Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Foto Manipulasi Photoshop Lucu: Karya Seni yang Menghibur dan Menginspirasi

Manipulasi foto dengan menggunakan perangkat lunak Photoshop telah menjadi tren yang populer di kalangan penggemar seni digital. Dengan kreativitas dan keahlian dalam menggabungkan berbagai elemen visual, para seniman Photoshop mampu menciptakan gambar-gambar yang mengagumkan dan menghibur. Dalam artikel ini, kami akan merangkum kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu yang akan menginspirasi Anda dan membuat Anda tersenyum.

Selain menghibur, foto manipulasi Photoshop juga dapat menjadi media ekspresi diri. Dalam setiap karya, seniman Photoshop dapat menggabungkan imajinasi mereka dengan keahlian teknis untuk menciptakan gambar yang unik dan penuh dengan pesan tersembunyi. Dengan melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda akan dapat mengapresiasi keindahan seni digital dan menggali inspirasi untuk menciptakan karya seni Anda sendiri.

Makanan yang Hidup

Dalam sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan makanan-makanan dengan karakter hidup. Dari buah-buahan yang berjalan-jalan hingga sayuran yang sedang berbicara, karya-karya ini akan membuat Anda tersenyum dan terinspirasi untuk menciptakan karya seni dengan tema yang serupa.

1. Buah-buahan yang Berjalan-Jalan

Kami memulai sesi ini dengan foto manipulasi Photoshop yang menggambarkan buah-buahan dengan karakteristik manusia. Anda akan melihat pisang yang sedang berjalan-jalan dengan topi pantai, apel yang sedang bermain skateboard, dan jeruk yang sedang bermain bola. Kreativitas seniman Photoshop dalam menggabungkan elemen alami dengan karakter manusia menghasilkan gambar-gambar yang lucu dan menghibur. Bagaimana jika Anda mencoba menggabungkan karakteristik manusia dengan objek sehari-hari lainnya?

Buah-Buahan Yang Berjalan-Jalan

2. Sayuran yang Sedang Berbicara

Pada bagian ini, Anda akan melihat foto manipulasi Photoshop yang menggambarkan sayuran-sayuran dengan ekspresi lucu dan dialog yang menghibur. Bayangkan brokoli yang sedang bercanda dengan wortel, tomat yang sedang cerewet, atau paprika yang sedang bernyanyi. Gambar-gambar ini tidak hanya lucu, tetapi juga mengajarkan kita untuk melihat sayuran dengan cara yang baru dan menghargai keanekaragaman alam.

Sayuran Yang Sedang Berbicara

Setelah melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk menciptakan karya seni dengan tema makanan yang hidup. Anda bisa memilih makanan favorit Anda, menggabungkannya dengan atribut manusia, dan menciptakan gambar yang lucu dan menghibur. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah ungkapan diri yang bebas dan kreativitas tidak memiliki batasan.

Binatang dengan Ekspresi Lucu

Di sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan binatang-binatang dengan ekspresi lucu. Dari kucing yang sedang melongo hingga anjing yang sedang tertawa, karya-karya ini akan membuat Anda terhibur dan mungkin juga membuat Anda ingin memiliki hewan peliharaan dengan ekspresi yang sama.

1. Kucing yang Sedang Melongo

Kucing adalah hewan yang sering kali memiliki ekspresi lucu dan menggemaskan. Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggabungkan ekspresi kucing yang melongo dengan situasi yang lucu, seperti ketika kucing sedang melihat makanan dengan penuh keingintahuan atau ketika kucing sedang terkejut oleh suara yang tiba-tiba. Gambar-gambar ini akan membuat Anda tersenyum dan mungkin juga membuat Anda mengingat kucing peliharaan Anda sendiri.

Kucing Yang Sedang Melongo

2. Anjing yang Sedang Tertawa

Anjing adalah hewan yang setia dan penuh keceriaan. Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan anjing dengan ekspresi tertawa yang menggemaskan. Anda akan melihat anjing dengan lidah yang menjulur keluar, mata yang berbinar-binar, dan ekor yang bergoyang-goyang. Gambar-gambar ini akan membuat Anda terhibur dan mungkin juga membuat Anda ingin memeluk anjing peliharaan Anda sendiri.

