Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu M5: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda pengguna Meizu M5 yang ingin tahu cara melakukan screenshot? Jangan khawatir, dalam artikel blog ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Meizu M5 Anda. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk merekam tampilan layar ponsel Anda, entah itu untuk berbagi informasi, menunjukkan pesan, atau menyimpan momen penting. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah mengambil screenshot di Meizu M5 Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah memahami bahwa Meizu M5 memiliki beberapa metode untuk melakukan screenshot. Kami akan menjelaskan setiap metode dengan detail dan memberikan petunjuk yang mudah diikuti. Jadi, mari kita mulai dan pelajari cara screenshot Meizu M5!

Metode Screenshot dengan Menggunakan Tombol Fisik

Salah satu metode yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot di Meizu M5 adalah dengan menggunakan tombol fisik. Metode ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah Anda melakukannya, layar ponsel Anda akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Setelah screenshot diambil, Anda dapat menemukannya di galeri ponsel Anda. Screenshot akan disimpan dalam folder khusus yang diberi nama "Screenshot" atau "Tangkapan Layar". Anda dapat membuka folder ini dan melihat semua screenshot yang telah Anda ambil sebelumnya.

Panduan Menggunakan Tombol Fisik:

  1. Pilih tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  5. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Gestur Tiga Jari

Jika Anda lebih suka menggunakan fitur gestur, Meizu M5 juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot dengan mengusapkan tiga jari di layar ponsel Anda. Metode ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah tanpa perlu menggunakan tombol fisik.

Sebelum Anda dapat menggunakan metode ini, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur gestur tiga jari di pengaturan ponsel Anda. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Ekstra, lalu pilih Gestur dan Gerakan. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Gestur Tiga Jari. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, cukup usapkan tiga jari secara simultan di layar dengan lembut, dan screenshot akan diambil. Anda akan melihat layar berkedip sejenak dan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Gestur Tiga Jari:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Usapkan tiga jari secara simultan di layar dengan lembut.
  3. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  5. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Kedua Metode Secara Bersamaan

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak pilihan, Meizu M5 memungkinkan Anda untuk menggabungkan kedua metode sebelumnya. Anda dapat menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan, kemudian melanjutkan dengan mengusapkan tiga jari di layar. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki dua screenshot yang diambil secara bersamaan dan disimpan di galeri ponsel Anda.

Menggabungkan kedua metode ini memberikan fleksibilitas dan kecepatan dalam mengambil screenshot. Anda dapat memilih metode yang paling nyaman untuk Anda gunakan tergantung pada situasi dan preferensi Anda.

Panduan Menggunakan Kedua Metode Secara Bersamaan:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Setelah tombol fisik ditekan, usapkan tiga jari secara simultan di layar dengan lembut.
  4. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  5. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  6. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Screenshot Toggle

Meizu M5 juga menyediakan opsi untuk mengaktifkan tombol toggle screenshot di panel notifikasi. Metode ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan hanya mengklik tombol tersebut di panel notifikasi, tanpa perlu menggunakan tombol fisik atau gestur tiga jari.

Untuk mengaktifkan tombol toggle screenshot, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Tampilan, lalu pilih Panel Notifikasi. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk menyesuaikan panel notifikasi. Cari opsi yang berkaitan dengan screenshot atau tangkapan layar, dan aktifkan opsi tersebut. Setelah Anda mengaktifkannya, tombol toggle screenshot akan muncul di panel notifikasi Anda.

Untuk mengambil screenshot menggunakan tombol toggle, cukup buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Kemudian, buka panel notifikasi dengan menggesekkan layar dari atas ke bawah. Cari tombol toggle screenshot, dan klik tombol tersebut. Screenshot akan diambil dan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Screenshot Toggle:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Gesekkan layar dari atas ke bawah untuk membuka panel notifikasi.
  3. Cari tombol toggle screenshot di panel notifikasi.
  4. Klik tombol toggle screenshot.
  5. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  6. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  7. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak fitur dan opsi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store untuk mengambil screenshot di Meizu M5. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda pilih, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Capture". Cukup unduh salah satu aplikasi ini, ikuti petunjuknya, dan Anda akan dapat dengan mudah mengambil screenshot di Meizu M5 Anda.

Aplikasi pihak ketiga ini biasanya menawarkan fitur tambahan seperti pengeditan screenshot, pengaturan kekhususan, dan kemampuan untuk berbagi screenshot langsung ke media sosial atau aplikasi pesan. Beberapa aplikasi bahkan dapat merekam video dari layar ponsel Anda. Jadi, jika Anda mencari lebih banyak fleksibilitas dan fitur, menggunakan aplikasi pihak ketiga mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Panduan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga:

  1. Buka Play Store di Meizu M5 Anda.
  2. Cari aplikasi screenshot seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Capture".
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda unduh dan instal di ponsel Anda.
  4. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  5. Pilih opsi untuk mengambil screenshot.
  6. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  7. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  8. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Smart Touch

Meizu M5 juga memiliki fitur Smart Touch yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan tombol virtual di layar ponsel Anda yang dapat diprogram untuk berbagai fungsi, termasuk mengambil screenshot.

