Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu MX 6: Panduan Lengkap dalam Menangkap Layar

Menangkap layar atau screenshot merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone, termasuk pengguna Meizu MX 6. Dengan melakukan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar atau informasi penting yang muncul di layar smartphone Anda. Namun, bagi sebagian pengguna Meizu MX 6, mungkin masih bingung tentang cara melakukan screenshot pada ponsel mereka.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Meizu MX 6. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail dan menyeluruh, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Meizu MX 6 Anda sendiri. Mari kita mulai!

Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk melakukan screenshot pada Meizu MX 6 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada pada ponsel. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar akan berkedip dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 1: Menekan Tombol Volume Down dan Tombol Power

Untuk mengambil screenshot pada Meizu MX 6 menggunakan tombol fisik, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol tersebut dengan cepat dan tepat pada saat yang bersamaan.

Tombol Volume Down biasanya berada di sisi ponsel, sedangkan Tombol Power biasanya berada di sisi sebelah kanan ponsel. Anda dapat menggunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda untuk menekan kedua tombol ini secara bersamaan.

Langkah 2: Menahan Tombol Hingga Screenshot Terambil

Setelah Anda menekan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan, tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik. Anda mungkin perlu menahan tombol tersebut sekitar 1-2 detik untuk memastikan bahwa Meizu MX 6 telah mengambil screenshot.

Saat Anda menahan tombol, Anda mungkin akan merasakan getaran pada ponsel atau melihat layar berkedip sebentar. Ini adalah tanda bahwa Meizu MX 6 telah berhasil mengambil screenshot dan menyimpannya ke dalam penyimpanan ponsel.

Langkah 3: Mengecek Screenshot yang Telah Diambil

Setelah Anda melepaskan tombol Volume Down dan Tombol Power, Anda dapat memeriksa apakah screenshot telah berhasil diambil atau tidak. Untuk melakukannya, buka aplikasi Galeri pada Meizu MX 6 Anda dan cari folder Screenshots atau Tangkapan Layar.

Buka folder tersebut, dan Anda akan melihat daftar screenshot yang telah diambil sebelumnya. Cari screenshot terbaru yang sesuai dengan waktu pengambilan yang Anda lakukan. Anda dapat membuka screenshot untuk memeriksa apakah gambar yang diambil sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jika gambar yang diambil tidak sesuai dengan harapan, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengambil screenshot baru pada Meizu MX 6 Anda.

Tombol Fisik

Menggunakan Gestur Tangan

Meizu MX 6 juga dilengkapi dengan fitur gestur tangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan mudah. Caranya adalah dengan membentuk tanda "C" dengan jari Anda di atas layar ponsel. Tahan bentuk tanda tersebut selama beberapa detik, dan layar akan berkedip serta suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 1: Membuka Layar yang Ingin Diambil Screenshot

Sebelum Anda dapat menggunakan gestur tangan untuk mengambil screenshot, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda tangkap. Hal ini bisa berupa halaman web, chat, atau aplikasi lainnya yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

Pastikan bahwa layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya sedang aktif dan ditampilkan di layar Meizu MX 6 Anda.

Langkah 2: Membentuk Tanda "C" dengan Jari Anda

Setelah Anda membuka layar yang ingin Anda tangkap, Anda dapat menggunakan gestur tangan untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan membentuk tanda "C" dengan jari Anda di atas layar ponsel.

Anda dapat menggunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda untuk membentuk tanda "C". Pastikan jari-jari Anda menyentuh layar dengan lembut dan bentuk tanda "C" dengan jari-jari tersebut.

Langkah 3: Menahan Tanda "C" Hingga Screenshot Terambil

Setelah Anda membentuk tanda "C" dengan jari Anda, tahan tanda tersebut selama beberapa detik. Anda mungkin perlu menahan tanda "C" selama 1-2 detik untuk memastikan bahwa Meizu MX 6 telah mengambil screenshot.

Saat Anda menahan tanda "C", Anda mungkin akan melihat layar berkedip sebentar atau mendengar suara shutter. Ini menandakan bahwa Meizu MX 6 telah berhasil mengambil screenshot dan menyimpannya ke dalam penyimpanan ponsel.

