Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei P20 Lite: Panduan Lengkap

Apakah Anda pengguna Huawei P20 Lite dan ingin tahu cara melakukan screenshot? Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite. Dengan mengetahui cara yang benar, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar untuk berbagai keperluan, seperti berbagi pesan, menangkap tampilan aplikasi, atau menyimpan informasi penting. Mari kita mulai!

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Huawei P20 Lite dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pilih Layar yang Ingin Anda Ambil Screenshot-nya

Sebelum mengambil screenshot, pastikan Anda berada di layar yang ingin Anda tangkap. Apakah itu halaman utama, aplikasi, atau pesan yang ingin Anda bagikan.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Volume Down secara Bersamaan

Untuk mengambil screenshot, tekan dan tahan tombol Power (Tombol Daya) dan tombol Volume Down (Tombol Volume Bawah) secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda melihat animasi atau mendengar suara penangkapan layar.

Langkah 3: Cek Galeri untuk Melihat Hasil Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat melihatnya di galeri ponsel Huawei P20 Lite. Buka aplikasi Galeri dan temukan folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" untuk melihat hasil tangkapan layar yang baru Anda ambil.

Dengan menggunakan tombol fisik pada Huawei P20 Lite, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan cepat dan praktis. Selanjutnya, mari kita lihat cara lain yang tersedia untuk mengambil screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gesture

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gesture

Jika Anda lebih suka menggunakan gesture atau gerakan pada layar sentuh daripada tombol fisik, Huawei P20 Lite juga menyediakan opsi ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot menggunakan gesture:

Langkah 1: Aktifkan Opsi Gesture Screenshot

Untuk menggunakan gesture screenshot, Anda perlu memastikan bahwa opsi ini diaktifkan di pengaturan ponsel Anda. Buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah, dan pilih "Smart Assistance" atau "Bantuan Cerdas". Kemudian, cari opsi "Motion Control" atau "Kontrol Gerakan" dan aktifkan "Smart Screenshot" atau "Smart Tangkapan Layar".

Langkah 2: Gesturkan Jari Anda untuk Mengambil Screenshot

Setelah opsi gesture screenshot diaktifkan, Anda dapat menggunakan tindakan gesture pada layar untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan menyentuh layar dengan tiga jari secara bersamaan dan menggeser jari-jari tersebut ke bawah. Pastikan Anda menyentuh layar dengan jari-jari secara bersamaan dan menggesernya dengan cepat agar gesture dapat terdeteksi dengan baik.

Langkah 3: Cek Galeri untuk Melihat Hasil Screenshot

Setelah Anda menggunakan gesture untuk mengambil screenshot, hasilnya akan secara otomatis tersimpan di folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar" di aplikasi Galeri. Buka aplikasi Galeri dan temukan screenshot yang baru Anda ambil untuk melihatnya.

Dengan menggunakan gesture pada Huawei P20 Lite, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menggunakan gerakan jari pada layar sentuh. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengambil Screenshot dengan Menambahkan Tombol Screenshot di Panel Notifikasi

Cara Mengambil Screenshot Dengan Menambahkan Tombol Screenshot Di Panel Notifikasi

Huawei P20 Lite juga memungkinkan Anda menambahkan tombol screenshot langsung di panel notifikasi, sehingga Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih cepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan tombol screenshot di panel notifikasi:

Langkah 1: Buka Pengaturan Ponsel

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Huawei P20 Lite Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Cari Opsi Notifikasi dan Status Bar

Setelah membuka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Notifikasi dan Status Bar" atau "Notifikasi dan Bilah Status". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Aktifkan Tombol Screenshot di Panel Notifikasi

Dalam pengaturan Notifikasi dan Status Bar, cari opsi yang berkaitan dengan "Tombol Screenshot" atau "Screenshot Button". Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol pengaktifan ke posisi "On" atau "Aktif".

Langkah 4: Akses Tombol Screenshot melalui Panel Notifikasi

Setelah Anda mengaktifkan tombol screenshot di panel notifikasi, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dengan menggeser panel notifikasi di bagian atas layar ponsel Anda. Temukan ikon tangkapan layar atau ikon kamera pada panel notifikasi dan ketuk ikon tersebut untuk mengambil screenshot.

