Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note: Panduan Lengkap

Anda memiliki smartphone Xiaomi Redmi Note dan ingin tahu cara mengambil screenshot? Jangan khawatir, kami akan memberikan panduan lengkap untuk mengatasi masalah ini. Mengambil screenshot adalah cara yang praktis untuk menyimpan gambar atau informasi penting dari layar smartphone Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki Redmi Note dengan versi MIUI terbaru. MIUI adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk perangkat Android mereka. Pastikan juga Anda memiliki aplikasi atau konten yang ingin Anda screenshot.

Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note adalah dengan menggunakan tombol fisik pada perangkat. Tekan tombol daya (tombol yang berada di sebelah kanan atau atas perangkat, tergantung pada model Redmi Note yang Anda miliki) dan tombol volume bawah secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip dan suara penangkapan layar terdengar.

Langkah 1

Menggunakan Tombol Daya dan Volume Bawah

Langkah pertama dalam mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note adalah dengan menggunakan kombinasi tombol daya dan volume bawah. Tekan tombol daya yang terletak di sisi kanan perangkat Anda dan tombol volume bawah yang terletak di sisi sebelah kiri secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 1.1

Setelah Anda melakukan langkah tersebut, layar akan berkedip sebentar dan Anda akan mendengar suara penangkapan layar. Screenshot akan otomatis disimpan di galeri perangkat Anda.

Langkah 1.2

Memastikan Menekan Tombol Secara Bersamaan

Pastikan Anda menekan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Jika Anda tidak menekan kedua tombol pada saat yang sama, Anda mungkin akan mengaktifkan fungsi lain seperti menghidupkan atau mematikan perangkat atau menyesuaikan volume suara.

Langkah 1.3

Jika Anda mengalami kesulitan menekan kedua tombol secara bersamaan, Anda dapat mencoba menggunakan tangan yang berbeda untuk menekan tombol daya dan volume bawah atau menggunakan jari yang berbeda untuk menekan masing-masing tombol.

Langkah 1.4

Menggunakan Tampilan Jendela

Redmi Note juga menyediakan fitur tampilan jendela yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Buka aplikasi atau konten yang ingin Anda screenshot, lalu geser tiga jari dari atas ke bawah layar. Jendela kecil akan muncul dengan opsi untuk mengambil screenshot. Pilih opsi tersebut dan screenshot akan diambil serta disimpan di galeri perangkat Anda.

Langkah 2

Mengaktifkan Fitur Tampilan Jendela

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur tampilan jendela untuk mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan cari opsi "Gerakan & Gestur". Di dalam menu ini, Anda akan menemukan opsi "Tampilan Jendela". Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan fitur tampilan jendela.

Langkah 2.1

Setelah Anda mengaktifkan fitur tampilan jendela, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggeser tiga jari dari atas ke bawah layar saat Anda berada di aplikasi atau konten yang ingin Anda screenshot.

Langkah 2.2

Menggeser Tiga Jari untuk Mengambil Screenshot

Untuk mengambil screenshot menggunakan fitur tampilan jendela, geser tiga jari dari atas ke bawah layar saat Anda berada di aplikasi atau konten yang ingin Anda screenshot. Pastikan untuk menggunakan tiga jari yang berbeda dan melakukannya dengan cepat dan tepat.

Langkah 2.3

Setelah Anda menggeser tiga jari, jendela kecil akan muncul dengan opsi untuk mengambil screenshot. Pilih opsi tersebut dan screenshot akan diambil serta disimpan di galeri perangkat Anda.

Langkah 2.4

Menggunakan Gesture

Jika Anda ingin menggunakan gesture untuk mengambil screenshot di Redmi Note, Anda dapat mengaktifkan fitur gestur di pengaturan perangkat. Buka Pengaturan, pilih "Gestur & Tombol", dan aktifkan opsi "Screenshot dengan tiga jari". Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan menempatkan tiga jari di atas layar dan menjentikkan jari ke bawah. Screenshot akan diambil secara otomatis dan disimpan di galeri perangkat Anda.

Langkah 3

Mengaktifkan Fitur Gestur

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur gestur untuk mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan cari opsi "Gerakan & Gestur". Di dalam menu ini, Anda akan menemukan opsi "Screenshot dengan tiga jari". Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan fitur gestur.

Langkah 3.1

Setelah Anda mengaktifkan fitur gestur, Anda dapat mengambil screenshot dengan menempatkan tiga jari di atas layar dan menjentikkan jari ke bawah.

