Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei Mate 9: Panduan Lengkap dan Mudah

Apakah Anda pengguna Huawei Mate 9 yang ingin mengetahui cara screenshot di smartphone Anda? Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk mengambil gambar layar ponsel Anda, baik untuk berbagi informasi, membuat tutorial, atau menyimpan momen penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan mudah tentang cara melakukan screenshot di Huawei Mate 9.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah memperbarui perangkat Anda ke versi terbaru sistem operasi yang telah dirilis oleh Huawei. Hal ini penting karena beberapa versi terbaru dapat memiliki opsi dan fitur yang berbeda. Setelah memastikan bahwa perangkat Anda sudah diperbarui, mari kita mulai dengan langkah-langkahnya.

Menggunakan Tombol Power dan Volume Down

Langkah pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down pada Huawei Mate 9 Anda. Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik hingga Anda melihat layar berkedip atau mendengar suara shutter kamera. Gambar screenshot Anda akan disimpan di folder Galeri atau Album di perangkat Anda.

Screenshot Huawei Mate 9

Langkah 1: Tekan dan Tahan Tombol Power dan Volume Down

Untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan dan menahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan. Anda dapat menemukan tombol Power di bagian samping atau belakang ponsel, sementara tombol Volume Down biasanya terletak di samping tombol Power. Pastikan Anda menekan kedua tombol ini secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 2: Tunggu Hingga Muncul Efek Visual atau Suara Shutter Kamera

Setelah Anda menekan dan menahan tombol Power dan Volume Down, Anda perlu menunggu hingga muncul efek visual atau mendengar suara shutter kamera. Pada Huawei Mate 9, layar akan berkedip sebentar atau Anda akan mendengar suara shutter kamera yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Setelah itu, gambar screenshot akan otomatis disimpan di folder Galeri atau Album di perangkat Anda.

Langkah 3: Cek dan Temukan Gambar Screenshot di Folder Galeri atau Album

Setelah Anda mengambil screenshot di Huawei Mate 9, langkah terakhir adalah memeriksa dan menemukan gambar screenshot di folder Galeri atau Album di perangkat Anda. Buka aplikasi Galeri atau Album di Huawei Mate 9 Anda, dan cari gambar screenshot terbaru yang telah Anda ambil. Anda dapat membuka gambar screenshot ini untuk melihatnya, mengeditnya, atau membagikannya dengan orang lain melalui berbagai aplikasi.

Menggunakan tombol Power dan Volume Down adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 9. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi sistem operasi yang Anda gunakan. Jika Anda mengalami kesulitan atau tidak dapat mengambil screenshot dengan metode ini, jangan khawatir. Ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

Menggunakan Gesture Layar

Huawei Mate 9 juga dilengkapi dengan fitur Gesture Layar, yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan mudah hanya dengan menggambar tanda S di layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan, pilih Smart Assistance, pilih Gesture Control, dan aktifkan opsi "Draw S". Setelah diaktifkan, Anda dapat melakukan screenshot dengan menggambar huruf S pada layar ponsel Anda.

Gesture Layar Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Pengaturan dan Pilih Smart Assistance

Untuk menggunakan fitur Gesture Layar di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Cari dan pilih opsi "Smart Assistance" di menu Pengaturan.

Langkah 2: Aktifkan Opsi "Draw S" di Gesture Control

Setelah Anda masuk ke menu Smart Assistance, cari dan pilih opsi "Gesture Control". Di dalam opsi ini, Anda akan menemukan opsi "Draw S". Aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke posisi ON atau mengaktifkannya.

Langkah 3: Gambar Huruf S di Layar untuk Mengambil Screenshot

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Draw S" di Gesture Control, Anda dapat melakukan screenshot dengan mudah hanya dengan menggambar huruf S pada layar ponsel Anda. Pastikan Anda menggambar huruf S dengan jelas dan cukup besar untuk mendapatkan hasil yang akurat. Setelah Anda menggambar huruf S, Huawei Mate 9 akan secara otomatis mengambil screenshot dan menyimpannya di folder Galeri atau Album.

