Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot OnePlus 3T: Panduan Lengkap dan Praktis

Apakah Anda pengguna OnePlus 3T yang ingin belajar cara mengambil screenshot dengan mudah? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel blog ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara screenshot OnePlus 3T. Anda akan belajar langkah-langkahnya secara rinci, serta beberapa tips dan trik tambahan untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam mengambil screenshot di ponsel pintar OnePlus 3T ini.

Sebagai salah satu ponsel Android yang populer, OnePlus 3T menawarkan banyak fitur menarik, termasuk kemampuan untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah. Namun, bagi sebagian pengguna, mungkin masih ada kebingungan tentang cara melakukan hal ini. Tidak perlu khawatir, karena kami akan membantu Anda memahami setiap langkahnya dengan jelas dan memberikan informasi yang komprehensif.

Menggunakan Tombol Fisik

Menggunakan tombol fisik pada OnePlus 3T adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot. Langkah-langkahnya sangat sederhana:

1. Siapkan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, pastikan Anda memiliki layar yang ingin Anda screenshot. Bisa berupa halaman web, pesan teks, atau aplikasi apa pun yang ingin Anda tangkap.

2. Tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Daya

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara shutter dan layar akan berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

3. Temukan Screenshot Anda

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda. Anda juga dapat mengaksesnya dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot sangat mudah dan cepat. Ini adalah metode yang direkomendasikan jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa perlu membuka menu atau aplikasi lainnya.

Menggunakan Tampilan Layar

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan tampilan layar pada OnePlus 3T. Begini caranya:

1. Buka Tampilan Layar

Pertama, buka layar yang ingin Anda screenshot. Pastikan semua elemen yang ingin Anda tangkap sudah terlihat di layar.

2. Geser Tiga Jari ke Bawah

Selanjutnya, geser tiga jari Anda dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka jendela notifikasi dan kontrol cepat.

3. Ketuk Ikon Screenshot

Sekarang, cari ikon screenshot di jendela notifikasi dan ketuk itu. OnePlus 3T akan segera mengambil screenshot dan memunculkan tampilan layar kecil yang menunjukkan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

4. Temukan Screenshot Anda

Seperti sebelumnya, setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda atau dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menggunakan tampilan layar untuk mengambil screenshot sangat berguna jika Anda ingin mengakses opsi screenshot tanpa perlu menggunakan tombol fisik ponsel Anda. Metode ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menggunakan gerakan tiga jari yang cepat.

Menggunakan Jendela Notifikasi

Salah satu cara paling cepat dan mudah untuk mengambil screenshot di OnePlus 3T adalah dengan menggunakan jendela notifikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Tampilan Layar

Pertama, buka layar yang ingin Anda screenshot. Pastikan semua konten yang ingin Anda tangkap sudah terlihat di layar.

2. Geser Dua Jari dari Atas ke Bawah

Selanjutnya, geser dua jari Anda dari atas ke bawah layar. Ini akan membuka jendela notifikasi dan kontrol cepat.

3. Ketuk Opsi Screenshot

Selanjutnya, cari opsi screenshot di jendela notifikasi. Biasanya, itu akan menjadi ikon kamera atau ikon screenshot yang jelas. Ketuk ikon tersebut untuk mengambil screenshot.

4. Temukan Screenshot Anda

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda atau dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menggunakan jendela notifikasi untuk mengambil screenshot sangat praktis karena Anda dapat mengakses opsi screenshot langsung dari jendela notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi lain atau memanfaatkan tombol fisik. Ini adalah metode yang sangat berguna jika Anda sering mengambil screenshot di OnePlus 3T Anda.

Menggunakan Gestur Tiga Jari

OnePlus 3T menyediakan fitur gestur tiga jari yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah. Begini caranya:

1. Aktifkan Fitur Gestur Tiga Jari

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur gestur tiga jari, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan OnePlus 3T Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka "Pengaturan" di ponsel Anda.

b. Gulir ke bawah dan ketuk "Gestur dan tombol pintas".

c. Di bawah "Gestur", pastikan opsi "Gestur tiga jari" diaktifkan. Jika tidak, aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke kanan.

2. Siapkan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pastikan Anda memiliki layar yang ingin Anda screenshot. Bisa berupa halaman web, pesan teks, atau aplikasi apa pun yang ingin Anda tangkap.

