Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu M5 Note: Panduan Lengkap dan Terperinci

Screenshot adalah fitur penting yang ada di hampir semua smartphone, termasuk Meizu M5 Note. Dengan melakukan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar layar sebagai file gambar yang dapat Anda bagikan atau simpan untuk referensi di kemudian hari. Namun, tidak semua orang mengetahui cara melakukan screenshot di Meizu M5 Note. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara screenshot Meizu M5 Note.

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa Meizu M5 Note Anda dalam kondisi yang baik dan telah diaktifkan. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan screenshot yang akan Anda ambil. Jika semuanya sudah siap, mari kita mulai dengan langkah-langkah cara screenshot Meizu M5 Note:

Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama dalam melakukan screenshot di Meizu M5 Note adalah dengan menggunakan tombol fisik. Caranya sangat sederhana:

Tombol Fisik

Untuk melakukan screenshot menggunakan tombol fisik, Anda perlu menemukan tombol Volume Bawah dan Tombol Power pada Meizu M5 Note Anda. Tombol Volume Bawah biasanya terletak di sebelah kiri atau kanan perangkat, sedangkan Tombol Power biasanya terletak di sisi atas atau samping perangkat. Setelah menemukan tombol-tombol tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tekan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik

Pertama, pastikan bahwa Anda ingin mengambil screenshot yang tepat pada layar Meizu M5 Note Anda. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Selain itu, layar juga akan sedikit berkedip untuk menunjukkan bahwa screenshot telah berhasil disimpan.

2. Temukan screenshot yang telah diambil

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Meizu M5 Note, Anda perlu menemukan dan mengakses screenshot tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Galeri di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Galeri biasanya memiliki ikon yang menyerupai kotak berwarna merah muda dengan gambar bergelombang di dalamnya.

b. Di dalam aplikasi Galeri, Anda akan melihat berbagai folder dan file gambar yang tersimpan di perangkat Anda. Cari folder yang bernama "Screenshots" atau "Tangkapan Layar". Biasanya, folder ini akan secara otomatis dibuat saat Anda pertama kali mengambil screenshot di Meizu M5 Note.

c. Buka folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" tersebut dan cari screenshot yang ingin Anda akses. Anda dapat memilih screenshot dengan mengklik atau mengetuknya.

d. Setelah Anda membuka screenshot, Anda dapat melihatnya dalam tampilan penuh dan memperbesarnya jika diperlukan. Anda juga dapat menggunakan berbagai opsi yang tersedia, seperti membagikan screenshot melalui aplikasi sosial media, mengeditnya, atau mengatur sebagai gambar latar belakang.

Menggunakan Gesture

Meizu M5 Note juga mendukung fitur gesture yang memudahkan Anda untuk melakukan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Gesture

Fitur gesture pada Meizu M5 Note memungkinkan Anda melakukan screenshot hanya dengan menggesekkan tiga jari ke atas pada layar perangkat. Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Pengaturan biasanya memiliki ikon yang menyerupai roda gigi atau tanda panah melingkar.

2. Cari dan pilih opsi Smart Assist

Setelah masuk ke aplikasi Pengaturan, cari dan pilih opsi yang bernama "Smart Assist". Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas daftar pengaturan.

3. Aktifkan fitur Gesture

Dalam opsi Smart Assist, cari opsi yang berhubungan dengan fitur Gesture atau gerakan. Biasanya, opsi ini akan diberi label "Gesture" atau "Gerakan". Setelah menemukannya, aktifkan fitur Gesture dengan menggeser tombol ke posisi "On" atau "Aktif".

4. Gesekkan tiga jari ke atas pada layar untuk melakukan screenshot

Setelah Anda mengaktifkan fitur Gesture, Anda dapat langsung menggunakan fitur ini untuk melakukan screenshot. Caranya sangat sederhana, cukup gesekkan tiga jari ke atas pada layar perangkat secara bersamaan. Anda akan mendengar suara shutter dan layar akan sedikit berkedip untuk menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

5. Temukan screenshot yang telah diambil

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot menggunakan fitur Gesture, Anda perlu menemukan dan mengakses screenshot tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Galeri di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Galeri biasanya memiliki ikon yang menyerupai kotak berwarna merah muda dengan gambar bergelombang di dalamnya.

b. Di dalam aplikasi Galeri, cari folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" seperti yang dijelaskan sebelumnya. Buka folder tersebut untuk melihat semua screenshot yang telah Anda ambil.

c. Pilih screenshot yang ingin Anda akses dengan mengklik atau mengetuknya. Anda dapat melihat screenshot dalam tampilan penuh, memperbesarnya, atau menggunakan opsi lain seperti membagikan atau mengedit screenshot.

