Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei G8 G9 Plus: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda memiliki ponsel Huawei G8 atau G9 Plus dan ingin tahu bagaimana cara melakukan screenshot? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus. Kami akan menjelaskan langkah demi langkahnya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada ponsel Anda.

Screenshot sangat berguna dalam banyak situasi. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk berbagi tampilan layar ponsel Anda dengan teman atau keluarga, atau untuk menyimpan informasi penting yang muncul di layar. Dengan panduan ini, Anda akan menjadi ahli dalam mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus!

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama dalam mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus adalah dengan menggunakan tombol fisik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Sebelum mengambil screenshot, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda tangkap. Ini bisa berupa tampilan halaman web, pesan teks, atau aplikasi apa pun yang Anda inginkan.

2. Tekan Tombol Daya dan Tombol Volume Down Secara Bersamaan

Selanjutnya, tekan tombol daya dan tombol volume down pada ponsel Huawei G8 atau G9 Plus secara bersamaan. Pastikan Anda menekannya dengan tepat pada saat yang bersamaan, agar ponsel Anda dapat mengambil screenshot dengan benar.

3. Lihat Tangkapan Layar Anda

Setelah Anda menekan tombol daya dan tombol volume down, Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar Anda telah berhasil diambil. Anda juga akan melihat tangkapan layar tersebut secara otomatis disimpan di galeri ponsel Anda.

Itulah cara mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus menggunakan tombol fisik. Metode ini sangat sederhana dan cepat, dan Anda dapat menggunakannya kapan saja Anda perlu mengambil tangkapan layar.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gestur Tangan

Jika Anda lebih suka menggunakan gestur tangan daripada tombol fisik, Anda dapat mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus dengan mudah menggunakan gestur tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Fitur Gestur Tangan

Sebelum Anda dapat menggunakan gestur tangan untuk mengambil screenshot, Anda perlu mengaktifkan fitur ini di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

2. Buka Pengaturan Ponsel Anda

Untuk mengaktifkan fitur gestur tangan, pertama-tama buka pengaturan ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Anda dapat menemukan ikon pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

3. Cari Opsi Gestur Tangan

Setelah Anda membuka pengaturan ponsel, cari opsi yang berkaitan dengan gestur tangan. Opsi ini mungkin berada di dalam bagian "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Sistem", tergantung pada versi perangkat lunak ponsel Anda.

4. Aktifkan Fitur Gestur Tangan untuk Screenshot

Setelah Anda menemukan opsi gestur tangan, aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "Aktif". Dengan mengaktifkan fitur gestur tangan, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah menggunakan gerakan tangan.

5. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Setelah Anda mengaktifkan fitur gestur tangan, buka layar yang ingin Anda tangkap screenshot-nya di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda.

6. Lakukan Gerakan Tangan untuk Mengambil Screenshot

Selanjutnya, lakukan gerakan tangan yang ditentukan untuk mengambil screenshot. Gerakan tangan ini dapat berbeda tergantung pada pengaturan ponsel Anda, tetapi umumnya melibatkan menggenggam tangan dan menekan atau menyentuh layar dengan jari lain.

7. Lihat Tangkapan Layar Anda

Setelah Anda melakukan gerakan tangan yang tepat, Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar Anda telah berhasil diambil. Tangkapan layar tersebut akan otomatis disimpan di galeri ponsel Anda.

Itulah cara mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus menggunakan gestur tangan. Metode ini sangat berguna jika Anda lebih suka menghindari penggunaan tombol fisik atau jika Anda ingin mengambil screenshot dengan satu tangan.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gestur Tangan

Cara Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak kontrol dan fitur tambahan saat mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Temukan Aplikasi Screenshot di Google Play Store

Pertama-tama, buka Google Play Store di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda dan cari aplikasi screenshot. Ada banyak aplikasi yang tersedia, jadi pilihlah yang memiliki rating dan ulasan yang baik.

2. Unduh dan Pasang Aplikasi Screenshot

Setelah Anda menemukan aplikasi screenshot yang Anda inginkan, unduh dan pasang aplikasi tersebut di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

3. Buka Aplikasi Screenshot

Setelah aplikasi screenshot terpasang, buka aplikasi tersebut di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Anda akan melihat antarmuka pengguna aplikasi, yang biasanya memiliki berbagai opsi dan fitur untuk mengambil screenshot.

4. Pilih Opsi Screenshot yang Anda Inginkan

Setelah Anda membuka aplikasi screenshot, pilih opsi atau fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan opsi untuk mengambil screenshot dengan tombol kustom, gestur tangan, atau bahkan melalui notifikasi.

