Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu U20: Panduan Lengkap dan Terperinci

Screenshot adalah salah satu fitur yang sangat berguna pada smartphone Meizu U20. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar layar untuk berbagai keperluan, seperti berbagi momen penting, menjelaskan sesuatu kepada teman, atau menyimpan informasi penting. Namun, untuk beberapa pengguna, cara melakukan screenshot pada Meizu U20 mungkin masih sedikit membingungkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot pada Meizu U20.

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa Meizu U20 Anda dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa Anda telah memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru untuk memastikan kinerja yang optimal. Dengan demikian, Anda dapat mengikuti panduan ini dengan mudah dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Screenshot pada Meizu U20 dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah. Cara ini sangat sederhana dan mudah diingat. Pertama, buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Misalnya, Anda ingin mengambil screenshot tampilan utama layar beranda ponsel Anda. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar bergetar dan suara shutter terdengar. Gambar screenshot akan otomatis tersimpan di Galeri ponsel Anda.

Metode ini sangat efektif dan dapat digunakan dalam berbagai situasi. Anda dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot pesan teks, tampilan aplikasi, atau bahkan tangkapan layar game. Pastikan Anda menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan dan menahannya selama beberapa detik. Jika berhasil, layar Anda akan bergetar dan suara shutter akan terdengar sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil diambil. Jika tidak, coba ulangi langkah-langkah tersebut dengan benar.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tunggu hingga layar bergetar dan suara shutter terdengar.
  4. Periksa Galeri ponsel Anda untuk melihat gambar screenshot yang telah disimpan.

Sumber gambar:

Tombol Power Dan Volume Bawah

Menggunakan Gestur Tiga Jari

Meizu U20 juga dilengkapi dengan fitur gestur tiga jari yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil screenshot. Fitur ini sangat praktis, terutama jika Anda ingin mengambil screenshot dengan satu tangan. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Letakkan tiga jari Anda secara bersamaan di atas layar.
  3. Seret ketiga jari Anda ke bawah.
  4. Layar akan bergetar dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  5. Periksa Galeri ponsel Anda untuk melihat gambar screenshot yang telah disimpan.

Sumber gambar:

Gestur Tiga Jari

Metode ini sangat mudah dan nyaman digunakan, terutama jika Anda menggunakan Meizu U20 dengan satu tangan. Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot hanya dengan menggunakan tiga jari Anda. Pastikan Anda meletakkan tiga jari secara bersamaan di atas layar dan menariknya ke bawah dengan mantap. Jika berhasil, layar Anda akan bergetar dan suara shutter akan terdengar sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

Pada Meizu U20, Anda juga dapat menggunakan fitur screenshot panjang untuk mengambil tangkapan layar panjang. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan seluruh halaman web, pesan panjang, atau tangkapan layar yang membutuhkan lebih dari satu gambar. Untuk menggunakan fitur screenshot panjang, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Geser layar dari atas ke bawah dengan dua jari.
  3. Pilih opsi "Screenshot Panjang" yang muncul di layar.
  4. Meizu U20 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar panjang.
  5. Periksa Galeri ponsel Anda untuk melihat gambar screenshot yang telah disimpan.

Sumber gambar:

Fitur Screenshot Panjang

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang panjang, seperti saat Anda ingin menyimpan seluruh halaman web atau pesan yang panjang. Pastikan Anda menggunakan dua jari Anda untuk menggeser layar dari atas ke bawah dengan mantap. Setelah itu, pilih opsi "Screenshot Panjang" yang muncul di layar. Meizu U20 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar panjang dan menyimpannya di Galeri ponsel Anda. Anda dapat dengan mudah mengakses dan melihat tangkapan layar panjang ini kapan saja.

Menggunakan Fitur Screenshot Timed

Meizu U20 juga menyediakan fitur screenshot timed, yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan penundaan waktu. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menangkap tampilan layar yang berubah dalam beberapa detik, seperti pesan yang muncul hanya dalam beberapa detik setelah Anda membuka aplikasi. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Buka panel notifikasi dengan menggesek layar dari atas ke bawah.
  3. Ketuk opsi "Screenshot Timed" yang muncul di panel notifikasi.
  4. Tentukan waktu penundaan untuk pengambilan screenshot.
  5. Meizu U20 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar setelah waktu yang ditentukan berlalu.
  6. Periksa Galeri ponsel Anda untuk melihat gambar screenshot yang telah disimpan.

Sumber gambar:

Fitur Screenshot Timed

Dengan menggunakan fitur screenshot timed, Anda dapat dengan mudah menangkap tampilan layar yang berubah dalam beberapa detik. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot pesan teks yang muncul hanya dalam beberapa detik setelah Anda membuka aplikasi, Anda dapat menggunakan fitur ini. Pastikan Anda membuka panel notifikasi dengan menggesek layar dari atas ke bawah dan mengetuk opsi "Screenshot Timed" yang muncul di panel notifikasi. Selanjutnya, tentukan waktu penundaan untuk pengambilan screenshot. Setelah waktu yang ditentukan berlalu, Meizu U20 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar dan menyimpannya di Galeri ponsel Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fleksibilitas dalam mengambil screenshot, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapaaplikasi populer seperti "Screenshot Easy" atau "Super Screenshot" dapat membantu Anda mengambil screenshot dengan berbagai cara, seperti melalui tombol floating atau gestur kustom. Unduh aplikasi pilihan Anda, ikuti petunjuk instalasi, dan Anda akan dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Meizu U20 dengan banyak fitur tambahan.