Dengan menambahkan tombol screenshot di panel notifikasi, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat tanpa harus menggunakan kombinasi tombol fisik atau gesture. Selanjutnya, mari kita lihat cara lain yang tersedia untuk mengambil screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengambil Screenshot Panjang (Scrolling Screenshot)

Cara Mengambil Screenshot Panjang (Scrolling Screenshot)

Berbeda dengan ponsel lainnya, Huawei P20 Lite juga menyediakan fitur screenshot panjang atau scrolling screenshot. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari halaman web, chat panjang, atau dokumen dengan menggulirkan layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot panjang:

Langkah 1: Buka Halaman atau Aplikasi yang Ingin Anda Ambil Screenshot-nya

Sebelum mengambil screenshot panjang, pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap seluruh tampilannya. Misalnya, jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web, buka halaman web tersebut di browser ponsel Anda.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Scrolling Screenshot

Untuk menggunakan fitur scrolling screenshot, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan ponsel Huawei P20 Lite. Buka aplikasi Pengaturan, cari opsi "Smart Assistance" atau "Bantuan Cerdas", dan aktifkan "Smart Screenshot" atau "Smart Tangkapan Layar".

Langkah 3: Ambil Screenshot dengan Menggulirkan Layar

Setelah fitur scrolling screenshot diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar panjang dengan menggulirkan layar. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 3.1: Ambil Screenshot Pertama

Tekan dan tahan tombol Power (Tombol Daya) dan tombol Volume Down (Tombol Volume Bawah) secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar awal. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda melihat animasi atau mendengar suara penangkapan layar.

Langkah 3.2: Gulirkan Layar untuk Mengambil Screenshot Panjang

Setelah Anda mengambil tangkapan layar awal, mulailah menggulirkan layar ke bawah secara perlahan. Saat Anda menggulirkan layar, Huawei P20 Lite akan secara otomatis mengambil tangkapan layar tambahan dan menggabungkannya menjadi satu tangkapan layar panjang.

Langkah 3.3: Hentikan Guliran dan Simpan Screenshot

Setelah Anda selesai menggulirkan layar, hentikan guliran dengan menekan tombol Power (Tombol Daya) atau tombol Volume Down (Tombol Volume Bawah). Anda akan melihat opsi untuk menyimpan tangkapan layar panjang yang baru Anda buat. Ketuk opsi "Simpan" untuk menyimpannya di galeri ponsel Anda.

Dengan menggunakan fitur scrolling screenshot pada Huawei P20 Lite, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang dari halaman web, chat panjang, atau dokumen. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan seluruh konten yang ada dalam satu tangkapan layar. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengedit screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengedit Screenshot

Cara Mengedit Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda mungkin ingin melakukan beberapa perubahan atau penyesuaian sebelum membagikannya. Huawei P20 Lite dilengkapi dengan fitur pengeditan screenshot bawaan yang memungkinkan Anda melakukan tindakan seperti pemotongan, penulisan, atau penggambaran pada tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit screenshot:

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Untuk mengedit screenshot, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei P20 Lite dan temukan screenshot yang ingin Anda edit. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam mode pengeditan.

Langkah 2: Gunakan Opsi Pengeditan yang Tersedia

Setelah Anda membuka screenshot dalam mode pengeditan, Anda akan melihat berbagai opsi pengeditan yang tersedia di bagian bawah layar. Beberapa opsi yang mungkin ada termasuk pemotongan, penulisan, penggambaran, atau penghapusan.

Langkah 3: Simpan Hasil Editan Anda

Setelah Anda selesai mengedit screenshot, pastikan untuk menyimpan hasil editan Anda. Tekan tombol "Simpan" atau "Selesai" untuk menyimpan screenshot yang telah diubah di galeri ponsel Anda.

