Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot OnePlus 6T: Panduan Lengkap dan Rinci

Apakah Anda baru saja membeli OnePlus 6T dan ingin belajar cara membuat screenshot? Screenshot adalah fitur penting yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi, menangkap momen penting, atau menyimpan tampilan layar yang menarik.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan rinci tentang cara screenshot OnePlus 6T. Kami akan menjelaskan berbagai metode yang tersedia untuk mengambil screenshot, termasuk menggunakan tombol fisik dan fitur tersembunyi. Jadi, mari kita mulai dan pelajari cara membuat screenshot pada OnePlus 6T Anda!

Cara Membuat Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang akan kami bahas adalah menggunakan kombinasi tombol fisik pada OnePlus 6T. Ini adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengambil screenshot di hampir semua perangkat Android.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk membuat screenshot menggunakan tombol fisik, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Persiapkan Tampilan Layar yang Ingin Anda Ambil

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, pastikan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar OnePlus 6T Anda.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Volume Turun Secara Bersamaan

Untuk mengambil screenshot, tekan dan tahan tombol Power (tombol kecil di sisi kanan perangkat) dan tombol Volume Turun (tombol kecil di sisi kiri perangkat) secara bersamaan. Tahan kedua tombol ini selama beberapa detik hingga layar berkedip atau Anda mendengar suara shutter kamera.

Langkah 3: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda melepaskan kedua tombol, OnePlus 6T akan membuat suara shutter dan layar akan berkedip sejenak. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Sekarang Anda telah berhasil membuat screenshot menggunakan tombol fisik pada OnePlus 6T. Metode ini sederhana dan mudah diingat, sehingga Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot kapan saja Anda membutuhkannya.

Cara Membuat Screenshot Menggunakan Fitur Gestur

OnePlus 6T juga dilengkapi dengan fitur gestur yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah. Dengan menggesek tiga jari ke atas di layar, Anda dapat membuat screenshot yang cepat dan nyaman.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk menggunakan fitur gestur untuk membuat screenshot, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Gestur pada OnePlus 6T Anda

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur gestur pada OnePlus 6T Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, gulir ke bawah, dan ketuk opsi "Gestur dan tombol". Di sini, Anda akan menemukan opsi "Gestur layar penuh". Pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 2: Persiapkan Tampilan Layar yang Ingin Anda Ambil

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, pastikan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar OnePlus 6T Anda.

Langkah 3: Gesek Tiga Jari ke Atas

Setelah Anda mempersiapkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap, gesek tiga jari ke atas secara bersamaan di layar OnePlus 6T Anda. Lakukan gerakan ini dengan cepat dan pastikan Anda menyentuh layar dengan ketiga jari Anda secara bersamaan.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda melakukan gerakan gesek tiga jari ke atas, OnePlus 6T akan membuat suara shutter dan layar akan berkedip sejenak. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Dengan fitur gestur ini, Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot OnePlus 6T Anda tanpa harus menggunakan tombol fisik. Ini adalah metode yang nyaman ketika Anda sedang menggunakan perangkat dengan satu tangan atau ketika tombol fisik tidak mudah dijangkau.

Cara Membuat Screenshot dengan Fitur Screenshot 3 Jari

OnePlus 6T memiliki fitur unik yang disebut Screenshot 3 Jari. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menggambar huruf "O" atau "V" pada layar dengan tiga jari Anda.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk menggunakan fitur Screenshot 3 Jari, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Screenshot 3 Jari pada OnePlus 6T Anda

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Screenshot 3 Jari pada OnePlus 6T Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, gulir ke bawah, dan ketuk opsi "Gestur dan tombol". Di sini, Anda akan menemukan opsi "Screenshot 3 Jari". Pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 2: Persiapkan Tampilan Layar yang Ingin Anda Ambil

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, pastikan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar OnePlus 6T Anda.

Langkah 3: Gambar Huruf "O" atau "V" dengan Tiga Jari Anda

Setelah Anda mempersiapkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap, gambar huruf "O" atau "V" pada layar dengan menggunakan tiga jari Anda secara bersamaan. Anda dapat menggunakan tiga jari dari satu tangan atau menggunakan jari dari tangan yang berbeda.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda menggambar huruf "O" atau "V" dengan tiga jari Anda, OnePlus 6T akan membuat suara shutter dan layar akan berkedip sejenak. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Dengan fitur Screenshot 3 Jari, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot OnePlus 6T Anda hanya dengan menggunakan tiga jari Anda. Ini adalah metode yang cepat dan efisien untuk mengambil screenshot dalam sekejap tanpa perlu menggunakan tombol fisik atau fitur gestur lainnya.