Langkah 4: Mengecek Screenshot yang Telah Diambil

Setelah Anda melepaskan tanda "C", Anda dapat memeriksa apakah screenshot telah berhasil diambil atau tidak. Untuk melakukannya, buka aplikasi Galeri pada Meizu MX 6 Anda dan cari folder Screenshots atau Tangkapan Layar.

Buka folder tersebut, dan Anda akan melihat daftar screenshot yang telah diambil sebelumnya. Cari screenshot terbaru yang sesuai dengan waktu pengambilan yang Anda lakukan. Anda dapat membuka screenshot untuk memeriksa apakah gambar yang diambil sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jika gambar yang diambil tidak sesuai dengan harapan, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengambil screenshot baru pada Meizu MX 6 Anda.

Gestur Tangan

Menggunakan Fitur Screenshot dalam Menu Notifikasi

Jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih cepat dan praktis, Meizu MX 6 juga menyediakan fitur screenshot dalam menu notifikasi. Caranya adalah dengan menarik menu notifikasi dari bagian atas layar, lalu cari tombol screenshot yang biasanya berada di sebelah kanan. Ketuk tombol tersebut, dan screenshot akan langsung diambil.

Langkah 1: Membuka Menu Notifikasi

Untuk menggunakan fitur screenshot dalam menu notifikasi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu notifikasi pada Meizu MX 6 Anda. Untuk melakukannya, geser jari Anda dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka menu notifikasi yang berisi berbagai opsi dan pengaturan.

Pastikan Anda melakukan gerakan geser dengan tepat dan dari posisi yang benar. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan melihat menu notifikasi muncul di bagian atas layar Meizu MX 6 Anda.

Langkah 2: Mencari Tombol Screenshot

Setelah Anda membuka menu notifikasi, cari tombol screenshot yang biasanya berada di sebelah kanan. Tombol ini biasanya berbentuk ikon kamera atau ikon layar yang ditandai dengan kata "Screenshot".

Jika Anda tidak melihat tombol screenshot di menu notifikasi, Anda mungkin perlu menggulir ke bawah atau ke samping untuk mencarinya. Pastikan Anda memeriksa dengan cermat setiap opsi dan ikon yang ada dalam menu notifikasi.

Langkah 3: Menekan Tombol Screenshot

Setelah Anda menemukan tombol screenshot dalam menu notifikasi, ketuk tombol tersebut untuk mengambil screenshot. Ketukan tombol ini dengan lembut dan pastikan Anda tidak memelakukan ketukan yang terlalu keras atau terlalu cepat.

Saat Anda menekan tombol screenshot, layar Meizu MX 6 akan berkedip sebentar dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Meizu MX 6 akan secara otomatis menyimpan screenshot tersebut ke dalam penyimpanan ponsel.

Langkah 4: Mengecek Screenshot yang Telah Diambil

Setelah Anda mengambil screenshot menggunakan fitur dalam menu notifikasi, Anda dapat memeriksa apakah screenshot telah berhasil diambil atau tidak. Untuk melakukannya, buka aplikasi Galeri pada Meizu MX 6 Anda dan cari folder Screenshots atau Tangkapan Layar.

Buka folder tersebut, dan Anda akan melihat daftar screenshot yang telah diambil sebelumnya. Cari screenshot terbaru yang sesuai dengan waktu pengambilan yang Anda lakukan. Anda dapat membuka screenshot untuk memeriksa apakah gambar yang diambil sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jika gambar yang diambil tidak sesuai dengan harapan, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengambil screenshot baru pada Meizu MX 6 Anda.

Menu Notifikasi

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Meizu MX 6, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh melalui Play Store. Beberapa aplikasi screenshot populer yang dapat Anda coba adalah Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau Super Screenshot. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot pada Meizu MX 6.

Langkah 1: Mencari dan Mengunduh Aplikasi Screenshot

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah dengan mencari dan mengunduh aplikasi screenshot yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Buka Play Store pada Meizu MX 6 Anda dan masukkan kata kunci "screenshot" di kolom pencarian.

Anda akan melihat daftar aplikasi screenshot yang tersedia. Pilih aplikasi yang memiliki rating dan ulasan yang baik, serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut pada Meizu MX 6 Anda.

Langkah 2: Membuka Aplikasi Screenshot

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot, buka aplikasi tersebut pada Meizu MX 6 Anda. Biasanya, aplikasi akan muncul di layar utama atau di dalam folder aplikasi.