Dengan menggunakan fitur pengeditan screenshot pada Huawei P20 Lite, Anda dapat dengan mudah memodifikasi tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memotong gambar, menambahkan teks atau gambar, atau bahkan menghapus bagian yang tidak diinginkan. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengirim dan menyimpan screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengirim Screenshot

Cara Mengirim Screenshot

Setelah mengambil dan mengedit screenshot, Anda mungkin ingin membagikannya dengan orang lain. Huawei P20 Lite menyediakan berbagai opsi untuk mengirimkan screenshot, seperti melalui aplikasi pesan, email, atau media sosial. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengirim screenshot:

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Anda Kirim

Pertama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei P20 Lite dan temukan screenshot yang ingin Anda kirim. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam tampilan penuh.

Langkah 2: Cari Tombol Bagikan atau Kirim

Setelah membuka screenshot dalam tampilan penuh, cari tombol "Bagikan" atau "Kirim" di aplikasi Galeri. Tombol ini biasanya berupa ikon persegi dengan tanda panah keluar.

Langkah 3: Pilih Metode Pengiriman yang Diinginkan

Setelah Anda menekan tombol "Bagikan" atau "Kirim", Anda akan melihat berbagai opsi pengiriman yang tersedia. Pilih metode pengiriman yang diinginkan, seperti aplikasi pesan, email, atau media sosial.

Langkah 4: Tambahkan Keterangan atau Pesan (Opsional)

Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan keterangan atau pesan tambahan sebelum mengirim screenshot. Beberapa aplikasi juga memungkinkan Anda untuk mengedit atau menyesuaikan screenshot sebelum mengirimnya.

Langkah 5: Kirim Screenshot

Setelah Anda selesai menambahkan keterangan atau pesan, ketuk tombol "Kirim" atau "Bagikan" untuk mengirim screenshot kepada orang yang dituju melalui metode pengiriman yang Anda pilih.

Dengan menggunakan berbagai opsi pengiriman yang disediakan oleh Huawei P20 Lite, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot dengan orang lain. Anda dapat mengirimnya melalui aplikasi pesan untuk berbagi dengan teman, melalui email untuk berbagi dengan rekan kerja, atau melalui media sosial untuk berbagi dengan pengikut Anda. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Menyimpan Screenshot

Cara Menyimpan Screenshot

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat menyimpannya di ponsel untuk digunakan nanti. Huawei P20 Lite memiliki sistem penyimpanan yang mudah digunakan, yang memungkinkan Anda menyimpan screenshot sesuai dengan preferensi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan screenshot:

Langkah 1: Buka Screenshot yang Ingin Anda Simpan

Pertama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei P20 Lite dan temukan screenshot yang ingin Anda simpan. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam tampilan penuh.

Langkah 2: Ketuk Tombol Simpan

Setelah membuka screenshot dalam tampilan penuh, cari tombol "Simpan" di aplikasi Galeri. Tombol ini biasanya berupa ikon persegi dengan tanda centang.

Langkah 3: Pilih Lokasi Penyimpanan

Setelah menekan tombol "Simpan", Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan. Huawei P20 Lite biasanya menyediakan opsi untuk menyimpan screenshot di memori internal atau kartu SD eksternal, tergantung pada preferensi dan pengaturan ponsel Anda.

Langkah 4: Konfirmasi Penyimpanan Screenshot

Setelah Anda memilih lokasi penyimpanan, ketuk tombol "Simpan" atau "OK" untuk mengonfirmasi penyimpanan screenshot di ponsel Huawei P20 Lite Anda.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menyimpan screenshot yang telah Anda ambil di ponsel Huawei P20 Lite. Anda dapat memilih lokasi penyimpanan yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti memori internal untuk akses cepat atau kartu SD eksternal untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatur kualitas screenshot pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengatur Kualitas Screenshot

Cara Mengatur Kualitas Screenshot

Jika Anda ingin mengatur kualitas tangkapan layaryang Anda ambil, Huawei P20 Lite menyediakan opsi untuk mengubah pengaturan kualitas screenshot. Anda dapat memilih antara kualitas standar atau kualitas tinggi, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur kualitas screenshot:

Langkah 1: Buka Aplikasi Kamera

Untuk mengatur kualitas screenshot, buka aplikasi Kamera di ponsel Huawei P20 Lite Anda. Anda dapat menemukan ikon Kamera di layar utama atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Buka Pengaturan Kamera

Setelah membuka aplikasi Kamera, cari ikon pengaturan atau ikon roda gigi di layar. Ketuk ikon tersebut untuk membuka pengaturan kamera.