3. Geser Tiga Jari ke Bawah

Pada layar yang ingin Anda screenshot, geser tiga jari Anda dari atas ke bawah. OnePlus 3T akan langsung mengambil screenshot dan memberi tahu Anda bahwa screenshot telah berhasil diambil.

4. Temukan Screenshot Anda

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda atau dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menggunakan fitur gestur tiga jari sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa perlu menggunakan tombol fisik. Metode ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan menggunakan gerakan tiga jari yang mudah dilakukan, sehingga sangat efisien dan nyaman.

Menggunakan Asisten Google

Jika Anda lebih suka menggunakan asisten suara Google, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan bantuan asisten tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Asisten Google

Pastikan asisten suara Google telah diaktifkan di OnePlus 3T Anda. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka "Pengaturan" di ponsel Anda.

b. Gulir ke bawah dan ketuk "Google".

c. Ketuk "Pencarian, Asisten & Suara".

d. Ketuk "Asisten Google".

e. Pastikan opsi "Asisten Google" diaktifkan. Jika tidak, aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke kanan.

2. Siapkan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pastikan Anda memiliki layar yang ingin Anda screenshot. Bisa berupa halaman web, pesan teks, atau aplikasi apa pun yang ingin Anda tangkap.

3. Pang

3. Panggil Asisten Google

Untuk memanggil asisten suara Google, Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut:

a. Tahan tombol home pada OnePlus 3T Anda selama beberapa detik hingga asisten suara Google muncul.

b. Ucapkan "OK Google" atau "Hey Google" jika Anda telah mengaktifkan fitur pengenalan suara untuk memanggil asisten.

4. Perintahkan Asisten untuk Mengambil Screenshot

Setelah asisten suara Google muncul, Anda dapat memberikan perintah suara seperti "Ambil screenshot" atau "Screenshot sekarang". Asisten akan segera mengambil screenshot dan memberi tahu Anda bahwa screenshot telah berhasil diambil.

5. Temukan Screenshot Anda

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda atau dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menggunakan asisten suara Google untuk mengambil screenshot sangat berguna jika Anda lebih suka menggunakan perintah suara daripada menggunakan tombol fisik atau gerakan layar. Metode ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan menggunakan suara Anda, sehingga sangat praktis dan efisien.

Menyimpan Screenshot ke Galeri

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, Anda mungkin ingin menyimpannya ke galeri ponsel Anda agar dapat dengan mudah diakses dan dilihat kapan pun Anda mau. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Simpan

Pertama, buka screenshot yang ingin Anda simpan. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar screenshot yang baru saja Anda ambil.

2. Ketuk Tombol Simpan

Setelah Anda membuka screenshot, Anda akan melihat berbagai opsi dan tombol di layar. Cari tombol "Simpan" atau ikon disket yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Ketuk tombol ini untuk menyimpan screenshot ke galeri ponsel Anda.

3. Temukan Screenshot yang Disimpan

Setelah Anda menyimpan screenshot, Anda dapat menemukannya di folder "Screenshot" di galeri ponsel Anda atau dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar terbaru.

Menyimpan screenshot ke galeri ponsel Anda memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses dan melihat kembali screenshot yang telah Anda ambil. Dengan menyimpan screenshot, Anda dapat membagikannya dengan mudah kepada orang lain atau menggunakannya untuk keperluan pribadi Anda sendiri.

Mengedit Screenshot

Jika Anda ingin mengedit screenshot sebelum membagikannya, OnePlus 3T menyediakan beberapa fitur pengeditan bawaan yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Pertama, buka screenshot yang ingin Anda edit. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar screenshot yang baru saja Anda ambil.

2. Ketuk Opsi Pengeditan

Setelah Anda membuka screenshot, Anda akan melihat berbagai opsi dan tombol di layar. Cari tombol "Edit" atau ikon pensil yang biasanya terletak di bagian atas layar. Ketuk tombol ini untuk membuka alat pengeditan bawaan OnePlus 3T.

3. Gunakan Alat Pengeditan

Setelah Anda masuk ke mode pengeditan, Anda akan melihat berbagai alat dan fitur yang tersedia untuk mengedit screenshot Anda. Beberapa alat yang mungkin Anda temukan termasuk pemotong, penggaris, pensil, teks, stiker, dan masih banyak lagi. Gunakan alat-alat ini untuk mengedit screenshot sesuai dengan keinginan Anda.