Anda dapat membuka aplikasi dengan mengetuk ikon aplikasi yang sesuai. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terbuka sepenuhnya.

Langkah 3: Menggunakan Aplikasi Screenshot

Setelah Anda membuka aplikasi screenshot, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot pada Meizu MX 6. Setiap aplikasi mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang sedikit berbeda, tetapi umumnya langkah-langkahnya cukup mirip.

Cari tombol atau opsi untuk mengambil screenshot, kemudian ketuk tombol tersebut untuk memulai proses pengambilan screenshot. Beberapa aplikasi mungkin juga menawarkan fitur tambahan, seperti pengeditan screenshot atau pengaturan lainnya.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot dan menyimpannya ke dalam penyimpanan ponsel Meizu MX 6 Anda.

Aplikasi Pihak Ketiga

Mengatur Penyimpanan Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot pada Meizu MX 6, screenshot tersebut akan secara otomatis disimpan dalam folder khusus yang dapat Anda akses melalui galeri ponsel. Namun, jika Anda ingin mengatur penyimpanan screenshot, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Foto pada ponsel, lalu tekan tombol Menu atau Pengaturan yang biasanya berada di pojok kanan atas layar. Pilih opsi Pengaturan, lalu cari opsi Penyimpanan dan pilih folder penyimpanan yang Anda inginkan untuk menyimpan screenshot.

Langkah 1: Membuka Aplikasi Foto

Untuk mengatur penyimpanan screenshot pada Meizu MX 6, langkah pertama adalah membuka aplikasi Foto. Biasanya, ikon aplikasi Foto terletak di layar utama atau di dalam folder aplikasi.

Tekan ikon aplikasi Foto untuk membuka aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terbuka sepenuhnya.

Langkah 2: Membuka Pengaturan Aplikasi Foto

Setelah Anda membuka aplikasi Foto, Anda perlu membuka pengaturan aplikasi untuk mengatur penyimpanan screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol Menu atau Pengaturan yang biasanya berada di pojok kanan atas layar.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar opsi dan pengaturan yang tersedia dalam aplikasi Foto.

Langkah 3: Mencari Opsi Penyimpanan

Setelah Anda membuka pengaturan aplikasi Foto, cari opsi atau pengaturan yang berkaitan dengan penyimpanan. Biasanya, opsi ini disebut "Penyimpanan" atau "Folder Penyimpanan".

Anda dapat menggulir ke bawah atau ke samping untuk mencari opsi tersebut. Jika Anda tidak melihat opsi tersebut, Anda mungkin perlu mencari di dalam submenu atau opsi lain yang berkaitan dengan penyimpanan.

Langkah 4: Memilih Folder Penyimpanan

Setelah Anda menemukan opsi Penyimpanan, ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan penyimpanan dalam aplikasi Foto. Anda akan melihat daftar folder penyimpanan yang tersedia.

Pilih folder penyimpanan yang Anda inginkan untuk menyimpan screenshot. Anda dapat memilih folder yang sudah ada atau membuat folder baru dengan menekan tombol Tambahkan atau Buat baru.

Setelah Anda memilih folder penyimpanan, pengaturan penyimpanan screenshot Meizu MX 6 Anda akan berubah sesuai dengan pilihan Anda.

Penyimpanan Screenshot

Mengedit Screenshot

Selain mengambil screenshot, Meizu MX 6 juga menyediakan fitur pengeditan screenshot yang memungkinkan Anda untuk mengedit screenshot yang telah diambil. Caranya adalah dengan membuka screenshot yang ingin Anda edit melalui galeri ponsel, lalu tekan tombol Edit atau ikon pensil yang biasanya berada di pojok kanan atas layar. Meizu MX 6 memiliki berbagai fitur pengeditan yang dapat Anda gunakan, seperti memotong gambar, menambahkan teks, atau menggambar di atas gambar. Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan hasil editan tersebut atau mengirimkannya melalui aplikasi pesan atau media sosial.

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Ingin Diedit

Jika Anda ingin mengedit screenshot yang telah diambil pada Meizu MX 6, langkah pertama adalah membuka screenshot tersebut melalui galeri ponsel. Buka aplikasi Galeri pada Meizu MX 6 Anda dan cari folder Screenshots atau Tangkapan Layar.

