Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Infinix Hot 4: Panduan Lengkap dan Mudah

Apakah Anda pengguna Infinix Hot 4 dan ingin mengetahui cara screenshot yang mudah untuk mengambil tangkapan layar? Jangan khawatir, kami telah menyusun panduan lengkap ini untuk membantu Anda melakukan screenshot dengan cepat dan mudah pada smartphone Anda.

Infinix Hot 4 adalah salah satu smartphone populer yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot. Dengan mengambil tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar atau informasi penting yang ada di layar smartphone Anda.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada Infinix Hot 4 adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Caranya sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol volume turun dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik.

Metode ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengingat posisi tombol volume turun dan tombol daya pada smartphone Anda. Setelah Anda menekan dan menahan kedua tombol tersebut, Anda akan mendengar suara kamera yang menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Selain itu, Anda juga akan melihat tampilan layar yang berkedip sebentar, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil.

Langkah-langkah Menggunakan Tombol Kombinasi:

  1. Temukan tombol volume turun dan tombol daya pada smartphone Anda.
  2. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tangkapan layar akan diambil dan Anda akan mendengar suara kamera serta melihat tampilan layar yang berkedip sebentar.
  4. Tangkapan layar akan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar menggunakan tombol kombinasi pada Infinix Hot 4 Anda. Metode ini sangat efektif dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, terutama ketika Anda tidak ingin menggunakan fitur lain yang tersedia pada smartphone Anda.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Menggunakan Gesture Tangan

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan lebih mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan fitur gesture tangan yang ada pada Infinix Hot 4. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan menggunakan gerakan tangan tertentu.

Untuk mengaktifkan fitur gesture tangan ini, pertama-tama, buka Pengaturan pada Infinix Hot 4 Anda. Cari dan pilih opsi "Smart Gesture" atau "Gesture Tangan". Setelah itu, Anda akan melihat berbagai pilihan fitur gesture tangan yang dapat diaktifkan. Aktifkan opsi "Screenshot dengan 3 Jari" untuk menggunakan fitur ini.

Setelah Anda mengaktifkan fitur gesture tangan, Anda dapat langsung mengambil tangkapan layar hanya dengan menggunakan tiga jari. Caranya sangat mudah, cukup letakkan tiga jari Anda pada layar smartphone Anda, lalu tarik jari-jari tersebut ke arah bawah. Tangkapan layar akan otomatis diambil dan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.

Fitur gesture tangan ini sangat berguna jika Anda sering mengambil tangkapan layar dan ingin melakukan itu dengan cepat dan mudah. Anda tidak perlu lagi mencari tombol atau mengaktifkan fitur lainnya, cukup menggunakan tiga jari Anda untuk mengambil tangkapan layar seketika.

Langkah-langkah Menggunakan Gesture Tangan:

  1. Buka Pengaturan pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Cari dan pilih opsi "Smart Gesture" atau "Gesture Tangan".
  3. Aktifkan opsi "Screenshot dengan 3 Jari".
  4. Letakkan tiga jari Anda pada layar smartphone Anda.
  5. Tarik jari-jari tersebut ke arah bawah.
  6. Tangkapan layar akan otomatis diambil dan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.
Menggunakan Gesture Tangan

Menggunakan Notifikasi Layar

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol kombinasi atau gesture tangan, Anda juga dapat mengambil screenshot melalui notifikasi layar pada Infinix Hot 4 Anda. Metode ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan pengaturan khusus.

Pertama-tama, pastikan Anda telah mengatur tampilan notifikasi layar pada Infinix Hot 4 Anda. Caranya sangat mudah, cukup buka Pengaturan, cari opsi "Notifikasi Layar" atau "Layar Lock Screen", lalu aktifkan opsi tersebut. Setelah Anda mengatur tampilan notifikasi layar, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar hanya dengan menggunakan gerakan tangan.

Untuk mengambil tangkapan layar melalui notifikasi layar, cukup balikkan ponsel Anda sehingga layarnya menghadap ke bawah. Setelah itu, gesekkan tangan Anda secara singkat di atas layar. Screenshot akan otomatis diambil dan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.

