Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei P9 Lite: Panduan Lengkap dan Mudah

Mengambil screenshot atau tangkapan layar pada Huawei P9 Lite adalah salah satu fitur yang berguna untuk berbagai keperluan. Apakah Anda ingin berbagi tampilan layar dengan teman, menyimpan informasi penting, atau mengambil gambar tertentu untuk keperluan pribadi, menguasai cara screenshot pada Huawei P9 Lite adalah hal yang perlu Anda ketahui.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite. Kami akan menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari metode dasar hingga metode alternatif yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, mari kita mulai!

Menggunakan Tombol Fisik pada Huawei P9 Lite

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Caranya sangat sederhana:

1. Arahkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

2. Tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

3. Layar akan berkedip dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Anda dapat menemukan hasil tangkapan layar Anda di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Metode ini sangat mudah dan cepat, karena hanya memerlukan kombinasi tombol fisik yang sudah ada pada Huawei P9 Lite. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan metode ini. Pertama, pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik hingga layar berkedip. Jika Anda hanya menekan tombol sebentar, maka screenshot tidak akan terambil. Kedua, pastikan Anda tidak mengaktifkan fitur lain seperti menekan tombol Volume Up atau tombol Home saat menekan tombol Volume Down dan Power, karena hal ini dapat mengakibatkan fungsi lain yang tidak diinginkan.

Metode ini cocok digunakan untuk situasi di mana Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat, tanpa harus membuka menu atau aplikasi tambahan. Misalnya, ketika Anda ingin menyimpan informasi penting dari sebuah pesan atau menangkap momen penting dalam permainan. Dengan menggunakan tombol fisik, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan praktis.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat, cobalah metode ini pada Huawei P9 Lite Anda.

Tombol Fisik Huawei P9 Lite

Menggunakan Gesture pada Huawei P9 Lite

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan menggunakan gestur pada Huawei P9 Lite, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan pada Huawei P9 Lite Anda.

2. Pilih menu Smart Assistance dan pilih Motion Control.

3. Aktifkan opsi Smart screenshot dengan menggeser tombol ke posisi ON.

4. Arahkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

5. Tarik tiga jari Anda secara bersamaan dari atas ke bawah pada layar. Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Anda dapat menemukan screenshot Anda di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Metode ini memanfaatkan fitur gestur pada Huawei P9 Lite untuk mengambil screenshot dengan mudah. Anda hanya perlu menarik tiga jari Anda secara bersamaan dari atas ke bawah pada layar untuk mengaktifkan fungsi screenshot. Dengan gestur ini, Anda tidak perlu menggunakan tombol fisik atau membuka menu tambahan. Hal ini membuat proses mengambil screenshot menjadi lebih cepat dan praktis.

Pastikan Anda mengaktifkan opsi Smart screenshot pada pengaturan Motion Control agar gestur ini dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan Anda menarik tiga jari secara bersamaan dan dengan gerakan yang tepat agar gestur dapat terdeteksi dengan baik oleh Huawei P9 Lite Anda.

Gestur ini sangat berguna ketika Anda sedang menggunakan satu tangan untuk memegang ponsel dan tidak dapat menggunakan tombol fisik. Misalnya, ketika Anda sedang berada di luar rumah dan ingin mengambil screenshot pemandangan indah, atau ketika Anda sedang melakukan panggilan dan ingin menyimpan informasi yang diberikan oleh lawan bicara. Dengan menggunakan gestur ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah tanpa harus mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan gestur yang cepat dan praktis, cobalah metode ini pada Huawei P9 Lite Anda.

Gesture Huawei P9 Lite

Fitur Screenshot pada Drop-down Menu

Huawei P9 Lite juga dilengkapi dengan fitur screenshot yang terintegrasi pada menu drop-down. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Buka tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

2. Tarik menu drop-down dari bagian atas layar Huawei P9 Lite Anda.

3. Cari ikon screenshot, biasanya berbentuk kamera atau ponsel, dan ketuk ikon tersebut.

4. Layar akan berkedip dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Hasil tangkapan layar Anda akan tersimpan di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Metode ini memanfaatkan fitur screenshot yang terintegrasi pada menu drop-down Huawei P9 Lite. Anda tidak perlu membuka aplikasi tambahan atau menggunakan tombol fisik, cukup dengan menggeser menu drop-down dan mengetuk ikon screenshot untuk mengambil tangkapan layar.

Pastikan Anda menemukan ikon screenshot pada menu drop-down. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengatur ulang menu drop-down Anda atau mencari opsi untuk menambahkan ikon screenshot pada menu tersebut.