Buka folder tersebut, dan cari screenshot yang ingin Anda edit. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam tampilan layar penuh.

Langkah 2: Mengakses Opsi Edit

Setelah Anda membuka screenshot dalam tampilan layar penuh, Anda dapat mengakses opsi edit yang disediakan oleh Meizu MX 6. Caranya adalah dengan menekan tombol Edit atau ikon pensil yang biasanya berada di pojok kanan atas layar.

Setelah Anda menekan tombol Edit atau ikon pensil, Anda akan melihat berbagai opsi dan alat pengeditan yang tersedia. Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk memotong gambar, menambahkan teks, menggambar, atau menerapkan filter pada screenshot Anda.

Langkah 3: Mengedit Screenshot

Setelah Anda mengakses opsi edit, Anda dapat mulai mengedit screenshot sesuai dengan keinginan Anda. Meizu MX 6 menyediakan berbagai alat pengeditan yang dapat Anda gunakan.

Anda dapat menggunakan alat pemotong untuk memotong gambar dan menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Anda juga dapat menambahkan teks dengan menggunakan alat teks, yang memungkinkan Anda memilih jenis font, ukuran, dan warna teks yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin menambahkan elemen visual lainnya, Anda dapat menggunakan alat gambar atau alat pensil untuk menggambar atau menandai bagian tertentu pada screenshot. Meizu MX 6 juga menyediakan berbagai filter yang dapat Anda terapkan untuk memberikan efek khusus pada screenshot Anda.

Langkah 4: Menyimpan atau Mengirim Screenshot yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, Anda dapat menyimpan hasil editan tersebut atau mengirimkannya melalui aplikasi pesan atau media sosial. Untuk menyimpan screenshot yang telah diedit, cukup tekan tombol Simpan atau ikon centang yang biasanya berada di pojok kanan atas layar.

Screenshot yang telah diedit akan disimpan di dalam folder yang sama dengan screenshot asli, kecuali jika Anda mengatur penyimpanan screenshot ke folder lain. Anda dapat memeriksa hasil editan di galeri ponsel Meizu MX 6 Anda.

Jika Anda ingin mengirim screenshot yang telah diedit, Anda dapat menggunakan aplikasi pesan atau media sosial yang ada pada ponsel Anda. Buka aplikasi yang ingin Anda gunakan, pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimi screenshot, lalu lampirkan screenshot tersebut ke dalam pesan atau unggahan.

Meizu MX 6 memudahkan Anda untuk berbagi momen-momen penting atau karya kreatif Anda dengan orang lain melalui fitur pengeditan screenshot yang tersedia.

Pengeditan Screenshot

Mengirim Screenshot

Setelah Anda mengambil dan mengedit screenshot pada Meizu MX 6, Anda dapat dengan mudah mengirimkannya melalui berbagai aplikasi pesan atau media sosial yang ada pada ponsel Anda. Caranya adalah dengan membuka screenshot yang ingin Anda kirim melalui galeri ponsel, lalu tekan tombol Bagikan atau ikon panah yang biasanya berada di pojok kanan atas layar. Pilih aplikasi pesan atau media sosial yang ingin Anda gunakan untuk mengirim screenshot, lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Dikirim

Untuk mengirim screenshot pada Meizu MX 6, langkah pertama adalah membuka screenshot yang ingin Anda kirim. Buka aplikasi Galeri pada Meizu MX 6 Anda dan cari folder Screenshots atau Tangkapan Layar.

Buka folder tersebut, dan cari screenshot yang ingin Anda kirim. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam tampilan layar penuh.

Langkah 2: Mengakses Opsi Bagikan

Setelah Anda membuka screenshot dalam tampilan layar penuh, Anda dapat mengakses opsi Bagikan untuk mengirim screenshot tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol Bagikan atau ikon panah yang biasanya berada di pojok kanan atas layar.

Setelah Anda menekan tombol Bagikan, Anda akan melihat daftar aplikasi pesan atau media sosial yang tersedia untuk mengirim screenshot.

Langkah 3: Memilih Aplikasi untuk Mengirim Screenshot

Pilih aplikasi pesan atau media sosial yang ingin Anda gunakan untuk mengirim screenshot. Meizu MX 6 mendukung berbagai aplikasi populer, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan banyak lagi.

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda akan diarahkan ke aplikasi tersebut untuk melanjutkan proses pengiriman screenshot.

