Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot OnePlus X: Panduan Lengkap dan Terperinci

Selamat datang di blog kami! Jika Anda baru saja membeli OnePlus X dan ingin belajar cara mengambil screenshot, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot di OnePlus X. Kami akan menjelaskan setiap langkah dengan jelas, memberikan gambaran yang jelas, dan memberikan tips dan trik yang berguna. Jadi, mari kita mulai!

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang OnePlus X. OnePlus X adalah smartphone Android yang dibuat oleh perusahaan China, OnePlus. Diluncurkan pada tahun 2015, OnePlus X menawarkan spesifikasi yang hebat dengan harga yang terjangkau. Salah satu fitur yang paling berguna adalah kemampuannya untuk mengambil screenshot, yang memungkinkan Anda menyimpan gambar layar ponsel Anda dengan cepat dan mudah.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Metode pertama untuk mengambil screenshot di OnePlus X adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu menekan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah Anda melakukannya, Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda, dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja.

Langkah-langkah Menggunakan Tombol Kombinasi:

  1. Pastikan layar yang ingin Anda screenshot telah ditampilkan di OnePlus X.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan.
  3. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda mendengar suara shutter.
  4. Screenshot berhasil diambil dan akan disimpan di galeri ponsel Anda.
Screenshot Menggunakan Tombol Kombinasi

Menggunakan tombol kombinasi adalah salah satu cara paling umum dan mudah untuk mengambil screenshot di OnePlus X. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus membuka menu atau pengaturan tambahan. Dengan hanya menekan dua tombol secara bersamaan, Anda dapat dengan mudah menyimpan tampilan layar ponsel Anda.

Menggunakan Gesture Tiga Jari

OnePlus X juga dilengkapi dengan fitur Gesture Tiga Jari yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan cepat. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering mengambil screenshot dan ingin cara yang lebih cepat daripada menggunakan tombol kombinasi. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu mengaktifkannya di pengaturan ponsel Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Gesture Tiga Jari:

  1. Buka Pengaturan di OnePlus X Anda.
  2. Pilih opsi "Gesture" atau "Gestur".
  3. Cari opsi "Gesture Tiga Jari" atau "Three-Finger Gesture".
  4. Aktifkan opsi tersebut.

Setelah mengaktifkan fitur Gesture Tiga Jari, Anda dapat mengambil screenshot dengan menyeret tiga jari dari atas ke bawah layar ponsel Anda. Layar akan berkedip, dan screenshot akan disimpan di galeri Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering mengambil screenshot dan ingin cara yang lebih cepat daripada menggunakan tombol kombinasi.

Screenshot Menggunakan Gesture Tiga Jari

Menggunakan Fitur Screenshot Scroll

Jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman web atau dokumen yang panjang, Anda dapat menggunakan fitur Screenshot Scroll di OnePlus X. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot yang memanjang untuk menangkap seluruh konten. Untuk menggunakannya, cukup ambil screenshot seperti biasa dengan salah satu metode sebelumnya, dan ketika thumbnail screenshot muncul di layar, ketuk opsi "Scroll" di bagian bawah layar.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Screenshot Scroll:

  1. Ambil screenshot menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Ketika thumbnail screenshot muncul di layar, ketuk opsi "Scroll".
  3. Ponsel akan secara otomatis menggulir ke bawah dan mengambil screenshot yang lebih panjang.

Dengan menggunakan fitur Screenshot Scroll, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dari halaman web, dokumen, atau pesan panjang tanpa harus mengambil beberapa screenshot terpisah. Fitur ini sangat berguna untuk keperluan profesional atau saat Anda ingin menyimpan keseluruhan konten dalam satu gambar.