Langkah 3: Pilih Pengaturan Kualitas Screenshot

Dalam pengaturan kamera, cari opsi yang berkaitan dengan kualitas screenshot. Opsi ini mungkin disebut "Kualitas Gambar" atau "Kualitas Penangkapan Layar". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 4: Pilih Kualitas Screenshot yang Diinginkan

Setelah Anda memilih pengaturan kualitas screenshot, Anda akan melihat opsi untuk memilih antara kualitas standar atau kualitas tinggi. Pilih kualitas yang diinginkan dan ketuk tombol "Simpan" atau "OK" untuk mengonfirmasi pengaturan.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengatur kualitas screenshot yang diambil oleh ponsel Huawei P20 Lite. Anda dapat memilih kualitas standar untuk menghemat ruang penyimpanan atau memilih kualitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih jelas dan tajam. Selanjutnya, mari kita bahas cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menghapus screenshot yang tidak diperlukan pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Menghapus Screenshot

Cara Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang tidak lagi Anda butuhkan, Huawei P20 Lite memudahkan Anda untuk melakukannya. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan cepat menghapus screenshot yang tidak diperlukan untuk menghemat ruang penyimpanan di ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus screenshot:

Langkah 1: Buka Aplikasi Galeri

Untuk menghapus screenshot, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei P20 Lite Anda. Anda dapat menemukan ikon Galeri di layar utama atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Temukan Screenshot yang Ingin Anda Hapus

Setelah membuka aplikasi Galeri, cari folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar". Buka folder tersebut untuk melihat semua screenshot yang telah Anda ambil.

Langkah 3: Pilih Screenshot yang Ingin Anda Hapus

Dalam folder "Screenshots" atau "Tangkapan Layar", temukan screenshot yang ingin Anda hapus. Ketuk screenshot tersebut untuk membukanya dalam tampilan penuh.

Langkah 4: Hapus Screenshot

Setelah membuka screenshot dalam tampilan penuh, cari tombol "Hapus" atau ikon tempat sampah di aplikasi Galeri. Ketuk tombol atau ikon tersebut untuk menghapus screenshot dari ponsel Huawei P20 Lite Anda.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus screenshot yang tidak lagi Anda butuhkan di ponsel Huawei P20 Lite. Ini akan membantu Anda menghemat ruang penyimpanan dan menjaga galeri Anda tetap terorganisir. Selanjutnya, mari kita bahas cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga pada ponsel Huawei P20 Lite.

Cara Mengambil Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Mengambil Screenshot Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari lebih banyak fitur dan fleksibilitas dalam pengambilan screenshot, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi Huawei. Aplikasi ini dapat memberikan opsi tambahan untuk mengambil, mengedit, dan membagikan screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot dengan aplikasi pihak ketiga:

Langkah 1: Buka Toko Aplikasi Huawei

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, buka toko aplikasi Huawei di ponsel Anda. Anda dapat menemukan ikon toko aplikasi di layar utama atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Cari Aplikasi Screenshot

Setelah membuka toko aplikasi Huawei, cari aplikasi yang berkaitan dengan pengambilan screenshot. Misalnya, Anda dapat mencari dengan kata kunci "screenshot" atau "tangkapan layar". Pilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 3: Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, ketuk tombol "Unduh" atau "Instal" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di ponsel Huawei P20 Lite Anda. Tunggu hingga proses pengunduhan dan instalasi selesai.

Langkah 4: Buka Aplikasi dan Ikuti Petunjuk

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut di ponsel Huawei P20 Lite Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot sesuai dengan fitur dan fungsi yang disediakan.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi dan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk mengatur timer, menambahkan anotasi, atau mengatur kualitas gambar sebelum mengambil screenshot. Jelajahi aplikasi-aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Huawei untuk menemukan yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di Huawei P20 Lite. Dengan mengetahui cara yang benar, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang diperlukan untuk berbagai keperluan. Apakah Anda lebih suka menggunakan tombol fisik, gesture, atau aplikasi pihak ketiga, Huawei P20 Lite menawarkan berbagai opsi yang memudahkan Anda dalam mengambil dan mengelola screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei P20 Lite: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]