Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi Muncul di Xiaomi: Solusi dan Penyebabnya

Apakah Anda menggunakan ponsel Xiaomi dan mengalami masalah dengan notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi? Ini bisa sangat menjengkelkan, terutama jika Anda melewatkan pesan penting atau panggilan dari teman atau keluarga. Jika Anda menghadapi masalah ini, jangan khawatir, karena kami telah menyusun panduan komprehensif ini untuk membantu Anda memecahkan masalah tersebut.

Sebelum kita membahas solusinya, mari kita cari tahu apa yang menyebabkan masalah ini terjadi. Salah satu penyebab umum notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi muncul di ponsel Xiaomi adalah pengaturan yang salah. Ponsel Xiaomi memiliki fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengelola notifikasi dengan lebih rinci. Terkadang, pengaturan ini dapat berubah secara tidak sengaja atau terganggu oleh aplikasi pihak ketiga yang diinstal di ponsel Anda.

Periksa Pengaturan Notifikasi di WhatsApp

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan notifikasi di aplikasi WhatsApp itu sendiri. Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu. Pilih "Pengaturan" dari menu drop-down.

Setelah itu, ketuk opsi "Notifikasi" di dalam menu Pengaturan. Pastikan bahwa opsi "Bunyi" diaktifkan dan volume notifikasi telah diatur dengan benar. Anda juga dapat memeriksa opsi lain seperti "Getar" atau "Lampu" jika ingin mengaktifkan fitur tambahan untuk notifikasi WhatsApp Anda.

Periksa Pengaturan Bunyi

Dalam bagian Pengaturan Notifikasi, pastikan bahwa opsi "Bunyi" diaktifkan. Jika opsi ini sudah diaktifkan tetapi Anda masih tidak mendapatkan suara notifikasi, cobalah untuk mengatur volume notifikasi ke tingkat yang lebih tinggi. Anda juga dapat memeriksa opsi "Nada Notifikasi" untuk memastikan bahwa nada yang dipilih adalah nada yang sesuai dan dapat didengar.

Periksa Opsi Getar dan Lampu

Jika Anda ingin mendapatkan pemberitahuan tambahan selain suara, Anda dapat mengaktifkan opsi "Getar" atau "Lampu" di pengaturan notifikasi WhatsApp. Pastikan bahwa opsi ini diaktifkan dan sudah diatur sesuai preferensi Anda.

Periksa Pengaturan Notifikasi Di Whatsapp

Periksa Pengaturan Notifikasi di Ponsel Xiaomi

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa pengaturan notifikasi di ponsel Xiaomi Anda. Buka pengaturan ponsel Anda dan cari opsi "Notifikasi & Status Bar". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan notifikasi ponsel Xiaomi Anda.

Periksa Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Di dalam pengaturan Notifikasi & Status Bar, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Xiaomi Anda. Cari dan ketuk opsi "WhatsApp" dari daftar ini untuk membuka pengaturan notifikasi khusus untuk aplikasi WhatsApp.

Pastikan bahwa opsi "Notifikasi" diaktifkan untuk WhatsApp. Jika opsi ini sudah diaktifkan, periksa juga pengaturan lain seperti "Suara Notifikasi" dan "Tampilan Baris Status". Pastikan bahwa suara notifikasi telah diatur dengan benar dan bahwa tampilan baris status ditampilkan dengan benar saat Anda menerima notifikasi WhatsApp.

Periksa Pengaturan Suara Notifikasi

Di dalam pengaturan notifikasi WhatsApp di ponsel Xiaomi, pastikan bahwa suara notifikasi telah diatur dengan benar. Pilih suara notifikasi yang sesuai dan pastikan volume notifikasi telah diatur ke tingkat yang cukup tinggi sehingga Anda dapat mendengar suara notifikasi yang muncul.

Periksa Pengaturan Tampilan Baris Status

Pengaturan "Tampilan Baris Status" memungkinkan Anda menampilkan notifikasi WhatsApp sebagai baris status di bagian atas layar ponsel Xiaomi Anda. Pastikan bahwa opsi ini diaktifkan jika Anda ingin melihat baris status notifikasi WhatsApp saat ponsel dalam mode terkunci atau saat menggunakan aplikasi lain.

