, jadi pastikan Anda telah memindahkan semua data yang ingin Anda simpan ke tempat lain.

Jika Anda belum memiliki salinan cadangan dari data di SD card Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda dapat memindahkan foto, video, musik, dan file lainnya ke PC atau laptop Anda. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman sehingga Anda dapat mengaksesnya kembali setelah proses format selesai.

Langkah 2: Format SD Card

Selanjutnya, sambungkan SD card Anda ke PC atau laptop menggunakan pembaca kartu SD atau slot kartu SD yang ada di perangkat Anda. Setelah SD card terdeteksi oleh sistem, buka File Explorer (Windows) atau Finder (Mac) dan cari drive yang sesuai dengan SD card Anda.

Klik kanan pada ikon drive SD card dan pilih opsi "Format" dari menu yang muncul. Ini akan membuka jendela format SD card di layar Anda. Di dalam jendela ini, Anda akan melihat beberapa opsi yang dapat Anda atur sebelum memulai proses format.

Pertama, pastikan bahwa sistem file yang dipilih adalah FAT32. Ini adalah sistem file yang umum digunakan untuk kartu SD. Jika sistem file yang ditampilkan adalah NTFS atau exFAT, Anda perlu mengubahnya menjadi FAT32. Anda dapat melakukannya dengan mengklik pada opsi "File System" dan memilih FAT32 dari daftar opsi yang tersedia.

Setelah Anda mengatur sistem file ke FAT32, Anda dapat memberikan label untuk SD card Anda. Label ini adalah nama yang akan ditampilkan pada drive SD card ketika Anda menghubungkannya ke perangkat lain. Anda dapat memberikan label apa pun yang Anda inginkan, misalnya "SD Card" atau "Oppo A37". Namun, pastikan label yang Anda pilih tidak mengandung karakter khusus atau spasi.

Setelah Anda mengatur sistem file dan memberikan label, Anda dapat memulai proses format dengan mengklik tombol "Start" atau "Format". Tunggu beberapa saat sampai proses format selesai. Jangan cabut SD card dari PC atau laptop selama proses ini berlangsung.

Setelah proses format selesai, Anda akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa format telah berhasil. Klik tombol "OK" atau "Close" untuk menutup jendela format SD card. SD card Anda sekarang telah diformat dan siap digunakan untuk menyimpan file firmware.

Pindahkan Firmware ke SD Card

Setelah SD card Anda diformat, langkah selanjutnya adalah memindahkan file firmware yang telah Anda unduh ke SD card. Pastikan Anda menempatkan file firmware di root directory SD card, bukan di dalam folder apa pun. Ini penting agar perangkat Oppo A37 dapat mengenali file firmware dengan benar saat proses flashing dilakukan.

Langkah 1: Hubungkan SD Card ke PC atau Laptop

Sambungkan SD card Anda ke PC atau laptop menggunakan pembaca kartu SD atau slot kartu SD yang ada di perangkat Anda. Pastikan SD card terdeteksi oleh sistem dan ditampilkan sebagai drive di File Explorer (Windows) atau Finder (Mac).

Langkah 2: Buka SD Card

Buka drive SD card di File Explorer (Windows) atau Finder (Mac) untuk melihat isinya. Anda akan melihat beberapa folder dan file yang mungkin sudah ada di dalam SD card. Jangan menghapus atau memindahkan folder atau file apa pun yang sudah ada di sini, kecuali jika Anda yakin bahwa mereka tidak diperlukan lagi.

Langkah 3: Salin Firmware ke SD Card

Buka folder di PC atau laptop Anda di mana Anda menyimpan file firmware yang telah Anda unduh sebelumnya. Pilih file firmware yang sesuai, klik kanan, dan pilih opsi "Copy" atau "Salin". Kemudian, kembali ke jendela SD card di File Explorer (Windows) atau Finder (Mac).

Klik kanan di dalam jendela SD card dan pilih opsi "Paste" atau "Tempel". Ini akan menempelkan file firmware yang telah Anda salin ke SD card. Tunggu beberapa saat sampai proses penempelan selesai. Jangan cabut SD card dari PC atau laptop selama proses ini berlangsung.