Metode ini sangat praktis jika Anda sedang menggunakan smartphone dengan satu tangan dan ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat. Anda tidak perlu lagi mencari tombol atau menggunakan fitur lainnya, cukup balikkan ponsel Anda dan gesekkan tangan Anda di atas layar untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah-langkah Menggunakan Notifikasi Layar:

  1. Buka Pengaturan pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Cari opsi "Notifikasi Layar" atau "Layar Lock Screen".
  3. Aktifkan opsi tersebut.
  4. Balikkan ponsel Anda sehingga layarnya menghadap ke bawah.
  5. Gesekkan tangan Anda secara singkat di atas layar.
  6. Tangkapan layar akan otomatis diambil dan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.
Menggunakan Notifikasi Layar

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan lebih banyak opsi dan fitur tambahan, Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau AZ Screen Recorder.

Aplikasi pihak ketiga ini dapat membantu Anda mengambil tangkapan layar dengan berbagai cara yang lebih fleksibel. Anda dapat mengatur kualitas, format, dan lokasi penyimpanan tangkapan layar sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur tambahan seperti pengeditan gambar atau rekaman video layar.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, pertama-tama, buka Play Store pada Infinix Hot 4 Anda. Cari aplikasi screenshot yang Anda inginkan, lalu unduh dan instal aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut untuk mengambil tangkapan layar sesuai dengan fitur dan pengaturan yang disediakan.

Beberapa Aplikasi Pihak Ketiga yang Populer:

  • Screenshot Easy: Aplikasi ini menyediakan berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar, seperti tombol virtual, notifikasi, atau waktu tertentu. Anda juga dapat mengedit tangkapan layar dengan mudah menggunakan fitur pengedit gambar yang disediakan.
  • Screenshot Capture: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah. Anda dapat mengatur kualitas, format, dan lokasi penyimpanan tangkapan layar sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan gambar sederhana.
  • AZ Screen Recorder: Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar, tetapi juga merekam video layar. Anda dapat mengatur resolusi, bitrate, dan lokasi penyimpanan video sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan video sederhana.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dengan berbagai opsi dan fitur tambahan. Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati kemudahan dalam mengambil tangkapan layar pada Infinix Hot 4 Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menyimpan dan Membagikan Tangkapan Layar

Setelah Anda berhasil mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya dengan mudah. Cukup buka Galeri atau Aplikasi Foto di Infinix Hot 4 Anda, cari tangkapan layar yang ingin Anda simpan, dan pilih opsi "Simpan Gambar". Selain itu, Anda juga dapat langsung membagikan tangkapan layar melalui aplikasi pesan atau media sosial.

Menyimpan dan membagikan tangkapan layar adalah langkah penting setelah Anda berhasil mengambilnya. Dengan menyimpan tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya. Anda dapat melihatnya kembali, mengeditnya, atau menggunakan gambar tersebut untuk keperluan lainnya.

Sementara itu, dengan membagikan tangkapan layar, Anda dapat berbagi informasi penting atau momen menarik dengan orang lain. Anda dapat mengirimnya melalui pesan teks, email, atau berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau WhatsApp. Dengan membagikan tangkapan layar, Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan lebih jelas dan efektif.

Langkah-langkah Menyimpan dan Membagikan Tangkapan Layar:

  1. Buka Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Cari tangkapan layar yang ingin Anda simpan atau bagikan.
  3. Pilih tangkapan layar tersebut.
  4. Pilih opsi "Simpan Gambar" untuk menyimpan tangkapan layar.
  5. Pilih opsi "Bagikan" untuk membagikan tangkapan layar melalui aplikasi pesan atau media sosial.
  6. Pilih aplikasi atau kontak yang ingin Anda gunakan untuk membagikan tangkapan layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan membagikan tangkapan layar yang telah Anda ambil pada Infinix Hot 4 Anda. Pastikan Anda menyimpan tangkapan layar dengan baik dan membagikannya dengan orang yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan dan manfaat dari tangkapan layar tersebut.

