Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei P8 Lite: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda pengguna Huawei P8 Lite dan ingin tahu cara mengambil screenshot dengan mudah, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk menyimpan gambar layar perangkat Anda, apakah itu pesan teks, tampilan aplikasi, atau konten menarik lainnya. Dengan mengetahui cara mengambil screenshot di Huawei P8 Lite, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi atau memperbaiki masalah dengan dukungan teknis. Jadi, mari kita mulai!

Sebelum kita melangkah lebih jauh, pastikan bahwa Huawei P8 Lite Anda sudah memiliki sistem operasi yang diperbarui dan telah mengikuti langkah-langkah keamanan yang diperlukan. Mengambil screenshot di Huawei P8 Lite cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa metode yang berbeda. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Huawei P8 Lite Anda.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Metode pertama yang akan kami jelaskan adalah menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah. Ini adalah metode yang paling umum digunakan di berbagai perangkat Android, termasuk Huawei P8 Lite. Dengan menggunakan tombol power dan volume bawah, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot sudah siap dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Volume Bawah secara Bersamaan

Selanjutnya, tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara klik atau melihat layar berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 3: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder khusus yang biasanya disebut "Screenshots". Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah di Huawei P8 Lite Anda. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil screenshot saat menggunakan aplikasi, menjelajahi web, atau berada di layar awal perangkat Anda.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gestur dengan Tangan

Metode kedua adalah dengan menggunakan gestur dengan tangan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan tangan di atas layar perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Gesture Screenshot

Pertama, pastikan fitur Gesture Screenshot diaktifkan di pengaturan Huawei P8 Lite Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, pilih "Smart Assistance", dan cari opsi "Motion Control". Di sana, Anda akan menemukan opsi "Capture Screenshot" atau "Gesture Screenshot". Pastikan opsi ini diaktifkan.

Langkah 2: Gesekkan Tangan di Layar

Setelah mengaktifkan fitur Gesture Screenshot, Anda dapat langsung mengambil screenshot dengan gestur menggunakan tangan Anda. Caranya adalah dengan menggesekkan tangan dari sisi kiri ke sisi kanan atau sebaliknya di atas layar Huawei P8 Lite Anda. Pastikan tangan Anda menyentuh layar dengan lembut saat melakukan gestur.

Langkah 3: Cek Screenshot Anda

Setelah melakukan gestur dengan tangan, Anda dapat memeriksa hasil screenshot dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan gestur dengan tangan, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan cepat di Huawei P8 Lite Anda. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil screenshot secara instan tanpa harus menggunakan kombinasi tombol.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Notifikasi Jendela

Metode ketiga adalah dengan menggunakan notifikasi jendela. Huawei P8 Lite memiliki opsi untuk mengambil screenshot langsung melalui notifikasi jendela. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Pastikan tampilan yang ingin Anda screenshot sudah siap dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Langkah 2: Tarik Notifikasi Jendela

Selanjutnya, tarik ke bawah notifikasi jendela di bagian atas layar Huawei P8 Lite Anda. Ini akan mengungkapkan opsi tambahan di bagian atas notifikasi.

Langkah 3: Ketuk Opsi Screenshot

Dalam notifikasi jendela, Anda akan melihat ikon kamera atau opsi "Screenshot". Ketuk ikon tersebut atau opsi "Screenshot" untuk mengambil screenshot langsung.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan notifikasi jendela, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah di Huawei P8 Lite Anda. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil screenshot dengan satu ketukan tanpa harus menggunakan kombinasi tombol atau gestur.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode keempat adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda ingin lebih banyak fitur dan kontrol, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Huawei P8 Lite. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Pasang Aplikasi Screenshot

Pertama, buka Google Play Store di Huawei P8 Lite Anda dan cari aplikasi screenshot pihak ketiga. Ada banyak opsi aplikasi yang tersedia, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Plus". Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan unduh serta pasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi Screenshot

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi screenshot pihak ketiga, buka aplikasi tersebut di Huawei P8 Lite Anda.

