Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Infinix Note 4 Pro: Panduan Lengkap dan Praktis

Apakah Anda pengguna Infinix Note 4 Pro dan ingin tahu bagaimana cara screenshot dengan mudah? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara melakukan screenshot di perangkat Infinix Note 4 Pro. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang diinginkan dan membagikannya dengan teman-teman atau menggunakannya untuk keperluan lainnya.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang Infinix Note 4 Pro. Perangkat ini dilengkapi dengan layar 5.7 inci yang jernih dan tajam, sistem operasi Android Nougat, dan prosesor octa-core yang cukup kuat. Selain itu, Note 4 Pro juga dilengkapi dengan fitur-fitur keren seperti pemindai sidik jari, baterai 4500mAh yang tahan lama, dan kamera belakang 13MP yang menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi.

Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Langkah pertama untuk melakukan screenshot di Infinix Note 4 Pro adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip dan suara shutter terdengar. Tangkapan layar akan otomatis disimpan di folder galeri Anda.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini, pastikan Anda menekan kedua tombol dengan tepat dan pada saat yang bersamaan. Jika Anda salah menekan tombol atau tidak menekannya secara bersamaan, Anda mungkin tidak berhasil mengambil screenshot. Praktekkan beberapa kali untuk memastikan Anda menguasai teknik ini.

Keunggulan Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah memiliki beberapa keunggulan. Pertama, ini adalah metode yang umum digunakan di sebagian besar ponsel Android, termasuk Infinix Note 4 Pro, sehingga Anda tidak perlu bingung dengan cara yang berbeda untuk mengambil screenshot di setiap perangkat. Kedua, metode ini dapat diakses dengan mudah karena tombol Power dan Volume Bawah terletak di sisi perangkat dan mudah dijangkau dengan jari Anda. Ketiga, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat hanya dengan satu tangan, tanpa perlu menggunakan kedua tangan.

Tombol Power Dan Volume Bawah

Menggunakan Gesture Tiga Jari

Jika Anda ingin menggunakan metode yang lebih praktis dan cepat, Anda dapat mengaktifkan fitur Gesture Tiga Jari di Infinix Note 4 Pro. Dengan fitur ini, Anda hanya perlu menggeser tiga jari secara horizontal atau vertikal di atas layar untuk mengambil screenshot. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan, pilih Fitur Gawai, dan aktifkan fitur Gesture Tiga Jari. Setelah diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan gerakan tiga jari yang intuitif.

Gesture Tiga Jari adalah fitur yang sangat berguna karena memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus menggunakan tombol atau mencari ikon di layar. Gerakan tiga jari dapat dilakukan dengan satu tangan, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kedua tangan. Fitur ini sangat praktis saat Anda sedang melakukan tugas lain dan ingin mengambil tangkapan layar secara instan.

Keunggulan Menggunakan Gesture Tiga Jari

Salah satu keunggulan utama menggunakan Gesture Tiga Jari adalah kemudahannya. Anda hanya perlu menggeser tiga jari secara cepat dan tepat di atas layar, tanpa perlu mencari tombol atau ikon screenshot. Gerakan ini juga cukup intuitif dan mudah diingat setelah Anda melakukan beberapa kali. Selain itu, dengan menggunakan gerakan tiga jari, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan efisien, meningkatkan produktivitas Anda dalam menggunakan Infinix Note 4 Pro.

Gesture Tiga Jari

Menggunakan Fitur Screenshot di Bilah Notifikasi

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol atau gesture, Infinix Note 4 Pro juga menyediakan fitur screenshot yang dapat diakses melalui bilah notifikasi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menarik bilah notifikasi ke bawah, cari ikon screenshot, dan ketuk untuk mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar akan langsung disimpan di folder galeri Anda.

