Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu Pro 7 Plus: Panduan Lengkap dan Praktis

Meizu Pro 7 Plus adalah salah satu smartphone yang populer di pasaran saat ini. Dengan fitur-fitur canggih dan desain yang elegan, tidak heran banyak pengguna yang memilih Meizu Pro 7 Plus sebagai pilihan mereka. Salah satu fitur yang penting dalam smartphone adalah kemampuan untuk mengambil screenshot.

Apakah Anda pengguna Meizu Pro 7 Plus dan ingin tahu cara mengambil screenshot dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah tanpa masalah.

Menggunakan Tombol Power dan Volume Down

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus adalah dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume down. Caranya sangat sederhana, cukup tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, screenshot akan diambil dan disimpan di galeri Anda.

Metode ini sangat praktis karena menggunakan tombol yang sudah ada pada ponsel Anda. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau mengaktifkan fitur khusus. Cukup tekan tombol power dan volume down dengan benar, dan screenshot akan langsung diambil. Pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik untuk memastikan screenshot berhasil diambil.

Jika Anda mengalami kesulitan saat menekan tombol secara bersamaan, Anda dapat menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk menekan kedua tombol tersebut. Pastikan jari Anda menekan tombol dengan cukup kuat tetapi juga lembut agar tidak merusak ponsel Anda. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat membuka galeri Anda untuk melihat dan mengedit screenshot tersebut.

Langkah-langkah:

  1. Pastikan Anda berada di halaman atau layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan.
  3. Tahan kedua tombol selama beberapa detik hingga layar berkedip dan suara shutter terdengar.
  4. Screenshot akan diambil dan disimpan di galeri ponsel Anda.
Tombol Power Dan Volume Down

Menggunakan Gesture

Meizu Pro 7 Plus juga memiliki fitur gesture yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan ponsel Anda. Setelah fitur gesture diaktifkan, Anda hanya perlu menggambar huruf "C" pada layar untuk mengambil screenshot. Screenshot akan secara otomatis disimpan di galeri Anda.

Fitur gesture merupakan salah satu cara yang lebih cepat dan praktis untuk mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus. Anda tidak perlu lagi menekan tombol atau mengunduh aplikasi tambahan. Cukup menggambar huruf "C" pada layar, dan ponsel akan langsung mengambil screenshot untuk Anda. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin mengambil screenshot dengan satu tangan atau saat Anda tidak dapat menjangkau tombol power dan volume down dengan mudah.

Untuk mengaktifkan fitur gesture, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka pengaturan ponsel Anda.
  2. Cari dan buka opsi "Gesture & Motion".
  3. Pilih opsi "Gesture Screenshot".
  4. Aktifkan fitur dengan menggeser tombol ke posisi "On".

Setelah fitur gesture diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Pastikan Anda berada di halaman atau layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Gambar huruf "C" pada layar dengan jari Anda. Pastikan gerakan Anda cukup jelas dan tegas.
  3. Screenshot akan diambil dan disimpan di galeri Anda.
Fitur Gesture

Menggunakan Penunjuk Jari

Fitur unik lainnya yang dimiliki oleh Meizu Pro 7 Plus adalah kemampuan untuk mengambil screenshot menggunakan penunjuk jari. Caranya cukup mudah, sentuh dan tahan layar dengan penunjuk jari Anda selama beberapa detik. Setelah itu, Anda akan melihat opsi untuk mengambil screenshot. Pilih opsi tersebut dan screenshot akan diambil.

Mengambil screenshot dengan penunjuk jari merupakan cara yang lebih intuitif dan mudah untuk mengambil tangkapan layar di Meizu Pro 7 Plus. Anda tidak perlu lagi mencari tombol atau menggambar gesture. Cukup sentuh layar dengan penunjuk jari Anda, dan ponsel akan langsung mengambil screenshot. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus menggunakan kedua tangan.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Pastikan Anda berada di halaman atau layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Sentuh dan tahan layar dengan penunjuk jari Anda selama beberapa detik.
  3. Akan muncul opsi untuk mengambil screenshot.
  4. Pilih opsi tersebut untuk mengambil screenshot.
Screenshot Dengan Penunjuk Jari

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fitur saat mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia di Play Store, seperti Screenshot Easy, Super Screenshot, atau Screenshot Capture. Unduh aplikasi pilihan Anda, ikuti petunjuk yang diberikan, dan Anda akan dapat mengambil screenshot dengan lebih banyak fitur.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah cara yang fleksibel dan dapat disesuaikan untuk mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus. Aplikasi ini dapat memberikan fitur tambahan, seperti mengedit screenshot, menambahkan teks atau stiker, atau membagikan screenshot ke platform media sosial. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot:

Langkah-langkah:

  1. Buka Play Store dan cari aplikasi screenshot.
  2. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  3. Unduh dan instal aplikasi di ponsel Anda.
  4. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot.
Aplikasi Screenshot

Mengedit dan Berbagi Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus, Anda dapat mengeditnya sebelum membagikannya. Ponsel ini memiliki fitur pengeditan gambar bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong, menambahkan teks, atau memberikan efek pada screenshot. Setelah diedit, Anda dapat langsung membagikannya melalui aplikasi media sosial atau melalui pesan teks kepada teman atau keluarga Anda.

