Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Vivo X9: Panduan Lengkap dan Detail

Apakah Anda pengguna Vivo X9 yang ingin tahu cara mengambil screenshot di ponsel Anda? Jika ya, artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara melakukannya. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk merekam tampilan layar ponsel Anda, baik untuk berbagi informasi, menyimpan gambar, atau mengabadikan momen penting. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Vivo X9 Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah memperbarui perangkat Vivo X9 Anda dengan versi software terbaru. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki semua fitur dan perbaikan terbaru yang diperlukan untuk mengambil screenshot dengan benar. Setelah Anda memastikan hal ini, mari kita masuk ke panduan langkah demi langkah tentang cara mengambil screenshot di Vivo X9.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Kombinasi

Metode pertama untuk mengambil screenshot di Vivo X9 adalah menggunakan kombinasi tombol. Anda cukup menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan untuk beberapa detik, hingga layar berkedip dan Anda mendengar suara penangkapan layar. Gambar screenshot akan otomatis disimpan di folder galeri Anda.

Jika Anda sering mengambil screenshot, Anda juga dapat mengatur tombol volume bawah sebagai tombol khusus untuk mengambil screenshot. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke Pengaturan > Tombol Khusus > Shortcut Screenshot. Setelah diatur, Anda hanya perlu menekan tombol volume bawah untuk langsung mengambil screenshot.

Metode ini sangat mudah dan cepat, terutama jika Anda sering menggunakan satu tangan untuk mengoperasikan ponsel Anda.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tanda Jari

Vivo X9 juga dilengkapi dengan fitur unik yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan menggunakan tanda jari. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Setelah diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan di layar ponsel Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Fitur Canggih > Screenshot dengan Jari. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot dengan tanda jari Anda.

Metode ini sangat berguna jika Anda menggunakan kedua tangan untuk mengoperasikan ponsel Anda atau jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dengan satu gerakan tangan yang cepat.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengedit Screenshot Setelah Diambil

Saat Anda mengambil screenshot di Vivo X9, Anda juga dapat mengeditnya langsung di ponsel Anda sebelum menyimpannya. Vivo X9 dilengkapi dengan fitur editor screenshot bawaan yang memungkinkan Anda memotong, menambahkan teks, atau menggambar di atas screenshot Anda sebelum menyimpannya. Ini sangat berguna jika Anda ingin menyoroti atau menandai bagian tertentu dari screenshot.

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat opsi untuk mengeditnya di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini dan Anda akan dibawa ke editor screenshot. Di sini, Anda dapat menggunakan berbagai alat dan fitur untuk mengedit screenshot sesuai keinginan Anda.

Memotong Screenshot

Jika ada bagian dari screenshot yang tidak perlu atau tidak ingin Anda tampilkan, Anda dapat memotongnya menggunakan alat pemotong. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi pemotongan sesuai kebutuhan Anda.

Menambahkan Teks

Jika Anda ingin memberikan penjelasan atau menyoroti sesuatu di screenshot, Anda dapat menambahkan teks menggunakan alat teks. Anda dapat memilih warna, ukuran, dan jenis huruf yang sesuai dengan preferensi Anda.

Menggambar

Jika Anda ingin menandai atau menyoroti bagian tertentu di screenshot, Anda dapat menggunakan alat gambar. Anda dapat menggambar garis, panah, lingkaran, atau bentuk lainnya untuk menambahkan penekanan visual pada screenshot Anda.

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, Anda dapat menyimpannya ke galeri Anda atau membagikannya ke aplikasi lain seperti pesan, email, atau media sosial.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Membagikan Screenshot ke Aplikasi Lain

Setelah Anda mengambil screenshot di Vivo X9, Anda dapat dengan mudah membagikannya ke aplikasi lain seperti pesan, email, atau media sosial. Vivo X9 menyediakan opsi langsung untuk membagikan screenshot Anda setelah diambil. Anda cukup memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan dan mengirimkan screenshot dengan cepat dan mudah.

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat tombol "Bagikan" di sekitar layar. Ketuk tombol ini dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang tersedia untuk membagikan screenshot Anda. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan ikuti langkah-langkah untuk membagikannya.

Anda juga dapat memilih untuk mengedit screenshot sebelum membagikannya. Ketika Anda memilih aplikasi untuk dibagikan, Anda akan dibawa ke editor screenshot di mana Anda dapat memotong, menambahkan teks, atau menggambar di atas screenshot sebelum membagikannya.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Menyimpan Screenshot ke Cloud Storage

Jika Anda ingin menyimpan screenshot Anda dengan aman dan tidak menghabiskan ruang penyimpanan internal ponsel Anda, Vivo X9 juga mendukung penyimpanan screenshot ke cloud storage. Anda dapat terhubung ke akun cloud storage Anda seperti Google Drive atau Dropbox, dan secara otomatis menyimpan screenshot ke dalam folder yang ditentukan.

Untuk mengatur penyimpanan screenshot ke cloud storage, buka Pengaturan > Pemindahan & Penyimpanan > Penyimpanan di Cloud. Di sini, Anda dapat memilih akun cloud storage yang ingin Anda gunakan dan mengatur folder tujuan untuk menyimpan screenshot.