4. Simpan Hasil Editan

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, pastikan untuk menyimpan hasil editan Anda. Caranya adalah dengan menekan tombol "Simpan" atau ikon disket yang biasanya terletak di bagian atas layar. Setelah disimpan, hasil editan Anda akan tersimpan sebagai gambar baru di galeri ponsel Anda.

Mengedit screenshot sebelum membagikannya dapat membantu Anda meningkatkan kualitas dan tampilan screenshot tersebut. Dengan fitur pengeditan bawaan di OnePlus 3T, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks, menyoroti area tertentu, atau menggunakan berbagai alat lainnya untuk menyesuaikan screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berbagi Screenshot

Setelah Anda puas dengan hasil screenshot Anda, Anda dapat langsung membagikannya dengan teman atau mengunggahnya ke media sosial. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Bagikan

Pertama, buka screenshot yang ingin Anda bagikan. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi galeri dan mencari gambar screenshot yang baru saja Anda ambil.

2. Ketuk Tombol Bagikan

Setelah Anda membuka screenshot, Anda akan melihat berbagai opsi dan tombol di layar. Cari tombol "Bagikan" atau ikon panah yang mengarah ke atas yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Ketuk tombol ini untuk membuka opsi berbagi.

3. Pilih Metode Berbagi

Setelah Anda menekan tombol berbagi, OnePlus 3T akan menampilkan berbagai opsi berbagi yang tersedia, seperti mengirim melalui pesan teks, email, atau berbagi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Pilih metode berbagi yang Anda inginkan.

4. Bagikan Screenshot

Setelah Anda memilih metode berbagi, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh OnePlus 3T untuk menyelesaikan proses berbagi. Misalnya, jika Anda memilih untuk berbagi melalui pesan teks, Anda perlu memasukkan nomor telepon penerima dan menekan tombol "Kirim". Jika Anda memilih untuk berbagi melalui media sosial, Anda perlu masuk ke akun Anda dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Berbagi screenshot adalah cara yang sempurna untuk menunjukkan hasil tangkapan layar Anda kepada orang lain. Dengan OnePlus 3T, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot dengan teman, keluarga, atau pengikut media sosial Anda hanya dengan beberapa ketukan dan sentuhan.

Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang sudah tidak diperlukan lagi, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Hapus

Pertama, buka aplikasi galeri di OnePlus 3T Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda hapus.

2. Ketuk Opsi Hapus

Setelah Anda membuka screenshot, Anda akan melihat berbagai opsi dan tombol di layar. Cari tombol "Hapus" atau ikon tong sampah yang biasanya terletak di bagian atas atau bawah layar. Ketuk tombol ini untuk menghapus screenshot.

3. Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda menekan tombol hapus, OnePlus 3T akan meminta konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar ingin menghapus screenshot tersebut. Ketuk "Ya" atau "Hapus" untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Setelah Anda menghapus screenshot, gambar tersebut akan dihapus dari galeri ponsel Anda dan tidak dapat diakses lagi. Menghapus screenshot yang tidak diperlukan lagi adalah cara yang baik untuk menghemat ruang penyimpanan dan menjaga galeri ponsel Anda tetap terorganisir.

Tips dan Trik Tambahan

Di bagian ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik tambahan untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam mengambil screenshot di OnePlus 3T:

1. Menggunakan

1. Menggunakan Penunjuk Tangan

Jika Anda memiliki kesulitan dalam menekan tombol fisik atau menggunakan gerakan layar, Anda dapat menggunakan fitur penunjuk tangan di OnePlus 3T. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan mengangkat tangan Anda dan membentuk tanda V dengan jari-jari Anda. Aktifkan fitur ini di Pengaturan > Gestur dan tombol pintas > Penunjuk Tangan, lalu Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan mengangkat tangan dan membentuk tanda V.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fitur pengambilan screenshot yang tidak tersedia di OnePlus 3T, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang dapat Anda temukan di Google Play Store, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Capture". Unduh dan instal aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil screenshot dengan cara yang diinginkan.

3. Menggunakan Screenshot Panjang

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web atau dokumen yang panjang, Anda dapat menggunakan fitur screenshot panjang di OnePlus 3T. Aktifkan fitur ini di Pengaturan > Gestur dan tombol pintas > Screenshot panjang, lalu Anda dapat mengambil screenshot panjang yang akan secara otomatis memotong dan menggabungkan tangkapan layar menjadi satu gambar yang panjang. Fitur ini sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar dari email panjang, chat, atau halaman web yang memerlukan lebih dari satu tangkapan layar.