Anjing Yang Sedang Tertawa

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk menggabungkan ekspresi lucu binatang dengan situasi yang menghibur dalam karya seni Anda sendiri. Anda bisa memilih binatang favorit Anda, mencari gambar dengan ekspresi lucu, dan menggunakan Photoshop untuk menggabungkannya dengan latar belakang atau situasi yang menggelitik. Jangan lupa untuk berimajinasi dan bereksperimen, karena dengan kreativitas, Anda bisa menciptakan gambar yang menghibur dan menginspirasi orang lain.

Dunia Fantasi yang Menggemaskan

Dalam sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan dunia fantasi yang menggemaskan. Dari peri-peri kecil yang bermain dengan hewan-hewan imut hingga kota-kota kecil yang penuh dengan warna-warni ceria, karya-karya ini akan menginspirasi imajinasi Anda dan membuat Anda ingin terjun ke dalam dunia fantasi yang penuh keajaiban.

1. Peri-Peri Kecil yang Bermain dengan Hewan-Hewan Imut

Peri-peri adalah makhluk fantasi yang sering kali dihubungkan dengan keindahan dan keceriaan. Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan peri-peri kecil yang sedang bermain dengan hewan-hewan imut seperti kelinci, burung, atau kupu-kupu. Anda akan melihat peri-peri dengan sayap yang berkilauan dan senyum yang menggemaskan. Gambar-gambar ini akan mengajak Anda untuk melihat dunia dengan mata imajinasi dan menghargai keindahan yang ada di sekitar kita.

Peri-Peri Kecil Yang Bermain Dengan Hewan-Hewan Imut

2. Kota-Kota Kecil yang Penuh dengan Warna-Warni Ceria

Kota-kota kecil dalam dunia fantasi sering kali digambarkan dengan warna-warni ceria dan arsitektur yang unik. Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan kota-kota kecil yang penuh dengan warna-warni ceria seperti jalan-jalan berwarna pelangi, rumah-rumah dengan atap yang melengkung, dan toko-toko dengan pintu-pintu berwarna-warni. Gambar-gambar ini akan menginspirasi imajinasi Anda dan membuat Anda ingin menjelajahi dunia fantasi yang penuh keajaiban.

Kota-Kota Kecil Yang Penuh Dengan Warna-Warni Ceria

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk menciptakan dunia fantasi yang menggemaskan dalam karya seni Anda sendiri. Anda bisa menggabungkan elemen-elemen alam fantasi seperti peri-peri, kota-kota kecil, dan makhluk-makhluk imut lainnya dalam gambar-gambar Anda. Gunakan imajinasi Anda untuk menciptakan latar belakang yang penuh dengan warna-warni ceria dan karakter-karakter yang menggemaskan. Jangan takut untuk berkreasi dan menggabungkan berbagai elemen fantasi agar gambar Anda semakin unik dan menghibur.

Objek Sehari-hari yang Menjadi Aneh

Di sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang mengubah objek sehari-hari menjadi sesuatu yang aneh dan unik. Dari seorang pria dengan kepala lampu hingga mobil yang terbang, karya-karya ini akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana imajinasi dan kreativitas dapat mengubah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa.

1. Pria dengan Kepala Lampu

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan seorang pria dengan kepala yang berbentuk seperti lampu. Anda akan melihat pria tersebut dengan mata yang terang benderang dan nyala lampu yang menyala di atas kepalanya. Gambar ini menggambarkan konsep unik tentang iluminasi dan penerangan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin Anda bisa mencoba menggabungkan objek sehari-hari dengan elemen lain yang tidak biasa untuk menciptakan gambar yang aneh dan menghibur.

Pria Dengan Kepala Lampu

2. Mobil yang Terbang

Bagaimana jika mobil bisa terbang? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan mobil yang sedang mengudara dengan sayap dan baling-baling di bagian belakangnya. Gambar ini menggambarkan konsep futuristik tentang kendaraan yang bisa terbang dan menginspirasi kita untuk berpikir di luar batasan kemampuan teknologi saat ini. Anda juga bisa mencoba mengubah objek sehari-hari lainnya menjadi sesuatu yang unik dan tidak terduga dalam karya seni Anda sendiri.

