Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-Dasar dalam Membuat WPAP dengan Photoshop

Saat ini, WPAP (Wedha's Pop Art Portrait) telah menjadi salah satu tren populer dalam dunia seni digital. WPAP adalah gaya lukisan yang unik dan mengesankan, yang sering digunakan untuk mengubah foto menjadi gambar vektor yang terdiri dari banyak bentuk geometris yang berwarna-warni. Jika Anda ingin belajar cara membuat WPAP dengan Photoshop, artikel ini akan memberi Anda panduan yang lengkap dan rinci.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar tentang Photoshop. Jika Anda belum terbiasa dengan perangkat lunak ini, ada banyak tutorial dan sumber daya online yang dapat membantu Anda mempelajari dasar-dasar Photoshop. Setelah Anda merasa nyaman dengan antarmuka dan alat-alat Photoshop, Anda siap untuk memulai petualangan WPAP Anda!

Memilih Foto yang Tepat

Langkah pertama dalam membuat WPAP adalah memilih foto yang tepat. Pilih foto dengan kontras yang tinggi, detail yang jelas, dan ekspresi wajah yang menarik. Foto dengan latar belakang sederhana juga akan memudahkan Anda dalam menggambar bentuk geometris pada bagian utama wajah.

Anda juga dapat memilih foto dengan pose dan komposisi yang unik untuk menciptakan WPAP yang lebih menarik dan artistik. Perhatikan juga pencahayaan pada foto, karena pencahayaan yang baik akan memperjelas detail wajah dan memudahkan Anda dalam menggambar bentuk geometris.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan resolusi foto yang Anda pilih. Pilih foto dengan resolusi tinggi agar Anda memiliki lebih banyak detail dan fleksibilitas dalam menggambar WPAP. Jika foto yang Anda miliki memiliki resolusi rendah, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian dan perbaikan di Photoshop sebelum mulai menggambar.

Menentukan Skala dan Komposisi

Setelah memilih foto, langkah selanjutnya adalah menentukan skala dan komposisi WPAP Anda. Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin WPAP Anda menjadi gambar penuh wajah atau hanya sebagian wajah. Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin memasukkan elemen latar belakang atau hanya fokus pada wajah saja.

Untuk menentukan skala dan komposisi, Anda dapat menggunakan grid atau panduan garis di Photoshop. Dengan menggunakan grid, Anda dapat memastikan bahwa elemen-elemen WPAP Anda seimbang dan proporsional. Anda juga dapat menggunakan aturan-aturan komposisi seni, seperti aturan pertigaan, untuk menciptakan tata letak yang menarik dan seimbang.

Jika Anda ingin bereksperimen dengan komposisi WPAP yang lebih kreatif, Anda dapat mencoba memotong atau memutar foto asli sehingga menghasilkan tampilan yang unik dan menarik. Ingatlah bahwa tidak ada batasan yang ketat dalam membuat WPAP, jadi berani bereksperimen dan mengeksplorasi berbagai ide komposisi yang menarik.

Membuat Sketsa Kasar

Setelah memilih foto dan menentukan skala dan komposisi, langkah berikutnya adalah membuat sketsa kasar di atas foto tersebut. Sketsa ini akan menjadi panduan saat Anda mulai menggambar bentuk geometris pada WPAP. Anda dapat menggunakan pensil digital atau alat seleksi di Photoshop untuk menggambarkan garis-garis kasar yang mengikuti kontur wajah dan fitur-fitur utama.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa sketsa Anda cukup jelas dan akurat, karena ini akan menjadi landasan untuk menggambar bentuk geometris pada WPAP. Perhatikan proporsi dan properti wajah saat Anda membuat sketsa, seperti ukuran mata, hidung, dan mulut. Anda dapat menggunakan alat pengukur di Photoshop untuk membantu memastikan ketepatan proporsi dan ukuran.

Jika Anda merasa sulit untuk membuat sketsa langsung di atas foto, Anda juga dapat mencetak foto dan membuat sketsa di atas kertas. Setelah selesai membuat sketsa di kertas, Anda dapat memindai sketsa tersebut dan mengimpornya ke Photoshop untuk digunakan sebagai panduan menggambar WPAP.

Menyesuaikan Sketsa dengan Foto Asli

Saat membuat sketsa kasar, Anda mungkin perlu menyesuaikannya dengan foto asli untuk memastikan kesesuaian dan kesamaan dengan fitur wajah yang sebenarnya. Perhatikan detail-detail kecil pada foto asli, seperti bentuk alis, lipatan kulit, atau rambut, dan pastikan untuk memasukkan detail-detail ini dalam sketsa Anda.