5. Ikuti Petunjuk yang Diberikan oleh Aplikasi

Setiap aplikasi screenshot mungkin memiliki petunjuk yang berbeda untuk mengambil screenshot. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut, baik itu dalam bentuk teks, gambar, atau video tutorial. Pastikan Anda memahami setiap langkah dengan baik sebelum melanjutkan.

6. Lihat Tangkapan Layar Anda

Setelah Anda mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi screenshot, Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar Anda telah berhasil diambil. Tangkapan layar tersebut akan otomatis disimpan di galeri ponsel Anda atau di folder yang ditentukan oleh aplikasi.

Itulah cara mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Metode ini sangat berguna jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur dan kontrol saat mengambil screenshot, seperti pengeditan, penandaan, atau pemotongan tangkapan layar.

Cara Mengambil Screenshot Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Mengedit Screenshot diHuawei G8 dan G9 Plus

Setelah Anda mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum membagikannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit screenshot di ponsel Huawei Anda:

1. Buka Galeri dan Pilih Screenshot yang Ingin Diedit

Pertama-tama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Cari dan pilih tangkapan layar yang ingin Anda edit.

2. Gunakan Alat Edit yang Tersedia

Setelah Anda memilih tangkapan layar yang ingin diedit, Anda akan melihat berbagai alat dan fungsi pengeditan yang tersedia di aplikasi Galeri. Beberapa alat umum yang mungkin Anda temui termasuk pemotongan, rotasi, penyorotan, atau penambahan teks.

3. Sesuaikan dan Modifikasi Screenshot Anda

Sesuaikan dan modifikasi tangkapan layar Anda sesuai keinginan Anda menggunakan alat edit yang tersedia. Anda dapat memotong gambar, memperbaiki kecerahan atau kontras, menambahkan filter, atau menandai bagian penting dengan teks atau panah.

4. Simpan dan Bagikan Screenshot yang Telah Diedit

Setelah Anda puas dengan pengeditan yang dilakukan pada tangkapan layar, simpan perubahan tersebut dan Anda siap untuk membagikannya. Anda dapat memilih untuk membagikan screenshot melalui pesan teks, email, atau mempostingnya di media sosial.

Itulah cara mengedit screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus. Dengan menggunakan fitur pengeditan yang tersedia di aplikasi Galeri, Anda dapat dengan mudah memodifikasi tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum membagikannya kepada orang lain.

Cara Mengedit Screenshot Di Huawei G8 Dan G9 Plus

Cara Mengirim Screenshot Melalui Pesan atau Email

Setelah Anda mengambil dan mengedit screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus, Anda dapat dengan mudah mengirimnya melalui pesan atau email. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Galeri dan Pilih Screenshot yang Ingin Dikirim

Pertama-tama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Cari dan pilih tangkapan layar yang ingin Anda kirim melalui pesan atau email.

2. Pilih Opsi Bagikan

Setelah Anda memilih tangkapan layar yang ingin dikirim, pilih opsi "Bagikan" yang biasanya dapat ditemukan di bagian bawah layar atau melalui menu tiga titik vertikal atau horisontal.

3. Pilih Aplikasi Pesan atau Email

Setelah Anda memilih opsi "Bagikan", Anda akan melihat daftar aplikasi yang mendukung berbagi konten, seperti pesan teks atau email. Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk mengirim tangkapan layar.

4. Tambahkan Penerima dan Keterangan (Opsional)

Setelah Anda memilih aplikasi pesan atau email, Anda akan diarahkan ke layar pengiriman pesan atau email. Tambahkan penerima (alamat email atau nomor telepon) dan keterangan (jika diperlukan) sebelum mengirim tangkapan layar tersebut.

5. Kirim Screenshot

Setelah Anda menambahkan penerima dan keterangan, Anda dapat mengirim tangkapan layar dengan menekan tombol "Kirim" atau "Kirim" di aplikasi pesan atau email yang Anda pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengirimkan tangkapan layar melalui pesan teks atau email kepada teman, keluarga, atau rekan kerja. Pastikan Anda telah memilih aplikasi yang sesuai dengan metode pengiriman yang Anda inginkan.

Cara Mengirim Screenshot Melalui Pesan Atau Email

Cara Mengunggah Screenshot ke Media Sosial

Jika Anda ingin membagikan screenshot Anda ke media sosial seperti Facebook atau Instagram, berikut adalah langkah-langkah untuk mengunggahnya:

1. Buka Galeri dan Pilih Screenshot yang Ingin Diunggah

Pertama-tama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Cari dan pilih tangkapan layar yang ingin Anda unggah ke media sosial.