Mengedit screenshot adalah langkah tambahan yang dapat membuat screenshot Anda lebih menarik dan informatif. Anda dapat menambahkan teks untuk memberikan penjelasan, menyoroti bagian penting dengan penanda, atau menerapkan filter untuk efek visual. Dengan mengedit screenshot, Anda dapat memastikan pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan lebih jelas dan mudah dipahami oleh penerima.

Untuk mengedit screenshot di Meizu Pro 7 Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka galeri ponsel Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda edit.
  2. Pilih opsi "Edit" atau "Sunting" untuk membuka editor gambar bawaan.
  3. Gunakan berbagai alat pengeditan, seperti pemotong, penambah teks, atau penanda, untuk mengedit screenshot.
  4. Setelah selesai mengedit, simpan perubahan yang Anda buat.
  5. Anda dapat membagikan screenshot yang telah diedit melalui aplikasi media sosial, pesan teks, atau platform berbagi file lainnya.
Mengedit Screenshot

Menyimpan Screenshot ke Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin menyimpan screenshot di Meizu Pro 7 Plus ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD, Anda dapat mengatur pengaturan penyimpanan pada ponsel Anda. Dalam pengaturan, cari opsi 'Penyimpanan' atau 'Penyimpanan dan USB'. Di sana, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur penyimpanan default untuk screenshot Anda. Pilih penyimpanan eksternal dan setiap screenshot yang Anda ambil akan secara otomatis disimpan di kartu SD Anda.

Menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal adalah cara yang efektif untuk mengelola ruang penyimpanan di Meizu Pro 7 Plus. Dengan menyimpan screenshot di kartu SD, Anda dapat membebaskan ruang di penyimpanan internal ponsel Anda untuk aplikasi, foto, atau video lainnya. Selain itu, jika Anda memindahkan kartu SD ke ponsel lain, Anda masih dapat mengakses dan membagikan screenshot Anda dengan mudah.

Untuk menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal di Meizu Pro 7 Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka pengaturan ponsel Anda dan cari opsi 'Penyimpanan' atau 'Penyimpanan dan USB'.
  2. Pilih opsi tersebut dan cari opsi untuk mengatur penyimpanan default untuk screenshot.
  3. Pilih penyimpanan eksternal, seperti kartu SD, sebagai opsi penyimpanan default.
  4. Setiap screenshot yang Anda ambil akan secara otomatis disimpan di kartu SD Anda.
Penyimpanan Ke Sd Card

Cara Mengambil Screenshot Panjang

Kadang-kadang, Anda mungkin perlu mengambil screenshot yang lebih panjang, seperti tangkapan layar website atau percakapan panjang. Meizu Pro 7 Plus memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot panjang dengan mudah. Cukup buka halaman atau percakapan yang ingin Anda tangkap, aktifkan fitur tangkapan layar panjang, dan geser layar ke bawah untuk mengambil screenshot secara otomatis.

Fitur tangkapan layar panjang adalah solusi yang sempurna saat Anda ingin mengabadikan seluruh halaman web atau percakapan yang tidak muat dalam satu layar penuh. Dengan mengambil screenshot panjang, Anda dapat dengan mudah membaca seluruh konten atau membagikan tangkapan layar yang lengkap kepada orang lain. Fitur ini dapat sangat berguna saat Anda melakukan riset, membaca artikel panjang, atau berkomunikasi melalui pesan teks.

Untuk mengambil screenshot panjang di Meizu Pro 7 Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka halaman atau percakapan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot panjang.
  2. Ketuk tombol power dan volume down secara bersamaan untuk mengambil screenshot seperti biasa.
  3. Pilih opsi "Tangkapan Layar Panjang" atau "Scrolling Screenshot".
  4. Geser layar ke bawah secara perlahan untuk mengambil screenshot panjang.
  5. Setelah selesai, screenshot panjang akan disimpan di galeri Anda.
Screenshot Panjang

Mengambil Screenshot dengan Suara

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol atau gesture untuk mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus, Anda dapat menggunakan suara. Ponsel ini memiliki fitur pengindera suara yang memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan mengucapkan kata kunci. Aktifkan fitur ini di pengaturan suara dan ucapan, lalu katakan "Ambil screenshot" untuk mengambil screenshot dengan mudah.