Anda juga dapat menggunakan foto asli sebagai lapisan di belakang sketsa Anda di Photoshop. Dengan cara ini, Anda dapat melihat foto asli dan sketsa Anda secara bersamaan, sehingga memudahkan Anda untuk membandingkan dan menyesuaikan sketsa Anda dengan foto asli.

Jika Anda merasa bahwa sketsa Anda tidak sepenuhnya sesuai dengan foto asli, jangan takut untuk melakukan perubahan dan penyesuaian. WPAP adalah seni yang bebas dan kreatif, jadi Anda memiliki kebebasan untuk menyesuaikan sketsa Anda sesuai dengan visi dan gaya Anda sendiri.

Membuat Bentuk Geometris

Sekarang saatnya untuk mulai menggambar bentuk geometris pada wajah. Gunakan alat seleksi dan alat pengisian warna di Photoshop untuk membuat bentuk-bentuk geometris yang sesuai dengan sketsa yang telah Anda buat. Pilih warna-warna yang cerah dan kontras untuk memberikan efek visual yang menarik pada WPAP Anda.

Anda dapat memulai dengan menggambar bentuk-bentuk dasar seperti segitiga, persegi, atau lingkaran, lalu menggabungkannya untuk membentuk bentuk yang lebih kompleks. Perhatikan proporsi dan posisi setiap bentuk geometris sehingga menghasilkan tampilan yang seimbang dan proporsional.

Menggunakan Alat Penyesuaian Transformasi

Jika Anda ingin mengubah ukuran, rotasi, atau perspektif suatu bentuk geometris, Anda dapat menggunakan alat penyesuaian transformasi di Photoshop. Dengan alat ini, Anda dapat mengubah bentuk geometris menjadi lebih besar atau lebih kecil, memutar bentuk, atau mengubah perspektifnya sehingga sesuai dengan sketsa dan visi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat transformasi untuk memutar atau memiringkan bentuk geometris agar sesuai dengan posisi dan sudut pandang foto asli. Dengan cara ini, WPAP Anda akan terlihat lebih realistis dan sesuai dengan fitur-fitur wajah yang sebenarnya.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai transformasi dan kombinasi bentuk geometris. WPAP adalah seni yang bebas dan kreatif, jadi Anda memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai ide dan gaya dalam menggambar bentuk geometris.

Memberikan Efek Shading

Agar WPAP terlihat lebih hidup, penting untuk memberikan efek shading pada gambar. Efek shading akan memberikan ilusi dimensi dan kedalaman pada WPAP Anda. Gunakan alat gradasi warna di Photoshop untuk memberikan efek shading pada setiap bentuk geometris.

Perhatikan pencahayaan pada foto asli dan coba tiru efek tersebut pada WPAP Anda. Perhatikan arah pencahayaan dan bayangan pada foto asli, dan buat gradasi warna yang sesuai untuk memberikan efek shading pada WPAP Anda. Gunakan warna yang lebih gelap untuk bagian yang lebih teduh dan warna yang lebih terang untuk bagian yang lebih terang.

Menggunakan Tool Blend

Jika Anda ingin menciptakan efek shading yang lebih halus dan halus, Anda dapat menggunakan alat blend di Photoshop. Alat ini memungkinkan Anda untuk mencampur warna secara halus dan menghasilkan transisi warna yang lebih lembut pada WPAP Anda.

Anda juga dapat menggunakan alat blend untuk menciptakan efek gradasi warna yang lebih kompleks pada WPAP Anda.

Menambahkan Detail pada Shading

Selain memberikan efek shading secara keseluruhan, Anda juga dapat menambahkan detail shading pada WPAP Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan bayangan pada lipatan kulit, rambut, atau area yang lebih dalam. Gunakan brush dengan opacity rendah dan warna yang lebih gelap untuk memberikan detail shading ini.

Perhatikan detail-detail kecil pada foto asli dan coba tiru efek shading tersebut pada WPAP Anda. Ini akan memberikan tampilan yang lebih realistis dan menambah dimensi pada gambar Anda.

Menambahkan Detail

Setelah memberikan efek shading, Anda dapat menambahkan detail lebih lanjut pada WPAP Anda. Tambahkan garis-garis halus atau elemen dekoratif lainnya untuk memperkaya gambar. Jangan takut untuk bereksperimen dan mengeksplorasi berbagai gaya dan teknik, karena WPAP adalah seni yang sangat bebas dan kreatif.

Menggunakan Brush dan Alat Penyesuaian

Anda dapat menggunakan berbagai brush dan alat penyesuaian di Photoshop untuk menambahkan detail pada WPAP Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan brush dengan ukuran yang lebih kecil dan opacity rendah untuk menambahkan garis-garis halus pada rambut, alis, atau bibir.

Anda juga dapat menggunakan alat penyesuaian seperti dodge tool atau burn tool untuk menyesuaikan kecerahan dan kontras pada beberapa area tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan dodge tool untuk mencerahkan area yang lebih terang pada mata, atau menggunakan burn tool untuk memperkuat bayangan pada hidung.

