Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Meizu M3 Note: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda pengguna Meizu M3 Note dan ingin tahu cara mengambil screenshot di ponsel ini? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara screenshot Meizu M3 Note. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci dan memberikan tips yang berguna untuk memastikan Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan cepat.

Screenshot adalah cara yang berguna untuk menyimpan momen penting di layar ponsel Anda. Mungkin Anda ingin menyimpan tangkapan layar pesan teks yang penting, hasil pencarian yang menarik, atau mungkin Anda ingin berbagi tampilan layar game atau aplikasi kepada teman-teman Anda. Dengan mengetahui cara mengambil screenshot di Meizu M3 Note, Anda akan dapat melakukan semua itu tanpa masalah.

Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk mengambil screenshot di Meizu M3 Note adalah dengan menggunakan tombol fisik pada ponsel. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar yang ingin Anda ambil screenshotnya. Pastikan tampilan layarnya sesuai dengan yang Anda inginkan untuk disimpan.

2. Tekan Tombol Power dan Volume Down Secara Bersamaan

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol power (tombol yang biasanya digunakan untuk mengunci/mematikan ponsel) dan tombol volume down secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik.

3. Screenshot Berhasil Diambil

Jika Anda melihat layar berkedip atau mendengar suara penangkapan layar, itu berarti screenshot sudah berhasil diambil. Anda juga akan melihat preview screenshot yang diambil dan beberapa opsi lainnya.

4. Akses Screenshot yang Telah Diambil

Setelah berhasil mengambil screenshot, Anda dapat mengaksesnya melalui Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note Anda. Cari folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" untuk menemukan gambar yang baru saja Anda ambil.

Tombol Fisik

Dengan menggunakan tombol fisik pada Meizu M3 Note, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah. Namun, jika Anda ingin mencoba metode lain yang lebih praktis, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengambil screenshot di Meizu M3 Note.

Menggunakan Gesture

Meizu M3 Note juga memiliki fitur gesture yang memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan menggambar bentuk tertentu di layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Fitur Gesture

Pertama, pastikan fitur gesture telah diaktifkan di Meizu M3 Note Anda. Anda dapat mengeceknya di Pengaturan > Gesture.

2. Menggambar Bentuk Screenshot

Setelah fitur gesture diaktifkan, Anda dapat menggambar bentuk tertentu di layar untuk mengambil screenshot. Misalnya, Anda dapat menggambar huruf "C" atau "O" dengan jari Anda.

3. Screenshot Berhasil Diambil

Jika Anda menggambar bentuk yang benar, Meizu M3 Note akan secara otomatis mengambil screenshot dan menyimpannya. Anda juga akan melihat preview screenshot dan opsi lainnya seperti yang dijelaskan sebelumnya.

4. Akses Screenshot yang Telah Diambil

Seperti sebelumnya, Anda dapat mengakses screenshot yang telah diambil melalui Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note.

Gesture

Dengan menggunakan fitur gesture, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih cepat dan praktis. Namun, jika Anda masih belum puas dengan metode tersebut, ada cara lain yang dapat Anda coba.

Menggunakan Menu Notifikasi

Meizu M3 Note juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot melalui menu notifikasi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar yang ingin Anda ambil screenshotnya seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Tarik Layar Notifikasi ke Bawah

Selanjutnya, tarik layar notifikasi Meizu M3 Note Anda ke bawah untuk membuka menu notifikasi. Biasanya, Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan jari dari bagian atas layar ke bawah.

3. Cari Opsi Screenshot

Setelah membuka menu notifikasi, cari opsi yang menunjukkan adanya fitur screenshot. Biasanya, Anda akan melihat ikon kamera atau ikon lain yang mengindikasikan adanya fitur screenshot.

4. Tap Opsi Screenshot

Setelah menemukan opsi screenshot, tap atau tekan ikon tersebut untuk mengambil screenshot. Anda juga dapat melihat preview dan opsi lainnya setelah mengambil screenshot.

5. Akses Screenshot yang Telah Diambil

Terakhir, Anda dapat mengakses screenshot yang telah diambil melalui Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note.

Menu Notifikasi

Dengan menggunakan menu notifikasi, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus menggunakan tombol fisik atau gesture. Namun, jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan fitur saat mengambil screenshot, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan fitur saat mengambil screenshot di Meizu M3 Note, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

1. Screenshot Easy

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk mengambil screenshot adalah Screenshot Easy. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti pengaturan tampilan, pengeditan, dan berbagi screenshot dengan mudah.

