Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Infinix Zero 2: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda merupakan pengguna Infinix Zero 2 dan ingin mengetahui cara melakukan screenshot, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci mengenai cara screenshot Infinix Zero 2. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di ponsel Anda.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita bahas sedikit tentang Infinix Zero 2. Infinix Zero 2 adalah ponsel pintar yang memiliki spesifikasi yang cukup mengesankan. Dengan layar yang jernih dan kamera yang berkualitas tinggi, banyak pengguna Infinix Zero 2 yang ingin dapat mengambil tangkapan layar untuk berbagai keperluan, seperti membagikan momen penting atau menyimpan informasi penting.

Menggunakan Tombol Volume dan Tombol Power

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Langkah pertama dalam cara screenshot Infinix Zero 2 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol volume dan tombol power. Anda hanya perlu menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, Anda akan melihat notifikasi bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Jika Anda kesulitan menemukan tombol volume dan tombol power, berikut adalah langkah-langkah yang lebih terperinci:

Langkah 1:

Cari tombol volume dan tombol power di sisi ponsel Anda. Pada Infinix Zero 2, tombol volume biasanya berada di sisi kanan ponsel, sedangkan tombol power terletak di sisi kanan atau atas ponsel.

Langkah 2:

Tekan dan tahan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 3:

Setelah beberapa detik, Anda akan mendengar suara shutter dan melihat notifikasi bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Anda juga dapat melihat tangkapan layar yang diambil di galeri ponsel Anda.

Langkah-langkah di atas adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengambil tangkapan layar di Infinix Zero 2. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan kombinasi tombol, ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

Menggunakan Fitur Screenshot di Menu Pengaturan

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Jika Anda tidak ingin menggunakan kombinasi tombol, Anda juga dapat menggunakan fitur screenshot yang tersedia di menu pengaturan Infinix Zero 2. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan, mencari opsi screenshot, dan mengaktifkannya. Setelah itu, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol yang ditunjukkan di layar.

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk menggunakan fitur screenshot di menu pengaturan:

Langkah 1:

Buka menu pengaturan di ponsel Infinix Zero 2. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon pengaturan di layar utama atau melalui menu aplikasi.

Langkah 2:

Cari opsi "Screenshot" atau "Tangkapan Layar" di menu pengaturan. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Sistem".

Langkah 3:

Ketuk opsi "Screenshot" untuk mengakses pengaturannya. Anda mungkin perlu mengaktifkan opsi ini jika belum diaktifkan.

Langkah 4:

Setelah mengaktifkan opsi screenshot, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol yang ditunjukkan di layar. Biasanya, tombol ini berbentuk ikon kamera atau ikon tangkapan layar.

Dengan menggunakan fitur screenshot di menu pengaturan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol volume dan tombol power. Namun, jika Anda ingin lebih banyak fitur dan kontrol saat mengambil tangkapan layar, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Jika Anda ingin lebih banyak fitur dan kontrol saat mengambil tangkapan layar, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk screenshot adalah Screenshot Easy, Screenshot Capture, dan Screenshot Touch. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang Anda pilih, kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan.

Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga adalah sebagai berikut:

Langkah 1:

Buka Play Store di ponsel Infinix Zero 2. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon Play Store di layar utama atau melalui menu aplikasi.

Langkah 2:

Cari aplikasi screenshot pihak ketiga dengan mengetikkan kata kunci seperti "screenshot" atau "tangkapan layar" di kolom pencarian Play Store.

Langkah 3:

Pilih aplikasi yang Anda inginkan dari hasil pencarian dan ketuk tombol "Instal" untuk mengunduh dan menginstalnya di ponsel Anda.

Langkah 4:

Buka aplikasi screenshot setelah selesai diinstal. Anda mungkin perlu memberikan izin akses ke layar ponsel Anda.