Menyimpan Dan Membagikan Tangkapan Layar

Mengedit Tangkapan Layar

Jika Anda ingin mengedit tangkapan layar sebelum menyimpan atau membagikannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit gambar yang tersedia di Infinix Hot 4. Beberapa aplikasi pengedit gambar populer seperti Adobe Photoshop Express, PicsArt, atau Snapseed dapat membantu Anda mengedit tangkapan layar dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi pengedit gambar, Anda dapat memberikan sentuhan kreatif pada tangkapan layar Anda. Anda dapat melakukan berbagai modifikasi seperti memotong gambar, menambahkan teks atau stiker, mengatur kecerahan atau kontras, atau menerapkan efek khusus. Dengan mengedit tangkapan layar, Anda dapat menghasilkan gambar yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengedit tangkapan layar, pertama-tama, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi pengedit gambar yang diinginkan. Setelah itu, buka aplikasi tersebut, pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit, dan pilih opsi "Edit" atau "Pengeditan". Anda dapat menggunakan berbagai fitur dan alat pengeditan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Setelah selesai mengedit tangkapan layar, Anda dapat menyimpan hasil editan tersebut atau membagikannya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai efek dan modifikasi untuk menghasilkan tangkapan layar yang unik dan menarik.

Langkah-langkah Mengedit Tangkapan Layar:

  1. Unduh dan instal aplikasi pengedit gambar yang diinginkan dari Play Store.
  2. Buka aplikasi pengedit gambar tersebut pada Infinix Hot 4 Anda.
  3. Pilih opsi "Edit" atau "Pengeditan".
  4. Pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit.
  5. Gunakan berbagai fitur dan alat pengeditan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.
  6. Simpan hasil editan atau bagikan tangkapan layar seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Mengedit Tangkapan Layar

Menggunakan Google Assistant

Bagi pengguna Infinix Hot 4 yang menggunakan Google Assistant, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan perintah suara. Google Assistant adalah asisten virtual yang dapat membantu Anda dalam berbagai tugas, termasuk mengambil tangkapan layar.

Untuk menggunakan Google Assistant dalam mengambil tangkapan layar, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Google Assistant pada Infinix Hot 4 Anda. Caranya sangat mudah, cukup tahan tombol home atau ucapkan "Ok Google" untuk mengaktifkan Google Assistant.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan perintah suara untuk mengambil tangkapan layar. Cukup katakan "Ok Google, ambil tangkapan layar" atau "Ok Google, screenshot" dan Google Assistant akan secara otomatis mengambil tangkapan layar untuk Anda.

Metode ini sangat praktis jika Anda tidak ingin menggunakan tombol atau fitur lain pada Infinix Hot 4 Anda. Dengan menggunakan perintah suara, Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa perlu menyentuh atau mengaktifkan apapun pada smartphone Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Google Assistant:

  1. Aktifkan Google Assistant pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Tahan tombol home atau ucapkan "Ok Google" untuk mengaktifkan Google Assistant.
  3. Katakan perintah suara "Ok Google, ambil tangkapan layar" atau "Ok Google, screenshot".
  4. Google Assistant akan secara otomatis mengambil tangkapan layar untuk Anda.
Menggunakan Google Assistant

Menggunakan Fitur Penangkap Layar Panjang

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari sebuah halaman web atau dokumen yang panjang, Infinix Hot 4 juga dilengkapi dengan fitur penangkap layar panjang. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang lebih panjang dari ukuran layar smartphone Anda.

Metode inisangat berguna jika Anda ingin menyimpan atau membagikan konten yang panjang seperti artikel, pesan teks, atau percakapan panjang. Dengan fitur penangkap layar panjang, Anda tidak perlu lagi menggulir layar dan mengambil beberapa tangkapan layar terpisah.

Untuk menggunakan fitur penangkap layar panjang, pertama-tama, buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda tangkap layarnya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Penangkap Layar Panjang:

  1. Aktifkan fitur penangkap layar pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda tangkap layarnya.
  3. Lakukan gerakan swipe-down dengan tangan Anda pada layar smartphone Anda.
  4. Geser jari Anda perlahan ke bawah hingga mencapai bagian bawah halaman atau dokumen yang ingin Anda tangkap.
  5. Tangkapan layar panjang akan otomatis diambil dan disimpan di Galeri atau Aplikasi Foto pada Infinix Hot 4 Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang pada Infinix Hot 4 Anda. Pastikan Anda melakukannya dengan gerakan swipe-down yang perlahan dan konsisten untuk mendapatkan tangkapan layar yang lengkap dan akurat.

