Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu M6: Panduan Lengkap dan Detail

Anda sedang mencari tahu cara melakukan screenshot di Meizu M6? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara melakukan screenshot di ponsel Meizu M6. Screenshot adalah fitur penting yang sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berbagi tangkapan layar ke sosial media, menyimpan gambar atau informasi penting, atau bahkan mencatat pesan atau informasi yang tidak dapat disalin.

Meizu M6 adalah ponsel pintar yang populer dan memiliki antarmuka yang intuitif. Fitur screenshot di Meizu M6 juga sangat mudah digunakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara melakukan screenshot di Meizu M6, serta beberapa tips dan trik yang berguna untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur ini.

Langkah Awal

Cara Pertama: Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk melakukan screenshot di Meizu M6 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Tombol yang harus Anda tekan adalah tombol Volume Down dan tombol Power. Pastikan ponsel Anda dalam kondisi aktif dan aplikasi atau halaman yang ingin Anda tangkap sudah terbuka di layar. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Anda akan mendengar suara penangkapan layar dan layar akan berkedip sebentar untuk menunjukkan bahwa tangkapan layar telah berhasil. Jika Anda menggunakan tombol fisik untuk melakukan screenshot, pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Jika Anda hanya menekan tombol Power atau tombol Volume Down secara terpisah, maka ponsel Anda tidak akan melakukan screenshot.

Cara Kedua: Menggunakan Gestur Tangan

Meizu M6 juga menyediakan opsi untuk melakukan screenshot menggunakan gestur tangan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan ponsel. Setelah diaktifkan, Anda hanya perlu menyapukan tangan di atas layar dari kanan ke kiri atau sebaliknya untuk melakukan screenshot.

Untuk mengaktifkan fitur gestur tangan, buka Pengaturan di ponsel Meizu M6 Anda. Cari opsi "Gestur Tangan" atau "Screenshot Gestur Tangan" di menu Pengaturan. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol atau centang kotak yang sesuai. Setelah diaktifkan, Anda dapat menggunakan gestur tangan untuk melakukan screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Cara Ketiga: Menggunakan Notifikasi

Meizu M6 juga memiliki opsi untuk melakukan screenshot melalui panel notifikasi. Ketika Anda melakukan slide ke bawah untuk membuka panel notifikasi, Anda akan melihat beberapa opsi cepat di bagian atas. Salah satu opsi tersebut adalah untuk melakukan screenshot. Cukup ketuk ikon tangkapan layar di panel notifikasi, dan ponsel Anda akan langsung melakukan screenshot.

Anda juga dapat mengakses lebih banyak opsi screenshot dengan menekan dan menahan ikon tangkapan layar di panel notifikasi. Ini akan membuka menu dengan opsi tambahan, seperti tangkapan layar video atau tangkapan layar panjang.

Mengedit atau Berbagi Tangkapan Layar

Setelah Anda berhasil melakukan screenshot di ponsel Meizu M6, Anda dapat mengedit atau berbagi tangkapan layar tersebut. Meizu M6 memiliki aplikasi Galeri atau Aplikasi Foto bawaan yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengelola tangkapan layar.

Cara Pertama: Mengedit di Galeri

Untuk mengedit tangkapan layar di Galeri, buka aplikasi Galeri atau Aplikasi Foto di Meizu M6 Anda. Cari album atau folder yang bernama "Tangkapan Layar" atau "Screenshots". Di dalam folder ini, Anda akan menemukan semua tangkapan layar yang telah Anda buat.

Pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit atau tambahkan efek pada gambar. Setelah itu, ketuk ikon edit atau opsi pengeditan yang tersedia di aplikasi Galeri. Anda akan dibawa ke editor gambar di mana Anda dapat melakukan berbagai perubahan seperti memotong, memutar, mengubah kecerahan, atau menambahkan filter.

Cara Kedua: Mengedit dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fitur dalam mengedit tangkapan layar di Meizu M6, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi ini menawarkan fitur tambahan seperti pengeditan yang lebih lanjut, efek khusus, atau alat gambar tambahan.

Cari dan instal aplikasi pengeditan foto atau tangkapan layar dari Play Store. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit. Aplikasi akan membawa Anda ke editor yang lebih canggih, di mana Anda dapat mengedit gambar dengan lebih banyak opsi dan fitur.