Fitur screenshot di bilah notifikasi sangat praktis karena Anda dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan beberapa ketukan di layar. Anda tidak perlu mencari tombol atau ikon di berbagai bagian perangkat Anda. Selain itu, fitur ini biasanya dapat diakses dengan cepat dan mudah karena bilah notifikasi selalu terlihat dan dapat diakses dari layar mana pun.

Keunggulan Menggunakan Fitur Screenshot di Bilah Notifikasi

Keunggulan utama menggunakan fitur screenshot di bilah notifikasi adalah kemudahannya. Anda dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan beberapa ketukan di layar, tanpa perlu mencari tombol atau ikon di perangkat Anda. Selain itu, fitur ini biasanya dapat diakses dengan cepat dan mudah karena bilah notifikasi selalu terlihat dan dapat diakses dari layar mana pun. Fitur screenshot di bilah notifikasi juga memberi Anda kemampuan untuk melihat tangkapan layar yang baru diambil secara langsung, sehingga Anda dapat memverifikasi dan menggunakan tangkapan layar tersebut dengan segera.

Fitur Screenshot Di Bilah Notifikasi

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fitur saat mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk mengambil tangkapan layar adalah Screenshot Easy, Screenshot Capture, dan Super Screenshot. Anda dapat mencari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menginstalnya di Infinix Note 4 Pro Anda. Setelah diinstal, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Aplikasi pihak ketiga sering kali menawarkan lebih banyak opsi dan fitur saat mengambil screenshot. Anda dapat mengatur kualitas gambar, mengedit tangkapan layar secara langsung setelah diambil, dan bahkan mengatur opsi penyimpanan. Beberapa aplikasi juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cara yang unik, seperti dengan mengguncangkan perangkat atau menggunakan tombol virtual di layar. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menyesuaikan pengalaman mengambil screenshot sesuai dengan keinginan Anda.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Keunggulan utama menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah fleksibilitas dan fitur tambahan yang ditawarkan. Aplikasi ini sering kali menawarkan lebih banyak opsi dan fitur saat mengambil screenshot, seperti mengatur kualitas gambar, mengedit tangkapan layar secara langsung, dan mengatur opsi penyimpanan. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur unik yang tidak dapat Anda temukan di fitur bawaan perangkat, seperti mengguncangkan perangkat atau menggunakan tombol virtual di layar. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menyesuaikan pengalaman mengambil screenshot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Aplikasi Pihak Ketiga

Mengedit dan Membagikan Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Infinix Note 4 Pro,Anda dapat mengeditnya sebelum membagikannya atau menyimpannya. Infinix Note 4 Pro menyediakan editor gambar bawaan yang memungkinkan Anda memotong, menambahkan teks, memberikan efek, atau menggambar di atas tangkapan layar. Setelah diedit, Anda dapat langsung membagikannya melalui aplikasi media sosial atau menyimpannya ke galeri Anda.

Mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya dapat meningkatkan kualitas dan estetika tangkapan layar yang Anda ambil. Anda dapat memotong bagian yang tidak diperlukan, menambahkan teks untuk memberikan penjelasan atau konteks, memberikan efek seperti pencahayaan atau kontras, atau bahkan menggambar di atas tangkapan layar untuk menyoroti atau menandai bagian tertentu. Dengan menggunakan editor gambar bawaan Infinix Note 4 Pro, Anda dapat dengan mudah mengedit tangkapan layar tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah Mengedit Screenshot di Infinix Note 4 Pro

1. Buka tangkapan layar yang ingin Anda edit di aplikasi galeri.2. Ketuk tombol edit atau ikon pensil untuk membuka editor gambar.3. Anda akan melihat berbagai opsi pengeditan, seperti memotong, menambahkan teks, memberikan efek, atau menggambar.4. Pilih opsi yang diinginkan dan sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.5. Setelah selesai mengedit, simpan perubahan yang telah Anda buat.6. Anda dapat langsung membagikan tangkapan layar yang telah diedit melalui aplikasi media sosial atau menyimpannya ke galeri Anda.

Mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya juga dapat membantu memperjelas pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan. Misalnya, jika Anda ingin memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang suatu proses, Anda dapat menambahkan teks atau panah untuk memandu pembaca. Atau jika Anda ingin menyoroti bagian tertentu dalam tangkapan layar, Anda dapat menggunakan fitur penjelasan atau efek untuk membuatnya lebih terlihat.

Setelah Anda puas dengan hasil editing, Anda dapat langsung membagikan tangkapan layar tersebut melalui aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Instagram, atau Facebook. Anda juga dapat menyimpannya ke galeri Anda untuk digunakan nanti atau untuk referensi pribadi. Dengan mengedit dan membagikan tangkapan layar, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih jelas dan efektif.

Memeriksa dan Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin memeriksa atau menghapus tangkapan layar yang telah Anda ambil sebelumnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Infinix Note 4 Pro. Cukup buka aplikasi galeri Anda, cari folder tangkapan layar, dan Anda akan melihat semua screenshot yang telah Anda ambil. Untuk menghapusnya, cukup tekan dan tahan screenshot yang ingin dihapus, lalu pilih opsi hapus.

Memeriksa tangkapan layar yang telah Anda ambil sebelumnya dapat membantu Anda mengatur dan mencari tangkapan layar yang Anda butuhkan. Dengan melihat daftar tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah menemukan tangkapan layar yang ingin Anda lihat atau gunakan kembali. Jika Anda memiliki banyak tangkapan layar, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di aplikasi galeri untuk menemukan tangkapan layar berdasarkan kata kunci atau tanggal pengambilan.

Langkah-langkah Memeriksa dan Menghapus Screenshot di Infinix Note 4 Pro

1. Buka aplikasi galeri di Infinix Note 4 Pro Anda.2. Cari folder tangkapan layar atau album yang berisi tangkapan layar.3. Gulir ke bawah untuk melihat semua tangkapan layar yang telah Anda ambil.4. Untuk memeriksa tangkapan layar, cukup ketuk pada gambar tersebut untuk memperbesarnya.5. Jika Anda ingin menghapus tangkapan layar, tekan dan tahan gambar tersebut hingga muncul opsi hapus.6. Pilih opsi hapus untuk menghapus tangkapan layar dari perangkat Anda.

Dengan memeriksa dan menghapus tangkapan layar yang tidak lagi diperlukan, Anda dapat mengelola ruang penyimpanan di perangkat Anda dan menjaga folder tangkapan layar tetap terorganisir. Pastikan Anda melakukan peninjauan rutin pada tangkapan layar Anda dan hanya menyimpan yang benar-benar penting atau relevan bagi Anda.

Mengatur Lokasi Penyimpanan Screenshot

Jika Anda ingin mengatur lokasi penyimpanan screenshot agar lebih terorganisir, Infinix Note 4 Pro memungkinkan Anda untuk melakukannya. Caranya cukup sederhana, buka aplikasi kamera, tekan ikon pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Penyimpanan" atau "Lokasi Penyimpanan", dan pilih folder penyimpanan yang Anda inginkan. Dengan mengatur lokasi penyimpanan yang sesuai, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelola tangkapan layar Anda.

Mengatur lokasi penyimpanan untuk tangkapan layar dapat membantu Anda mengorganisir dan memisahkan tangkapan layar dari foto atau file lainnya yang ada di perangkat Anda. Misalnya, Anda dapat membuat folder khusus untuk tangkapan layar atau menyimpannya langsung ke folder yang relevan dengan konten tangkapan layar tersebut. Dengan mengatur lokasi penyimpanan yang sesuai, Anda akan lebih mudah menemukan dan mengelola tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda.