Dengan fitur Gesture Layar di Huawei Mate 9, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil screenshot hanya dengan menggambar tanda S di layar. Fitur ini sangat berguna jika Anda tidak ingin menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot atau jika Anda sedang menggunakan satu tangan untuk mengoperasikan ponsel Anda.

Menggunakan Fitur Screenshot Scroll

Jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman web atau dokumen yang lebih panjang dari satu layar, Huawei Mate 9 memiliki fitur Screenshot Scroll yang memungkinkan Anda melakukan hal ini. Setelah mengambil screenshot pertama, Anda akan melihat opsi "Scroll" di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan menangkap gambar seluruh halaman dengan menggulirkan layar. Gambar screenshot panjang Anda akan disimpan di folder Galeri atau Album di perangkat Anda.

Screenshot Scroll Huawei Mate 9

Langkah 1: Ambil Screenshot Pertama Seperti Biasa

Langkah pertama untuk menggunakan fitur Screenshot Scroll di Huawei Mate 9 adalah dengan mengambil screenshot pertama seperti yang biasa Anda lakukan dengan menggunakan tombol Power dan Volume Down atau Gesture Layar. Setelah mengambil screenshot pertama, Anda akan melihat opsi "Scroll" di bagian bawah layar.

Langkah 2: Ketuk Opsi "Scroll" untuk Melanjutkan Menangkap Gambar

Setelah Anda melihat opsi "Scroll" di bagian bawah layar setelah mengambil screenshot pertama, ketuk opsi ini untuk melanjutkan menangkap gambar seluruh halaman dengan menggulirkan layar. Huawei Mate 9 akan secara otomatis menggulirkan layar dan menangkap gambar setiap kali Anda menggulirkan layar ke bawah.

Langkah 3: Cek dan Temukan Gambar Screenshot Panjang di Folder Galeri atau Album

Setelah Anda selesai menggulirkan layar dan menggunakan fitur Screenshot Scroll di Huawei Mate 9, gambar screenshot panjang Anda akan disimpan di folder Galeri atau Album di perangkat Anda. Buka aplikasi Galeri atau Album, dan cari gambar screenshot panjang terbaru yang telah Anda ambil. Anda dapat membuka gambar screenshot ini untuk melihatnya, mengeditnya, atau membagikannya dengan orang lain melalui berbagai aplikasi.

Dengan fitur Screenshot Scroll di Huawei Mate 9, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dari halaman web, dokumen, atau tampilan lain yang lebih panjang dari satu layar. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyimpan atau berbagi informasi yang tidak muat dalam satu layar atau jika Anda ingin membuat tangkapan layar yang lengkap dari suatu halaman.

Menggunakan Fitur Screenshot Timer

Fitur Screenshot Timer pada Huawei Mate 9 memungkinkan Anda untuk mengatur waktu penundaan sebelum mengambil screenshot. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari menu atau tampilan yang memerlukan beberapa waktu untuk disiapkan. Untuk menggunakan fitur ini, buka Pengaturan, pilih Smart Assistance, pilih Motion Control, dan aktifkan opsi "Screenshot Timer". Setelah diaktifkan, Anda dapat mengatur waktu penundaan dan mengambil screenshot dengan menekan tombol Volume Down secara bersamaan dengan tombol Power setelah waktu penundaan selesai.

Screenshot Timer Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Pengaturan dan Pilih Smart Assistance

Untuk menggunakan fitur Screenshot Timer di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Cari dan pilih opsi "Smart Assistance" di menu Pengaturan.

Langkah 2: Pilih Motion Control dan Aktifkan Opsi "Screenshot Timer"

Setelah Anda masuk ke menu Smart Assistance, cari dan pilih opsi "Motion Control". Di dalam opsi ini, Anda akan menemukan opsi "Screenshot Timer". Aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke posisi ON atau mengaktifkannya.