Langkah 3.2

Menempatkan dan Menjentikkan Tiga Jari

Untuk mengambil screenshot menggunakan fitur gestur, letakkan tiga jari di atas layar dan menjentikkan jari ke bawah. Pastikan Anda menempatkan jari-jari Anda dengan benar dan menjentikkan dengan cepat dan tepat.

Langkah 3.3

Setelah Anda menjentikkan jari ke bawah, screenshot akan diambil secara otomatis dan disimpan di galeri perangkat Anda.

Langkah 3.4

Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

Fitur screenshot panjang di Redmi Note memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari halaman web atau dokumen yang panjang. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, lalu buka menu tindakan (ikon tiga titik atau tombol tindakan di aplikasi). Pilih opsi "Screenshot Panjang"Screenshot Panjang" atau "Gulir ke Tangkapan Layar" dan biarkan perangkat secara otomatis menggulir dan mengambil screenshot dari seluruh konten. Screenshot panjang akan disimpan di galeri perangkat Anda.

Buka Aplikasi atau Halaman Web yang Ingin Anda Screenshot

Langkah pertama untuk menggunakan fitur screenshot panjang adalah membuka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot. Pastikan Anda berada pada halaman yang ingin Anda tangkap seluruh kontennya.

Langkah 4.1

Buka Menu Tindakan

Setelah berada di aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, buka menu tindakan. Menu tindakan biasanya dapat diakses dengan mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar atau dengan menekan tombol tindakan yang mungkin terletak di bagian bawah aplikasi.

Langkah 4.2

Pilih Opsi "Screenshot Panjang" atau "Gulir ke Tangkapan Layar"

Dalam menu tindakan, cari opsi yang berkaitan dengan tangkapan layar panjang. Opsi ini mungkin disebut "Screenshot Panjang" atau "Gulir ke Tangkapan Layar". Pilih opsi tersebut untuk memulai proses pengambilan screenshot panjang.

Langkah 4.3

Biarkan Perangkat Menggulir dan Mengambil Screenshot

Setelah Anda memilih opsi "Screenshot Panjang" atau "Gulir ke Tangkapan Layar", biarkan perangkat secara otomatis menggulir dan mengambil screenshot dari seluruh konten. Perangkat akan berhenti menggulir saat telah mencapai akhir konten yang dapat ditangkap.

Langkah 4.4

Periksa Screenshot Panjang di Galeri

Setelah perangkat selesai mengambil screenshot panjang, Anda dapat menemukan screenshot tersebut di galeri perangkat Anda. Buka aplikasi galeri dan cari folder yang berisi tangkapan layar Anda. Screenshot panjang akan disimpan sebagai gambar tunggal yang mencakup seluruh konten yang Anda tangkap.

Langkah 4.5

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak fleksibilitas dan fitur saat mengambil screenshot di Redmi Note, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Screenshot Easy atau Screenshot Capture. Aplikasi ini menyediakan berbagai opsi dan pengaturan tambahan untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Cari aplikasi ini di Play Store, unduh, dan ikuti petunjuknya untuk menggunakannya.

Langkah 5

Cari dan Unduh Aplikasi Screenshot Pihak Ketiga

Pertama, buka Play Store di perangkat Redmi Note Anda dan cari aplikasi screenshot pihak ketiga. Beberapa contoh aplikasi yang populer termasuk Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau Screenshot Pro. Pilih aplikasi yang memiliki rating dan ulasan yang baik.

Langkah 5.1

Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah Anda menemukan aplikasi screenshot pihak ketiga yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda. Pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan dan mengikuti petunjuk yang diberikan selama proses instalasi.

Langkah 5.2

Buka Aplikasi dan Ikuti Petunjuknya

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda. Pada umumnya, Anda akan melihat antarmuka yang intuitif dengan opsi dan pengaturan untuk mengambil screenshot. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot dengan menggunakan fitur yang disediakan.

Langkah 5.3

Menyunting Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot di Redmi Note, Anda dapat menyuntingnya sebelum membagikannya atau menyimpannya. Xiaomi menyediakan aplikasi galeri bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong, menambahkan teks, atau menggambar di atas screenshot. Cukup buka aplikasi galeri, temukan screenshot yang ingin Anda sunting, dan pilih opsi sunting atau edit. Gunakan alat yang tersedia untuk mengedit screenshot sesuai keinginan Anda.