Keuntungan menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah Anda dapat mengakses fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia secara default pada Meizu U20. Misalnya, beberapa aplikasi screenshot pihak ketiga memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan mengguncangkan ponsel, menggambar langsung di atas tangkapan layar, atau mengatur penundaan waktu secara lebih detail. Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur pengeditan yang lebih lengkap, sehingga Anda dapat mengedit screenshot langsung setelah mengambilnya.

Untuk menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga, langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda pilih. Namun, secara umum, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi dari Play Store, membuka aplikasi tersebut, dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Setelah itu, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil dan mengedit screenshot pada Meizu U20.

Mengedit dan Berbagi Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot pada Meizu U20, Anda dapat dengan mudah mengeditnya sebelum membagikannya. Meizu U20 dilengkapi dengan editor screenshot bawaan yang memungkinkan Anda untuk menggambar, menulis, atau menggambar tangan bebas di atas tangkapan layar. Anda juga dapat memotong, memperbesar, atau memberikan efek pada screenshot. Dengan editor screenshot ini, Anda dapat menyesuaikan tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum membagikannya.

Untuk mengedit screenshot, langkah-langkahnya sangat sederhana. Setelah mengambil screenshot, pilih opsi "Edit" atau "Sunting" yang muncul di layar. Ini akan membuka editor screenshot bawaan Meizu U20. Di sini, Anda dapat menggambar, menulis, atau menggambar tangan bebas di atas tangkapan layar menggunakan berbagai alat yang tersedia. Anda juga dapat memotong, memperbesar, atau memberikan efek pada screenshot sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, Anda dapat langsung membagikannya melalui aplikasi pesan, media sosial, atau mengunggahnya ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Pilih opsi "Bagikan" atau "Share" yang muncul di layar editor screenshot, dan pilih metode yang Anda inginkan untuk membagikan screenshot tersebut.

Mengelola Screenshot

Dalam jangka waktu yang lama, koleksi screenshot pada Meizu U20 Anda mungkin akan terus bertambah. Untuk mengelola screenshot dengan lebih baik, Anda dapat membuat folder khusus di Galeri untuk menyimpan tangkapan layar. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses screenshot yang Anda butuhkan tanpa harus mencari di antara ratusan atau bahkan ribuan foto.

Untuk membuat folder khusus, langkah-langkahnya sangat sederhana. Buka aplikasi Galeri di Meizu U20 Anda, pilih opsi "Buat Album" atau "Create Album", dan beri nama folder sesuai keinginan Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih screenshot yang ingin Anda pindahkan ke folder tersebut, dan pilih opsi "Pindahkan ke Album" atau "Move to Album". Screenshot akan dipindahkan ke folder yang telah Anda buat, dan Anda dapat dengan mudah menemukannya di folder tersebut.

Selain itu, Meizu U20 juga menyediakan fitur pencarian di Galeri yang memungkinkan Anda untuk menemukan screenshot berdasarkan kata kunci atau tanggal. Ini sangat berguna jika Anda memiliki banyak screenshot dan ingin mencari yang spesifik. Cukup ketikkan kata kunci atau pilih tanggal tertentu, dan Galeri akan menampilkan semua screenshot yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Mengatasi Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan screenshot pada Meizu U20, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya. Pertama, pastikan bahwa perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan screenshot. Jika memori penuh, Meizu U20 mungkin tidak dapat menyimpan screenshot dengan baik. Hapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk membuat ruang penyimpanan yang cukup.

Selain itu, pastikan bahwa Anda mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas dengan benar. Pastikan Anda menekan tombol yang tepat dan menahannya selama waktu yang cukup untuk mengambil screenshot. Jika masih mengalami masalah, coba restart Meizu U20 Anda dan ulangi langkah-langkahnya. Kadang-kadang, restart sederhana dapat memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada perangkat Anda.

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencari bantuan dari pusat layanan Meizu atau forum pengguna. Mereka dapat memberikan solusi yang lebih spesifik sesuai dengan masalah yang Anda alami. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan screenshot pada Meizu U20 Anda.

Keuntungan Menggunakan Screenshot pada Meizu U20

Screenshot pada Meizu U20 memiliki banyak keuntungan yang dapat Anda manfaatkan. Pertama, screenshot dapat membantu Anda menyimpan momen penting dalam bentuk gambar. Misalnya, jika Anda menerima pesan teks penting atau melihat tampilan yang tidak dapat diulang, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai bukti atau referensi di kemudian hari.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan screenshot untuk berbagi momen penting dengan teman atau keluarga melalui media sosial atau aplikasi pesan. Misalnya, jika Anda menemukan gambar lucu atau informasi menarik, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dan membagikannya dengan orang lain. Ini juga berguna jika Anda ingin berbagi tutorial atau instruksi dengan orang lain, karena Anda dapat dengan jelas menunjukkan langkah-langkahnya melalui tangkapan layar.

Screenshot pada Meizu U20 juga memberikan fleksibilitas dan kreativitas dalam berbagi dan menyimpan informasi. Anda dapat mengedit tangkapan layar dengan editor bawaan, menambahkan catatan atau penjelasan, dan membagikannya dalam format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan fitur-fitur screenshot yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar layar yang menarik dan bermanfaat bagi Anda dan orang lain.

Sumber gambar:

Keuntungan Screenshot Meizu U20

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu U20: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]