2. Pilih Opsi Bagikan

Setelah Anda memilih tangkapan layar yang ingin diunggah, pilih opsi "Bagikan" yang biasanya dapat ditemukan di bagian bawah layar atau melalui menu tiga titik vertikal atau horisontal.

3. Pilih Aplikasi Media Sosial

Setelah Anda memilih opsi "Bagikan", Anda akan melihat daftar aplikasi yang mendukung berbagi konten, seperti aplikasi media sosial. Pilih aplikasi media sosial yang ingin Anda gunakan untuk mengunggah tangkapan layar.

4. Tambahkan Keterangan (Opsional)

Setelah Anda memilih aplikasi media sosial, Anda akan diarahkan ke layar unggahan di aplikasi tersebut. Tambahkan keterangan atau deskripsi (jika diperlukan) sebelum mengunggah tangkapan layar tersebut.

5. Unggah Screenshot

Setelah Anda menambahkan keterangan, Anda dapat mengunggah tangkapan layar dengan menekan tombol "Unggah" atau "Bagikan" di aplikasi media sosial yang Anda pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengunggah tangkapan layar ke media sosial dan membagikannya dengan teman, keluarga, atau pengikut Anda. Pastikan Anda telah memilih aplikasi media sosial yang sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Mengunggah Screenshot Ke Media Sosial

Cara Menghapus Screenshot yang Tidak Diperlukan

Jika Anda memiliki banyak screenshot yang tidak diperlukan lagi, Anda dapat dengan mudah menghapusnya di Huawei G8 dan G9 Plus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Galeri dan Temukan Screenshot yang Ingin Dihapus

Pertama-tama, buka aplikasi Galeri di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Cari dan temukan tangkapan layar yang ingin Anda hapus dari perangkat.

2. Pilih Opsi Hapus

Setelah Anda menemukan tangkapan layar yang ingin dihapus, pilih opsi "Hapus" yang biasanya dapat ditemukan di bagian bawah layar atau melalui menu tiga titik vertikal atau horisontal.

3. Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda memilih opsi "Hapus", Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan tangkapan layar. Pastikan Anda memilih "Ya" atau "Hapus" untuk menghapus tangkapan layar dari perangkat secara permanen.

4. Tangkapan Layar Telah Dihapus

Setelah Anda mengonfirmasi penghapusan, tangkapan layar yang tidak diperlukan lagi akan dihapus dari perangkat Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan apakah tangkapan layar tersebut benar-benar tidak diperlukan sebelum menghapusnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus tangkapan layar yang tidak diperlukan lagi dari perangkat Huawei G8 dan G9 Plus Anda. Ini akan membantu Anda mengelola ruang penyimpanan dan mempertahankan tangkapan layar yang lebih relevan dan penting.

Cara Mengatur Penyimpanan Screenshot

Jika Anda ingin mengatur di mana screenshot Anda disimpan di ponsel Huawei G8 dan G9 Plus, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan Ponsel Anda

Untuk mengatur penyimpanan screenshot, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

2. Cari Opsi Penyimpanan atau Penyimpanan dan USB

Setelah Anda membuka pengaturan ponsel, cari opsi yang berkaitan dengan penyimpanan. Opsi ini mungkin dapat ditemukan di bawah bagian "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Sistem", tergantung pada versi perangkat lunak ponsel Anda.

3. Pilih Opsi Penyimpanan Internal atau Eksternal

Setelah Anda menemukan opsi penyimpanan, pilih apakah Anda ingin menyimpan screenshot di penyimpanan internal atau eksternal. Penyimpanan internal adalah memori internal ponsel Anda, sedangkan penyimpanan eksternal adalah kartu SD yang terpasang di ponsel Anda.

4. Pilih Lokasi Penyimpanan untuk Screenshot

Setelah Anda memilih jenis penyimpanan, pilih lokasi penyimpanan yang ingin Anda gunakan untuk screenshot. Anda dapat memilih folder yang sudah ada di penyimpanan tersebut atau membuat folder baru khusus untuk screenshot.