Langkah 4: Mengikuti Petunjuk Pengiriman

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda pilih untuk mengirim screenshot. Setiap aplikasi mungkin memiliki antarmuka dan proses pengiriman yang sedikit berbeda.

Biasanya, Anda perlu memilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimi screenshot, memasukkan pesan tambahan jika diperlukan, lalu menekan tombol Kirim atau Unggah untuk mengirim screenshot.

Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengirim screenshot ke lebih dari satu aplikasi pesan atau media sosial jika diinginkan.

Mengirim Screenshot

Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang telah diambil pada Meizu MX 6, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Caranya adalah dengan membuka galeri ponsel, lalu temukan dan buka folder yang berisi screenshot yang ingin Anda hapus. Pilih screenshot yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Hapus atau ikon tong sampah yang biasanya berada di pojok kanan atas layar. Konfirmasikan penghapusan screenshot tersebut, dan screenshot akan dihapus dari ponsel Anda.

Langkah 1: Membuka Galeri Ponsel

Untuk menghapus screenshot pada Meizu MX 6, langkah pertama adalah membuka aplikasi Galeri pada ponsel. Biasanya, ikon aplikasi Galeri terletak di layar utama atau di dalam folder aplikasi.

Tekan ikon aplikasi Galeri untuk membuka aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terbuka sepenuhnya.

Langkah 2: Mencari Folder yang Berisi Screenshot

Setelah Anda membuka aplikasi Galeri, Anda perlu mencari dan membuka folder yang berisi screenshot yang ingin Anda hapus. Biasanya, folder tersebut disebut Screenshots atau Tangkapan Layar.

Cari folder tersebut di dalam daftar folder yang ditampilkan dalam aplikasi Galeri. Anda dapat menggulir ke atas atau ke bawah untuk mencari folder tersebut.

Langkah 3: Memilih Screenshot yang Ingin Dihapus

Setelah Anda membuka folder yang berisi screenshot, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda hapus. Anda dapat melakukannya dengan mengetuk screenshot atau dengan menahan jari Anda pada screenshot tersebut selama beberapa detik.

Langkah 4: Menghapus Screenshot

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin dihapus, tekan tombol Hapus atau ikon tong sampah yang biasanya berada di pojok kanan atas layar. Anda akan melihat dialog konfirmasi untuk menghapus screenshot.

Anda dapat mengonfirmasi penghapusan dengan menekan tombol Hapus atau membatalkan penghapusan dengan menekan tombol Batal.

Jika Anda mengonfirmasi penghapusan, screenshot akan dihapus secara permanen dari penyimpanan ponsel Anda dan tidak dapat dipulihkan kembali. Pastikan Anda memilih screenshot yang ingin Anda hapus dengan hati-hati.

Menghapus Screenshot

Menggunakan Fitur Perekam Layar

Selain mengambil screenshot, Meizu MX 6 juga dilengkapi dengan fitur perekam layar yang memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas layar ponsel Anda. Caranya adalah dengan membuka menu notifikasi, lalu cari dan tekan tombol Perekam Layar. Setelah itu, ponsel Anda akan mulai merekam layar, dan Anda dapat melakukan aktivitas apa pun pada ponsel. Untuk menghentikan perekaman, cukup tekan tombol Perekam Layar di menu notifikasi lagi. Video rekaman layar akan disimpan dalam folder khusus yang dapat Anda akses melalui galeri ponsel.

Langkah 1: Membuka Menu Notifikasi

Untuk menggunakan fitur perekam layar pada Meizu MX6, langkah pertama adalah membuka menu notifikasi pada ponsel. Untuk melakukannya, geser jari Anda dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka menu notifikasi yang berisi berbagai opsi dan pengaturan.

Pastikan Anda melakukan gerakan geser dengan tepat dan dari posisi yang benar. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan melihat menu notifikasi muncul di bagian atas layar Meizu MX 6 Anda.

Langkah 2: Mencari Tombol Perekam Layar

Setelah Anda membuka menu notifikasi, cari tombol Perekam Layar yang ada di dalamnya. Tombol ini biasanya berbentuk ikon kamera atau ikon perekam layar yang ditandai dengan kata "Rekam Layar".