2. Screen Master

Screen Master adalah aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Meizu M3 Note. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan yang lengkap seperti menambahkan teks, garis, dan panah pada screenshot Anda.

3. Screenshot Capture

Screenshot Capture adalah aplikasi sederhana namun efektif untuk mengambil screenshot di Meizu M3 Note. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang bersih dan mudah digunakan.

4. Screenshot Touch

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat hanya dengan satu tap, Anda dapat mencoba Screenshot Touch. Aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan tombol screenshot ke layar ponsel Anda untuk kemudahan akses.

Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak pilihan dan fitur saat mengambil screenshot di Meizu M3 Note. Namun, setiap aplikasi mungkin memiliki cara kerja yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan masing-masing aplikasi sebelum menggunakannya.

Mengatur Penyimpanan Screenshot

Setelah mengambil screenshot, Anda mungkin ingin mengatur penyimpanannya agar lebih teratur dan mudah ditemukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Galeri

Pertama, buka aplikasi Galeri di Meizu M3 Note Anda. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara default di ponsel Anda.

2. Cari Folder "Screenshots" atau "Tangk

2. Cari Folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar"

Setelah membuka aplikasi Galeri, cari folder yang bernama "Screenshots" atau "Tangkapan Layar". Biasanya, folder ini secara otomatis dibuat oleh sistem saat Anda mengambil screenshot.

3. Pindahkan atau Salin Screenshot ke Folder yang Diinginkan

Jika Anda ingin mengatur penyimpanan screenshot dengan lebih teratur, Anda dapat membuat folder baru di dalam folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar". Caranya, cukup tap dan tahan pada screenshot yang ingin Anda pindahkan atau salin, lalu pilih opsi "Pindahkan" atau "Salin". Setelah itu, pilih folder tujuan di dalam folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar".

4. Buat Nama yang Deskriptif untuk Screenshot

Untuk memudahkan Anda dalam mencari screenshot di masa depan, sangat disarankan untuk memberi nama yang deskriptif pada setiap screenshot. Misalnya, jika Anda mengambil screenshot hasil pencarian tentang resep masakan, Anda dapat memberi nama seperti "Resep Masakan Ayam". Caranya, tap dan tahan pada screenshot yang ingin Anda ubah namanya, lalu pilih opsi "Ubah Nama" atau "Rename".

5. Gunakan Aplikasi Manajer File

Jika Anda ingin mengatur penyimpanan screenshot dengan lebih rinci, Anda dapat menggunakan aplikasi manajer file seperti ES File Explorer atau Solid Explorer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat folder baru, memindahkan, mengganti nama, dan mengatur screenshot dengan lebih fleksibel.

Penyimpanan Screenshot

Dengan mengatur penyimpanan screenshot dengan baik, Anda dapat dengan mudah menemukan kembali screenshot yang Anda butuhkan saat dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" secara berkala dari screenshot yang tidak lagi diperlukan untuk menghemat ruang penyimpanan di Meizu M3 Note Anda.

Mengedit Screenshot

Selain mengambil screenshot, Meizu M3 Note juga memiliki fitur pengeditan bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengedit screenshot sesuai keinginan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Pertama, buka screenshot yang ingin Anda edit melalui aplikasi Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note Anda. Cari screenshot yang ingin diedit dan ketuk untuk membukanya.

2. Pilih Opsi Edit atau Pengeditan

Setelah membuka screenshot, cari dan pilih opsi edit atau pengeditan. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau melalui menu yang tersedia pada aplikasi Galeri atau aplikasi Foto.

3. Gunakan Alat Pengeditan yang Tersedia

Meizu M3 Note menyediakan alat pengeditan yang cukup lengkap untuk mengedit screenshot Anda. Anda dapat menggunakan alat untuk menambahkan teks, garis, panah, stiker, atau filter pada screenshot. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang telah diinstal di ponsel Anda juga dapat digunakan untuk pengeditan yang lebih canggih.

4. Simpan dan Bagikan Hasil Editan

Setelah selesai mengedit screenshot, pastikan Anda menyimpan hasil editan tersebut. Biasanya, ada opsi "Simpan" atau "Save" yang tersedia setelah Anda menyelesaikan pengeditan. Selain itu, Anda juga dapat membagikan hasil editan kepada teman-teman atau melalui media sosial dengan menekan opsi "Bagikan" atau "Share".