Menambahkan Elemen Dekoratif

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan elemen dekoratif lainnya pada WPAP Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan pola atau tekstur pada latar belakang, atau menambahkan elemen tambahan seperti bunga, bintang, atau garis-garis abstrak.

Anda dapat menggunakan brush dengan bentuk dan tekstur yang berbeda untuk menciptakan efek dekoratif ini. Bermainlah dengan berbagai ukuran, opacity, dan warna brush untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik pada WPAP Anda.

Mengatur Warna dan Kontras

Sekarang saatnya untuk mengatur warna dan kontras pada WPAP Anda. Gunakan alat penyesuaian warna di Photoshop untuk memperbaiki dan meningkatkan kecerahan, kontras, dan saturasi warna. Eksperimen dengan berbagai pengaturan warna untuk mencapai hasil yang sesuai dengan preferensi Anda.

Menggunakan Alat Penyesuaian Warna

Anda dapat menggunakan alat penyesuaian warna seperti hue/saturation, levels, atau curves di Photoshop untuk mengatur warna dan kontras pada WPAP Anda. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dan kontras untuk menghasilkan tampilan yang lebih dramatis, atau mengubah hue dan saturasi untuk menciptakan efek warna yang unik.

Perhatikan juga mood atau suasana yang ingin Anda ciptakan dengan WPAP Anda. Jika Anda ingin tampilan yang cerah dan bersemangat, Anda dapat meningkatkan kecerahan dan saturasi warna. Namun, jika Anda ingin tampilan yang lebih gelap dan misterius, Anda dapat menurunkan kecerahan dan menciptakan kontras yang lebih tinggi.

Menggunakan Efek Filter

Anda juga dapat menggunakan efek filter di Photoshop untuk menambahkan dimensi dan tekstur pada WPAP Anda. Terdapat berbagai efek filter yang dapat Anda eksplorasi, seperti efek kertas, efek tinta, atau efek tekstur lainnya. Pilih efek filter yang sesuai dengan gaya WPAP Anda.

Menambahkan Efek Kertas atau Tinta

Jika Anda ingin menciptakan tampilan WPAP yang lebih tradisional atau vintage, Anda dapat menggunakan efek filter yang meniru tampilan kertas atau tinta. Misalnya, Anda dapat menggunakan efek filter noise untuk menambahkan tekstur kertas, atau menggunakan efek filter ink outlines untuk menciptakan tampilan tinta yang lebih khas.

Jika Anda lebih suka tampilan yang lebih abstrak atau modern, Anda dapat mencoba efek filter yang menghasilkan tampilan tekstur atau pola yang unik. Misalnya, Anda dapat menggunakan efek filter halftone atau mosaic untuk menciptakan tampilan yang lebih grafis dan abstrak pada WPAP Anda.

Membuat Latar Belakang

WPAP biasanya memiliki latar belakang yang sederhana, namun tetap menarik. Anda dapat membuat latar belakang dengan menggunakan bentuk geometris sederhana atau pola-pola abstrak. Pastikan latar belakang tidak mengalihkan perhatian dari subjek utama WPAP Anda.

Menggunakan Bentuk Geometris atau Pola

Anda dapat menggunakan alat seleksi dan alat pengisian warna di Photoshop untuk membuat latar belakang dengan menggunakan bentuk geometris sederhana. Misalnya, Anda dapat membuat latar belakang dengan menggunakan segitiga, persegi, atau lingkaran yang diisi dengan warna yang sesuai dengan tema WPAP Anda.

Anda juga dapat menggunakan pola atau tekstur abstrak untuk latar belakang WPAP Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan brush dengan bentuk dan tekstur yang unik untuk membuat pola abstrak yang menarik pada latar belakang.

Menyempurnakan dan Mengedit

Setelah selesai membuat WPAP, luangkan waktu untuk menyempurnakan dan mengeditnya. Periksa setiap detail dan pastikan semuanya terlihat seimbang dan proporsional. Jika perlu, lakukan penyesuaian terakhir pada warna, kontras, atau bentuk geometris.

Menyempurnakan Proporsi dan Properti

Periksa kembali proporsi dan properti wajah pada WPAP Anda. Pastikan bahwa ukuran mata, hidung, mulut, dan elemen lainnya sesuai dengan proporsi wajah asli yang Anda pilih. Jika ada yang terlihat tidak seimbang atau tidak proporsional, Anda dapat menggunakan alat transformasi di Photoshop untuk memperbaikinya.

Jika ada detail shading atau elemen lainnya yang perlu disempurnakan, luangkan waktu untuk menyesuaikannya. Periksa juga warna dan kontras pada WPAP Anda dan lakukan penyesuaian terakhir jika diperlukan.