Mobil Yang Terbang

Dengan melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk melihat objek sehari-hari dengan perspektif yang berbeda. Cobalah untuk berpikir di luar batasan dan mengubah objek-objek tersebut menjadi sesuatu yang aneh dan menghibur dalam karya seni Anda sendiri. Jangan takut untuk bereksperimen dan menggabungkan berbagai elemen untuk menciptakan gambar-gambar yang unik dan menarik.

Manusia dalam Situasi Lucu

Dalam sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan manusia dalam situasi lucu. Dari orang yang terjebak dalam celana terlalu besar hingga orang yang sedang terbang dengan payung yang terlalu kecil, karya-karya ini akan membuat Anda tertawa dan menghargai seni dalam menggambarkan kejadian sehari-hari dengan sentuhan humor.

1. Orang yang Terjebak dalam Celana Terlalu Besar

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan seorang pria yang terjebak dalam celana terlalu besar. Anda akan melihat pria tersebut dengan tubuh yang tenggelam dalam celana dan ekspresi wajah yang kocak. Gambar ini menggambarkan situasi lucu yang mungkin pernah kita alami, seperti saat kita mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh kita. Mungkin Anda juga bisa mencoba menggambarkan kejadian sehari-hari dengan sentuhan humor dalam karya seni Anda sendiri.

Orang Yang Terjebak Dalam Celana Terlalu Besar

2. Orang yang Terbang dengan Payung yang Terlalu Kecil

Bagaimana jika seseorang mencoba terbang dengan payung yang terlalu kecil? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan seorang wanita yang sedang berusaha terbang dengan payung yang terlalu kecil untuk menopang tubuhnya. Gambar ini menggambarkan situasi lucu yang mengajarkan kita untuk tidak mengambil hal-hal terlalu serius dan selalu mencari sisi positif dalam setiap kejadian. Anda juga bisa mencoba menggambarkan kejadian sehari-hari lainnya dengan sentuhan humor dalam karya seni Anda.

Orang Yang Terbang Dengan Payung Yang Terlalu Kecil

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk menggambarkan kejadian sehari-hari dengan sentuhan humor dalam karya seni Anda sendiri. Anda bisa mencoba menggambarkan situasi lucu yang pernah Anda alami atau membuat sketsa karakter yang mengundang tawa. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang ekspresi diri yang bebas dan kreativitas yang tidak terbatas.

Perjalanan yang Unik

Di sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan perjalanan yang unik. Dari bangunan-bangunan yang terbalik hingga jalan-jalan yang meliuk-liuk seperti roller coaster, karya-karya ini akan menginspirasi Anda untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda dan mengapresiasi keindahan yang ada di sekitar kita.

1. Bangunan-Bangunan yang Terbalik

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan bangunan-bangunan yang terbalik. Anda akan melihat gedung-gedung dengan atap yang berada di bawah dan lantai yang berada di atas. Gambar ini mengajak kita untuk melihat arsitektur dengan perspektif yang berbeda dan mengapresiasi keunikan dalam desain bangunan. Mungkin Anda juga bisa mencoba menggambarkan perjalanan yang unik dalam karya seni Anda sendiri.

Bangunan-Bangunan Yang Terbalik

2. Jalan-Jalan yang Meliuk-Liuk seperti Roller Coaster

Bagaimana jika jalan-jalan di dunia nyata meliuk-liuk seperti roller coaster? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan jalan-jalan yang berliku-liku dengan lengkungan yang tajam dan tanjakan yang curam. Gambar ini menggambarkan perjalanan yang penuh dengan petualangan dan mengajak kita untuk melihat dunia dengan semangat yang baru. Anda juga bisa mencoba menggambarkan perjalanan yang unik dalam karya seni Anda sendiri.

Jalan-Jalan Yang Meliuk-Liuk Seperti Roller Coaster

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda. Anda bisa mencoba menggambarkan perjalanan yang unik, seperti bangunan-bangunan yang tidak biasa atau jalan-jalan yang meliuk-liuk. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang menciptakan dunia baru yang memikat dan menginspirasi.

Dunia Miniatur yang Menggemaskan

Dalam sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan dunia miniatur yang menggemaskan. Dari kotak musik yang berisi kota kecil yang hidup hingga kue-kue dengan ukuran raksasa, karya-karya ini akan membuat Anda terpesona dengan detail-detail kecil yang ada dalam setiap gambar.