Langkah-langkah Mengatur Lokasi Penyimpanan Screenshot di Infinix Note 4 Pro

1. Buka aplikasi kamera di Infinix Note 4 Pro Anda.2. Ketuk ikon pengaturan yang biasanya berbentuk ikon roda gigi atau tiga titik di pojok kanan atas.3. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Penyimpanan" atau "Lokasi Penyimpanan".4. Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan lokasi penyimpanan.5. Pilih folder penyimpanan yang Anda inginkan atau buat folder baru jika diperlukan.6. Setelah selesai, keluar dari pengaturan dan mulai mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar akan disimpan di lokasi yang telah Anda tentukan.

Dengan mengatur lokasi penyimpanan yang sesuai, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelola tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih lokasi penyimpanan yang mudah diakses dan sesuai dengan struktur file Anda agar tidak kesulitan mencari tangkapan layar di masa mendatang.

Menggunakan Screenshot Panjang

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar yang panjang, seperti saat mengambil tangkapan layar dari halaman web yang panjang atau percakapan panjang di media sosial, Infinix Note 4 Pro menyediakan fitur screenshot panjang. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu melakukan screenshot seperti biasa, dan setelah itu Anda akan melihat opsi untuk menyimpan tangkapan layar dalam bentuk panjang. Pilih opsi tersebut, dan Anda akan memiliki tangkapan layar yang mencakup seluruh halaman web atau percakapan.

Fitur screenshot panjang sangat berguna saat Anda ingin menyimpan informasi yang tidak terlihat secara keseluruhan dalam satu tangkapan layar biasa. Misalnya, saat Anda ingin menyimpan seluruh halaman web yang panjang atau riwayat percakapan yang membutuhkan beberapa tangkapan layar. Dengan menggunakan fitur screenshot panjang, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dengan mengambil tangkapan layar yang mencakup semua konten yang diinginkan dalam satu gambar.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Screenshot Panjang di Infinix Note 4 Pro

1. Lakukan screenshot seperti biasa dengan menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.2. Setelah mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat opsi untuk menyimpan tangkapan layar dalam bentuk panjang.3. Pilih opsi tersebut untuk mengubah tangkapan layar menjadi tangkapan layar panjang.4. Geser layar ke atas atau ke bawah untuk memilih area yang ingin Anda sertakan dalam tangkapan layar panjang.5. Ketuk tombol selesai atau simpan untuk menyimpan tangkapan layar panjang.

Dengan menggunakan fitur screenshot panjang, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang mencakup seluruh halaman web, dokumen, atau percakapan panjang. Anda tidak perlu lagi mengambil beberapa tangkapan layar terpisah dan menggabungkannya secara manual. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan informasi secara lengkap dalam satu gambar.

Menggunakan Fitur Screenshot Timer

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari sesuatu yang memerlukan waktu untuk dipersiapkan, seperti menu dropdown atau pesan pop-up, Infinix Note 4 Pro menyediakan fitur screenshot timer. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur waktu penundaan sebelum tangkapan layar diambil. Caranya cukup sederhana, buka aplikasi kamera, tekan ikon pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Screenshot Timer" atau "Timer Screenshot", dan atur waktu penundaan yang diinginkan. Setelah itu, tekan tombol screenshot seperti biasa, dan tangkapan layar akan diambil setelah waktu penundaan yang telah Anda atur.

Fitur screenshot timer sangat berguna saat Anda ingin mengambil tangkapan layar dari sesuatu yang muncul setelah jeda waktu tertentu. Misalnya, saat Anda ingin mengambil tangkapan layar dari pesan pop-up yang muncul setelah beberapa detik atau dari menu dropdown yang memerlukan waktu untuk muncul sepenuhnya. Dengan menggunakan fitur screenshot timer, Anda dapat mengatur waktu penundaan yang sesuai sehingga Anda dapat menangkap tampilan yang diinginkan dengan sempurna.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Screenshot Timer di Infinix Note 4 Pro