Langkah 3: Atur Waktu Penundaan dan Ambil Screenshot

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Screenshot Timer" di Motion Control, Anda dapat mengatur waktu penundaan sebelum mengambil screenshot. Pilih waktu penundaan yang diinginkan, misalnya 3 detik atau 5 detik. Setelah waktu penundaan selesai, tekan tombol Volume Down secara bersamaan dengan tombol Power untuk mengambil screenshot. Huawei Mate 9 akan secara otomatis mengambil screenshot setelah waktu penundaan selesai.

Dengan fitur Screenshot Timer di Huawei Mate 9, Anda dapat mengatur waktu penundaan sebelum mengambil screenshot, sehingga Anda memiliki waktu untuk menyiapkan tampilan atau menu yang ingin Anda tangkap. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari tampilan atau menu yang bergerak atau memerlukan beberapa waktu untuk disiapkan sebelum dapat diambil.

Menggunakan Fitur Capture+

Capture+ adalah fitur canggih lainnya yang tersedia di Huawei Mate 9 yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan lebih banyak opsi dan fitur. Untuk menggunakan Capture+, buka Pengaturan, pilih Smart Assistance, pilih Motion Control, dan aktifkan opsi "Capture+". Setelah diaktifkan, Anda dapat mengakses Capture+ dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan pada layar ponsel Anda. Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur, seperti mengambil screenshot dengan tangan bebas, menambahkan catatan, dan banyak lagi.

Capture+ Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Pengaturan dan Pilih Smart Assistance

Untuk menggunakan fitur Capture+ di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Cari dan pilih opsi "Smart Assistance" di menu Pengaturan.

Langkah 2: Pilih Motion Control dan Aktifkan Opsi "Capture+"

Setelah Anda masuk ke menu Smart Assistance, cari dan pilih opsi "Motion Control". Di dalam opsi ini, Anda akan menemukan opsi "Capture+". Aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke posisi ON atau mengaktifkannya.

Langkah 3: Gesekkan Tiga Jari untuk Mengakses Capture+

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Capture+" di Motion Control, Anda dapat mengakses Capture+ dengan mudah hanya dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan pada layar ponsel Anda. Pastikan Anda menggesekkan tiga jari dengan cepat dan tepat untuk mengakses Capture+. Setelah Anda mengakses Capture+, Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan tangan bebas, menambahkan catatan, dan lainnya.

Dengan fitur Capture+ di Huawei Mate 9, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi dan fitur tambahan. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan tangan bebas atau jika Anda ingin menambahkan catatan atau anotasi pada gambar screenshot Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari lebih banyak opsi dan fitur untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 9 Anda, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Ada banyak aplikasi screenshot yang dapat Anda pilih, seperti Screenshot Easy, Super Screenshot, atau Screenshot Capture, yang dapat memberikan Anda lebih banyak kontrol dan fitur tambahan untuk mengambil screenshot.

Aplikasi Screenshot Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Play Store dan Cari Aplikasi Screenshot

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 9 adalah membuka Play Store di perangkat Anda. Cari kata kunci "screenshot" di kotak pencarian Play Store untuk menemukan berbagai aplikasi screenshot yang tersedia.

Langkah 2: Pilih dan Install Aplikasi Screenshot yang Anda Inginkan

Setelah Anda menemukan aplikasi screenshot yang Anda inginkan, pilih aplikasi tersebut dan tekan tombol "Install" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi di perangkat Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang memiliki rating dan ulasan yang baik dari pengguna lain untuk memastikan kualitas dan keandalan aplikasi tersebut.

Langkah 3: Buka Aplikasi Screenshot dan Ikuti Petunjuk yang Diberikan

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot pilihan Anda, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 9. Setiap aplikasi screenshot mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang sedikit berbeda, jadi pastikan Anda membaca petunjuk dan panduan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengambil screenshot di Huawei Mate 9 dengan lebih banyak opsi dan fitur tambahan. Aplikasi screenshot ini seringkali menawarkan kontrol yang lebih lengkap atas proses pengambilan screenshot, seperti pengaturan kualitas gambar, pilihan format file, dan lainnya.