Mengedit Screenshot

Dengan fitur pengeditan yang disediakan oleh Meizu M3 Note, Anda dapat dengan mudah mengedit screenshot sesuai keinginan. Jangan ragu untuk berkreasi dan menambahkan elemen kreatif pada screenshot Anda sebelum membagikannya kepada orang lain.

Berbagi Screenshot

Setelah mengambil dan mengedit screenshot, Anda mungkin ingin membagikannya kepada orang lain. Meizu M3 Note menyediakan beberapa opsi untuk membagikan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Bagikan

Pertama, buka screenshot yang ingin Anda bagikan melalui aplikasi Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note Anda. Cari screenshot yang ingin dibagikan dan ketuk untuk membukanya.

2. Pilih Opsi Bagikan atau Share

Setelah membuka screenshot, cari dan pilih opsi bagikan atau share. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau melalui menu yang tersedia pada aplikasi Galeri atau aplikasi Foto.

3. Pilih Media Sosial atau Aplikasi Lain untuk Membagikan

Meizu M3 Note memungkinkan Anda untuk membagikan screenshot melalui berbagai media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau aplikasi pesan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat membagikannya melalui email, aplikasi Cloud Storage, atau aplikasi komunikasi lainnya yang telah terinstal di ponsel Anda.

4. Tambahkan Pesan atau Keterangan Jika Diperlukan

Jika Anda ingin menambahkan pesan atau keterangan khusus sebelum membagikan screenshot, Anda dapat melakukannya melalui opsi yang tersedia pada aplikasi media sosial atau aplikasi lain yang Anda pilih. Misalnya, Anda dapat menulis deskripsi, menandai teman, atau menambahkan hashtag terkait pada postingan Anda.

Berbagi Screenshot

Dengan berbagai opsi yang disediakan oleh Meizu M3 Note, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot kepada teman-teman atau melalui media sosial. Jangan ragu untuk berbagi momen yang menarik atau tampilan layar yang menarik dengan orang lain.

Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang sudah diambil, Meizu M3 Note juga menyediakan opsi untuk menghapusnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Galeri atau Aplikasi Foto

Pertama, buka aplikasi Galeri atau aplikasi Foto di Meizu M3 Note Anda.

2. Cari Folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar"

Setelah membuka aplikasi Galeri atau aplikasi Foto, cari folder yang bernama "Screenshots" atau "Tangkapan Layar".

3. Pilih Screenshot yang Ingin Anda Hapus

Setelah menemukan folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar", cari dan pilih screenshot yang ingin Anda hapus. Untuk memilih screenshot, tap dan tahan pada gambar tersebut.

4. Hapus Screenshot

Setelah memilih screenshot yang ingin Anda hapus, cari dan pilih opsi "Hapus" atau "Delete". Konfirmasikan penghapusan dengan menekan "OK" atau "Ya" jika diminta.

Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus beberapa screenshot sekaligus, Anda juga dapat memilih beberapa gambar sebelum memilih opsi "Hapus" atau "Delete". Dengan menghapus screenshot yang tidak lagi diperlukan, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan dan menjaga kebersihan galeri di Meizu M3 Note Anda.

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Mengambil Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba mengambil screenshot di Meizu M3 Note, jangan khawatir! Beberapa solusi berikut mungkin dapat membantu Anda:

1. Restart Ponsel Anda

K

1. Restart Ponsel Anda

Kadang-kadang, masalah teknis sederhana dapat mempengaruhi kemampuan ponsel Anda untuk mengambil screenshot. Coba restart Meizu M3 Note Anda dengan mematikan ponsel dan kemudian menghidupkannya kembali. Setelah restart, coba lagi untuk mengambil screenshot dan lihat apakah masalahnya teratasi.

2. Periksa Ruang Penyimpanan

Jika ruang penyimpanan di Meizu M3 Note Anda hampir penuh, ini dapat mempengaruhi kemampuan ponsel untuk mengambil screenshot. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan screenshot dengan menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan. Anda juga dapat memindahkan file lain ke penyimpanan eksternal atau ke cloud storage untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal.

3. Perbarui Perangkat Lunak

Kadang-kadang, masalah dengan pengambilan screenshot dapat terkait dengan perangkat lunak yang tidak terbarui di Meizu M3 Note Anda. Periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia dan instal jika ada. Pembaruan perangkat lunak sering kali memperbaiki masalah teknis dan meningkatkan kinerja ponsel.