Fitur screenshot pada drop-down menu sangat berguna ketika Anda sedang menggunakan aplikasi penuh layar atau sedang berada di halaman web yang panjang. Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus keluar dari aplikasi atau menggulir ke atas untuk mencari tombol screenshot.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat menggunakan fitur yang terintegrasi pada Huawei P9 Lite, cobalah metode ini.

Fitur Screenshot Drop-Down Huawei P9 Lite

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite, ada banyak pilihan yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi populer termasuk Screenshot Easy, Super Screenshot, dan Screenshot Capture. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot:

1. Buka Google Play Store dan unduh aplikasi screenshot pilihan Anda.

2. Instal aplikasi tersebut pada Huawei P9 Lite Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan.

3. Buka aplikasi screenshot dan arahkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

4. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot.

Setelah itu, Anda dapat menemukan hasil tangkapan layar Anda di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat memberikan Anda lebih banyak fitur dan opsi dalam mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur tambahan seperti pengeditan gambar dan berbagi screenshot ke platform media sosial.

Sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot, pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan memeriksa rating dari aplikasi tersebut. Pilih aplikasi yang memiliki ulasandan rating yang baik untuk memastikan kualitas dan keandalannya.

Selain itu, pastikan juga Anda mengizinkan aplikasi tersebut untuk mengakses layar dan penyimpanan pada Huawei P9 Lite Anda. Ini penting agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan mengambil screenshot secara optimal.

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan fitur tambahan atau mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya, menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menjelajahi berbagai aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store dan menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan fitur tambahan dan opsi yang lebih lengkap, cobalah menggunakan aplikasi pihak ketiga pada Huawei P9 Lite Anda.

Aplikasi Screenshot Huawei P9 Lite

Menggunakan Fitur Penangkapan Layar Lebih Lanjut

Huawei P9 Lite juga menyediakan fitur penangkapan layar lebih lanjut yang dapat Anda gunakan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Pengaturan pada Huawei P9 Lite Anda.

2. Pilih menu Smart Assistance dan pilih Motion Control.

3. Aktifkan opsi Smart screenshot dengan menggeser tombol ke posisi ON.

4. Arahkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

5. Tarik tiga jari Anda secara bersamaan dari atas ke bawah pada layar. Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Anda dapat menemukan screenshot Anda di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Fitur penangkapan layar lebih lanjut pada Huawei P9 Lite memanfaatkan pengaturan Motion Control. Dengan mengaktifkan opsi Smart screenshot, Anda dapat menggunakan gestur tiga jari untuk mengambil screenshot dengan mudah.

Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik atau gestur biasa. Anda hanya perlu menarik tiga jari Anda dari atas ke bawah pada layar, dan screenshot akan diambil dengan cepat.

Fitur penangkapan layar lebih lanjut ini menambahkan kemudahan dan kecepatan dalam mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite Anda. Anda tidak perlu lagi mencari tombol fisik atau membuka menu tambahan, cukup dengan gestur tiga jari yang mudah diingat.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan gestur yang lebih lanjut, aktifkan opsi Smart screenshot pada pengaturan Motion Control Huawei P9 Lite Anda.

Fitur Penangkapan Layar Huawei P9 Lite

Menggunakan Huawei HiSuite pada Komputer

Jika Anda ingin mengambil screenshot Huawei P9 Lite menggunakan komputer, Anda dapat menggunakan Huawei HiSuite. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal Huawei HiSuite pada komputer Anda dari situs resmi Huawei.

2. Sambungkan Huawei P9 Lite Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Buka Huawei HiSuite dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan perangkat Anda.

4. Setelah perangkat terhubung, buka layar yang ingin Anda tangkap pada Huawei P9 Lite.

5. Pada Huawei HiSuite, klik ikon screenshot untuk mengambil tangkapan layar.

Hasil tangkapan layar akan tersimpan pada komputer Anda.

Menggunakan Huawei HiSuite pada komputer memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot Huawei P9 Lite dengan lebih mudah. Anda hanya perlu menghubungkan perangkat Anda melalui kabel USB dan menggunakan Huawei HiSuite untuk mengambil tangkapan layar.

HiSuite adalah aplikasi resmi dari Huawei yang dirancang khusus untuk mengelola perangkat Huawei Anda melalui komputer. Selain mengambil screenshot, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi data, mengelola aplikasi, dan melakukan pembaruan perangkat melalui HiSuite.

Jadi, jika Anda lebih nyaman menggunakan komputer untuk mengambil screenshot Huawei P9 Lite, cobalah menggunakan Huawei HiSuite yang dapat Anda unduh dari situs resmi Huawei.

Huawei Hisuite Screenshot Huawei P9 Lite

Menggunakan Google Assistant

Google Assistant dapat membantu Anda mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Google Assistant dengan menekan dan menahan tombol Home pada Huawei P9 Lite Anda.