Cara Berbagi Tangkapan Layar

Meizu M6 juga memudahkan Anda untuk langsung berbagi tangkapan layar yang telah Anda buat. Setelah mengedit tangkapan layar, Anda dapat memilih untuk langsung berbagi ke media sosial atau aplikasi pesan yang Anda miliki.

Untuk berbagi tangkapan layar, buka tangkapan layar yang ingin Anda bagikan di aplikasi Galeri atau Aplikasi Foto. Cari ikon berbagi atau opsi berbagi yang tersedia di aplikasi tersebut. Ketuk opsi tersebut, dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagi tangkapan layar.

Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk berbagi tangkapan layar, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau aplikasi pesan lainnya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berbagi yang ditentukan oleh aplikasi yang Anda pilih, seperti memilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimi tangkapan layar.

Tips dan Trik untuk Screenshot yang Lebih Baik

Untuk mendapatkan hasil screenshot yang lebih baik di Meizu M6, berikut beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba:

1. Bersihkan Layar

Pastikan layar ponsel Anda dalam kondisi bersih sebelum melakukan screenshot. Bersihkan layar dari debu, sidik jari, atau noda lainnya agar tangkapan layar terlihat lebih jelas dan tajam.

2. Atur Kecerahan Layar

Atur kecerahan layar ponsel Anda sebelum melakukan screenshot. Pastikan kecerahan layar tidak terlalu terang atau terlalu redup, sehingga tangkapan layar dapat memperlihatkan detail dengan baik.

3. Gunakan Mode Pemandangan

Jika Anda ingin melakukan screenshot pada halaman web atau dokumen yang panjang, gunakan mode pemandangan (landscape mode) pada ponsel Meizu M6. Mode ini akan memperluas lebar tangkapan layar sehingga dapat menangkap lebih banyak konten dalam satu screenshot.

4. Aktifkan Screenshot Panjang

Meizu M6 memiliki fitur screenshot panjang yang memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar pada halaman web atau dokumen yang panjang. Aktifkan fitur ini melalui pengaturan ponsel Anda, dan Anda dapat mengambil tangkapan layar yang lebih panjang daripada layar standar.

5. Gunakan Opsi Penundaan

Jika Anda ingin menangkap tangkapan layar yang melibatkan aksi atau pergerakan di layar, gunakan opsi penundaan yang tersedia di Meizu M6. Opsi ini akan memberikan waktu bagi Anda untuk mempersiapkan aksi atau pergerakan yang ingin ditangkap sebelum ponsel melakukan screenshot.

6. Gunakan Aplikasi Screenshot Pihak Ketiga

Jika Anda membutuhkan fitur tambahan atau lebih banyak kontrol dalam melakukan screenshot, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga yang tersedia di PlayStore. Beberapa aplikasi ini menawarkan fitur tambahan seperti tangkapan layar panjang, tangkapan layar jadwal, atau bahkan fitur pengeditan yang lebih canggih. Cari aplikasi screenshot pihak ketiga yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, instal, dan ikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

7. Tangkapan Layar Video

Selain tangkapan layar gambar, Meizu M6 juga memungkinkan Anda untuk membuat tangkapan layar video. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin merekam aktivitas layar, seperti tutorial, gameplay, atau presentasi. Untuk menggunakan fitur tangkapan layar video, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda rekam.
  2. Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul menu opsi.
  3. Pilih opsi "Tangkapan Layar Video" atau "Screen Recording".
  4. Setelah itu, Anda akan melihat ikon perekaman di status bar ponsel.
  5. Untuk menghentikan perekaman, cukup ketuk ikon perekaman di status bar atau tekan tombol Power.
  6. Tangkapan layar video akan disimpan di folder "Tangkapan Layar" atau "Screenshots" di aplikasi Galeri atau Aplikasi Foto.

Dengan fitur tangkapan layar video, Anda dapat merekam aktivitas layar dengan mudah dan praktis. Anda juga dapat mengedit atau memotong video tersebut menggunakan aplikasi pengeditan video pihak ketiga sebelum membagikannya ke teman atau mengunggahnya ke platform media sosial.

8. Mengatasi Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan screenshot di Meizu M6, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya:

Screenshot Tidak Berhasil

Jika ponsel Anda tidak menghasilkan tangkapan layar setelah menekan tombol atau melakukan gestur, pastikan Anda menekan tombol atau melaksanakan gestur dengan benar. Tekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan dengan cukup lama hingga Anda mendengar suara atau melihat layar berkedip. Jika menggunakan gestur, pastikan Anda mengikuti arah gestur yang telah diatur dengan benar.