Langkah 6

Membuka Aplikasi Galeri

Untuk menyunting screenshot di Redmi Note, buka aplikasi galeri yang telah terpasang di perangkat Anda. Biasanya, ikon aplikasi galeri terletak di layar beranda atau di dalam folder aplikasi.

Langkah 6.1

Temukan dan Pilih Screenshot yang Ingin Disunting

Setelah membuka aplikasi galeri, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda sunting. Anda dapat menggulir melalui daftar screenshot atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan screenshot yang diinginkan.

Langkah 6.2

Pilih Opsi Sunting atau Edit

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin Anda sunting, pilih opsi "Sunting" atau "Edit" yang tersedia di aplikasi galeri. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau di dalam menu tindakan.

Langkah 6.3

Gunakan Alat yang Tersedia untuk Mengedit Screenshot

Setelah memilih opsi sunting atau edit, Anda akan dibawa ke antarmuka pengeditan screenshot. Di sini, Anda dapat menggunakan berbagai alat yang tersedia, seperti pemotong, penambah teks, atau penggambar, untuk mengedit screenshot sesuai keinginan Anda.

Langkah 6.4

Mengirim Screenshot

Setelah Anda mengambil dan menyunting screenshot di Redmi Note, Anda dapat membagikannya dengan mudah melalui berbagai cara. Anda dapat mengirimkan screenshot melalui aplikasi pesan atau email, membagikannya ke media sosial seperti Facebook atau Instagram, atau mengunggahnya ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda gunakan.

Langkah 7

Pilih Metode Pengiriman yang Diinginkan

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, pilih metode pengiriman yang ingin Anda gunakan. Beberapa metode umum termasuk mengirimkan melalui aplikasi pesan, email, atau media sosial, serta mengunggahnya ke layanan cloud.

Langkah 7.1

Ikuti Petunjuk yang Diberikan oleh Aplikasi yang Anda Gunakan

Setiap aplikasi memiliki tata letak dan petunjuk yang sedikit berbeda untuk mengirimkan screenshot. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda gunakan untuk mengunggah atau mengirimkan screenshot dengan benar.

Langkah 7.2

Mengunggah ke Layanan Cloud

Jika Anda ingin mengunggah screenshot ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, buka aplikasi layanan cloud yang telah terinstal di perangkat Anda. Pilih opsi untuk mengunggah file baru dan cari screenshot yang ingin Anda unggah di galeri perangkat Anda. Pilih screenshot tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengunggahnya.

Langkah 7.3

Membagikan Melalui Aplikasi Pesan atau Email

Jika Anda ingin mengirimkan screenshot melalui aplikasi pesan atau email, buka aplikasi pesan atau email yang ingin Anda gunakan. Mulai membuat pesan baru atau email baru, lalu lampirkan screenshot yang ingin Anda kirim. Pilih opsi untuk melampirkan file atau gambar, dan cari screenshot di galeri perangkat Anda. Pilih screenshot tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengirimkannya.

Langkah 7.4

Menghapus Screenshot Lama

Jika Anda memiliki banyak screenshot yang sudah tidak diperlukan lagi, Anda dapat menghapusnya untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda. Buka aplikasi galeri, temukan screenshot yang ingin Anda hapus, dan pilih opsi hapus atau delete. Anda juga dapat memilih beberapa screenshot sekaligus dengan menandai kotak di pojok atas setiap screenshot. Pastikan untuk memeriksa kembali sebelum menghapus agar tidak menghapus screenshot penting.

Langkah 8

Buka Aplikasi Galeri

Untuk menghapus screenshot di Redmi Note, buka aplikasi galeri yang telah terpasang di perangkat Anda. Biasanya, ikon aplikasi galeri terletak di layar beranda atau di dalam folder aplikasi.

Langkah 8.1

Temukan dan Pilih Screenshot yang Ingin Dihapus

Setelah membuka aplikasi galeri, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda hapus. Anda dapat menggulir melalui daftar screenshot atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan screenshot yang diinginkan.

Langkah 8.2

Pilih Opsi Hapus atau Delete

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin Anda hapus, pilih opsi "Hapus" atau "Delete" yang tersedia di aplikasi galeri. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau di dalam menu tindakan.

Langkah 8.3

Konfirmasi Penghapusan Screenshot

Setelah memilih opsi hapus atau delete, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan screenshot. Pastikan untuk memeriksa kembali screenshot yang akan dihapus dan konfirmasikan penghapusan jika Anda yakin.