1. Kotak Musik berisi Kota Kecil yang Hidup

Dalamfoto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan kotak musik yang berisi kota kecil yang hidup. Anda akan melihat gedung-gedung miniatur, taman-taman yang indah, dan orang-orang yang sedang beraktivitas di dalamnya. Gambar ini mengajak kita untuk melihat keindahan dalam detail kecil dan mengapresiasi kehidupan di dalam dunia miniatur. Mungkin Anda juga bisa mencoba menggambarkan dunia miniatur yang menggemaskan dalam karya seni Anda sendiri.

Kotak Musik Berisi Kota Kecil Yang Hidup

2. Kue-Kue dengan Ukuran Raksasa

Bagaimana jika kue-kue memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari biasanya? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan kue-kue dengan ukuran raksasa yang menggemaskan. Anda akan melihat cupcake yang setinggi manusia, donat yang sebesar ban mobil, dan permen yang lebih besar dari kepala manusia. Gambar ini menggambarkan fantasi tentang makanan yang lezat dan menggemaskan. Anda juga bisa mencoba menggambarkan dunia miniatur yang menggemaskan dalam karya seni Anda sendiri.

Kue-Kue Dengan Ukuran Raksasa

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk melihat detail-detail kecil dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mencoba menggambarkan dunia miniatur yang menggemaskan, seperti kotak musik berisi kota kecil atau kue-kue dengan ukuran raksasa. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang menemukan keindahan dalam hal-hal kecil dan menciptakan dunia yang penuh dengan keajaiban.

Alam Semesta yang Penuh Warna

Di sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan alam semesta yang penuh warna. Dari planet-planet dengan wajah-wajah lucu hingga bintang-bintang yang berjalan-jalan, karya-karya ini akan mengajak Anda untuk melihat alam semesta dengan mata yang baru dan menghargai keindahan yang ada di luar sana.

1. Planet-Planet dengan Wajah-Wajah Lucu

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan planet-planet dengan wajah-wajah lucu. Anda akan melihat planet-planet dengan mata yang besar dan senyum yang menggemaskan. Gambar ini menggambarkan keajaiban dan keindahan alam semesta dengan sentuhan humor. Mungkin Anda juga bisa mencoba menggambarkan alam semesta yang penuh warna dalam karya seni Anda sendiri.

Planet-Planet Dengan Wajah-Wajah Lucu

2. Bintang-Bintang yang Berjalan-Jalan

Bagaimana jika bintang-bintang bisa berjalan-jalan di langit? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan bintang-bintang yang berjalan-jalan di langit malam. Anda akan melihat bintang-bintang dengan kaki yang kecil dan senyum yang ceria. Gambar ini mengajak kita untuk melihat alam semesta dengan mata yang baru dan menghargai keindahan yang ada di luar sana. Anda juga bisa mencoba menggambarkan alam semesta yang penuh warna dalam karya seni Anda sendiri.

Bintang-Bintang Yang Berjalan-Jalan

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk melihat alam semesta dengan cara yang berbeda. Anda bisa mencoba menggambarkan planet-planet dengan wajah-wajah lucu atau bintang-bintang yang berjalan-jalan di langit malam. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang mengeksplorasi keindahan alam semesta dan menciptakan gambaran yang penuh warna dan mengagumkan.

Kehidupan Laut yang Ajaib

Dalam sesi ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan kehidupan laut yang ajaib. Dari ikan-ikan dengan warna-warni yang cerah hingga makhluk-makhluk laut yang mengenakan topi dan kacamata, karya-karya ini akan menginspirasi Anda untuk menjelajahi keindahan samudra dan menghargai keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

1. Ikan-Ikan dengan Warna-Warni yang Cerah

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan ikan-ikan dengan warna-warni yang cerah. Anda akan melihat ikan-ikan dengan pola-pola yang unik dan warna-warni yang mencolok. Gambar ini menggambarkan keindahan kehidupan laut yang penuh dengan warna dan mengajak kita untuk melihat keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Mungkin Anda juga bisa mencoba menggambarkan kehidupan laut yang ajaib dalam karya seni Anda sendiri.

