Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Vivo Seri Y: Panduan Lengkap dan Detail

Apakah Anda pengguna smartphone Vivo Seri Y dan ingin tahu cara melakukan screenshot? Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk merekam tampilan layar pada perangkat Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara melakukan screenshot pada smartphone Vivo Seri Y.

Sebelum kita mulai, pastikan perangkat Vivo Seri Y Anda telah dinyalakan dan berada di layar yang ingin Anda screenshot. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot pada Vivo Seri Y, dan kami akan menjelaskan setiap metode secara rinci di bawah ini.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik pada Vivo Seri Y Anda. Untuk melakukan screenshot, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Persiapkan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pastikan Anda berada di layar yang ingin Anda screenshot. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman beranda, pastikan Anda berada di halaman beranda Vivo Seri Y Anda.

Langkah 2: Tekan Tombol Volume Down dan Tombol Power Secara Bersamaan

Sekarang, tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power pada Vivo Seri Y Anda secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol ini pada saat yang bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 3: Periksa Galeri Anda untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda melepaskan tombol, Vivo Seri Y Anda akan mengambil screenshot layar dan menyimpannya di galeri perangkat Anda. Untuk melihat screenshot yang baru saja Anda ambil, buka aplikasi Galeri pada Vivo Seri Y Anda dan cari folder Screenshot.

Tombol Fisik

Cara Screenshot Menggunakan Tampilan Quick Settings

Vivo Seri Y juga memiliki opsi untuk melakukan screenshot melalui tampilan Quick Settings. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Tampilan Quick Settings

Untuk membuka tampilan Quick Settings pada Vivo Seri Y Anda, geser jari dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka panel notifikasi dan tampilan Quick Settings.

Langkah 2: Cari Tombol Screenshot

Dalam tampilan Quick Settings, cari tombol yang menunjukkan ikon kamera atau ikon screenshot. Biasanya, tombol ini terletak di antara ikon-ikon lainnya seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lain-lain.

Langkah 3: Tekan Tombol Screenshot

Sekarang, ketika Anda telah menemukan tombol screenshot, cukup tekan tombol tersebut untuk mengambil screenshot layar pada Vivo Seri Y Anda. Setelah Anda menekan tombol, layar Anda akan berkedip sebentar dan screenshot akan disimpan di galeri perangkat Anda.

Tampilan Quick Settings

Cara Screenshot Menggunakan Gestur Tiga Jari

Metode lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan gestur tiga jari pada Vivo Seri Y. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Gestur Tiga Jari

Untuk menggunakan gestur tiga jari, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini telah diaktifkan pada Vivo Seri Y Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi Gestur Tiga Jari. Pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 2: Gesek Tiga Jari ke Bawah

Setelah fitur gestur tiga jari diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan gesekan tiga jari ke bawah pada layar Vivo Seri Y Anda. Gesek tiga jari dari atas layar ke bawah dengan lembut, dan Anda akan melihat efek layar yang berkedip sebentar saat screenshot diambil.

Langkah 3: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda melakukan gestur tiga jari dan mengambil screenshot, periksa galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Gestur Tiga Jari

Cara Screenshot dengan Mode Panjang

Perangkat Vivo Seri Y juga memiliki fitur screenshot dengan mode panjang yang memungkinkan Anda untuk merekam tampilan layar secara vertikal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar yang ingin Anda ambil screenshot pada Vivo Seri Y Anda. Pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda rekam tampilan panjangnya.

Langkah 2: Tekan dan Tahan Tombol Screenshot

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol screenshot pada Vivo Seri Y Anda. Setelah Anda menekan tombol tersebut, pilih opsi "Screenshot Panjang" atau "Long Screenshot" yang akan muncul di layar.

Langkah 3: Gesek Layar ke Bawah

Setelah Anda memilih opsi "Screenshot Panjang", gesek layar Vivo Seri Y Anda ke bawah secara perlahan. Lanjutkan menggesek layar sampai Anda mencapai akhir tampilan yang ingin Anda rekam. Vivo Seri Y Anda akan secara otomatis merekam tampilan layar secara vertikal.