Langkah 5:

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil tangkapan layar. Setiap aplikasi dapat memiliki cara yang sedikit berbeda untuk mengambil tangkapan layar, jadi pastikan Anda membaca petunjuk dengan seksama.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih banyak fitur dan kontrol, seperti menambahkan teks, menggambar, atau mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya. Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan opsi pengaturan khusus untuk mengatur format dan kualitas tangkapan layar.

Mengedit dan Berbagi Tangkapan Layar

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Setelah Anda berhasil mengambil tangkapan layar, Anda dapat mengeditnya sebelum membagikannya. Infinix Zero 2 dilengkapi dengan aplikasi pengedit foto bawaan yang memungkinkan Anda memotong, menambahkan teks, atau menggambar di atas tangkapan layar. Setelah Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat langsung membagikannya melalui aplikasi media sosial atau aplikasi pesan yang Anda gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit dan membagikan tangkapan layar di Infinix Zero 2:

Langkah 1:

Setelah mengambil tangkapan layar, buka galeri ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon galeri di layar utama atau melalui menu aplikasi.

Langkah 2:

Pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit dan buka dengan mengkliknya.

Langkah 3:

Ketuk opsi "Edit" atau ikon pensil di bagian atas layar. Ini akan membuka aplikasi pengedit foto bawaan.

Langkah 4:

Gunakan berbagai alat pengedit yang tersedia untuk memotong, menambahkan teks, atau menggambar di atas tangkapan layar. Anda dapat memilih alat yang Anda inginkan dan mengubah ukuran, warna, atau ketebalan alat sesuai keinginan Anda.

Langkah 5:

Setelah selesai mengedit, ketuk opsi "Simpan" atau ikon centang di bagian atas layar untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Langkah 6:

Sekarang Anda dapat membagikan tangkapan layar yang telah diedit. Klik ikon berbagi di aplikasi pengedit foto dan pilih aplikasi media sosial atau aplikasi pesan yang ingin Anda gunakan untuk membagikannya.

Dengan mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya, Anda dapat menyoroti atau menekankan bagian penting, menambahkan keterangan atau catatan, atau menyesuaikan tampilan agar sesuai dengan preferensi Anda. Ini akan membantu memperjelas pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain.

Memperbaiki Masalah Saat Tidak Bisa Mengambil Screenshot

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba mengambil tangkapan layar, seperti tidak ada notifikasi atau layar yang menjadi hitam, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba. Pertama, pastikan bahwa ponsel Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan tangkapan layar. Jika ruang penyimpanan Anda penuh, hapus beberapa file yang tidak diperlukan atau pindahkan file ke penyimpanan eksternal.

Jika masalah masih terjadi, coba restart ponsel Anda. Kadang-kadang, masalah teknis sementara dapat mempengaruhi kemampuan ponsel untuk mengambil tangkapan layar. Dengan me-restart ponsel, Anda dapat memulai ulang sistem dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

Jika masalah tetap berlanjut, periksa juga tombol volume dan tombol power. Pastikan bahwa keduanya berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah fisik yang menghambat penggunaan tombol tersebut. Jika perlu, bawa ponsel Anda ke pusat layanan Infinix untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian tombol jika diperlukan.

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan metode alternatif, seperti menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga atau mengaktifkan fitur tangkapan layar otomatis. Setiap ponsel mungkin memiliki fitur atau aplikasi yang berbeda, jadi pastikan Anda menyesuaikan dengan model dan merek ponsel Anda.

Menggunakan Fitur Scrollshot

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Infinix Zero 2 juga dilengkapi dengan fitur Scrollshot yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar panjang. Fitur ini berguna saat Anda ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web atau chat yang panjang, di mana satu tangkapan layar tidak cukup untuk menangkap seluruh konten.

Untuk menggunakan fitur Scrollshot, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka halaman web atau chat yang ingin Anda tangkap.

Langkah 2:

Lakukan langkah-langkah yang biasa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar, seperti menekan tombol volume dan tombol power secara bersamaan atau menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Langkah 3:

Setelah mengambil tangkapan layar pertama, Anda akan melihat opsi Scrollshot muncul di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan mengambil tangkapan layar.