Jika Anda tidak melihat tombol Perekam Layar di menu notifikasi, Anda mungkin perlu menggulir ke bawah atau ke samping untuk mencarinya. Pastikan Anda memeriksa dengan cermat setiap opsi dan ikon yang ada dalam menu notifikasi.

Langkah 3: Menekan Tombol Perekam Layar

Setelah Anda menemukan tombol Perekam Layar dalam menu notifikasi, ketuk tombol tersebut untuk memulai perekaman layar. Meizu MX 6 akan mulai merekam semua aktivitas yang terjadi di layar ponsel Anda.

Saat perekaman berlangsung, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas pada ponsel, seperti membuka aplikasi, menjelajahi halaman web, atau menggunakan fitur lainnya. Meizu MX 6 akan merekam semua yang terjadi di layar, termasuk suara yang dihasilkan.

Langkah 4: Menghentikan Perekaman Layar

Untuk menghentikan perekaman layar pada Meizu MX 6, cukup tekan tombol Perekam Layar di menu notifikasi lagi. Meizu MX 6 akan menghentikan perekaman dan menyimpan video rekaman layar ke dalam penyimpanan ponsel Anda.

Setelah perekaman selesai, Anda dapat membuka aplikasi Galeri untuk melihat video rekaman layar yang telah Anda buat. Video tersebut akan disimpan dalam folder khusus yang dapat Anda akses melalui galeri ponsel.

Anda dapat memutar kembali video rekaman layar untuk melihat kembali aktivitas yang telah Anda lakukan di ponsel Meizu MX 6. Video tersebut juga dapat Anda bagikan dengan orang lain melalui aplikasi pesan atau media sosial.

Fitur Perekam Layar

Memanfaatkan Fitur Screenshot Scroll

Meizu MX 6 juga menyediakan fitur screenshot scroll yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot panjang, seperti halaman web atau chat yang membutuhkan beberapa tangkapan layar. Caranya adalah dengan mengambil screenshot seperti biasa, kemudian ketuk opsi Scroll yang muncul di bagian bawah layar. Ponsel akan secara otomatis menangkap tangkapan layar berikutnya, dan Anda dapat terus menggulir layar untuk mengambil tangkapan layar panjang. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan atau mengedit screenshot tersebut seperti biasa.

Langkah 1: Mengambil Screenshot Awal

Langkah pertama untuk menggunakan fitur screenshot scroll adalah dengan mengambil screenshot awal. Caranya adalah dengan mengikuti salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti menggunakan tombol fisik, gestur tangan, atau fitur screenshot dalam menu notifikasi.

Pastikan Anda mengambil screenshot pada bagian awal yang ingin Anda tangkap. Screenshot ini akan menjadi titik awal dari tangkapan layar panjang yang akan Anda buat.

Langkah 2: Mengaktifkan Opsi Scroll

Setelah Anda mengambil screenshot awal, Meizu MX 6 akan menampilkan opsi Scroll di bagian bawah layar. Ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkan fitur screenshot scroll.

Setelah Anda mengaktifkan fitur screenshot scroll, ponsel akan secara otomatis menangkap tangkapan layar berikutnya saat Anda menggulir layar ke bawah. Anda dapat terus menggulir layar untuk mengambil tangkapan layar panjang yang diinginkan.

Langkah 3: Menghentikan Screenshot Scroll

Untuk menghentikan pengambilan tangkapan layar panjang, cukup hentikan pengguliran layar. Meizu MX 6 akan secara otomatis menghentikan pengambilan tangkapan layar dan menyimpannya sebagai satu gambar yang panjang.

Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar panjang tersebut dalam aplikasi Galeri. Gambar tersebut akan disimpan sebagai satu file yang panjang dan dapat Anda lihat dan bagikan seperti screenshot biasa.

Fitur screenshot scroll sangat berguna ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar panjang, seperti saat membaca artikel panjang di halaman web atau saat melihat percakapan chat yang membutuhkan beberapa tangkapan layar.

Fitur Screenshot Scroll

Demikianlah panduan lengkap tentang cara screenshot Meizu MX 6. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada ponsel Meizu MX 6 Anda sendiri. Screenshot sangat berguna dalam berbagai situasi, baik untuk menyimpan informasi penting, berbagi konten menarik, atau memberikan petunjuk dalam berbagai tutorial. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu MX 6: Panduan Lengkap dalam Menangkap Layar"

Daftar Isi [
tampilkan
]