Ikan-Ikan Dengan Warna-Warni Yang Cerah

2. Makhluk-Makhluk Laut yang Mengenakan Topi dan Kacamata

Bagaimana jika makhluk-makhluk laut bisa mengenakan topi dan kacamata? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan makhluk-makhluk laut yang mengenakan topi dan kacamata dengan gaya yang lucu. Anda akan melihat cumi-cumi dengan kacamata hitam, kepiting dengan topi pantai, dan bintang laut dengan topi koboi. Gambar ini menggambarkan kehidupan laut dengan sentuhan humor dan mengajak kita untuk melihat dunia bawah laut dengan mata yang baru. Anda juga bisa mencoba menggambarkan kehidupan laut yang ajaib dalam karya seni Anda sendiri.

Makhluk-Makhluk Laut Yang Mengenakan Topi Dan Kacamata

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk menjelajahi kehidupan laut dengan cara yang berbeda. Anda bisa mencoba menggambarkan ikan-ikan dengan warna-warni yang cerah atau makhluk-makhluk laut yang mengenakan topi dan kacamata. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang menggambarkan keajaiban alam bawah laut dan mengapresiasi keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Momen Lucu dalam Sejarah

Di sesi terakhir ini, kami akan menampilkan foto manipulasi Photoshop lucu yang menggambarkan momen-momen lucu dalam sejarah. Dari tokoh-tokoh terkenal yang melakukan tingkah konyol hingga peristiwa-peristiwa bersejarah yang diubah menjadi komedi, karya-karya ini akan membuat Anda tertawa dan mengingatkan bahwa sejarah juga dapat menjadi sumber humor.

1. Tingkah Konyol Tokoh-Tokoh Terkenal

Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan tokoh-tokoh terkenal seperti Albert Einstein, Mona Lisa, atau Abraham Lincoln dalam tingkah konyol yang mengundang tawa. Anda akan melihat Einstein dengan rambut yang berantakan, Mona Lisa dengan senyum yang lebar, atau Lincoln dengan topi yang aneh. Gambar ini menggambarkan momen lucu yang mengubah tokoh-tokoh terkenal menjadi karakter yang menghibur. Mungkin Anda juga bisa mencobamenggambarkan momen lucu dalam sejarah dengan mengubah tokoh-tokoh atau peristiwa-peristiwa terkenal menjadi situasi yang menggelitik dalam karya seni Anda sendiri.

Tingkah Konyol Tokoh-Tokoh Terkenal

2. Peristiwa Bersejarah yang Diubah Menjadi Komedi

Bagaimana jika peristiwa-peristiwa bersejarah diubah menjadi komedi? Dalam foto manipulasi Photoshop ini, seniman menggambarkan peristiwa-peristiwa terkenal seperti penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan atau pembebasan penjara Alcatraz dengan sentuhan humor. Anda akan melihat tokoh-tokoh bersejarah dalam situasi yang menggelitik dan mengundang tawa. Gambar ini menggambarkan bahwa sejarah juga bisa menjadi sumber humor dan mengajak kita untuk melihat sisi lucu dalam peristiwa-peristiwa bersejarah. Anda juga bisa mencoba menggambarkan momen lucu dalam sejarah dalam karya seni Anda sendiri.

Peristiwa Bersejarah Yang Diubah Menjadi Komedi

Melihat kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini, Anda mungkin terinspirasi untuk melihat sisi lucu dalam sejarah. Anda bisa mencoba menggambarkan tingkah konyol tokoh-tokoh terkenal atau mengubah peristiwa-peristiwa bersejarah menjadi situasi yang menggelitik dalam karya seni Anda sendiri. Jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop, karena seni adalah tentang menciptakan gambaran yang menghibur dan menginspirasi orang lain.

Dalam kesimpulan, kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini bukan hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi. Mereka mengajarkan kita untuk melihat dunia dengan perspektif yang berbeda dan menghargai keindahan dan kreativitas dalam seni digital. Jika Anda ingin menciptakan karya seni sendiri, jangan takut untuk berimajinasi dan bereksperimen dengan Photoshop. Siapa tahu, Anda mungkin bisa menciptakan karya seni yang menghibur dan menginspirasi orang lain.

Jadi, mari kita nikmati kumpulan foto manipulasi Photoshop lucu ini dan biarkan mereka mengisi hari-hari kita dengan senyuman dan inspirasi!

Posting Komentar untuk "Kumpulan Foto Manipulasi Photoshop Lucu: Karya Seni yang Menghibur dan Menginspirasi"

Daftar Isi [
tampilkan
]