Langkah 4: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Panjang Anda

Setelah Anda selesai menggesek layar dan merekam screenshot panjang, cek galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot panjang yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Mode Panjang

Cara Screenshot dengan Fitur Screenshot Otomatis

Vivo Seri Y dilengkapi dengan fitur screenshot otomatis yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka aplikasi atau layar yang ingin Anda ambil screenshot pada Vivo Seri Y Anda. Pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda rekam.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Screenshot Otomatis

Untuk menggunakan fitur screenshot otomatis pada Vivo Seri Y, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Buka aplikasi Pengaturan, cari opsi Screenshot Otomatis, dan pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 3: Lakukan Aksi yang Memicu Screenshot Otomatis

Setelah fitur screenshot otomatis diaktifkan, lakukan aksi yang memicu pengambilan screenshot. Misalnya, Anda dapat menggoyangkan perangkat Vivo Seri Y Anda atau menggulir layar ke bawah dengan cepat.

Langkah 4: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda melakukan aksi yang memicu screenshot otomatis, cek galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Fitur Screenshot Otomatis

C

Cara Screenshot dengan Fitur AI Screenshot

Fitur AI Screenshot pada Vivo Seri Y memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka aplikasi atau layar yang ingin Anda ambil screenshot pada Vivo Seri Y Anda. Pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda rekam.

Langkah 2: Aktifkan Fitur AI Screenshot

Untuk menggunakan fitur AI Screenshot pada Vivo Seri Y, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi AI Screenshot. Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan fitur AI Screenshot pada perangkat Anda.

Langkah 3: Buka Menu Screenshot

Sekarang, lakukan aksi yang biasanya Anda lakukan untuk membuka menu screenshot. Misalnya, gesek jari Anda dari atas ke bawah pada layar Vivo Seri Y Anda untuk membuka panel notifikasi dan tampilan Quick Settings. Cari tombol screenshot atau ikon kamera pada menu tersebut.

Langkah 4: Pilih Mode AI Screenshot

Setelah Anda menemukan tombol atau ikon screenshot, tekan dan tahan tombol tersebut. Pilih opsi AI Screenshot dari menu yang muncul. Vivo Seri Y Anda akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi elemen penting di layar dan mengambil screenshot yang relevan.

Langkah 5: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda menggunakan fitur AI Screenshot, cek galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Fitur Ai Screenshot

Cara Screenshot dengan Fitur Screenshot dengan Suara

Anda juga dapat melakukan screenshot pada Vivo Seri Y dengan menggunakan fitur screenshot dengan suara. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi atau Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka aplikasi atau layar yang ingin Anda ambil screenshot pada Vivo Seri Y Anda. Pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda rekam.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Screenshot dengan Suara

Untuk menggunakan fitur screenshot dengan suara pada Vivo Seri Y, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi "Screenshot dengan Suara" atau "Screenshot with Sound". Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan fitur tersebut pada perangkat Anda.

Langkah 3: Tekan dan Tahan Tombol Power

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power pada Vivo Seri Y Anda. Setelah Anda menekan tombol tersebut, pilih opsi "Screenshot" atau "Ambil Screenshot" yang muncul di layar.

Langkah 4: Tunggu Suara Screenshot

Setelah Anda memilih opsi screenshot, Vivo Seri Y Anda akan mengeluarkan suara atau bunyi shutter kamera yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 5: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda melakukan aksi screenshot dengan suara, cek galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Fitur Screenshot Dengan Suara

Cara Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak opsi untuk melakukan screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Play Store

Pertama, buka aplikasi Play Store pada Vivo Seri Y Anda.

Langkah 2: Cari Aplikasi Screenshot

Cari aplikasi screenshot dengan menggunakan kata kunci "screenshot" pada kotak pencarian di Play Store.

Langkah 3: Pilih dan Unduh Aplikasi Screenshot

Pilih salah satu aplikasi screenshot yang ingin Anda gunakan dan ketuk tombol "Unduh" atau "Install" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut pada Vivo Seri Y Anda.