2. Setelah Google Assistant aktif, katakan "Ambil screenshot" atau "Take a screenshot".

3. Layar akan berkedip dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Hasil tangkapan layar akan tersimpan di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Dengan bantuan Google Assistant, Anda dapat mengambil screenshot Huawei P9 Lite dengan menggunakan suara Anda. Anda hanya perlu mengaktifkan Google Assistant dan memberikan perintah untuk mengambil screenshot.

Google Assistant akan mengenali perintah Anda dan mengambil tangkapan layar dengan cepat. Fitur ini berguna ketika Anda tidak ingin menggunakan tombol fisik atau gestur pada Huawei P9 Lite, atau ketika Anda sedang menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan menggunakan suara, aktifkan Google Assistant pada Huawei P9 Lite Anda dan berikan perintah untuk mengambil screenshot.

Google Assistant Screenshot Huawei P9 Lite

Fitur Capture+ pada Aplikasi Galeri

Aplikasi Galeri pada Huawei P9 Lite memiliki fitur Capture+ yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Galeri pada Huawei P9 Lite Anda.

2. Pilih tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

3. Ketuk ikon Capture+ yang muncul di bagian atas layar.

4. Anda dapat memotong dan mengedit tangkapan layar jika diperlukan.

5. Setelah selesai, simpan tangkapan layar pada Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Fitur Capture+ pada aplikasi Galeri Huawei P9 Lite memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat dan melakukan penyesuaian atau pengeditan dasar sebelum menyimpannya.

Anda dapat menggunakannya untuk memotong bagian yang tidak perlu dari tangkapan layar, menambahkan teks atau tulisan tangan, atau memberikan efek visual lainnya sebelum menyimpannya.

Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil screenshot yang lebih rapi atau ingin menyorot bagian tertentu dari tampilan layar. Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pengeditan foto terpisah, karena fitur Capture+ pada aplikasi Galeri telah menyediakan fungsi dasar yang Anda butuhkan.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan kemampuan pengeditan dasar, cobalah menggunakan fitur Capture+ pada aplikasi Galeri Huawei P9 Lite Anda.

Fitur Capture+ Huawei P9 Lite

Fitur Screenshot pada Aplikasi Emui

Aplikasi Emui pada Huawei P9 Lite juga menyediakan fitur screenshot yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Buka tampilan layar yang ingin Anda tangkap pada Huawei P9 Lite Anda.

2. Tarik menu drop-down dari bagian atas layar.

3. Cari dan ketuk ikon Screenshot pada aplikasi Emui.

4. Layar akanberkedip dan suara shutter akan terdengar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Fitur screenshot pada aplikasi Emui memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah langsung dari antarmuka Emui Huawei P9 Lite. Anda tidak perlu lagi mencari tombol fisik atau membuka menu tambahan.

Fitur ini berguna ketika Anda sedang menggunakan aplikasi penuh layar atau sedang berada di halaman web yang panjang. Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus keluar dari aplikasi atau menggulir ke atas untuk mencari tombol screenshot.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat menggunakan fitur yang terintegrasi pada aplikasi Emui Huawei P9 Lite, cobalah metode ini.

Fitur Screenshot Aplikasi Emui Huawei P9 Lite

Menggunakan Fitur Screenshot pada Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite. Beberapa aplikasi populer termasuk Screenshot Easy, Super Screenshot, dan Screenshot Capture. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi screenshot:

1. Buka Google Play Store dan unduh aplikasi screenshot pilihan Anda.

2. Instal aplikasi tersebut pada Huawei P9 Lite Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan.

3. Buka aplikasi screenshot dan arahkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

4. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot.

Setelah itu, Anda dapat menemukan hasil tangkapan layar Anda di Galeri atau folder Screenshots pada Huawei P9 Lite Anda.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat memberikan Anda lebih banyak fitur dan opsi dalam mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur tambahan seperti pengeditan gambar dan berbagi screenshot ke platform media sosial.

Sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot, pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan memeriksa rating dari aplikasi tersebut. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan dan rating yang baik untuk memastikan kualitas dan keandalannya.

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan fitur tambahan atau mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya, menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menjelajahi berbagai aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store dan menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda ingin mengambil screenshot dengan fitur tambahan dan opsi yang lebih lengkap, cobalah menggunakan aplikasi pihak ketiga pada Huawei P9 Lite Anda.

Aplikasi Screenshot Huawei P9 Lite

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan Anda memilih yang paling cocok untuk Anda.

Apakah Anda memiliki metode lain untuk mengambil screenshot pada Huawei P9 Lite? Bagikan pengalaman dan saran Anda di kolom komentar di bawah ini! Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam mengambil screenshot dengan mudah pada Huawei P9 Lite Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei P9 Lite: Panduan Lengkap dan Mudah"

Daftar Isi [
tampilkan
]