Setelah diatur, setiap kali Anda mengambil screenshot, itu akan secara otomatis disimpan di cloud storage Anda. Ini sangat berguna jika Anda ingin mengakses screenshot Anda dari perangkat lain atau jika Anda ingin membagikannya dengan orang lain tanpa harus mentransfer file secara manual.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengambil Screenshot Panjang

Vivo X9 juga memiliki fitur canggih yang memungkinkan Anda mengambil screenshot panjang dari halaman web atau dokumen yang panjang. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur "Screenshot Panjang" di ponsel Anda. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dari halaman web atau dokumen dan Vivo X9 akan secara otomatis menggulir dan menggabungkan gambar menjadi satu screenshot panjang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Fitur Canggih > Screenshot Panjang. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot panjang.

Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot panjang dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan seperti biasa. Namun, kali ini Vivo X9 akan terus menggulir layar dan mengambil gambar hingga Anda menghentikannya.

Fitur ini sangat berguna jika Anda perlu mengambil screenshot dari halaman web yang panjang, pesan teks yang panjang, atau dokumen yang membutuhkan gambaran keseluruhan.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengatur Screenshot ke Wallpaper

Jika Anda ingin menggunakan screenshot Anda sebagai wallpaper di Vivo X9, Anda dapat dengan mudah mengaturnya melalui pengaturan ponsel Anda. Vivo X9 memungkinkan Anda untuk mengatur screenshot Anda sebagai wallpaper langsung dari galeri tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Setelah Anda mengambil screenshot, buka aplikasi Galeri di Vivo X9 Anda. Cari screenshot yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper dan buka gambar tersebut. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat ikon titik tiga vertikal (menu opsi). Ketuk ikon ini dan pilih opsi "Set as Wallpaper".

Setelah dipilih, Anda akan melihat tampilan pratinjau bagaimana screenshot tersebut akan terlihat sebagai wallpaper. Anda dapat menyesuaikan posisi dan ukuran gambar sesuai dengan keinginan Anda. Setelah puas dengan pengaturannya, cukup tekan tombol "Terapkan" atau "Simpan" untuk mengatur screenshot sebagai wallpaper Anda.

Dengan mengatur screenshot Anda sebagai wallpaper, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengingat momen penting atau gambar yang berarti bagi Anda setiap kali Anda membuka ponsel Anda.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengambil Screenshot dengan Suara

Jika Anda ingin mengambil screenshot di Vivo X9 tanpa harus menggunakan tombol atau tanda jari, Anda dapat menggunakan fitur "Screenshot dengan Suara". Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan hanya mengucapkan kata-kunci yang ditentukan seperti "Ambil Screenshot".

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Fitur Canggih > Screenshot dengan Suara. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot dengan suara.

Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengucapkan kata-kunci yang ditentukan. Anda dapat mengucapkan "Ambil Screenshot" atau frase lain yang telah Anda atur. Vivo X9 akan mendengar suara Anda dan secara otomatis mengambil screenshot.

Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang sibuk dengan tangan Anda atau jika Anda sering mengambil screenshot dan ingin metode yang lebih praktis.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengambil Screenshot dengan Gesture

Vivo X9 juga memiliki fitur Gesture yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah melalui gerakan tangan. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggambar tanda "V" atau tanda lainnya di layar ponsel Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Fitur Canggih > Gesture. Di sini, aktifkan opsi "Screenshot dengan Gesture".

Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan melakukan gerakan tangan yang telah ditentukan. Salah satu gerakan yang umum digunakan adalah menggambar tanda "V" dengan jari Anda di layar ponsel Anda. Vivo X9 akan mendeteksi gerakan tersebut dan secara otomatis mengambil screenshot.

Jika Anda ingin menggunakan gerakan tangan lain sebagai tanda untuk mengambil screenshot, Anda juga dapat mengatur gerakan tersebut di pengaturan Gesture.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Cara Mengambil Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, jika Anda ingin lebih banyak fitur dan opsi dalam mengambil screenshot di Vivo X9, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk mengambil screenshot di Vivo X9 termasuk Screenshot Easy, Super Screenshot, atau Screenshot Capture. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini untuk kemudahan dan fleksibilitas tambahan dalam mengambil screenshot.

Aplikasi pihak ketiga sering menawarkan lebih banyak fitur seperti penjadwalan screenshot, mengambil screenshot scrolling, anotasi gambar, dan lain-lain. Anda dapat menjelajahi aplikasi-aplikasi ini di Play Store dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot dengan metode dan fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Biasanya, Anda dapat mengakses fitur aplikasi ini melalui ikon yang muncul setelah Anda mengambil screenshot dengan tombol kombinasi atau tanda jari.

Cara Mengambil Screenshot Vivo X9

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara mengambil screenshot di Vivo X9. Dari mengaktifkan fitur hingga membagikan dan mengedit screenshot Anda, semuanya telah dijelaskan dengan rinci. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat dengan mudah mengambil screenshot di Vivo X9 Anda dan memanfaatkannya sepenuhnya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan mulailah mengambil screenshot yang menakjubkan dengan Vivo X9 Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil screenshot di Vivo X9. Nikmati pengalaman mengambil screenshot yang lebih baik dengan panduan ini. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Vivo X9: Panduan Lengkap dan Detail"

Daftar Isi [
tampilkan
]