4. Periksa Pengaturan Sistem

Periksa pengaturan sistem di Meizu M3 Note Anda untuk memastikan bahwa fungsi pengambilan screenshot tidak dinonaktifkan atau dikonfigurasi dengan cara yang tidak benar. Buka Pengaturan > Layar dan cek apakah ada opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi pengambilan screenshot. Pastikan pengaturan ini diatur dengan benar.

5. Coba Metode Lain

Jika Anda masih mengalami masalah dalam mengambil screenshot di Meizu M3 Note, coba metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya. Misalnya, jika Anda mengalami masalah dengan penggunaan tombol fisik, cobalah menggunakan gesture atau menu notifikasi untuk mengambil screenshot. Mungkin metode lain dapat berfungsi dengan baik meskipun ada masalah dengan metode yang sedang Anda coba.

6. Hubungi Layanan Dukungan

Jika semua upaya di atas gagal untuk memperbaiki masalah pengambilan screenshot di Meizu M3 Note Anda, disarankan untuk menghubungi layanan dukungan Meizu. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan saran khusus sesuai dengan situasi Anda.

Masalah Screenshot

Jangan khawatir jika Anda mengalami masalah dalam mengambil screenshot di Meizu M3 Note. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah tersebut dan kembali mengambil screenshot dengan mudah.

Tips dan Trik Mengambil Screenshot yang Lebih Baik

Terakhir, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengambil screenshot yang lebih baik di Meizu M3 Note:

1. Bersihkan Layar Ponsel Anda

Sebelum mengambil screenshot, pastikan layar ponsel Anda bersih dari sidik jari atau debu. Bersihkan layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber untuk menghindari jejak atau goresan yang tidak diinginkan pada screenshot Anda.

2. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik dapat membuat screenshot Anda terlihat lebih jelas dan berkualitas. Pastikan Anda berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup saat mengambil screenshot. Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap yang dapat mengganggu kualitas gambar.

3. Gunakan Fitur Timer

Jika Anda mengambil screenshot yang melibatkan tindakan atau pergerakan di layar, gunakan fitur timer yang tersedia pada Meizu M3 Note. Dengan menggunakan timer, Anda dapat menyesuaikan waktu pengambilan screenshot dengan sempurna, sehingga Anda dapat merekam momen yang tepat dengan akurat.

4. Pilih Resolusi Gambar yang Tepat

Meizu M3 Note memungkinkan Anda untuk memilih resolusi gambar saat mengambil screenshot. Jika Anda ingin menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi, pilih resolusi tertinggi yang tersedia. Namun, perlu diingat bahwa resolusi yang lebih tinggi juga akan menghasilkan file gambar yang lebih besar.

5. Jaga Keseimbangan antara Keseluruhan Layar dan Detail

Saat mengambil screenshot, pastikan Anda menjaga keseimbangan antara keseluruhan tampilan layar dan detail yang ingin Anda tampilkan. Jangan terlalu fokus pada satu elemen, tetapi juga jangan biarkan gambar menjadi terlalu kecil sehingga detailnya sulit terlihat.

6. Gunakan Fitur Scroll Screenshot

Meizu M3 Note juga memiliki fitur scroll screenshot yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar panjang, seperti halaman web atau pesan teks yang panjang. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya saat mengambil screenshot dengan menggunakan tombol fisik atau gesture.

7. Eksplorasi dan Coba Fitur Lainnya

Meizu M3 Note memiliki banyak fitur dan pengaturan yang dapat meningkatkan pengalaman pengambilan screenshot Anda. Jelajahi pengaturan dan fitur lainnya yang tersedia di ponsel Anda untuk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Tips Dan Trik Screenshot

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat mengambil screenshot yang lebih baik dan memaksimalkan pengalaman penggunaan Meizu M3 Note Anda. Jangan ragu untuk mencoba berbagai teknik dan eksperimen dengan pengaturan yang ada untuk menemukan gaya pengambilan screenshot yang paling sesuai dengan Anda.

Dengan panduan lengkap dan terperinci ini, Anda sekarang dapat dengan mudah mengambil screenshot di Meizu M3 Note. Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah kami jelaskan dan pilih yang paling cocok untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mengambil screenshot!

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Meizu M3 Note: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]