Langkah 4:

Gulirkan layar ke atas atau ke bawah untuk menangkap konten yang ingin Anda sertakan dalam tangkapan layar panjang. Pada saat Anda menggulirkan layar, Infinix Zero 2 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar secara bertahap.

Langkah 5:

Setelah selesai menggulirkan layar, Anda dapat melihat tangkapan layar panjang yang telah diambil di galeri ponsel Anda. Tangkapan layar ini akan menampilkan seluruh konten dari halaman web atau chat yang Anda tangkap.

Dengan menggunakan fitur Scrollshot, Anda tidak perlu lagi mengambil beberapa tangkapan layar dan menggabungkannya secara manual. Fitur ini akan menghemat waktu dan usaha Anda dalam mengambil tangkapan layar dari konten yang panjang atau memanjang.

Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Selain mengambil tangkapan layar, Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam layar untuk merekam aktivitas di layar Infinix Zero 2. Aplikasi perekam layar berguna saat Anda ingin merekam video tutorial, demo aplikasi, atau gameplay game yang sedang Anda mainkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi perekam layar:

Langkah 1:

Buka Play Store di ponsel Infinix Zero 2 dan cari aplikasi perekam layar dengan mengetikkan kata kunci seperti "perekam layar" atau "screen recorder" di kolom pencarian.

Langkah 2:

Pilih aplikasi perekam layar yang Anda inginkan dari hasil pencarian dan mengunduhnya ke ponsel Anda.

Langkah 3:

Buka aplikasi perekam layar setelah selesai diinstal. Biasanya, Anda akan melihat ikon aplikasi di layar utama atau melalui menu aplikasi.

Langkah 4:

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur pengaturan perekaman, seperti resolusi video, kualitas audio, dan opsi penyimpanan.

Langkah 5:

Setelah selesai mengatur pengaturan, ketuk tombol "Mulai Perekaman" atau ikon merekam di aplikasi untuk memulai perekaman layar.

Langkah 6:

Lakukan aktivitas yang ingin Anda rekam di layar Infinix Zero 2. Aplikasi perekam layar akan merekam semua yang terjadi di layar ponsel Anda, termasuk gerakan, suara, dan interaksi dengan aplikasi.

Langkah 7:

Setelah selesai merekam, ketuk tombol "Selesai" atau ikon stop di aplikasi untuk menghentikan perekaman layar.

Langkah 8:

Aplikasi perekam layar akan menyimpan rekaman video di galeri ponsel Anda. Anda dapat membuka galeri dan membagikan video rekaman ke platform atau aplikasi yang Anda inginkan.

Dengan menggunakan aplikasi perekam layar, Anda dapat merekam aktivitas di layar Infinix Zero 2 dengan mudah. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, merekam presentasi, atau berbagi momen penting dengan teman dan keluarga.

Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Infinix Zero 2 juga memiliki fitur Screenshot Panjang yangmemungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari seluruh halaman web atau dokumen yang panjang. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin menyimpan atau berbagi artikel, blog, atau dokumen yang lebih dari satu layar.

Untuk menggunakan fitur Screenshot Panjang, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda tangkap.

Langkah 2:

Lakukan langkah-langkah yang biasa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar, seperti menekan tombol volume dan tombol power secara bersamaan atau menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Langkah 3:

Setelah mengambil tangkapan layar pertama, Anda akan melihat opsi Screenshot Panjang muncul di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan mengambil tangkapan layar.

Langkah 4:

Gulirkan layar ke atas atau ke bawah untuk menangkap seluruh konten yang ingin Anda sertakan dalam tangkapan layar panjang. Infinix Zero 2 akan secara otomatis mengambil tangkapan layar secara bertahap saat Anda menggulirkan layar.