Untuk menggunakan fitur Smart Touch untuk mengambil screenshot, pertama-tama pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Smart Touch di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Ekstra, lalu pilih Smart Touch. Di sini, Anda dapat mengaktifkan fitur Smart Touch dan menyesuaikan pengaturannya sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda mengaktifkan fitur Smart Touch, tambahkan tombol screenshot ke panel Smart Touch. Untuk melakukannya, buka panel Smart Touch dengan mengetuk ikon Smart Touch di layar ponsel Anda. Pilih opsi untuk menambahkan tombol baru, dan pilih opsi untuk mengatur tombol sebagai tombol screenshot. Setelah Anda menambahkan tombol ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan hanya mengetuk tombol tersebut di layar.

Panduan Menggunakan Fitur Smart Touch:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Buka panel Smart Touch dengan mengetuk ikon Smart Touch di layar ponsel Anda.
  3. Pilih opsi untuk menambahkan tombol baru ke panel Smart Touch.
  4. Pilih opsi untuk mengatur tombol sebagai tombol screenshot.
  5. Ketuk tombol screenshot di panel Smart Touch.
  6. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  7. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  8. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Shake

Jika Anda ingin metode yang lebih unik, Meizu M5 juga menawarkan fitur Shake untuk mengambil screenshot. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan hanya menggoyangkan ponsel Anda dengan lembut.

Untuk menggunakan fitur Shake untuk mengambil screenshot, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Ekstra, lalu pilih Gerakan. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur Shake. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot dengan menggoyangkan ponsel Anda.

Untuk mengambil screenshot dengan menggunakan fitur Shake, buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Kemudian, guncangkan ponsel Anda dengan lembut. Anda akan melihat layar berkedip sejenak dan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Fitur Shake:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Guncangkan ponsel Anda dengan lembut.
  3. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  5. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Voice Control

Meizu M5 juga menyediakan metode screenshot yang unik dengan menggunakan fitur Voice Control. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan hanya mengucapkan kata atau perintah suara yang telah ditentukan.

Untuk menggunakan fitur Voice Control untuk mengambil screenshot, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Ekstra, lalu pilih Suara dan Gerakan. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Voice Control. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untuk mengambil screenshot dengan menggunakan suara.

Untuk mengambil screenshot dengan menggunakan Voice Control, buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Kemudian, ucapkan kata "screenshot" atau perintah suara lainnya yang telah ditentukan untuk mengaktifkan fitur Voice Control. Anda akan melihat layar berkedip sejenak dan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Fitur Voice Control:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Ucapkan kata "screenshot" atau perintah suara lainnya yang telah ditentukan.
  3. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  5. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Palm Gesture

Meizu M5 juga memiliki fitur Palm Gesture yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan menggunakan telapak tangan Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat dan tanpa perlu menekan tombol atau mengusapkan jari di layar.

Untuk menggunakan fitur Palm Gesture untuk mengambil screenshot, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Ekstra, lalu pilih Gerakan. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Palm Gesture. Aktifkan opsi ini dan Anda siap untukmenggunakan fitur Palm Gesture untuk mengambil screenshot.

Setelah Anda mengaktifkan fitur Palm Gesture, cukup letakkan telapak tangan Anda di atas layar dengan lembut. Ponsel akan mendeteksi gerakan ini dan secara otomatis mengambil screenshot. Anda akan melihat layar berkedip sejenak dan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Fitur Palm Gesture:

  1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Letakkan telapak tangan Anda di atas layar dengan lembut.
  3. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  4. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  5. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Game Mode

Meizu M5 juga memiliki fitur Game Mode yang memungkinkan Anda mengambil screenshot saat bermain game. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin merekam momen dalam permainan atau berbagi pencapaian Anda dengan teman-teman Anda.

Untuk menggunakan fitur Game Mode untuk mengambil screenshot, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan, pilih Opsi Permainan, lalu pilih Game Mode. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Game Mode. Aktifkan opsi ini dan pilih permainan yang ingin Anda mainkan dalam mode Game Mode.

Setelah Anda memulai permainan dalam mode Game Mode, Anda dapat mengaktifkan tombol screenshot khusus yang muncul di layar. Cukup klik tombol screenshot ini saat bermain game, dan screenshot akan diambil. Anda akan melihat layar berkedip sejenak dan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Panduan Menggunakan Fitur Game Mode:

  1. Aktifkan fitur Game Mode di pengaturan ponsel Anda.
  2. Pilih permainan yang ingin Anda mainkan dalam mode Game Mode.
  3. Memulai permainan dan masuk ke mode Game Mode.
  4. Ketika berada dalam permainan, temukan tombol screenshot khusus yang muncul di layar.
  5. Klik tombol screenshot saat bermain game.
  6. Layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  7. Buka galeri ponsel Anda dan temukan folder "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".
  8. Buka folder tersebut dan Anda akan melihat screenshot yang baru saja Anda ambil.

Dalam artikel blog ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Meizu M5. Kami telah menjelaskan berbagai metode yang tersedia, mulai dari menggunakan tombol fisik hingga fitur-fitur unik seperti Shake dan Voice Control. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur-fitur yang diperlukan di pengaturan ponsel Anda sebelum mencoba metode screenshot tertentu. Selain itu, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di ponsel Anda untuk menyimpan semua screenshot yang Anda ambil.

Kami harap panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengambil screenshot di Meizu M5 Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu M5: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]