Mengedit dan Berbagi Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Huawei Mate 9, Anda dapat mengedit gambar tersebut sebelum membagikannya. Huawei Mate 9 dilengkapi dengan aplikasi Galeri bawaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan sederhana, seperti memotong, memutar, menambahkan teks, atau menandai gambar. Setelah mengedit gambar, Anda dapat membagikannya melalui aplikasi media sosial, email, atau aplikasi lainnya yang Anda miliki di perangkat Anda.

Edit Screenshot Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Aplikasi Galeri dan Temukan Gambar Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot di Huawei Mate 9, buka aplikasi Galeri di perangkat Anda untuk melihat gambar screenshot yang telah Anda ambil. Cari dan pilih gambar screenshot yang ingin Anda edit dan bagikan.

Langkah 2: Pilih Opsi Edit untuk Mengedit Gambar Screenshot

Setelah Anda memilih gambar screenshot di aplikasi Galeri, pilih opsi "Edit" untuk membuka alat pengeditan gambar. Di dalam alat pengeditan gambar, Anda akan menemukan berbagai opsi dan fitur yang dapat Anda gunakan untuk memotong, memutar, menambahkan teks, atau menandai gambar screenshot Anda.

Langkah 3: Simpan dan Bagikan Gambar Screenshot yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit gambar screenshot di Huawei Mate 9, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat. Pilih opsi "Simpandan kemudian Anda dapat membagikan gambar screenshot yang telah diedit melalui berbagai aplikasi. Pilih opsi "Bagikan" atau "Kirim" di aplikasi Galeri untuk memilih aplikasi media sosial, email, atau aplikasi lainnya yang ingin Anda gunakan untuk membagikan gambar screenshot tersebut.

Dengan aplikasi Galeri bawaan di Huawei Mate 9, Anda dapat dengan mudah mengedit gambar screenshot sebelum membagikannya. Anda dapat memotong gambar, memutar gambar, menambahkan teks, atau menandai gambar untuk menyoroti bagian yang penting. Setelah Anda selesai mengedit gambar, Anda dapat langsung membagikannya dengan teman, keluarga, atau pengikut Anda melalui berbagai aplikasi yang tersedia di perangkat Anda.

Menyimpan Screenshot ke Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin menyimpan screenshot Anda ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD atau flash drive, Huawei Mate 9 memungkinkan Anda untuk melakukannya. Setelah mengambil screenshot, buka aplikasi File Manager, cari gambar screenshot Anda di folder Galeri atau Album, dan salin atau pindahkan ke penyimpanan eksternal yang Anda inginkan.

Simpan Screenshot Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Aplikasi File Manager di Huawei Mate 9

Untuk menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi File Manager di perangkat Anda. Aplikasi File Manager biasanya dapat ditemukan di layar beranda atau di dalam folder Aplikasi.

Langkah 2: Cari dan Pilih Gambar Screenshot di Folder Galeri atau Album

Setelah Anda membuka aplikasi File Manager, cari dan pilih folder Galeri atau Album di perangkat Anda. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan gambar screenshot yang telah Anda ambil sebelumnya. Cari dan pilih gambar screenshot yang ingin Anda simpan ke penyimpanan eksternal.

Langkah 3: Salin atau Pindahkan Gambar Screenshot ke Penyimpanan Eksternal

Setelah Anda memilih gambar screenshot di aplikasi File Manager, pilih opsi "Salin" atau "Pindahkan" untuk memindahkan gambar tersebut ke penyimpanan eksternal. Pilih penyimpanan eksternal yang Anda inginkan, seperti kartu SD atau flash drive, dan pilih folder tujuan di dalam penyimpanan eksternal tersebut. Tekan tombol "OK" atau "Pindahkan" untuk menyelesaikan proses.

Dengan aplikasi File Manager di Huawei Mate 9, Anda dapat dengan mudah menyimpan screenshot ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD atau flash drive. Hal ini berguna jika Anda ingin memindahkan gambar screenshot ke perangkat lain atau jika Anda ingin membackup gambar screenshot Anda ke penyimpanan eksternal sebagai langkah pengamanan tambahan.

