Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei P10 Plus: Panduan Lengkap

Apakah Anda memiliki Huawei P10 Plus dan ingin tahu cara mengambil screenshot? Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan screenshot pada perangkat Huawei P10 Plus Anda. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk mengabadikan momen penting atau berbagi informasi dengan orang lain. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa perangkat Huawei P10 Plus Anda dalam kondisi baik dan memiliki baterai yang mencukupi. Juga, pastikan bahwa Anda telah memperbarui perangkat ke versi sistem operasi terbaru untuk memastikan kompatibilitas penuh dengan panduan ini.

Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Sebelum Anda dapat mengambil screenshot, pastikan bahwa Anda membuka layar atau aplikasi yang ingin Anda abadikan. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman beranda ponsel Anda, pastikan Anda berada di halaman beranda.

Langkah 2: Tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik.

Setelah Anda berada di layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot, tekan dan tahan tombol Volume Down (tombol di sisi ponsel) dan tombol Daya (tombol di sisi ponsel atau di bagian belakang) secara bersamaan selama beberapa detik. Pastikan Anda menekan kedua tombol dengan cukup lama untuk memicu pengambilan screenshot.

Langkah 3: Dengarkan suara penangkapan layar dan perhatikan layar yang berkedip.

Setelah Anda menekan dan menahan tombol Volume Down dan tombol Daya, Anda akan mendengar suara penangkapan layar dan melihat layar ponsel Anda berkedip sebentar. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Jika Anda tidak mendengar suara atau melihat layar berkedip, ulangi langkah-langkah sebelumnya dan pastikan Anda menekan kedua tombol dengan benar.

Menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus adalah metode yang mudah dan cepat. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan fitur gesture, Huawei P10 Plus juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot dengan melambaikan tangan.

Menggunakan Gesture Screenshot

Jika Anda lebih suka menggunakan fitur gesture, Huawei P10 Plus juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot dengan melambaikan tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Seperti sebelumnya, pastikan Anda membuka layar atau aplikasi yang ingin Anda abadikan sebelum menggunakan fitur gesture screenshot.

Langkah 2: Aktifkan fitur gesture screenshot dengan pergi ke Pengaturan > Pintasan > Gesture Screenshot.

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur gesture screenshot, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, cari dan pilih opsi "Pintasan", lalu pilih "Gesture Screenshot". Pastikan opsi ini diaktifkan dengan menggeser tombol yang sesuai.

Langkah 3: Letakkan tangan Anda di atas layar dengan telapak tangan menghadap ke layar dan jari-jari terbuka.

Setelah Anda mengaktifkan fitur gesture screenshot, Anda dapat mengambil screenshot dengan melambaikan tangan di atas layar. Pastikan Anda meletakkan tangan Anda di atas layar dengan telapak tangan menghadap ke layar dan jari-jari terbuka.

Langkah 4: Geser tangan Anda ke bawah dengan cepat dan perhatikan layar yang berkedip.

Setelah tangan Anda berada di posisi yang benar, geser tangan Anda ke bawah dengan cepat. Anda akan melihat layar ponsel berkedip sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Jika Anda tidak melihat layar berkedip, ulangi langkah-langkah sebelumnya dan pastikan Anda telah mengaktifkan fitur gesture screenshot dengan benar.

Menggunakan fitur gesture screenshot pada Huawei P10 Plus adalah cara yang unik dan intuitif untuk mengambil screenshot. Namun, jika Anda membutuhkan screenshot panjang pada halaman web atau dokumen yang memerlukan scroll, Huawei P10 Plus juga memiliki fitur screenshot scroll yang berguna.

Menggunakan Fitur Screenshot Scroll

Selain metode sebelumnya, Huawei P10 Plus juga memiliki fitur screenshot scroll yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot panjang pada halaman web atau dokumen yang memerlukan scroll. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda screenshot.

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur screenshot scroll, pastikan Anda membuka halaman web atau dokumen yang ingin Anda abadikan. Pastikan halaman atau dokumen tersebut memerlukan scroll agar Anda dapat mengambil screenshot panjang.

Langkah 2: Aktifkan fitur screenshot scroll dengan pergi ke Pengaturan > Pintasan > Screenshot Scroll.