Menggunakan Fitur Screenshot Otomatis

Meizu M5 Note juga memiliki fitur screenshot otomatis yang dapat mengambil screenshot secara terjadwal. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Fitur Screenshot Otomatis

Fitur screenshot otomatis pada Meizu M5 Note memungkinkan Anda mengatur waktu dan interval untuk mengambil screenshot secara otomatis. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot pada waktu yang ditentukan tanpa perlu terus-menerus menekan tombol atau menggunakan gesture. Untuk menggunakan fitur screenshot otomatis, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Pengaturan biasanya memiliki ikon yang menyerupai roda gigi atau tanda panah melingkar.

2. Cari dan pilih opsi Smart Assist

Setelah masuk ke aplikasi Pengaturan, cari dan pilih opsi yang bernama "Smart Assist". Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas daftar pengaturan.

3. Aktifkan fitur Screenshot Otomatis

Dalam opsi Smart Assist, cari opsi yang berhubungan dengan fitur Screenshot Otomatis. Biasanya, opsi ini akan diberi label "Screenshot Otomatis" atau "Auto Screenshot". Setelah men

4. Atur waktu dan interval untuk mengambil screenshot

Setelah Anda mengaktifkan fitur Screenshot Otomatis, langkah selanjutnya adalah mengatur waktu dan interval pengambilan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka opsi Screenshot Otomatis dan Anda akan melihat pengaturan waktu dan interval.

b. Pilih waktu yang Anda inginkan untuk mengambil screenshot otomatis. Anda dapat memilih antara beberapa opsi yang tersedia, seperti setiap jam, setiap hari, atau setiap minggu.

c. Selanjutnya, atur interval antara setiap pengambilan screenshot. Interval ini menentukan berapa kali Meizu M5 Note akan mengambil screenshot dalam periode waktu yang Anda tentukan.

d. Setelah Anda mengatur waktu dan interval, simpan pengaturan Anda dan fitur Screenshot Otomatis akan aktif sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

e. Meizu M5 Note akan mengambil screenshot secara otomatis pada waktu yang Anda atur. Anda dapat menemukan screenshot yang diambil di folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" di aplikasi Galeri.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak fitur dan fleksibilitas dalam melakukan screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa aplikasi screenshot populer yang dapat Anda coba:

Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda temukan di Play Store untuk melakukan screenshot di Meizu M5 Note. Beberapa aplikasi populer yang direkomendasikan adalah Screenshot Easy dan Screenshot Ultimate. Kedua aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tambahan dan kemampuan yang dapat meningkatkan pengalaman screenshot Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak opsi untuk mengambil screenshot, seperti mengatur area screenshot, menambahkan anotasi, dan berbagi screenshot dengan cepat ke platform sosial media. Anda juga dapat mengatur tombol pintas atau gestur khusus untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat.

Menyunting dan Berbagi Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Meizu M5 Note, Anda dapat menyuntingnya atau langsung membagikannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menyunting Dan Berbagi Screenshot

1. Buka aplikasi Galeri dan pilih screenshot yang Anda inginkan

Pertama, buka aplikasi Galeri di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Galeri biasanya memiliki ikon yang menyerupai kotak berwarna merah muda dengan gambar bergelombang di dalamnya. Di dalam aplikasi Galeri, Anda akan melihat berbagai folder dan file gambar yang tersimpan di perangkat Anda.

Cari dan pilih folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" seperti yang dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda sunting atau bagikan dengan mengklik atau mengetuknya.