1. Buka aplikasi kamera di Infinix Note 4 Pro Anda.2. Ketuk ikon pengaturan yang biasanya berbentuk ikon roda gigi atau tiga titik di pojok kanan atas.3. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Screenshot Timer" atau "Timer Screenshot".4. Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan waktu penundaan.5. Atur waktu penundaan yang diinginkan, misalnya 3 detik atau 5 detik.6. Setelah selesai, kembali ke aplikasi yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.7. Tekan tombol screenshot seperti biasa dan biarkan perangkat menunggu hingga waktu penundaan selesai.8. Setelah waktu penundaan selesai, tangkapan layar akan diambil secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur screenshot timer, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari sesuatu yang muncul setelah jeda waktu tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan dengan sempurna tanpa harus terburu-buru untuk menekan tombol screenshot. Pastikan Anda mengatur waktu penundaan yang tepat agar tangkapan layar diambil pada saat yang tepat.

Menggunakan Screenshot Editor

Jika Anda ingin mengedit tangkapan layar dengan fitur yang lebih lengkap dan canggih, Anda dapat menggunakan aplikasi screenshot editor yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer untuk mengedit tangkapan layar adalah Snapseed, Adobe Photoshop Express, dan Pixlr. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit tangkapan layar dengan beragam fitur seperti mengatur kecerahan, kontras, menambahkan filter, atau menggunakan alat-alat pengeditan gambar lainnya.

Aplikasi screenshot editor menawarkan lebih banyak opsi dan fitur pengeditan jika dibandingkan dengan editor bawaan Infinix Note 4 Pro. Anda dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan kejenuhan warna tangkapan layar Anda untuk mendapatkan tampilan yang sempurna. Anda juga dapat menambahkan filter untuk memberikan efek khusus pada tangkapan layar Anda, seperti efek hitam-putih atau efek vintage. Selain itu, aplikasi screenshot editor sering kali menyediakan berbagai alat pengeditan seperti pemotong, penghapus latar belakang, dan penambah teks, yang memungkinkan Anda untuk mengedit tangkapan layar dengan lebih detail dan kreatif.

Langkah-langkah Menggunakan Screenshot Editor di Infinix Note 4 Pro

1. Buka Play Store di Infinix Note 4 Pro Anda dan cari aplikasi screenshot editor yang Anda inginkan, seperti Snapseed atau Adobe Photoshop Express.2. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih.3. Buka aplikasi screenshot editor setelah selesai diinstal.4. Pilih opsi untuk mengedit gambar atau tambahkan gambar baru dari galeri Anda.5. Gunakan berbagai fitur dan alat pengeditan yang tersedia, seperti pengaturan kecerahan, kontras, saturasi, filter, pemotong, atau penambah teks.6. Sesuaikan pengaturan dan edit tangkapan layar Anda sesuai dengan keinginan Anda.7. Setelah selesai mengedit, simpan tangkapan layar yang telah diedit ke galeri Anda atau bagikan langsung melalui aplikasi media sosial.

Dengan menggunakan aplikasi screenshot editor, Anda dapat mengedit tangkapan layar dengan berbagai fitur dan alat yang lebih lengkap dan canggih. Anda dapat mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi, menambahkan filter atau efek khusus, atau menggunakan alat pengeditan lainnya untuk menciptakan tangkapan layar yang unik dan menarik. Pastikan Anda menggunakan aplikasi screenshot editor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk menghasilkan tangkapan layar yang memukau.

Dengan demikian, Anda telah mempelajari cara melakukan screenshot di Infinix Note 4 Pro dengan berbagai metode yang tersedia. Anda juga telah mempelajari cara mengedit dan mengelola tangkapan layar yang telah Anda ambil. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang diinginkan dan menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk mencoba semua metode dan fitur yang telah dijelaskan untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam menggunakan Infinix Note 4 Pro. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Infinix Note 4 Pro: Panduan Lengkap dan Praktis"

Daftar Isi [
tampilkan
]