Cara Membuat Screenshot Menggunakan Fitur Assistive Ball

Jika Anda menggunakan fitur Assistive Ball pada OnePlus 6T Anda, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot. Assistive Ball adalah bola mengambang yang memberikan akses cepat ke berbagai fitur dan aplikasi.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk menggunakan Assistive Ball untuk membuat screenshot, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Langkah 1: Aktifkan Assistive Ball pada OnePlus 6T Anda

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan Assistive Ball pada OnePlus 6T Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, gulir ke bawah, dan ketuk opsi "Gestur dan tombol". Di sini, Anda akan menemukan opsi "Assistive Ball". Pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 2: Persiapkan Tampilan Layar yang Ingin Anda Ambil

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, pastikan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar OnePlus 6T Anda.

Langkah 3: Aktifkan Assistive Ball dan Pilih Opsi Screenshot

Setelah Anda mempersiapkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap, aktifkan Assistive Ball dengan menggoyangkan perangkat Anda atau dengan menggesek tombol navigasi ke atas. Assistive Ball akan muncul di layar sebagai bola mengambang.

Tap Assistive Ball untuk membuka menu pilihan dan pilih opsi "Screenshot". OnePlus 6T akan secara otomatis mengambil screenshot dari tampilan layar saat ini.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda memilih opsi screenshot, OnePlus 6T akan membuat suara shutter dan layar akan berkedip sejenak. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Dengan menggunakan Assistive Ball, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot OnePlus 6T Anda dengan cepat dan nyaman. Assistive Ball memberikan akses yang mudah dan cepat ke opsi screenshot, sehingga Anda tidak perlu mencari tombol fisik atau fitur lainnya.

Cara Membuat Screenshot dengan Fitur Game Space

Jika Anda sering bermain game di OnePlus 6T Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa ada fitur khusus yang memungkinkan Anda mengambil screenshot game dengan mudah. Fitur Game Space memiliki opsi built-in untuk mengambil screenshot selama permainan.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk menggunakan fitur Game Space untuk membuat screenshot saat bermain game, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Game Space pada OnePlus 6T Anda

Pertama, pastikan Anda membuka Game Space pada OnePlus 6T Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka laci aplikasi dan mencari ikon Game Space. Tap ikon tersebut untuk membuka Game Space.

Langkah 2: Pilih Game yang Ingin Anda Mainkan

Setelah Anda membuka Game Space, Anda akan melihat daftar game yang ada di perangkat Anda. Pilih game yang ingin Anda mainkan dengan mengetuk ikonnya. Game Space akan membuka game tersebut dalam mode khusus.

Langkah 3: Aktifkan Opsi Screenshot

Setelah Anda memulai permainan, ketuk ikon Game Space yang muncul di layar untuk membuka menu opsi. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengambil screenshot. Aktifkan opsi tersebut untuk mengizinkan Game Space mengambil screenshot selama permainan.

Langkah 4: Buat Screenshot Selama Permainan

Selama Anda bermain game, Anda dapat dengan mudah membuat screenshot dengan mengaktifkan opsi screenshot yang telah Anda aktifkan sebelumnya. Tekan tombol yang ditentukan atau ikuti instruksi yang muncul di layar untuk mengambil screenshot saat bermain game.

Langkah 5: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda membuat screenshot selama permainan, Game Space akan menyimpannya secara otomatis. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Dengan fitur Game Space, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot saat bermain game di OnePlus 6T Anda. Fitur ini memudahkan Anda untuk menangkap momen penting atau tampilan layar yang menarik selama permainan.

Cara Membuat Screenshot dengan Google Assistant

Google Assistant adalah asisten virtual cerdas yang dapat membantu Anda dalam berbagai tugas. Salah satu fitur yang ditawarkannya adalah kemampuan untuk mengambil screenshot hanya dengan perintah suara.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Untuk menggunakan Google Assistant untuk membuat screenshot, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan Google Assistant pada OnePlus 6T Anda

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan Google Assistant pada OnePlus 6T Anda. Untuk melakukannya, tahan tombol Home (tombol lingkaran di bagian bawah layar) atau katakan "Ok Google" untuk memanggil Google Assistant.

Langkah 2: Persiapkan Tampilan Layar yang Ingin Anda Ambil

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshot, pastikan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar OnePlus 6T Anda.

Langkah 3: Perintahkan Google Assistant untuk Mengambil Screenshot

Setelah Anda mempersiapkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap, perintahkan Google Assistant untuk mengambil screenshot dengan mengatakan "Ok Google, buat screenshot". Google Assistant akan memproses perintah Anda dan mengambil screenshot dari tampilan layar saat ini.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah Anda memberi perintah kepada Google Assistant, OnePlus 6T akan membuat suara shutter dan layar akan berkedip sejenak. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot Anda dengan membuka Galeri atau aplikasi foto lainnya di perangkat Anda.

Dengan menggunakan Google Assistant, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot OnePlus 6T Anda hanya dengan menggunakan perintah suara. Fitur ini sangat berguna ketika Anda sedang sibuk atau tidak dapat menggunakan tangan Anda untuk mengambil screenshot secara manual.

Cara Membuat Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari lebih banyak opsi dan fitur untuk mengambil screenshot, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Ada banyak aplikasi dengan berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengambil screenshot dengan cara yang unik dan menarik.