5. Konfirmasi Pengaturan Penyimpanan

Setelah Anda memilih lokasi penyimpanan, konfirmasikan pengaturan tersebut dengan menekan tombol "OK" atau "Simpan". Dengan ini, pengaturan penyimpanan screenshot Anda akan diterapkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatur di mana screenshot Anda akan disimpan di ponsel Huawei G8 dan G9 Plus. Ini akan membantu Anda mengatur dan mengelompokkan screenshot Anda dengan lebih baik, sehingga memudahkan Anda dalam mencari dan mengaksesnya di masa mendatang.

Cara Mengatur Penyimpanan Screenshot

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Huawei G8 dan G9 Plus

Jika Anda ingin mengambil screenshot panjang yang meliputi seluruh halaman web atau dokumen, Anda dapat melakukannya di Huawei G8 dan G9 Plus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Fitur Screenshot Panjang

Sebelum Anda dapat mengambil screenshot panjang, pastikan Anda mengaktifkan fitur ini di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

2. Buka Pengaturan Ponsel Anda

Untuk mengaktifkan fitur screenshot panjang, pertama-tama buka aplikasi Pengaturan di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

3. Cari Opsi Pengambilan Screenshot atau Penyamarataan

Setelah Anda membuka pengaturan ponsel, cari opsi yang berkaitan dengan pengambilan screenshot atau penyamarataan. Opsi ini mungkin dapat ditemukan di bawah bagian "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Sistem", tergantung pada versi perangkat lunak ponsel Anda.

4. Aktifkan Fitur Screenshot Panjang

Setelah Anda menemukan opsi pengambilan screenshot atau penyamarataan, aktifkan fitur screenshot panjang dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "Aktif". Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan dapat mengambil screenshot panjang di Huawei G8 dan G9 Plus.

5. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Setelah Anda mengaktifkan fitur screenshot panjang, buka layar yang ingin Anda tangkap screenshot-nya di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Pastikan Anda membuka halaman web atau dokumen yang ingin Anda tangkap secara keseluruhan.

6. Lakukan Gerakan untuk Mengambil Screenshot Panjang

Selanjutnya, lakukan gerakan yang ditentukan untuk mengambil screenshot panjang pada ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Gerakan ini mungkin berbeda tergantung pada pengaturan ponsel Anda, tetapi umumnya melibatkan menggulirkan layar dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

7. Lihat Tangkapan Layar Panjang Anda

Setelah Anda melakukan gerakan yang tepat, Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar panjang Anda telah berhasil diambil. Tangkapan layar tersebut akan otomatis disimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot panjang di Huawei G8 dan G9 Plus. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin menyimpan seluruh konten dari halaman web, dokumen, atau chat yang panjang.

Cara Mengambil Screenshot Panjang Di Huawei G8 Dan G9 Plus

Cara Mengambil Screenshot dengan Bantuan Asisten Suara

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan asisten suara di Huawei G8 dan G9 Plus untuk mengambil screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Sebelum menggunakan asisten suara untuk mengambil screenshot, buka layar yang ingin Anda tangkap screenshot-nya di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Pastikan Anda membuka halaman web, aplikasi, atau tampilan layar lainnya yang ingin Anda ambil.

2. Aktifkan Asisten Suara

Untuk menggunakan asisten suara, aktifkan fitur ini di ponsel Huawei G8 atau G9 Plus Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengucapkan frase yang ditentukan, seperti "Hey Huawei" atau "OK Google".

3. Ucapkan Perintah untuk Mengambil Screenshot

Setelah asisten suara aktif, ucapkan perintah untuk mengambil screenshot. Frase yang umum digunakan adalah "Ambil screenshot" atau "Capture screenshot". Pastikan Anda mengucapkan perintah dengan jelas dan tegas.

4. Lihat Tangkapan Layar Anda

Setelah Anda mengucapkan perintah, Anda akan melihat efek animasi dan suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar Anda telah berhasil diambil. Tangkapan layar tersebut akan otomatis disimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan menggunakan asisten suara, Anda dapat mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol atau gerakan fisik. Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki keterbatasan fisik atau jika Anda ingin mengambil screenshot dengan cepat dan mudah.

Cara Mengambil Screenshot Dengan Bantuan Asisten Suara

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus. Kami telah menjelaskan berbagai metode, mulai dari menggunakan tombol fisik, gestur tangan, aplikasi pihak ketiga, hingga fitur screenshot panjang dan asisten suara. Kami juga memberikan langkah-langkah untuk mengedit, mengirim, mengunggah, menghapus, dan mengatur penyimpanan screenshot. Dengan panduan ini, Anda akan menjadi ahli dalam mengambil screenshot di ponsel Huawei Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil screenshot di Huawei G8 dan G9 Plus. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei G8 G9 Plus: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]