Mengatur Kualitas Screenshot

Jika Anda ingin mengatur kualitas screenshot yang dihasilkan oleh Huawei Mate 9 Anda, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan kamera. Buka aplikasi Kamera, pilih Pengaturan, gulir ke bawah, dan pilih opsi Resolusi Gambar. Anda dapat memilih resolusi yang lebih tinggi untuk menghasilkan gambar screenshot yang lebih tajam dan jelas.

Kualitas Screenshot Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Aplikasi Kamera di Huawei Mate 9

Untuk mengatur kualitas screenshot di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Kamera di perangkat Anda. Aplikasi Kamera biasanya dapat ditemukan di layar beranda atau di dalam folder Aplikasi.

Langkah 2: Buka Pengaturan Kamera

Setelah Anda membuka aplikasi Kamera, cari dan pilih opsi Pengaturan. Opsi Pengaturan seringkali dapat ditemukan dengan menggesekkan layar ke kiri atau ke kanan atau dengan mengetuk ikon gerigi atau ikon menu di layar.

Langkah 3: Pilih Opsi Resolusi Gambar dan Atur Kualitas Screenshot

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan Kamera, gulir ke bawah dan cari opsi "Resolusi Gambar". Pilih opsi ini untuk mengatur kualitas screenshot yang dihasilkan oleh Huawei Mate 9. Anda dapat memilih resolusi yang lebih tinggi untuk menghasilkan gambar screenshot yang lebih tajam, jelas, dan berkualitas tinggi.

Dengan mengatur kualitas screenshot di Huawei Mate 9, Anda dapat memastikan bahwa gambar screenshot yang Anda ambil memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan kualitas terbaik, pastikan Anda mengatur resolusi gambar ke tingkat tertinggi yang didukung oleh perangkat Anda.

Menggunakan Fitur Screenshot Fitur Lengkap

Terakhir, Huawei Mate 9 juga dilengkapi dengan fitur Screenshot Fitur Lengkap yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi dan fitur. Untuk menggunakan fitur ini, buka Pengaturan, pilih Smart Assistance, pilih Screenshot & Screen recording, dan aktifkan opsi "Screenshot Fitur Lengkap". Setelah diaktifkan, Anda dapat mengakses fitur ini dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan pada layar ponsel Anda. Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur, seperti menambahkan catatan, menambahkan tanda panah, atau menambahkan efek.

Screenshot Fitur Lengkap Huawei Mate 9

Langkah 1: Buka Pengaturan dan Pilih Smart Assistance

Untuk menggunakan fitur Screenshot Fitur Lengkap di Huawei Mate 9, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Cari dan pilih opsi "Smart Assistance" di menu Pengaturan.

Langkah 2: Pilih Screenshot & Screen recording dan Aktifkan Opsi "Screenshot Fitur Lengkap"

Setelah Anda masuk ke menu Smart Assistance, cari dan pilih opsi "Screenshot & Screen recording". Di dalam opsi ini, Anda akan menemukan opsi "Screenshot Fitur Lengkap". Aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke posisi ON atau mengaktifkannya.

Langkah 3: Gesekkan Tiga Jari untuk Mengakses Fitur Screenshot Fitur Lengkap

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Screenshot Fitur Lengkap" di Screenshot & Screen recording, Anda dapat mengakses fitur ini dengan mudah hanya dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan pada layar ponsel Anda. Pastikan Anda menggesekkan tiga jari dengan cepat dan tepat untuk mengakses fitur Screenshot Fitur Lengkap. Setelah Anda mengakses fitur ini, Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan menambahkan catatan, menambahkan tanda panah, atau menambahkan efek.

Dengan fitur Screenshot Fitur Lengkap di Huawei Mate 9, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi dan fitur tambahan. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menambahkan catatan atau anotasi pada gambar screenshot Anda, atau jika Anda ingin menyoroti bagian tertentu dari tampilan layar.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan mudah tentang cara screenshot di Huawei Mate 9. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di perangkat Anda dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba sendiri dan nikmati fitur screenshot yang disediakan oleh Huawei Mate 9!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei Mate 9: Panduan Lengkap dan Mudah"

Daftar Isi [
tampilkan
]