Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei Mate 20 Lite: Panduan Lengkap dan Praktis

Jika Anda pengguna Huawei Mate 20 Lite dan ingin tahu cara mengambil screenshot dengan mudah, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Huawei Mate 20 Lite. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail dan memberikan tips tambahan untuk memaksimalkan pengalaman pengambilan screenshot Anda.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas apa itu screenshot dan mengapa hal ini penting. Screenshot adalah proses mengambil gambar dari layar perangkat Anda. Ini dapat berguna dalam berbagai situasi, seperti berbagi informasi penting, menjelaskan masalah kepada orang lain, atau bahkan menyimpan momen penting dalam permainan.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Huawei Mate 20 Lite adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Anda hanya perlu menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara mengeklik dan layar akan berkedip sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot akan otomatis disimpan dalam galeri perangkat Anda.

Metode ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot di banyak perangkat Android, termasuk Huawei Mate 20 Lite. Dengan menggunakan tombol kombinasi, Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot tanpa perlu masuk ke pengaturan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah Menggunakan Tombol Kombinasi:

  1. Temukan tampilan layar atau halaman yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol daya (tombol di sisi atau bagian atas perangkat) dan tombol volume bawah (tombol di sisi perangkat) secara bersamaan.
  3. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda mendengar suara mengeklik dan layar berkedip sebentar.
  4. Screenshot akan otomatis disimpan dalam galeri perangkat Anda.
Tombol Kombinasi

Menggunakan Pemberitahuan Drop-down

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol kombinasi, Huawei Mate 20 Lite juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot melalui pemberitahuan drop-down. Cukup buka pemberitahuan drop-down dengan menggesek layar dari atas ke bawah, dan cari ikon screenshot. Ketuk ikon tersebut, dan screenshot akan diambil secara otomatis. Anda dapat menemukan screenshot yang diambil di galeri perangkat Anda.

Metode ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan satu tangan atau tidak dapat mengakses tombol kombinasi secara mudah. Dengan menggesek layar dan menekan ikon screenshot di pemberitahuan drop-down, Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot tanpa perlu mengatur posisi jari Anda di tombol yang tepat.

Langkah-langkah Menggunakan Pemberitahuan Drop-down:

  1. Temukan tampilan layar atau halaman yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  2. Gesek layar dari atas ke bawah untuk membuka pemberitahuan drop-down.
  3. Cari ikon screenshot, biasanya berupa gambar layar kecil dengan ikon kamera di atasnya.
  4. Ketuk ikon screenshot.
  5. Screenshot akan otomatis diambil dan disimpan dalam galeri perangkat Anda.
Pemberitahuan Drop-Down

Menggunakan Fitur Gestur

Huawei Mate 20 Lite juga menawarkan fitur gesekan tiga jari yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan mudah. Aktifkan fitur ini melalui Pengaturan > Gerakan kontrol > Gestur. Setelah diaktifkan, cukup gesekkan tiga jari secara horizontal pada layar, dan screenshot akan diambil. Anda dapat menemukan screenshot di galeri perangkat Anda.

Fitur gestur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan cepat dan nyaman. Dengan gesekan tiga jari, Anda tidak perlu mencari tombol kombinasi atau membuka pemberitahuan drop-down. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering mengambil screenshot dan ingin menghemat waktu dan usaha.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Gestur:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di Huawei Mate 20 Lite.
  2. Pilih Gerakan kontrol.
  3. Aktifkan opsi Gestur.
  4. Temukan tampilan layar atau halaman yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  5. Gesekkan tiga jari secara horizontal pada layar.
  6. Screenshot akan otomatis diambil dan disimpan dalam galeri perangkat Anda.
Fitur Gestur

Menggunakan Fitur Pencitraan

Fitur pencitraan di Huawei Mate 20 Lite juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Aktifkan fitur ini melalui Pengaturan > Smart Assistance > Pencitraan. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan tiga jari di atas layar atau dua jari secara bersamaan. Anda juga dapat mengatur gestur yang diinginkan untuk mengambil screenshot. Screenshot akan otomatis disimpan dalam galeri perangkat Anda.

Fitur pencitraan ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam mengambil screenshot di Huawei Mate 20 Lite. Anda dapat menggunakan gestur tiga jari atau dua jari sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur gestur khusus untuk mengambil screenshot, membuat pengalaman pengguna menjadi lebih personal.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Pencitraan:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di Huawei Mate 20 Lite.
  2. Pilih Smart Assistance.
  3. Pilih Pencitraan.
  4. Aktifkan opsi Pencitraan.
  5. Temukan tampilan layar atau halaman yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  6. Gesekkan tiga jari atau dua jari sesuai dengan preferensi Anda di atas layar.
  7. Screenshot akan otomatis diambil dan disimpan dalam galeri perangkat Anda.
Fitur Pencitraan

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari lebih banyak fitur dan fleksibilitas dalam mengambil screenshot, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada berbagai aplikasi screenshot yang tersedia di Huawei AppGallery atau Google Play Store. Cukup unduh aplikasi yang diinginkan, ikuti petunjuknya, dan Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan berbagai opsi tambahan.