Langkah 3: Ikuti Petunjuk Aplikasi

Masing-masing aplikasi screenshot pihak ketiga memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda pilih untuk mengambil screenshot di Huawei P8 Lite Anda. Biasanya, Anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol atau ikon yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak fitur dan kontrol saat mengambil screenshot di Huawei P8 Lite Anda. Anda dapat menyesuaikan pengaturan, menambahkan anotasi, atau bahkan merekam video layar dengan beberapa aplikasi screenshot pihak ketiga. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan eksplorasi fitur-fitur yang ditawarkan.

Cara Mengedit Screenshot di Huawei P8 Lite

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Huawei P8 Lite, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum membagikannya. Huawei P8 Lite dilengkapi dengan editor gambar bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong, menambahkan teks, atau menandai screenshot Anda. Berikut adalah cara mengedit screenshot di Huawei P8 Lite:

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Pertama, buka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda dan temukan screenshot yang ingin Anda edit. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam mode tampilan penuh.

Langkah 2: Buka Opsi Edit

Setelah membuka screenshot, Anda akan melihat berbagai opsi di bagian bawah layar. Cari dan ketuk ikon edit atau opsi "Edit" untuk membuka editor gambar bawaan Huawei P8 Lite.

Langkah 3: Gunakan Fitur-Fitur Edit

Dalam editor gambar bawaan Huawei P8 Lite, Anda dapat menggunakan berbagai fitur untuk mengedit screenshot Anda. Beberapa fitur yang mungkin Anda temukan antara lain:

Memotong Gambar:

Anda dapat memotong gambar untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan atau memfokuskan pada area tertentu. Gunakan alat pemotong yang disediakan dan seret kotak pemotongan sesuai keinginan Anda.

Menambahkan Teks:

Anda dapat menambahkan teks ke screenshot untuk memberikan penjelasan atau menyoroti informasi penting. Cari opsi tambahkan teks atau ikon huruf di editor gambar dan ketuk area di mana Anda ingin menambahkan teks. Ketik teks yang diinginkan dan sesuaikan ukuran, jenis font, dan warna teks sesuai keinginan Anda.

Menandai Gambar:

Anda dapat menggunakan alat pensil atau pulpen untuk menandai atau menggarisbawahi bagian tertentu dari screenshot. Pilih alat pensil atau pulpen yang disediakan dan gambarlah garis atau lingkaran di area yang ingin Anda tandai. Anda juga dapat mengubah warna dan ketebalan garis sesuai preferensi Anda.

Menyensor Informasi:

Jika ada informasi pribadi atau sensitif dalam screenshot yang ingin Anda sembunyikan, Anda dapat menggunakan alat penyensor yang disediakan. Pilih alat penyensor dan seret kotak penyensor ke area yang ingin Anda sembunyikan. Sesuaikan ukuran dan kecerahan penyensor sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 4: Simpan dan Bagikan Screenshot yang Diedit

Setelah selesai mengedit screenshot, pastikan Anda menyimpan perubahan yang telah Anda buat. Cari opsi simpan atau ikon centang di editor gambar dan ketuk untuk menyimpan screenshot yang telah diedit. Anda juga dapat membagikan screenshot langsung ke platform media sosial atau aplikasi pesan dengan menggunakan opsi berbagi yang tersedia.

Dengan menggunakan editor gambar bawaan Huawei P8 Lite, Anda dapat dengan mudah mengedit screenshot sesuai keinginan Anda. Anda memiliki fleksibilitas untuk memotong, menambahkan teks, menandai, atau menyensor gambar sesuai kebutuhan Anda sebelum membagikannya kepada orang lain.

Cara Mengatur Penyimpanan Lokasi Screenshot

Secara default, screenshot di Huawei P8 Lite akan disimpan di folder "Screenshots". Namun, jika Anda ingin mengatur penyimpanan lokasi yang berbeda, Anda dapat melakukannya dengan beberapa langkah sederhana. Berikut adalah cara mengatur penyimpanan lokasi screenshot di Huawei P8 Lite:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di Huawei P8 Lite Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar awal atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Cari Opsi Penyimpanan

Cari dan ketuk opsi "Penyimpanan" di menu Pengaturan Huawei P8 Lite Anda. Opsi ini mungkin terletak di bawah kategori "Perangkat" atau "Pribadi".