Menggunakan Fitur Penangkap Layar Panjang

Menggunakan Fitur Penangkap Layar Video

Jika Anda ingin merekam tangkapan layar dalam bentuk video, Infinix Hot 4 juga menyediakan fitur penangkap layar video. Dengan fitur ini, Anda dapat merekam aktivitas layar smartphone Anda dan menyimpannya dalam format video.

Fitur penangkap layar video ini sangat berguna jika Anda ingin membuat tutorial, membagikan pengalaman bermain game, atau merekam aktivitas layar lainnya. Anda dapat merekam semua yang terjadi pada layar smartphone Anda dan menyimpannya sebagai video yang dapat Anda tonton kembali atau bagikan kepada orang lain.

Untuk menggunakan fitur penangkap layar video, pertama-tama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur tersebut pada Infinix Hot 4 Anda. Caranya sangat mudah, cukup buka Pengaturan, cari opsi "Penangkap Layar Video" atau "Screen Recorder", lalu aktifkan opsi tersebut.

Setelah itu, Anda dapat langsung menggunakan fitur penangkap layar video dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Penangkap Layar Video:

  1. Aktifkan fitur penangkap layar video pada Infinix Hot 4 Anda.
  2. Buka aplikasi atau halaman yang ingin Anda rekam pada layar smartphone Anda.
  3. Swipe-down pada layar smartphone Anda untuk mengakses panel notifikasi.
  4. Cari dan pilih opsi "Screen Recorder" atau "Penangkap Layar Video".
  5. Pilih opsi "Start" atau "Mulai" untuk memulai merekam.
  6. Lakukan aktivitas yang ingin Anda rekam pada layar smartphone Anda.
  7. Pilih opsi "Stop" atau "Berhenti" untuk menghentikan proses rekaman.
  8. Video tangkapan layar akan otomatis disimpan di Galeri atau Aplikasi Video pada Infinix Hot 4 Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah merekam aktivitas layar smartphone Anda menggunakan fitur penangkap layar video pada Infinix Hot 4 Anda. Pastikan Anda menghentikan rekaman setelah selesai dan mengecek video tangkapan layar yang telah disimpan di ponsel Anda.

Menggunakan Fitur Penangkap Layar Video

Tips untuk Mengambil Tangkapan Layar yang Baik

Terakhir, berikut adalah beberapa tips untuk mengambil tangkapan layar yang baik pada Infinix Hot 4 Anda:

  • Pastikan layar smartphone Anda dalam kondisi yang bersih dan bebas dari sidik jari atau noda. Bersihkan layar secara teratur untuk menghindari gangguan pada hasil tangkapan layar.
  • Gunakan resolusi layar yang tinggi untuk hasil tangkapan layar yang lebih jelas dan tajam. Anda dapat mengatur resolusi layar pada Pengaturan Infinix Hot 4 Anda.
  • Periksa pengaturan tangkapan layar di smartphone Anda untuk menyesuaikan kualitas dan format tangkapan layar. Anda dapat mengubah pengaturan ini sesuai dengan preferensi Anda.
  • Perhatikan pencahayaan saat mengambil tangkapan layar. Pastikan pencahayaan yang cukup agar gambar terlihat dengan jelas dan tidak terlalu gelap atau terang.
  • Gunakan fitur penangkap layar yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami dan eksplorasi fitur-fitur yang ada pada Infinix Hot 4 Anda untuk mendapatkan hasil tangkapan layar yang optimal.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengambil tangkapan layar yang baik dan berkualitas pada Infinix Hot 4 Anda. Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode dan fitur yang telah kami jelaskan sebelumnya untuk menemukan cara yang paling nyaman dan efektif bagi Anda.

Tips Untuk Mengambil Tangkapan Layar Yang Baik

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara screenshot Infinix Hot 4 dengan lengkap dan mudah. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tombol kombinasi, gesture tangan, notifikasi layar, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Setelah mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya, mengeditnya, atau membagikannya dengan mudah. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips untuk mengambil tangkapan layar yang baik.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah kami jelaskan di atas. Dengan menguasai cara screenshot di Infinix Hot 4, Anda dapat dengan mudah menyimpan momen penting atau berbagi informasi dengan orang lain. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Infinix Hot 4: Panduan Lengkap dan Mudah"

Daftar Isi [
tampilkan
]