4. Menggunakan Screenshot dengan Mode Game

Jika Anda sering bermain game di OnePlus 3T dan ingin mengambil screenshot saat bermain, Anda dapat menggunakan fitur screenshot dengan mode game. Aktifkan fitur ini di Pengaturan > Layar > Mode Game, lalu saat Anda bermain game, Anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol geser tiga jari atau tombol khusus yang ditentukan dalam mode game. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot secara cepat tanpa mengganggu pengalaman bermain game Anda.

5. Mengatur Penyimpanan Screenshot

Jika Anda mengambil banyak screenshot dan ingin mengatur tempat penyimpanan yang lebih spesifik, Anda dapat melakukannya di OnePlus 3T. Buka aplikasi galeri, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih "Pengaturan", lalu pilih "Lokasi Penyimpanan". Di sini, Anda dapat memilih penyimpanan internal atau kartu SD sebagai lokasi penyimpanan default untuk screenshot Anda. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan preferensi Anda untuk mengatur penyimpanan screenshot secara lebih terorganisir.

6. Menggunakan Screenshot Editor

Jika Anda ingin lebih banyak fitur pengeditan setelah mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi editor gambar yang tersedia di OnePlus 3T atau mengunduh aplikasi editor gambar pihak ketiga seperti "Snapseed" atau "Adobe Photoshop Express". Dengan menggunakan aplikasi editor gambar, Anda dapat menambahkan filter, memotong, menyesuaikan kecerahan dan kontras, serta melakukan berbagai perubahan lain pada screenshot Anda sebelum membagikannya atau menyimpannya.

7. Menggunakan AirTrigger

Jika Anda menggunakan aksesori tambahan seperti AirTrigger pada OnePlus 3T, Anda dapat mengatur tombol khusus pada aksesori tersebut untuk mengambil screenshot. Aktifkan pengaturan AirTrigger di Pengaturan > Tombol dan Gestur > AirTrigger, lalu pilih tombol yang ingin Anda gunakan untuk mengambil screenshot. Setelah diatur, Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol khusus pada aksesori AirTrigger Anda.

8. Menggunakan Shortcuts

OnePlus 3T menawarkan sejumlah pintasan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat. Anda dapat mengakses pintasan ini dengan menggesekkan tiga jari ke atas atau menggunakan kombinasi tombol yang telah Anda atur di Pengaturan > Gestur dan tombol pintas > Pintasan. Pilih pintasan yang paling nyaman bagi Anda, seperti gesekkan tiga jari ke atas atau menekan dan menahan tombol volume dan daya secara bersamaan, lalu gunakan pintasan tersebut untuk mengambil screenshot dengan cepat tanpa perlu membuka aplikasi atau menu lainnya.

9. Membuat Screenshot Bergaya

Anda dapat menambahkan sentuhan kreatif pada screenshot Anda dengan menggunakan fitur seperti Pen, Teks, atau Emoji yang tersedia di aplikasi galeri OnePlus 3T. Setelah Anda membuka screenshot, ketuk ikon sunting atau ikon pensil untuk membuka alat pengeditan, lalu pilih alat yang ingin Anda gunakan untuk menambahkan sentuhan kreatif pada screenshot Anda. Anda dapat menulis catatan, menambahkan teks lucu, atau bahkan menempatkan emoji untuk memberikan kesan yang lebih unik pada screenshot Anda sebelum membagikannya.

10. Mengeksplorasi Pengaturan Tambahan

OnePlus 3T menawarkan berbagai pengaturan tambahan yang dapat Anda eksplorasi untuk mengoptimalkan pengalaman pengambilan screenshot Anda. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan suara shutter untuk memberikan umpan balik yang jelas saat mengambil screenshot, atau mengatur format gambar yang diinginkan untuk screenshot Anda. Buka Pengaturan pada OnePlus 3T Anda, telusuri opsi dan pengaturan yang tersedia, dan eksplorasi fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengambilan screenshot Anda.

Dengan menggunakan tip dan trik tambahan ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam mengambil screenshot di OnePlus 3T. Cobalah berbagai metode, eksplorasi fitur-fitur yang tersedia, dan temukan cara yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Semoga panduan ini membantu Anda menguasai cara screenshot OnePlus 3T dengan lebih baik dan memaksimalkan penggunaan ponsel pintar Anda!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot OnePlus 3T: Panduan Lengkap dan Praktis"

Daftar Isi [
tampilkan
]