Langkah 3: Pilih Opsi Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin menyimpan screenshot di penyimpanan eksternal seperti kartu SD, pastikan Anda telah memasang kartu SD di Huawei P8 Lite Anda. Setelah itu, pilih opsi "Penyimpanan Eksternal" di menu Penyimpanan.

Langkah 4: Pilih Folder Penyimpanan

Dalam opsi Penyimpanan Eksternal, Anda akan melihat daftar folder yang tersedia di kartu SD Anda. Pilih folder yang Anda inginkan sebagai lokasi penyimpanan screenshot. Jika tidak ada folder yang cocok, Anda dapat membuat folder baru dengan memilih opsi "Buat Folder Baru".

Langkah 5: Verifikasi Pengaturan

Setelah memilih folder penyimpanan, verifikasi pengaturan dengan menekan tombol "OK" atau "Simpan" jika diminta. Huawei P8 Lite akan secara otomatis menyimpan screenshot di lokasi yang telah Anda tentukan.

Dengan mengatur penyimpanan lokasi screenshot di Huawei P8 Lite, Anda dapat dengan mudah mengelompokkan screenshot Anda dengan lebih teratur atau menyimpannya langsung ke penyimpanan eksternal jika ruang penyimpanan internal Anda terbatas.

Cara Menggunakan Screenshot Scroll

Jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman web atau dokumen yang panjang, Huawei P8 Lite memiliki fitur "Screenshot Scroll" yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot secara otomatis saat menggulir layar. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan seluruh konten sebuah artikel, email panjang, atau tangkapan layar dari halaman web. Berikut adalah cara menggunakan fitur Screenshot Scroll di Huawei P8 Lite:

Langkah 1: Buka Halaman yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Pastikan Anda berada di posisi awal atau di bagian atas konten yang ingin Anda screenshot.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Screenshot Scroll

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan untuk beberapa detik. Anda akan melihat jendela pop-up kecil dengan beberapa opsi, termasuk "Screenshot Scroll". Ketuk opsi ini untuk mengaktifkan fitur Screenshot Scroll.

Langkah 3: Gulingkan Layar ke Bawah

Setelah mengaktifkan fitur Screenshot Scroll, gulirkan layar perlahan dari atas ke bawah untuk menangkap seluruh konten halaman web atau dokumen. Pastikan Anda menggulir dengan kecepatan yang stabil dan cukup lambat agar perangkat dapat mengambil screenshot secara otomatis saat layar bergerak.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot dengan fitur Screenshot Scroll, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tentukan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan fitur Screenshot Scroll, Anda dapat mengambil screenshot lengkap dari halaman web atau dokumen yang panjang tanpa harus mengambil beberapa tangkapan layar terpisah. Fitur ini memudahkan Anda untuk menyimpan dan berbagi konten secara menyeluruh dengan lebih mudah.

Cara Mengambil Screenshot Melalui Jendela Pemutar Video

Jika Anda sedang menonton video di Huawei P8 Lite dan inginmengambil screenshot dari adegan tertentu, Anda dapat melakukannya melalui jendela pemutar video. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Video yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka aplikasi pemutar video di Huawei P8 Lite Anda dan buka video yang ingin Anda screenshot. Pastikan video sedang diputar dan Anda berada pada adegan yang ingin Anda tangkap.

Langkah 2: Tampilkan Jendela Pemutar Video

Selanjutnya, tampilkan jendela pemutar video dengan menggesekkan jari Anda ke bawah dari bagian atas layar. Ini akan mengungkapkan jendela pemutar video kecil yang dapat Anda geser ke mana pun di layar.