Aplikasi screenshot pihak ketiga dapat memberikan Anda lebih banyak kontrol dan fitur tambahan dalam mengambil screenshot. Beberapa aplikasi bahkan dapat membantu Anda mengedit screenshot, menambahkan catatan, atau membagikannya langsung ke platform media sosial. Jelajahi berbagai aplikasi yang tersedia dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga:

  1. Buka Huawei AppGallery atau Google Play Store di Huawei Mate 20 Lite.
  2. Cari aplikasi screenshot yang diinginkan dengan menggunakan kata kunci "screenshot".
  3. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan unduh.
  4. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur fungsi screenshot.
  5. Temukan tampilan layar atau halaman yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.
  6. Buka aplikasi screenshot yang telah Anda unduh.
  7. Gunakan fitur yang disediakan oleh aplikasi untuk mengambil screenshot sesuai dengan preferensi Anda.
  8. Screenshot akan otomatis disimpan dalam galeri perangkat Anda atau dalam folder khusus yang ditentukan oleh aplikasi.
Aplikasi Pihak Ketiga

Tips Tambahan untuk Mengambil Screenshot

Selain metode di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda mengambil screenshot dengan lebih baik di Huawei Mate 20 Lite:

  • Pastikan perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan screenshot. Jika ruang penyimpanan Anda terbatas, hapus screenshot yang tidak lagi Anda perlukan atau pindahkan mereka ke penyimpanan eksternal.
  • Jika Anda ingin mengambil screenshot seluruh halaman web, Anda dapat menggunakan metode scroll screenshot yang tersedia di beberapa peramban web. Dengan metode ini, Anda dapat mengambil screenshot dari seluruh halaman web yang mungkin tidak terlihat dalam tampilan layar penuh.
  • Jika Anda ingin mengedit screenshot sebelum membagikannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit foto yang tersedia di perangkat Anda. Dengan aplikasi pengedit foto, Anda dapat memotong, menambahkan teks, menyorot, atau mengubah gambar sebelum membagikannya kepada orang lain.
Tips Tambahan

Membagikan Screenshot

Sekarang setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Huawei Mate 20 Lite, Anda dapat membagikannya dengan mudah. Cukup buka galeri perangkat Anda, temukan screenshot yang ingin Anda bagikan, dan gunakan opsi berbagi yang tersedia. Anda dapat membagikannya melalui pesan teks, email, media sosial, atau aplikasi berbagi file lainnya.

Bagikan screenshot Anda kepada teman, keluarga, atau rekan kerja untuk berbagi informasi, momen penting, atau masalah yang ingin Anda jelaskan. Dengan membagikan screenshot, Anda dapat memperlihatkan pesan atau tampilan layar dengan lebih jelas dan mudah dipahami oleh orang lain.

Membagikan Screenshot

Mengelola Screenshot di Galeri

Jika Anda ingin mengelola screenshot Anda dengan lebih baik, Huawei Mate 20 Lite juga menyediakan fitur untuk mengatur dan mengelompokkan screenshot di galeri. Anda dapat membuat album khusus untuk screenshot, memberikan label atau deskripsi, atau bahkan menghapus screenshot yang tidak lagi Anda perlukan.

Dengan mengelola screenshot di galeri, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses screenshot yang Anda butuhkan. Anda juga dapat mengatur screenshot ke dalam kategori yang berbeda, seperti gambar layar utama, tangkapan layar game, atau tangkapan layar aplikasi tertentu. Dengan mengatur screenshot, Anda dapat mempermudah pencarian dan penggunaan screenshot di masa mendatang.

Langkah-langkah Mengelola Screenshot di Galeri:

  1. Buka aplikasi Galeri di Huawei Mate 20 Lite.
  2. Cari folder Screenshot atau buat album khusus untuk screenshot.
  3. Pilih screenshot yang ingin Anda atur atau kelompokkan.
  4. Gunakan opsi yang tersedia, seperti memberikan label, menambahkan deskripsi, atau memindahkan screenshot ke folder khusus.
  5. Jika Anda ingin menghapus screenshot, pilih screenshot yang ingin Anda hapus dan gunakan opsi "Hapus" atau "Hapus permanen".
Mengelola Screenshot

Masalah Umum saat Mengambil Screenshot

Beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat mengambil screenshot di Huawei Mate 20 Lite. Berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin Anda temui:

  • Screenshot tidak disimpan: Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan dan izin yang diperlukan untuk menyimpan screenshot. Periksa juga pengaturan perangkat Anda untuk memastikan tidak ada pembatasan penyimpanan.
  • Tombol kombinasi tidak berfungsi: Periksa pengaturan tombol kombinasi Anda dan pastikan tidak ada masalah dengan tombol fisik perangkat Anda. Jika tombol kombinasi tidak berfungsi, coba tekan tombol secara lebih kuat atau bersihkan tombol dari kotoran atau debu.
  • Fitur pencitraan atau gestur tidak berfungsi: Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan dan mengikuti petunjuk dengan benar. Jika fitur masih tidak berfungsi, coba restart perangkat atau perbarui perangkat lunak ke versi terbaru.
Masalah Umum

Dengan panduan lengkap ini, Anda sekarang memiliki semua informasi yang Anda butuhkan tentang cara screenshot di Huawei Mate 20 Lite. Anda dapat menggunakan berbagai metode yang disediakan oleh perangkat ini, mulai dari tombol kombinasi hingga fitur pencitraan. Jika Anda mengalami masalah, coba periksa tip dan solusi yang kami berikan.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan fitur-fitur lainnya yang ada di Huawei Mate 20 Lite, seperti pengeditan screenshot atau mengelola screenshot di galeri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengambil screenshot dengan mudah dan efisien di Huawei Mate 20 Lite.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei Mate 20 Lite: Panduan Lengkap dan Praktis"

Daftar Isi [
tampilkan
]