Screenshot Menggunakan Fitur Screenshot Scroll

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan fitur saat mengambil screenshot, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk mengambil screenshot. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk mengedit screenshot secara langsung atau membagikannya ke platform media sosial.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga:

  1. Buka Google Play Store di OnePlus X Anda.
  2. Cari aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Unduh dan instal aplikasi tersebut.
  4. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan fitur tambahan seperti pengeditan atau berbagi ke media sosial. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dan eksplorasi berbagai fitur yang ditawarkan.

Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menyimpan Screenshot ke Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin menyimpan screenshot langsung ke penyimpanan eksternal Anda, seperti kartu SD, OnePlus X juga memungkinkan Anda melakukannya. Untuk mengatur ini, buka aplikasi Kamera dan ketuk ikon pengaturan di pojok kanan atas layar.

Langkah-langkah Menyimpan Screenshot ke Penyimpanan Eksternal:

  1. Buka aplikasi Kamera di OnePlus X Anda.
  2. Ketuk ikon pengaturan di pojok kanan atas layar.
  3. Gulir ke bawah dan pilih opsi "Penyimpanan" di bawah bagian "Foto dan video".
  4. Pilih "Kartu SD" sebagai lokasi penyimpanan default.

Setelah mengatur penyimpanan default ke kartu SD, setiap screenshot yang Anda ambil akan secara otomatis disimpan ke kartu SD Anda. Pastikan Anda memiliki kartu SD yang terpasang sebelum melakukan ini.

Screenshot Menyimpan Ke Penyimpanan Eksternal

Mengedit Screenshot

Jika Anda ingin mengedit screenshot sebelum membagikannya atau menyimpannya, OnePlus X memiliki fitur pengeditan bawaan yang dapat Anda gunakan. Setelah Anda mengambil screenshot, ketuk thumbnail yang muncul di layar. Ini akan membuka editor screenshot, di mana Anda dapat memotong, menandai, atau menambahkan teks ke screenshot Anda.

Langkah-langkah Mengedit Screenshot:

  1. Ambil screenshot menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Ketuk thumbnail screenshot yang muncul di layar.
  3. Anda akan dibawa ke editor screenshot, di mana Anda dapat memotong, menandai, atau menambahkan teks ke screenshot Anda.
  4. Ketika Anda selesai mengedit, Anda dapat menyimpan hasilnya atau membagikannya ke aplikasi lain seperti pesan, emailatau media sosial.

    Mengedit screenshot adalah fitur yang sangat berguna jika Anda ingin menyoroti atau menandai bagian tertentu dari screenshot Anda, atau jika Anda ingin menambahkan teks atau catatan ke screenshot tersebut. Dengan menggunakan fitur pengeditan bawaan OnePlus X, Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga tambahan untuk melakukan tugas-tugas ini.

    Screenshot Mengedit

    Mengambil Screenshot dengan Airscreen

    Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol atau gesture, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Airscreen. Airscreen adalah fitur unik yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan menggenggam ponsel Anda. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Tombol dan Gestur > Gestur di Layar Off.

    Langkah-langkah Menggunakan Airscreen:

    1. Buka Pengaturan di OnePlus X Anda.
    2. Pilih opsi "Tombol dan Gestur" atau "Buttons and Gestures".
    3. Cari opsi "Gestur di Layar Off" atau "Off-Screen Gestures".
    4. Aktifkan opsi "Airscreen".

    Setelah mengaktifkan fitur Airscreen, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggenggam ponsel Anda. Cukup genggam ponsel dengan tangan Anda dan secara otomatis OnePlus X akan mengambil screenshot. Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki tangan yang sibuk atau jika tombol fisik tidak berfungsi.

    Screenshot Menggunakan Airscreen

    Menggunakan Google Assistant untuk Mengambil Screenshot

    Jika Anda menggunakan Google Assistant pada OnePlus X Anda, Anda juga dapat menggunakan asisten virtual ini untuk mengambil screenshot. Caranya sangat mudah. Cukup buka Google Assistant dengan mengatakan "Ok Google" atau dengan menekan dan menahan tombol Home, lalu katakan "Ambil screenshot" atau "Screenshot".