Mengambil screenshot dengan suara adalah cara yang inovatif dan praktis untuk mengambil tangkapan layar di Meizu Pro 7 Plus. Anda tidak perlu lagi menggunakan kedua tangan atau menekan tombol. Cukup mengucapkan kata kunci yang telah ditentukan, dan ponsel akan mengambil screenshot untuk Anda. Fitur ini sangat berguna saat Anda sedang sibuk atau tidak dapat menyentuh ponsel Anda dengan tangan.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka pengaturan suara dan ucapan ponsel Anda.
  2. Cari opsi "Pengindera Suara" atau "Voice Command".
  3. Aktifkan fitur pengindera suara dan atur kata kunci yang ingin Anda gunakan untuk mengambil screenshot, misalnya "Ambil screenshot".
  4. Saat Anda berada di halaman atau layar yang ingin Anda tangkap, katakan kata kunci dengan jelas dan tegas.
  5. Screenshot akan diambil dan disimpan di galeri Anda.
Screenshot Dengan Suara

Mengatur Screenshot sebagai Wallpaper

Jika Anda ingin menggunakan screenshot sebagai wallpaper di Meizu Pro 7 Plus Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Setelah mengambil screenshot, buka galeri Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper. Tekan dan tahan gambar tersebut, lalu pilih opsi "Set as wallpaper" atau "Atur sebagai wallpaper". Screenshot akan langsung diatur sebagai wallpaper di ponsel Anda.

Mengatur screenshot sebagai wallpaper adalah cara yang kreatif dan personal untuk menghiasi layar Meizu Pro 7 Plus Anda. Dengan menggunakan screenshot yang Anda ambil, Anda dapat menampilkan momen spesial, gambar favorit, atau inspirasi visual di layar ponsel Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan sentuhan pribadi pada tampilan ponsel Anda dan membuatnya lebih unik.

Untuk mengatur screenshot sebagai wallpaper di Meizu Pro 7 Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka galeri ponsel Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper.
  2. Tekan dan tahan gambar tersebut hingga muncul opsi pilihan.
  3. Pilih opsi "Set as wallpaper" atau "Atur sebagai wallpaper".
  4. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan pemosisian screenshot sebagai wallpaper.
  5. Tekan "Terapkan" atau "Apply" untuk mengonfirmasi pengaturan wallpaper.
Screenshot Sebagai Wallpaper

Menghapus Screenshot yang Tidak Diperlukan

Jika Anda sudah memiliki banyak screenshot di Meizu Pro 7 Plus Anda dan ingin membersihkan ruang penyimpanan, Anda dapat menghapus screenshot yang tidak diperlukan. Buka galeri Anda, temukan screenshot yang ingin Anda hapus, lalu tekan dan tahan gambar tersebut. Pilih opsi "Delete" atau "Hapus" untuk menghapus screenshot tersebut secara permanen.

Membersihkan screenshot yang tidak diperlukan adalah langkah yang penting untuk mengelola ruang penyimpanan di Meizu Pro 7 Plus. Dengan menghapus screenshot yang tidak lagi diperlukan, Anda dapat membebaskan ruang untuk foto, video, atau aplikasi baru. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda menjaga kebersihan dan keteraturan galeri Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan screenshot yang ingin Anda lihat atau bagikan.

Untuk menghapus screenshot yang tidak diperlukan di Meizu Pro 7 Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

  1. Buka galeri ponsel Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda hapus.
  2. Tekan dan tahan gambar screenshot tersebut hingga muncul opsi pilihan.
  3. Pilih opsi "Delete" atau "Hapus" untuk menghapus screenshot tersebut secara permanen.
  4. Konfirmasikan penghapusan dengan menekan "OK" atau "Hapus".
Menghapus Screenshot

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang cara mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus. Anda dapat menggunakan tombol power dan volume down, fitur gesture, penunjuk jari, atau aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot dengan mudah. Selain itu, Anda dapat mengedit, berbagi, menyimpan ke penyimpanan eksternal, atau mengatur sebagai wallpaper. Jangan lupa juga untuk menghapus screenshot yang tidak diperlukan. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan mudah dan memanfaatkannya dengan lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil screenshot di Meizu Pro 7 Plus. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu Pro 7 Plus: Panduan Lengkap dan Praktis"

Daftar Isi [
tampilkan
]