Langkah 4: Buka Aplikasi Screenshot

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot, buka aplikasi tersebut pada Vivo Seri Y Anda.

Langkah 5: Ikuti Petunjuk pada Aplikasi

Masing-masing aplikasi screenshot mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil screenshot pada Vivo Seri Y Anda.

Langkah 6: Periksa Galeri untuk Melihat Screenshot Anda

Setelah Anda menggunakan aplikasi screenshot, cek galeri perangkat Anda untuk melihat hasilnya. Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan di folder Screenshot atau dalam album khusus di galeri perangkat Vivo Seri Y Anda.

Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Screenshot dengan Fitur Edit Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot, Vivo Seri Y juga dilengkapi dengan fitur edit screenshot yang memungkinkan Anda untuk mengedit tampilan layar yang telah diambil. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Galeri dan Pilih Screenshot

Untuk mengedit screenshot, buka aplikasi Galeri pada Vivo Seri Y Anda dan pilih screenshot yang ingin Anda edit.

Langkah 2: Tekan Tombol Edit

Setelah Anda memilih screenshot, cari dan tekan tombol Edit yang tersedia di aplikasi Galeri. Ini akan membuka antarmuka editor screenshot Vivo Seri Y Anda.

Langkah 3: Gunakan Alat dan Fitur Edit

Pada antarmuka editor screenshot, Anda akan menemukan berbagai alat dan fitur edit yang dapat Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat memotong gambar, menambahkan teks, menggambar atau menandai bagian tertentu, dan banyak lagi. Gunakan alat-alat ini sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengedit tampilan screenshot.

Langkah 4: Simpan dan Bagikan Screenshot yang Diedit

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, pilih opsi Simpan atau Save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat. Anda juga dapat membagikan screenshot yang diedit melalui berbagai aplikasi seperti pesan teks, email, media sosial, dan lain-lain.

Fitur Edit Screenshot

Cara Membagikan Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain melalui berbagai aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Galeri dan Pilih Screenshot

Buka aplikasi Galeri pada Vivo Seri Y Anda dan pilih screenshot yang ingin Anda bagikan.

Langkah 2: Pilih Opsi Bagikan

Setelah Anda memilih screenshot, cari dan tekan tombol Bagikan atau Share yang tersedia di aplikasi Galeri. Ini akan membuka daftar aplikasi yang tersedia untuk membagikan screenshot.

Langkah 3: Pilih Aplikasi untuk Membagikan Screenshot

Dalam daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk membagikan screenshot. Misalnya, Anda dapat memilih aplikasi pesan teks, email, mediasosial, atau aplikasi berbagi file seperti WhatsApp, Gmail, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Langkah 4: Atur dan Kirim Screenshot

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, atur pesan atau keterangan yang ingin Anda sertakan dengan screenshot. Setelah itu, kirim screenshot tersebut ke kontak atau kelompok yang dituju melalui aplikasi yang Anda pilih.

Langkah 5: Alternatif Lain untuk Membagikan Screenshot

Selain menggunakan aplikasi Galeri, Anda juga dapat langsung membagikan screenshot dengan cara lain. Misalnya, setelah Anda mengambil screenshot, perhatikan notifikasi yang muncul di panel notifikasi Vivo Seri Y Anda. Di sana, Anda akan melihat opsi untuk langsung membagikan screenshot melalui aplikasi pesan teks, media sosial, atau aplikasi lainnya.

Membagikan Screenshot

Dengan semua metode yang telah dijelaskan di atas, sekarang Anda memiliki pengetahuan lengkap tentang cara melakukan screenshot pada smartphone Vivo Seri Y. Cobalah metode yang sesuai dengan preferensi Anda, dan nikmati fitur yang bermanfaat ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan screenshot pada Vivo Seri Y Anda dan bagikan pengalaman Anda dengan orang lain!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Vivo Seri Y: Panduan Lengkap dan Detail"

Daftar Isi [
tampilkan
]