    Langkah-langkah Menggunakan Google Assistant:

    1. Buka Google Assistant dengan mengatakan "Ok Google" atau dengan menekan dan menahan tombol Home.
    2. Katakan "Ambil screenshot" atau "Screenshot".
    3. Google Assistant akan mengambil screenshot untuk Anda dan memberi Anda opsi untuk menyimpannya atau membagikannya.

    Dengan menggunakan Google Assistant, Anda tidak perlu menggunakan tombol atau gesture untuk mengambil screenshot. Cukup dengan perintah suara, Google Assistant akan melakukannya untuk Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus menggunakan tangan atau mencari tombol yang tepat.

    Screenshot Menggunakan Google Assistant

    Menggunakan Fitur Penangkapan Layar OnePlus X

    OnePlus X juga memiliki fitur Penangkapan Layar yang berguna. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan memberikan perintah suara. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Tombol dan Gestur > Penangkapan Layar.

    Langkah-langkah Menggunakan Fitur Penangkapan Layar:

    1. Buka Pengaturan di OnePlus X Anda.
    2. Pilih opsi "Tombol dan Gestur" atau "Buttons and Gestures".
    3. Cari opsi "Penangkapan Layar" atau "Screen Capture".
    4. Aktifkan opsi "Suara".

    Setelah mengaktifkan fitur Penangkapan Layar, setiap kali Anda mengatakan "Ambil screenshot" atau perintah serupa, OnePlus X akan mengambil screenshot untuk Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang sibuk dengan tangan Anda atau jika tombol tidak berfungsi.

    Screenshot Menggunakan Fitur Penangkapan Layar

    Menggunakan Screenshot Timer

    Terakhir, OnePlus X juga memiliki fitur Timer Screenshot yang memungkinkan Anda mengatur waktu penundaan sebelum mengambil screenshot. Fitur ini berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari menu drop-down atau menu lain yang hanya muncul sejenak. Untuk menggunakannya, buka Pengaturan > Tombol dan Gestur > Timer Screenshot.

    Langkah-langkah Menggunakan Screenshot Timer:

    1. Buka Pengaturan di OnePlus X Anda.
    2. Pilih opsi "Tombol dan Gestur" atau "Buttons and Gestures".
    3. Cari opsi "Timer Screenshot" atau "Screenshot Timer".
    4. Pilih waktu penundaan yang Anda inginkan.

    Setelah mengatur waktu penundaan, OnePlus X akan secara otomatis mengambil screenshot setelah waktu yang ditentukan berakhir. Pastikan Anda sudah memposisikan ponsel Anda dengan benar sebelum waktu berakhir untuk mendapatkan screenshot yang diinginkan.

    Screenshot Menggunakan Screenshot Timer

    Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara mengambil screenshot di OnePlus X. Kami telah menjelaskan berbagai metode dan fitur yang tersedia, dari menggunakan tombol kombinasi hingga aplikasi pihak ketiga. Kami harap panduan ini bermanfaat bagi Anda dan memberikan pemahaman yang jelas tentang cara mengambil screenshot di OnePlus X.

    Dengan menggunakan metode yang kami jelaskan di atas, Anda sekarang dapat dengan mudah mengambil screenshot di OnePlus X sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat menggunakan tombol kombinasi, menggunakan gesture tiga jari, atau bahkan dengan perintah suara menggunakan Google Assistant atau fitur Penangkapan Layar. Anda juga dapat mengedit screenshot dan menyimpannya ke penyimpanan eksternal jika diinginkan.

    Kami mendorong Anda untuk mencoba berbagai metode yang telah kami jelaskan dan menemukan yang paling sesuai dengan preferensi dan gaya penggunaan Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dan mengeksplorasi semua fitur yang ditawarkan oleh OnePlus X. Selamat mengambil screenshot!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot OnePlus X: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]