Langkah 8.4

Mengunci Screenshot

Jika Anda ingin melindungi screenshot tertentu agar tidak terhapus atau terlihat oleh orang lain, Anda dapat mengunci screenshot tersebut. Buka aplikasi galeri, temukan screenshot yang ingin Anda kunci, dan pilih opsi kunci atau lock. Screenshot yang dikunci akan diamankan dengan kata sandi atau sidik jari Anda. Pastikan untuk mengingat kata sandi atau mengaktifkan fitur pengenalan sidik jari di perangkat Anda.

Langkah 9

Buka Aplikasi Galeri

Untuk mengunci screenshot di Redmi Note, buka aplikasi galeri yang telah terpasang di perangkat Anda. Biasanya, ikon aplikasi galeri terletak di layar beranda atau di dalam folder aplikasi.

Langkah 9.1

Temukan dan Pilih Screenshot yang Ingin Dikunci

Setelah membuka aplikasi galeri, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda kunci. Anda dapat menggulir melalui daftar screenshot atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan screenshot yang diinginkan.

Langkah 9.2

Pilih Opsi Kunci atau Lock

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin Anda kunci, pilih opsi "Kunci" atau "Lock" yang tersedia di aplikasi galeri. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau di dalam menu tindakan.

Langkah 9.3

Konfirmasi Penguncian Screenshot

Setelah memilih opsi kunci atau lock, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi penguncian screenshot. Pilih metode pengamanan yang diinginkan, seperti menggunakan kata sandi atau pengenalan sidik jari, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi galeri.

Langkah 9.4

Memperbaiki Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot di Redmi Note, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya. Pertama, pastikan perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan screenshot. Jika penyimpanan hampir penuh, hapus beberapa file atau aplikasi yang tidak diperlukan. Juga, pastikan Anda menggunakan versi MIUI terbaru dan perbarui perangkat ke versi terbaru jika diperlukan. Jika masalah masih berlanjut, coba restart perangkat Anda.

Langkah 10

Periksa Ruang Penyimpanan yang Tersedia

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot, periksa ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Buka pengaturan perangkat dan cari opsi "Penyimpanan" atau "Ruang Penyimpanan". Di dalam menu ini, Anda akan melihat jumlah ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda.

Langkah 10.1

Hapus File atau Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Jika ruang penyimpanan Anda hampir penuh, hapus beberapa file atau aplikasi yang tidak diperlukan. Buka aplikasi pengelola file di perangkat Anda atau buka pengaturan perangkat dan cari opsi "Penyimpanan" atau "Ruang Penyimpanan". Di dalam menu ini, Anda akan melihat daftar file dan aplikasi yang mengambil ruang penyimpanan di perangkat Anda. Pilih file atau aplikasi yang ingin Anda hapus dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghapusnya.

Langkah 10.2

Perbarui Perangkat ke Versi Terbaru

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot di Redmi Note, pastikan Anda menggunakan versi MIUI terbaru dan perbarui perangkat ke versi terbaru jika diperlukan. Buka pengaturan perangkat, cari opsi "Pembaruan Sistem" atau "Pembaruan Perangkat Lunak", dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.

Langkah 10.3

Restart Perangkat Anda

Jika masalah masih berlanjut setelah mengikuti langkah-langkah di atas, coba restart perangkat Anda. Matikan perangkat Anda dengan menekan tombol daya dan pilih opsi "Matikan" atau "Restart". Setelah perangkat mati sepenuhnya, hidupkan kembali dan coba lagi untuk mengambil screenshot. Restart perangkat dapat membantu memperbaiki masalah sementara yang mungkin terjadi.

Langkah 10.4

Hubungi Layanan Dukungan Xiaomi

Jika masalah masih belum teratasi setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat menghubungi layanan dukungan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Kunjungi situs web resmi Xiaomi untuk menemukan informasi kontak layanan dukungan yang tersedia.

Langkah 10.5

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda sekarang dapat dengan mudah mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note. Apakah itu menggunakan tombol fisik, tampilan jendela, atau fitur gestur, Anda memiliki berbagai pilihan untuk memilih cara yang paling nyaman bagi Anda. Jangan ragu untuk mencoba metode yang berbeda dan temukan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk selalu memperbarui perangkat Anda dan menjaga ruang penyimpanan yang cukup agar Anda dapat terus mengambil screenshot dengan lancar. Jika Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk menghubungi layanan dukungan resmi Xiaomi untuk mendapatkan bantuan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dan semoga Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan nyaman di Xiaomi Redmi Note Anda!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]