Periksa Pengaturan Notifikasi Di Ponsel Xiaomi

Perbarui Aplikasi WhatsApp

Kadang-kadang, masalah notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi dapat diselesaikan dengan memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Buka Google Play Store di ponsel Xiaomi Anda dan cari "WhatsApp" di bar pencarian. Ketuk ikon WhatsApp dari hasil pencarian dan ketuk tombol "Perbarui" jika tersedia.

Perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru dan tunggu sampai proses pembaruan selesai. Setelah itu, coba kirim pesan uji ke ponsel Xiaomi Anda dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar.

Periksa Pembaruan Aplikasi WhatsApp

Di Google Play Store, ketuk ikon "Perbarui" di bawah aplikasi WhatsApp jika ada pembaruan yang tersedia. Tunggu sampai proses pembaruan selesai dan pastikan Anda sudah menggunakan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp.

Perbarui Aplikasi Whatsapp

Bersihkan Cache Aplikasi WhatsApp

Cache yang terakumulasi di aplikasi WhatsApp juga dapat menyebabkan masalah notifikasi. Untuk membersihkan cache, buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Aplikasi". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan aplikasi di ponsel Xiaomi Anda.

Cari dan Ketuk Aplikasi WhatsApp

Di dalam pengaturan aplikasi, cari dan ketuk aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Xiaomi Anda. Ini akan membuka pengaturan aplikasi WhatsApp yang lebih rinci.

Ketuk Opsi "Bersihkan Cache"

Dalam pengaturan aplikasi WhatsApp, ketuk opsi "Bersihkan Cache" untuk membersihkan cache yang terakumulasi di aplikasi WhatsApp. Tunggu sampai proses pembersihan selesai dan pastikan Anda telah membersihkan cache dengan sukses.

Membersihkan cache aplikasi WhatsApp dapat membantu memperbaiki masalah notifikasi yang tidak bunyi dengan menghilangkan data yang mungkin telah rusak atau korup. Setelah membersihkan cache, coba kirim pesan uji ke ponsel Xiaomi Anda dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar.

Bersihkan Cache Aplikasi Whatsapp

Nonaktifkan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai pada ponsel Xiaomi dapat membatasi notifikasi dari aplikasi tertentu, termasuk WhatsApp. Untuk memastikan notifikasi WhatsApp Anda bunyi dengan benar, pastikan mode hemat baterai sedang nonaktif.

Buka Pengaturan Baterai

Buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Baterai" atau "Pengelolaan Baterai". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan baterai di ponsel Xiaomi Anda.

Nonaktifkan Mode Hemat Baterai

Dalam pengaturan baterai, pastikan bahwa opsi "Mode Hemat Baterai" sedang nonaktif. Jika opsi ini diaktifkan, matikan mode hemat baterai untuk memungkinkan notifikasi WhatsApp berbunyi dengan normal.

Nonaktifkan Mode Hemat Baterai

Matikan Optimalisasi Aplikasi

Ponsel Xiaomi memiliki fitur optimasi aplikasi yang dapat menghentikan notifikasi dari aplikasi tertentu, termasuk WhatsApp. Untuk memastikan WhatsApp tidak terpengaruh oleh fitur ini, matikan optimasi untuk aplikasi WhatsApp.

Buka Pengaturan Aplikasi

Buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan aplikasi di ponsel Xiaomi Anda.

Cari dan Ketuk Aplikasi WhatsApp

Di dalam pengaturan aplikasi, cari dan ketuk aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Xiaomi Anda. Ini akan membuka pengaturan aplikasi WhatsApp yang lebih rinci.

Matikan Optimasi Aplikasi

Dalam pengaturan aplikasi WhatsApp, cari opsi "Optimasi Aplikasi" atau "Manajemen Tenaga" dan ketuk opsi ini. Matikan optimasi untuk aplikasi WhatsApp dengan menggeser tombol ke posisi nonaktif.

Dengan mematikan optimasi aplikasi, Anda memastikan bahwa WhatsApp tidak terpengaruh oleh fitur ponsel Xiaomi yang dapat menghentikan notifikasi bunyi. Setelah mematikan optimasi, coba kirim pesan uji ke ponsel Xiaomi Anda dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar.