2. Sunting atau bagikan screenshot

Setelah Anda membuka screenshot di aplikasi Galeri, Anda akan melihat berbagai opsi yang tersedia untuk menyunting atau membagikan screenshot tersebut.

a. Jika Anda ingin menyunting screenshot, Anda dapat menggunakan berbagai alat pengeditan yang disediakan oleh aplikasi Galeri atau menggunakan aplikasi pengeditan foto pihak ketiga. Beberapa alat pengeditan yang umum termasuk pemotongan, penyesuaian warna, penambahan teks, dan lainnya.

b. Jika Anda ingin membagikan screenshot, Anda dapat menggunakan tombol berbagi yang terletak di aplikasi Galeri. Ketika Anda mengeklik tombol berbagi, Anda akan melihat berbagai pilihan platform sosial media atau aplikasi lain yang dapat digunakan untuk membagikan screenshot.

c. Pilih platform atau aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk membagikan screenshot dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Anda dapat membagikan screenshot melalui pesan teks, email, platform sosial media, atau aplikasi lainnya.

d. Setelah Anda memilih platform atau aplikasi, Anda dapat menambahkan teks, tag, atau keterangan lainnya sebelum mengirim atau membagikan screenshot tersebut.

Menyimpan Screenshot ke Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal seperti kartu SD, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Menyimpan Screenshot Ke Penyimpanan Eksternal

1. Buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda. Aplikasi Pengaturan biasanya memiliki ikon yang menyerupai roda gigi atau tanda panah melingkar.

2. Pilih opsi Penyimpanan

Dalam aplikasi Pengaturan, cari dan pilih opsi yang bernama "Penyimpanan". Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas daftar pengaturan.

3. Pilih lokasi penyimpanan eksternal yang Anda inginkan

Setelah masuk ke opsi Penyimpanan, Anda akan melihat berbagai opsi penyimpanan yang tersedia, seperti memori internal dan kartu SD jika Anda memiliki satu. Pilih lokasi penyimpanan eksternal yang Anda inginkan untuk menyimpan screenshot Anda.

4. Pilih screenshot yang ingin Anda pindahkan

Selanjutnya, buka aplikasi Galeri di Meizu M5 Note Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda pindahkan ke penyimpanan eksternal. Pilih screenshot tersebut dengan mengeklik atau mengetuknya.

5. Pindahkan screenshot ke penyimpanan eksternal

Setelah Anda memilih screenshot, cari dan klik tombol yang menunjukkan opsi untuk memindahkan atau menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal. Tombol ini biasanya berbentuk ikon panah atau menu di bagian atas aplikasi Galeri.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memindahkan atau menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal yang Anda pilih. Proses ini dapat memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran screenshot dan kecepatan penyimpanan eksternal Anda.

Setelah proses selesai, screenshot akan disimpan ke penyimpanan eksternal dan Anda dapat mengaksesnya dari sana kapan pun Anda inginkan.

Menghapus Screenshot yang Tidak Diperlukan

Jika Anda memiliki banyak screenshot yang tidak diperlukan, Anda dapat dengan mudah menghapusnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menghapus Screenshot Yang Tidak Diperlukan

1. Buka aplikasi Galeri dan temukan screenshot yang akan dihapus

Pertama, buka aplikasi Galeri di Meizu M5 Note Anda dan cari folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" seperti yang dijelaskan sebelumnya. Di dalam folder tersebut, temukan screenshot yang ingin Anda hapus.

2. Pilih screenshot yang ingin Anda hapus

Pilih screenshot yang ingin Anda hapus dengan mengeklik atau mengetuknya. Anda juga dapat memilih beberapa screenshot sekaligus dengan mengeklik atau mengetuk setiap screenshot yang ingin Anda hapus.

3. Hapus screenshot yang dipilih

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin dihapus, cari ikon sampah atau opsi untuk menghapus yang terletak di bagian atas aplikasi Galeri. Ikoni ini biasanya berbentuk tong sampah atau memiliki label "Hapus" atau "Delete".

Ketika Anda mengeklik atau mengetuk ikon sampah atau opsi menghapus, Anda akan menerima konfirmasi untuk menghapus screenshot. Pastikan Anda memeriksa ulang screenshot yang dipilih sebelum menghapusnya, karena tindakan ini tidak dapat dibatalkan.