Tangkapan Layar Tidak Tersimpan

Jika ponsel Anda melakukan tangkapan layar, tetapi gambar tidak tersimpan di galeri, periksa apakah Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan tangkapan layar. Hapus beberapa file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk membebaskan ruang penyimpanan. Selain itu, pastikan Anda tidak memiliki pengaturan yang membatasi penyimpanan tangkapan layar atau mengarahkannya ke folder yang salah.

Fitur Screenshot Dinonaktifkan

Jika Anda tidak dapat menemukan fitur screenshot di Meizu M6 Anda, periksa pengaturan ponsel Anda. Buka Pengaturan dan cari opsi "Screenshot" atau "Tangkapan Layar". Pastikan opsi ini diaktifkan atau tidak dinonaktifkan. Jika opsi ini dinonaktifkan, aktifkan kembali untuk dapat menggunakan fitur screenshot.

Tombol Fisik Tidak Berfungsi

Jika tombol Volume Down atau tombol Power pada Meizu M6 Anda tidak berfungsi, Anda dapat mencoba melakukan restart ponsel. Matikan ponsel Anda dan nyalakan kembali setelah beberapa saat. Jika masalah tetap berlanjut, kunjungi pusat layanan Meizu terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Membuat Screenshot yang Lebih Baik

Agar tangkapan layar di Meizu M6 Anda terlihat lebih baik dan informatif, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Pilih Bagian yang Penting

Saat melakukan tangkapan layar, pastikan Anda fokus pada bagian yang penting dan relevan. Jangan tangkap seluruh layar jika Anda hanya ingin menampilkan informasi tertentu. Pilih dengan cermat area yang ingin ditangkap untuk menghindari tangkapan layar yang terlalu penuh atau tidak memberikan informasi yang dibutuhkan.

Pilih Format Gambar yang Tepat

Meizu M6 memungkinkan Anda untuk memilih format gambar yang ingin Anda gunakan saat melakukan tangkapan layar. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengunggah tangkapan layar ke media sosial atau mengirim melalui pesan, format JPEG dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda ingin mengedit tangkapan layar lebih lanjut atau mempertahankan kualitas gambar yang lebih tinggi, pilih format PNG.

Gunakan Fitur Anotasi

Meizu M6 juga menyediakan fitur anotasi yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, panah, atau garis pada tangkapan layar. Gunakan fitur ini untuk menyoroti bagian penting atau memberikan penjelasan tambahan pada tangkapan layar Anda. Dengan fitur anotasi, Anda dapat memberikan konteks dan informasi yang lebih jelas kepada orang-orang yang melihat tangkapan layar Anda.

Catat Waktu dan Tanggal

Meizu M6 memiliki opsi untuk menampilkan waktu dan tanggal pada tangkapan layar. Aktifkan opsi ini jika Anda ingin menampilkan informasi waktu dan tanggal pada tangkapan layar. Ini dapat berguna saat Anda ingin merekam pesan atau informasi yang berkaitan dengan waktu tertentu, atau saat Anda ingin melacak urutan tangkapan layar yang telah Anda buat.

Gunakan Penundaan

Jika Anda ingin menangkap tangkapan layar yang melibatkan aksi atau pergerakan di layar, gunakan opsi penundaan yang tersedia di Meizu M6. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengatur penundaan sebelum ponsel melakukan tangkapan layar. Dengan penundaan, Anda dapat mempersiapkan aksi atau pergerakan yang ingin ditangkap sehingga hasil tangkapan layar lebih akurat dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap dan detail tentang cara melakukan screenshot di Meizu M6. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah menggunakan tombol fisik, gestur tangan, dan panel notifikasi untuk melakukan screenshot. Kami juga memberikan informasi tentang cara mengedit dan berbagi tangkapan layar, serta beberapa tips dan trik untuk memperoleh hasil screenshot yang lebih baik.

Screenshot adalah fitur yang berguna dan sering digunakan dalam berbagai situasi. Dengan menguasai cara melakukan screenshot di Meizu M6, Anda dapat dengan mudah mengambil dan berbagi tangkapan layar yang relevan dan informatif. Jangan ragu untuk mencoba tips dan trik yang telah kami berikan untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur screenshot di Meizu M6.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu M6: Panduan Lengkap dan Detail"

Daftar Isi [
Tutup
]