Melakukan Penilaian dan Kritik Diri

Sebagai seniman, penting untuk melakukan penilaian dan kritik diri terhadap karya Anda. Tinjau WPAP Anda dengan kritis dan cari area di mana Anda dapat meningkatkan atau menyesuaikan. Jangan takut untuk melakukan perubahan dan penyesuaian, karena ini akan membantu Anda menghasilkan WPAP yang lebih baik.

Anda juga dapat meminta pendapat dari orang lain atau bergabung dengan komunitas seni untuk mendapatkan umpan balik dan saran yang konstruktif. Ini akan membantu Anda melihat WPAP Anda dari perspektif yang berbeda dan memperluas wawasan Anda dalam seni WPAP.

Mempublikasikan dan Mempromosikan WPAP Anda

Setelah Anda puas dengan hasil akhir WPAP Anda, saatnya untuk mempublikasikan karya Anda ke dunia. Bagikan WPAP Anda di media sosial, blog pribadi, atau situs web galeri seni. Jangan lupa untuk memberikan kredit kepada sumber inspirasi dan seniman lain yang telah mempengaruhi karya Anda.

Memilih Platform yang Tepat

Pilih platform yang tepat untuk mempublikasikan WPAP Anda. Media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter adalah pilihan yang populer untuk berbagi karya seni. Anda juga dapat membuat blog pribadi atau situs web galeri seni untuk memamerkan WPAP Anda dengan lebih rinci.

Pastikan juga untuk menggunakan tagar atau kategori yang relevan saat mempublikasikan WPAP Anda. Ini akan membantu orang lain menemukan karya Anda dan meningkatkan visibilitas Anda di dunia seni digital.

Meng

Mengikuti Komunitas Seni

Untuk mempromosikan WPAP Anda dan terhubung dengan komunitas seni yang lebih luas, bergabunglah dengan komunitas atau grup seni online. Ikuti akun-akun seniman lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda, dan aktiflah dalam berinteraksi dengan mereka melalui komentar atau pesan pribadi.

Anda juga dapat mengikuti kontes seni atau pameran seni online untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan kesempatan untuk menunjukkan karya Anda kepada publik yang lebih luas. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh penyelenggara kontes atau pameran.

Membangun Portofolio Online

Untuk memperkuat kehadiran online Anda sebagai seniman WPAP, buatlah portofolio online yang menampilkan berbagai karya Anda. Anda dapat membuat situs web pribadi atau menggunakan platform portofolio online seperti Behance atau Dribbble untuk memamerkan WPAP Anda.

Jaga portofolio Anda tetap terorganisir dan terbaru dengan memperbarui karya-karya baru secara teratur. Berikan deskripsi singkat tentang setiap WPAP dan bagikan pengalaman Anda dalam membuatnya. Ini akan membantu orang lain memahami proses dan inspirasi di balik setiap karya Anda.

Belajar dan Menguasai Teknik WPAP

Untuk terus berkembang sebagai seniman WPAP, jangan pernah berhenti belajar dan mengasah keterampilan Anda. Ikuti tutorial dan kursus online tentang WPAP, terlibat dalam diskusi dengan sesama seniman WPAP, dan selalu terbuka terhadap umpan balik dan saran yang konstruktif.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan gaya dan teknik baru dalam WPAP Anda. Cobalah berbagai pendekatan dan teknik, dan temukan gaya unik Anda sendiri dalam menciptakan WPAP. Teruslah berlatih dan eksplorasi, dan lihatlah perkembangan yang terjadi dalam karya-karya Anda seiring berjalannya waktu.

Menciptakan Pengalaman yang Menginspirasi

Sebagai seorang seniman WPAP, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang menginspirasi bagi orang lain. Teruslah menciptakan karya-karya yang membangkitkan emosi, menggugah pikiran, atau memberikan pesan yang kuat.

Gunakan WPAP Anda untuk menyampaikan cerita, menceritakan pengalaman, atau mengangkat isu-isu yang Anda pedulikan. Jangan takut untuk menggunakan seni sebagai sarana ekspresi dan advokasi yang kuat.

Sekarang Anda memiliki panduan yang lengkap untuk membuat WPAP dengan Photoshop. Ingatlah bahwa WPAP adalah seni yang bebas dan kreatif, jadi jangan takut untuk bereksperimen dan mengeksplorasi gaya dan teknik Anda sendiri. Teruslah berlatih, belajar, dan berkembang sebagai seniman WPAP, dan nikmatilah perjalanan Anda dalam menciptakan karya seni yang unik dan mengesankan.

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net

Posting Komentar untuk "Dasar-Dasar dalam Membuat WPAP dengan Photoshop"

Daftar Isi [
tampilkan
]