Matikan Optimalisasi Aplikasi

Nonaktifkan Mode DND (Do Not Disturb)

Jika mode DND (Do Not Disturb) diaktifkan di ponsel Xiaomi Anda, maka notifikasi WhatsApp tidak akan bunyi. Untuk memastikan notifikasi bunyi aktif, pastikan mode DND sedang nonaktif.

Buka Pengaturan Suara

Buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Suara" atau "Pengaturan Suara". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan suara di ponsel Xiaomi Anda.

Cari dan Nonaktifkan Mode DND

Di dalam pengaturan suara, cari opsi "Mode DND" atau "Do Not Disturb" dan ketuk opsi ini. Pastikan bahwa mode DND sedang nonaktif dengan menggeser tombol ke posisi off.

Dengan mematikan mode DND, Anda memungkinkan notifikasi bunyi untuk WhatsApp. Setelah mematikan mode DND, coba kirim pesan uji ke ponsel Xiaomi Anda dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar.

Nonaktifkan Mode Dnd (Do Not Disturb)

Reboot Ponsel Anda

Kadang-kadang, reboot ponsel dapat memperbaiki masalah notifikasi. Matikan ponsel Xiaomi Anda sepenuhnya dengan menekan tombol daya, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol daya lagi.

Setelah ponsel Xiaomi Anda menyala kembali, coba kirim pesan uji ke ponsel dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar. Reboot ponsel dapat membantu mengatasi masalah kecil yang mungkin terjadi dan memulai ulang sistem ponsel Anda.

Reboot Ponsel Anda

Hapus dan Pasang Kembali Aplikasi WhatsApp

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Xiaomi Anda dan menginstalnya kembali dari Google Play Store. Pastikan Anda mencadangkan percakapan penting sebelum menghapus aplikasi.

Hapus Aplikasi WhatsApp

Untuk menghapus aplikasi WhatsApp, buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan aplikasi di ponsel Xiaomi Anda.

Cari dan ketuk aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Xiaomi Anda. Ketuk opsi "Hapus" atau "Uninstall" untuk menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Xiaomi Anda.

Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Setelah menghapus aplikasi WhatsApp, buka Google Play Store di ponsel Xiaomi Anda. Cari "WhatsApp" di bar pencarian dan ketuk ikon WhatsApp dari hasil pencarian. Ketuk tombol "Pasang" untuk menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi WhatsApp dan masuk dengan akun Anda. Pastikan Anda telah mencadangkan percakapan penting sebelumnya sehingga Anda dapat mengembalikannya setelah menginstal ulang aplikasi.

Hapus Dan Pasang Kembali Aplikasi Whatsapp

Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda telah menginstal aplikasi pihak ketiga yang berhubungan dengan notifikasi di ponsel Xiaomi Anda, coba nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu pengiriman notifikasi WhatsApp.

Cari Aplikasi Pihak Ketiga

Buka pengaturan ponsel Xiaomi Anda dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan aplikasi di ponsel Xiaomi Anda.

Cari dan ketuk aplikasi pihak ketiga yang berhubungan dengan notifikasi atau pengelolaan suara di ponsel Xiaomi Anda. Ketuk opsi "Nonaktifkan" atau "Hapus" untuk menghentikan aplikasi pihak ketiga tersebut.

Setelah menonaktifkan atau menghapus aplikasi pihak ketiga, coba kirim pesan uji ke ponsel Xiaomi Anda dan periksa apakah notifikasi bunyi sudah berfungsi dengan benar.

Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat memperbaiki masalah notifikasi WhatsApp yang tidak bunyi di ponsel Xiaomi Anda. Jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Xiaomi atau mengunjungi pusat layanan resmi untuk bantuan lebih lanjut.

Ingatlah bahwa perangkat Xiaomi yang berbeda dapat memiliki pengaturan yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk menyesuaikan langkah-langkah di atas dengan perangkat Xiaomi Anda sendiri. Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menikmati pengalaman WhatsApp yang lebih baik di ponsel Xiaomi Anda!

Posting Komentar untuk "Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi Muncul di Xiaomi: Solusi dan Penyebabnya"

Daftar Isi [
tampilkan
]