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur screenshot scroll, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan ponsel Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, cari dan pilih opsi "Pintasan", lalu pilih "Screenshot Scroll". Pastikan opsi ini diaktifkan dengan menggeser tombol yang sesuai.

Langkah 3: Ambil screenshot seperti biasa dengan menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.

Setelah fitur screenshot scroll diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot seperti biasa dengan menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti menggunakan tombol fisik atau fitur gesture screenshot. Pastikan bahwa Anda mengambil screenshot pada saat yang tepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Langkah 4: Gulirkan halaman atau dokumen secara otomatis dan tambahkan bagian yang tergulir ke screenshot.

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat opsi "Gulir" di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini untuk menggulirkan halaman atau dokumen secara otomatis. Huawei P10 Plus akan secara otomatis menambahkan bagian yang tergulir ke screenshot Anda, sehingga Anda dapat memiliki screenshot panjang yang mencakup seluruh halaman atau dokumen yang Anda inginkan.

Fitur screenshot scroll pada Huawei P10 Plus sangat berguna ketika Anda perlu mengambil screenshot panjang dari halaman web atau dokumen yang memerlukan scroll. Namun, jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan fitur tambahan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan fitur tambahan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, seperti Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau Super Screenshot. Cari dan instal aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil screenshot.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengambil screenshot dengan cara yang lebih kustomisasi dan memiliki akses ke fitur tambahan, seperti pengeditan screenshot atau pengaturan tampilan. Beberapa aplikasi juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot dengan metode lain, seperti melalui panel notifikasi atau tombol virtual di layar.

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus, screenshot tersebut akan disimpan secara otomatis dalam folder "Tangkapan Layar" di Galeri Anda. Anda dapat membuka Galeri danmencari folder tersebut untuk melihat dan mengelola screenshot Anda. Dalam folder "Tangkapan Layar", Anda dapat melihat semua screenshot yang telah Anda ambil dan melakukan berbagai tindakan, seperti menghapus, membagikan, atau mengedit screenshot.

Folder Tangkapan Layar

Anda juga dapat membagikan screenshot dengan mudah ke platform sosial media atau aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Instagram. Cukup buka screenshot yang ingin Anda bagikan, dan cari ikon berbagi di sekitar layar. Ketuk ikon tersebut dan pilih aplikasi atau kontak yang ingin Anda bagikan screenshot-nya.

Mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus tidak hanya berguna untuk berbagi, tetapi juga dapat membantu dalam berbagai situasi. Misalnya, jika Anda menemukan informasi penting di halaman web, Anda dapat mengambil screenshot untuk menyimpannya dan mengaksesnya kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet. Screenshot juga dapat digunakan untuk memperlihatkan masalah yang Anda alami pada ponsel kepada dukungan teknis atau teman-teman yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Tips Tambahan

Di sini ada beberapa tips tambahan yang mungkin berguna saat mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus:

1. Menghapus suara penangkapan layar

Jika Anda ingin menghapus suara penangkapan layar yang terdengar setiap kali Anda mengambil screenshot, Anda dapat pergi ke Pengaturan > Suara > Suara Penangkapan Layar dan matikan suara tersebut. Dengan mematikan suara penangkapan layar, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih diam-diam dan tanpa mengganggu pengguna lain di sekitar Anda.

2. Mengedit screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengeditnya untuk menyoroti atau menandai bagian yang penting atau menambahkan catatan. Huawei P10 Plus dilengkapi dengan aplikasi pengedit foto bawaan yang memungkinkan Anda melakukan pengeditan dasar, seperti memotong, memutar, atau menambahkan teks ke screenshot. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengedit foto pihak ketiga seperti Adobe Photoshop Express atau Snapseed untuk pengeditan yang lebih lanjut.

3. Mengatasi masalah pengambilan screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya. Pertama, pastikan bahwa Anda tidak menjalankan aplikasi pihak ketiga yang dapat mempengaruhi fungsi pengambilan screenshot. Beberapa aplikasi dapat mengubah fungsi tombol atau mengganggu deteksi gerakan tangan untuk mengambil screenshot. Jika masalah masih terjadi, coba restart perangkat Anda dan ulangi langkah-langkah pengambilan screenshot yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda sekarang dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Huawei P10 Plus Anda. Screenshot adalah fitur yang bermanfaat dan dapat membantu dalam berbagai situasi. Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah dijelaskan, dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei P10 Plus: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]