Setelah proses penempelan selesai, Anda akan melihat file firmware yang telah Anda salin muncul di jendela SD card. Pastikan file firmware berada di root directory SD card dan tidak terletak di dalam folder apa pun.

Matikan Oppo A37

Sebelum kita melanjutkan dengan proses flashing, pastikan OppoA37 Anda dalam keadaan mati. Pastikan baterai perangkat Anda juga dalam keadaan terisi penuh atau minimal 50% agar proses flashing dapat berjalan lancar tanpa kekhawatiran kehabisan daya.

Masuk ke Mode Recovery

Selanjutnya, kita perlu masuk ke mode recovery pada Oppo A37. Mode recovery adalah mode khusus yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemulihan, pembaruan, dan instalasi ulang sistem operasi perangkat Anda. Untuk masuk ke mode recovery pada Oppo A37, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Matikan Oppo A37

Pertama, pastikan Oppo A37 Anda benar-benar mati. Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul menu power options di layar. Pilih opsi "Power off" atau "Matikan" dan tunggu Oppo A37 benar-benar mati.

Langkah 2: Tekan Tombol Volume Down dan Power

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan. Tahan kedua tombol ini sampai Anda melihat logo Oppo muncul di layar. Setelah itu, lepaskan kedua tombol tersebut.

Langkah 3: Masuk ke Mode Recovery

Setelah Anda melepaskan tombol Volume Down dan Power, Anda akan masuk ke mode recovery pada Oppo A37. Di dalam mode recovery, Anda akan melihat beberapa opsi yang dapat Anda navigasikan menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down, serta memilih dengan tombol Power.

Pilih "Install from SD"

Setelah Anda masuk ke mode recovery, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia. Opsi yang perlu Anda pilih adalah "Install from SD" atau "Install dari SD card". Opsi ini memungkinkan Anda untuk menginstal firmware dari SD card ke Oppo A37 Anda.

Untuk memilih opsi "Install from SD", navigasikan menggunakan tombol Volume Down hingga opsi tersebut terpilih, kemudian tekan tombol Power untuk memilihnya.

Pilih Firmware yang Tersedia

Setelah Anda memilih opsi "Install from SD", Anda akan melihat daftar file firmware yang tersedia di SD card Anda. File firmware yang telah Anda pindahkan sebelumnya seharusnya muncul dalam daftar ini.

Untuk memilih file firmware yang ingin Anda flash, navigasikan menggunakan tombol Volume Up atau Volume Down hingga file tersebut terpilih, kemudian tekan tombol Power untuk memilihnya.

Mulai Proses Flashing

Setelah Anda memilih file firmware, konfirmasikan pilihan Anda dengan memilih opsi "Yes" atau "OK". Setelah Anda mengonfirmasi, proses flashing akan dimulai dan perangkat Oppo A37 Anda akan memulai instalasi ulang sistem operasi menggunakan file firmware yang telah Anda pilih.

Proses flashing mungkin memakan waktu beberapa menit, jadi pastikan Oppo A37 Anda tetap terhubung ke daya dan jangan mencabut SD card selama proses berlangsung. Selama proses flashing, Anda akan melihat tampilan yang menunjukkan kemajuan proses. Harap bersabar dan biarkan proses berjalan hingga selesai.

Selesai

Setelah proses flashing selesai, Anda akan melihat pesan "Instalasi selesai" atau yang serupa di layar Oppo A37 Anda. Ini menandakan bahwa flashing telah berhasil dilakukan. Pilih opsi "Reboot" untuk me-restart perangkat Anda dan menikmati Oppo A37 yang telah di-flash dengan firmware baru.

Dalam artikel blog ini, kami telah memberikan panduan yang lengkap dan terperinci tentang cara flash Oppo A37 melalui SD card. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati, Anda akan dapat melakukan flashing dengan sukses dan memperbaiki masalah yang mungkin Anda hadapi pada Oppo A37 Anda. Tetapi, kami ingatkan bahwa flashing adalah proses yang berisiko, dan kami sarankan Anda melakukan backup data penting Anda sebelum memulai proses ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Posting Komentar untuk "Cara Flash Oppo A37 via SD Card: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]