Langkah 3: Cari Opsi Screenshot di Jendela Pemutar Video

Dalam jendela pemutar video, cari ikon kamera atau opsi "Screenshot" yang biasanya terletak di bagian bawah atau atas jendela. Ketuk ikon atau opsi tersebut untuk mengambil screenshot dari adegan video yang sedang diputar.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot melalui jendela pemutar video, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan jendela pemutar video, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dari adegan tertentu saat menonton video di Huawei P8 Lite Anda. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan momen penting dari video yang sedang Anda tonton atau berbagi tangkapan layar dari adegan menarik dengan orang lain.

Cara Mengambil Screenshot dengan Menekan Tombol Pintas

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat tanpa harus menggunakan kombinasi tombol atau fitur lainnya, Huawei P8 Lite memiliki opsi untuk mengaktifkan tombol pintas screenshot. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol tertentu di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di Huawei P8 Lite Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar awal atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Cari Opsi Tombol Pintas

Cari dan ketuk opsi "Tombol Pintas" di menu Pengaturan Huawei P8 Lite Anda. Opsi ini mungkin terletak di bawah kategori "Sistem" atau "Kemudahan Akses".

Langkah 3: Aktifkan Opsi Tombol Pintas Screenshot

Dalam opsi Tombol Pintas, cari dan ketuk opsi "Screenshot" atau "Ambil Screenshot" untuk mengaktifkannya. Pastikan opsi ini diaktifkan dengan menggeser tombol pengaktif ke posisi "On".

Langkah 4: Gunakan Tombol Pintas untuk Mengambil Screenshot

Setelah mengaktifkan opsi Tombol Pintas Screenshot, Anda dapat langsung mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol pintas yang telah ditentukan. Biasanya, tombol pintas untuk mengambil screenshot adalah kombinasi tombol volume bawah dan power yang sama seperti metode pertama yang telah dijelaskan sebelumnya.

Langkah 5: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot dengan tombol pintas, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tentukan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan tombol pintas screenshot, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah di Huawei P8 Lite Anda tanpa perlu mencari opsi di layar atau menggunakan kombinasi tombol yang rumit. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar secara instan dengan gerakan tangan yang cepat.

Cara Mengambil Screenshot saat Bermain Game

Jika Anda penggemar game mobile dan ingin mengabadikan momen penting saat bermain game di Huawei P8 Lite, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah. Berikut adalah cara mengambil screenshot saat bermain game di Huawei P8 Lite:

Langkah 1: Buka Game yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka game yang ingin Anda mainkan di Huawei P8 Lite Anda. Pastikan game tersebut sudah terinstal dan siap untuk dimainkan.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Screenshot Game

Beberapa game memiliki fitur screenshot bawaan yang dapat diakses langsung dari dalam game. Cari dan aktifkan opsi "Screenshot" atau "Ambil Screenshot" yang biasanya dapat ditemukan di menu pengaturan game atau menu opsi lainnya.

Langkah 3: Ambil Screenshot saat Bermain

Selama Anda bermain game, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan fitur screenshot game yang telah diaktifkan. Biasanya, Anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol tertentu pada layar atau dengan menggesekkan jari Anda pada area yang ditentukan di layar permainan.

Langkah 4: Cek Screenshot Anda

Setelah mengambil screenshot saat bermain game, Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka Galeri atau Aplikasi Foto di Huawei P8 Lite Anda. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots" atau folder khusus lainnya yang telah Anda tentukan sebelumnya. Dari sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau berbagi screenshot sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan fitur screenshot game, Anda dapat mengabadikan momen penting saat bermain game di Huawei P8 Lite Anda. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin membagikan prestasi game Anda atau mengabadikan momen menarik yang terjadi selama permainan.

Dengan mengetahui berbagai metode untuk mengambil screenshot di Huawei P8 Lite, Anda sekarang dapat dengan mudah mengabadikan momen penting, menjaga catatan informasi, atau berbagi konten menarik dengan orang lain. Cobalah berbagai metode yang telah dijelaskan dan pilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei P8 Lite: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]