Langkah 5:

Setelah selesai menggulirkan layar, Anda dapat melihat tangkapan layar panjang yang telah diambil di galeri ponsel Anda. Tangkapan layar ini akan menampilkan seluruh konten dari halaman web atau dokumen yang Anda tangkap.

Dengan menggunakan fitur Screenshot Panjang, Anda tidak perlu lagi mengambil beberapa tangkapan layar dan menggabungkannya secara manual. Fitur ini akan menghemat waktu dan usaha Anda dalam mengambil tangkapan layar dari konten yang panjang atau memanjang seperti artikel, blog, atau dokumen penting.

Menggunakan Aplikasi Penangkap Layar Otomatis

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Jika Anda sering perlu mengambil tangkapan layar secara otomatis, Anda dapat menggunakan aplikasi penangkap layar otomatis. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda mengatur waktu dan interval pengambilan tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi penangkap layar otomatis:

Langkah 1:

Buka Play Store di ponsel Infinix Zero 2 dan cari aplikasi penangkap layar otomatis dengan mengetikkan kata kunci seperti "penangkap layar otomatis" atau "automated screenshot" di kolom pencarian.

Langkah 2:

Pilih aplikasi penangkap layar otomatis yang Anda inginkan dari hasil pencarian dan mengunduhnya ke ponsel Anda.

Langkah 3:

Buka aplikasi penangkap layar otomatis setelah selesai diinstal. Biasanya, Anda akan melihat ikon aplikasi di layar utama atau melalui menu aplikasi.

Langkah 4:

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur pengaturan penangkapan layar otomatis, seperti waktu mulai dan waktu berhenti, interval pengambilan tangkapan layar, dan opsi penyimpanan.

Langkah 5:

Aktifkan fitur penangkapan layar otomatis dengan menekan tombol "Mulai" atau mengatur jadwal penangkapan layar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 6:

Aplikasi penangkap layar otomatis akan secara otomatis mengambil tangkapan layar sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan. Tangkapan layar akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan menggunakan aplikasi penangkap layar otomatis, Anda dapat mengambil tangkapan layar secara otomatis tanpa harus menekan tombol atau melakukan tindakan manual. Ini sangat berguna jika Anda ingin merekam aktivitas layar secara teratur atau mengawasi perubahan yang terjadi pada layar ponsel Anda.

Menggunakan Fitur Gestur

Cara Screenshot Infinix Zero 2

Infinix Zero 2 juga dilengkapi dengan fitur gestur yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan gerakan tangan. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat tanpa harus menekan tombol atau menggunakan aplikasi tambahan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur gestur:

Langkah 1:

Buka menu pengaturan di ponsel Infinix Zero 2 dan cari opsi "Gestur" atau "Gerakan" di menu pengaturan. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Sistem".

Langkah 2:

Ketuk opsi "Gestur" atau "Gerakan" untuk mengakses pengaturannya. Anda mungkin perlu mengaktifkan opsi ini jika belum diaktifkan.

Langkah 3:

Pilih opsi "Gestur Tangkapan Layar" atau "Gerakan Tangkapan Layar" untuk mengaktifkan fitur gestur.

Langkah 4:

Setelah mengaktifkan fitur gestur, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan melakukan gerakan tangan yang sudah ditentukan. Misalnya, Anda dapat menggoyangkan ponsel atau menggambar bentuk tertentu di layar untuk mengambil tangkapan layar.

Setiap ponsel mungkin memiliki gerakan tangan yang berbeda untuk mengambil tangkapan layar. Pastikan Anda membaca petunjuk yang diberikan di menu pengaturan untuk mengetahui gerakan tangan yang harus dilakukan.

Dengan menggunakan fitur gestur, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan satu tangan atau saat Anda tidak dapat menekan tombol pada ponsel.

Dengan demikian, itulah panduan lengkap dan terperinci mengenai cara screenshot Infinix Zero 2. Dengan mengetahui berbagai metode yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di ponsel Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Infinix Zero 2: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]