Cara Membuat Screenshot Oneplus 6T

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga populer yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot OnePlus 6T Anda:

1. Screenshot Easy

Screenshot Easy adalah aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk mengambil screenshot di OnePlus 6T Anda. Aplikasi ini menawarkan berbagai opsi seperti tangkapan layar panjang, tangkapan layar dengan waktu tunggu, dan tangkapan layar dengan gerakan jari.

2. Super Screenshot

Super Screenshot adalah aplikasi yang kuat untuk mengambil screenshot OnePlus 6T Anda. Selain fitur standar seperti tangkapan layar penuh dan tangkapan layar sebagian, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan seperti pemotongan, penandaan, dan pemotongan gambar.

3. Screenshot Capture

Screenshot Capture adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda mengambil screenshot OnePlus 6T Anda dengan mudah. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan menawarkan opsi seperti tangkapan layar penuh, tangkapan layar sebagian

4. Screen Master

Screen Master adalah aplikasi yang canggih dan lengkap untuk mengambil screenshot OnePlus 6T Anda. Selain fitur tangkapan layar standar, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan yang lengkap seperti penandaan, pemotongan, pembingkai, dan penambahan teks.

5. LongShot

Jika Anda sering perlu mengambil tangkapan layar panjang, LongShot adalah aplikasi yang tepat untuk Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar panjang dari halaman web, chat panjang, atau dokumen lainnya dengan mudah.

Pilihlah aplikasi pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di OnePlus 6T Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot dengan cara yang berbeda dan menyesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Mengedit Screenshot

Sekarang setelah Anda berhasil mengambil screenshot OnePlus 6T Anda, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum membagikannya atau menyimpannya. OnePlus 6T dilengkapi dengan editor screenshot bawaan yang memungkinkan Anda melakukan berbagai perubahan pada screenshot yang baru saja Anda ambil.

Cara Mengedit Screenshot Oneplus 6T

Untuk mengedit screenshot menggunakan editor bawaan OnePlus 6T, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Pertama, buka Galeri atau aplikasi foto lainnya di OnePlus 6T Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda edit. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam mode pengeditan.

Langkah 2: Gunakan Opsi Pengeditan yang Tersedia

OnePlus 6T menyediakan berbagai opsi pengeditan yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi screenshot Anda. Beberapa opsi umum termasuk pemotongan, penambahkan teks, penandaan, pengaturan kecerahan dan kontras, serta pembingkaian.

Langkah 3: Simpan dan Bagikan Screenshot yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat. Pilih opsi "Simpan" atau "Save" untuk menyimpan screenshot yang telah diedit ke Galeri atau folder lainnya pada OnePlus 6T Anda.

Sekarang Anda dapat membagikan atau menyimpan screenshot yang telah Anda edit sesuai dengan keinginan Anda. Dengan menggunakan editor bawaan OnePlus 6T, Anda dapat dengan mudah memodifikasi screenshot untuk menjadikannya lebih menarik, informatif, atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Berbagi Screenshot

Setelah mengambil dan mungkin mengedit screenshot OnePlus 6T Anda, Anda mungkin ingin membagikannya dengan orang lain. OnePlus 6T menyediakan berbagai opsi untuk berbagi screenshot Anda, termasuk melalui aplikasi pesan, email, media sosial, atau penyimpanan cloud.

Cara Berbagi Screenshot Oneplus 6T

Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi screenshot OnePlus 6T Anda:

Langkah 1: Temukan Screenshot yang Ingin Anda Bagikan

Buka Galeri atau aplikasi foto lainnya di OnePlus 6T Anda dan cari screenshot yang ingin Anda bagikan.

Langkah 2: Pilih Opsi Berbagi

Ketuk ikon berbagi yang biasanya terletak di bagian atas atau bawah layar, tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan. Ini akan membuka menu opsi berbagi.

Langkah 3: Pilih Metode Berbagi

Dalam menu opsi berbagi, pilih metode berbagi yang ingin Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin mengirim screenshot melalui aplikasi pesan, pilih opsi "Pesan" dan pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimkan screenshot tersebut.

Langkah 4: Konfirmasi dan Kirim

Setelah Anda memilih metode berbagi, konfirmasikan pilihan Anda dan kirim screenshot OnePlus 6T Anda. Ikuti langkah-langkah yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses berbagi.

Dengan berbagai opsi berbagi yang tersedia di OnePlus 6T, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot dengan orang lain melalui berbagai platform dan aplikasi komunikasi. Pilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan berbagilah screenshot Anda dengan mudah dan cepat.

Mengambil screenshot pada OnePlus 6T adalah tugas yang mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai metode untuk membuat screenshot, mulai dari menggunakan tombol fisik hingga fitur-fitur tersembunyi dan aplikasi pihak ketiga. Anda sekarang memiliki pengetahuan yang lengkap dan rinci tentang cara membuat screenshot pada OnePlus 6T.

Jadi, mulailah mengambil screenshot dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi, menangkap momen penting, atau menyimpan tampilan layar yang menarik. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot OnePlus 6T: Panduan Lengkap dan Rinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]