Setelah Anda mengkonfirmasi, screenshot yang dipilih akan dihapus dari perangkat Meizu M5 Note Anda dan tidak akan lagi muncul di aplikasi Galeri atau folder "Screenshots".

Mengatasi Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan screenshot di Meizu M5 Note, berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba:

Mengatasi Masalah Screenshot

1. Perbarui sistem operasi Meizu M5 Note Anda

Beberapa masalah dengan screenshot dapat terjadi jika sistem operasi Meizu M5 Note Anda tidak diperbarui. Pastikan Anda memeriksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia dan instal pembaruan tersebut. Pembaruan sistem dapat memperbaiki bug dan masalah yang mungkin mempengaruhi fungsi screenshot.

2. Bersihkan partisi cache perangkat Anda

Partisi cache adalah tempat penyimpanan sementara untuk data atau file yang digunakan oleh aplikasi dan sistem operasi Anda. Jika partisi cache terisi atau terganggu, hal ini dapat mempengaruhi fungsi screenshot. Untuk membersihkan partisi cache di Meizu M5 Note, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Matikan Meizu M5 Note Anda dan tekan tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan.

b. Tahan kedua tombol tersebut sampai Anda melihat logo Meizu muncul di layar.

c. Setelah logo Meizu muncul, lepaskan tombol Volume Atas dan Tombol Power. Anda akan melihat menu pemulihan.

d. Gunakan tombol Volume Atas dan Volume Bawah untuk memilih opsi "Wipe Cache Partition".

e. Gunakan Tombol Power untuk memilih opsi tersebut.

f. Tunggu hingga proses pembersihan partisi cache selesai. Setelah itu, pilih opsi "Reboot System Now" untuk me-restart Meizu M5 Note Anda.

3. Restart perangkat Meizu M5 Note

Beberapa masalah sederhana dapat diselesaikan dengan me-restart Meizu M5 Note Anda. Coba restart perangkat Anda dan lakukan screenshot setelah restart selesai. Kadang-kadang, restart sederhana dapat memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

Tips dan Trik untuk Screenshot yang Lebih Baik

Untuk mendapatkan hasil screenshot yang lebih baik, Anda dapat mencoba tips dan trik berikut:

Tips Dan Trik Untuk Screenshot Yang Lebih Baik

1. Gunakan pencahayaan yang baik

Pencahayaan yang baik dapat membuat screenshot Anda terlihat lebih jelas dan tajam. Pastikan Anda mengambil screenshot di tempat yang terang dan menghindari pencahayaan yang terlalu redup atau terlalu terang. Jika memungkinkan, gunakan pencahayaan alami seperti cahaya matahari.

2. Bersihkan layar sebelum mengambil screenshot

Jika layar Meizu M5 Note Anda kotor atau berdebu, ini dapat mempengaruhi kualitas screenshot. Pastikan Anda membersihkan layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber atau tisu yang bersih sebelum mengambil screenshot. Hal ini akan membantu menghilangkan noda atau debu yang dapat muncul pada hasil screenshot.

3. Gunakan fitur penundaan screenshot

Meizu M5 Note memiliki fitur penundaan screenshot yang memungkinkan Anda mengatur waktu penundaan sebelum screenshot diambil. Fitur ini berguna jika Anda perlu menyiapkan tampilan layar atau menyesuaikan posisi jari Anda sebelum mengambil screenshot. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Pengaturan di Meizu M5 Note Anda.

b. Cari opsi yang berkaitan dengan fitur Screenshot atau Tangkapan Layar.

c. Di dalam opsi tersebut, Anda akan menemukan pengaturan untuk fitur penundaan screenshot. Atur waktu penundaan yang Anda inginkan.

d. Setelah mengatur waktu penundaan, kembali ke layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Tunggu hingga waktu penundaan berakhir, dan Meizu M5 Note akan otomatis mengambil screenshot.

Dengan menggunakan fitur penundaan, Anda dapat memastikan bahwa screenshot yang diambil tepat pada waktu yang Anda inginkan dan dengan posisi jari yang optimal.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap dan terperinci tentang cara screenshot Meizu M5 Note. Dengan mengetahui cara melakukan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan berbagi gambar layar yang penting bagi Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengambil screenshot di Meizu M5 Note. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu M5 Note: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]