Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Huawei Enjoy 7 Plus 7s: Panduan Lengkap

Jika Anda adalah pengguna smartphone Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, pasti Anda pernah mengalami kebingungan tentang cara mengambil screenshot di perangkat tersebut. Screenshot merupakan fitur yang sangat berguna dalam berbagai situasi, mulai dari berbagi tampilan layar perangkat dengan teman atau keluarga, menyimpan informasi penting, hingga memecahkan masalah teknis. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s, mulai dari menggunakan tombol fisik hingga aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara penangkapan layar. Setelah itu, screenshot Anda akan otomatis disimpan di galeri perangkat.

Langkah 1: Menekan Tombol Volume Down

Untuk mulai mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda harus menekan tombol Volume Down yang terletak di sisi perangkat. Pastikan Anda menekan tombol ini dengan cukup kuat dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 2: Menekan Tombol Power

Selanjutnya, Anda perlu menekan tombol Power yang biasanya terletak di sisi perangkat, di sebelah tombol Volume Down. Tekan tombol ini bersamaan dengan tombol Volume Down dan tahan keduanya selama beberapa detik.

Langkah 3: Menunggu Layar Berkedip atau Terdengar Suara

Jika Anda berhasil menekan kedua tombol secara bersamaan dengan benar, Anda akan melihat layar perangkat berkedip sejenak atau mendengar suara penangkapan layar. Itu artinya screenshot Anda telah berhasil diambil dan disimpan di galeri perangkat.

Tips: Mengaktifkan Suara Penangkapan Layar

Jika Anda ingin mendengar suara penangkapan layar setiap kali Anda mengambil screenshot, Anda dapat mengaktifkan opsi "Suara penangkapan layar" di pengaturan perangkat Anda. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan, masuk ke bagian Suara, dan aktifkan opsi "Suara penangkapan layar". Dengan begitu, Anda akan mendengar suara yang memberi tahu Anda bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Tombol Fisik

Menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah salah satu metode yang paling umum dan mudah. Anda dapat melakukannya dengan cepat dan praktis tanpa perlu mengakses menu atau aplikasi khusus. Namun, metode ini mungkin tidak cocok bagi mereka yang memiliki masalah pada tombol fisik perangkat atau menginginkan opsi lain yang lebih fleksibel. Jika Anda mencari alternatif lain, Anda dapat mencoba metode berikutnya.

Menggunakan Jendela Notifikasi

Jika Anda tidak ingin menggunakan kombinasi tombol fisik, Anda dapat menggunakan opsi lain yang tersedia di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s. Caranya adalah dengan menggunakan jendela notifikasi. Pertama, buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot. Kemudian, tarik jendela notifikasi ke bawah dan Anda akan melihat beberapa opsi di bagian atas jendela notifikasi. Cari opsi "Screenshot" dan ketuk untuk mengambil screenshot.

Langkah 1: Buka Halaman atau Aplikasi yang Ingin Di-screenshot

Pertama, pastikan Anda membuka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot tampilan utama layar, pastikan Anda berada di halaman utama. Jika Anda ingin mengambil screenshot tampilan aplikasi, pastikan aplikasi tersebut sedang terbuka dan berfungsi dengan normal.

Langkah 2: Tarik Jendela Notifikasi ke Bawah

Setelah Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin di-screenshot, tarik jendela notifikasi perangkat Anda ke bawah. Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan jari dari bagian atas layar ke bawah.

Langkah 3: Cari Opsi "Screenshot" dan Ketuk

Saat Anda menarik jendela notifikasi ke bawah, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian atas jendela notifikasi. Biasanya, opsi "Screenshot" terletak di antara opsi lain seperti Wi-Fi, Bluetooth, atau mode suara. Cari opsi tersebut dan ketuk untuk mengambil screenshot.

Jendela Notifikasi

Menggunakan jendela notifikasi untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah metode yang lebih praktis dan cepat. Anda tidak perlu mengakses tombol fisik dan dapat dengan mudah mengambil screenshot hanya dengan beberapa ketukan jari. Namun, perlu diingat bahwa opsi ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat Huawei, tergantung pada versi sistem operasi atau antarmuka pengguna yang digunakan. Jika tidak ada opsi "Screenshot" di jendela notifikasi Anda, Anda dapat mencoba metode berikutnya.

Menggunakan Gesture

Selain menggunakan tombol fisik atau jendela notifikasi, Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s juga mendukung fitur gesture untuk mengambil screenshot. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggesekkan tiga jari secara bersamaan dari atas ke bawah layar perangkat. Setelah itu, layar akan berkedip dan screenshot akan otomatis tersimpan di galeri perangkat Anda. Pastikan Anda mengaktifkan fitur gesture di pengaturan perangkat Anda sebelum menggunakan fitur ini.

Langkah 1: Aktifkan Fitur Gesture

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur gesture di pengaturan perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, masuk ke bagian Gesture atau Gerakan, dan aktifkan opsi "Gesture screenshot" atau "Gesture tangkapan layar". Pastikan opsi ini berwarna biru atau terlihat aktif.

Langkah 2: Gesekkan Tiga Jari dari Atas ke Bawah Layar

Setelah Anda mengaktifkan fitur gesture, Anda dapat mulai menggunakan fitur ini untuk mengambil screenshot. Caranya sangat mudah, cukup gesekkan tiga jari Anda secara bersamaan dari atas ke bawah layar perangkat. Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan tiga jari pada bagian atas layar dan menjatuhkannya ke bawah.

Langkah 3: Tunggu Layar Berkedip dan Screenshot Tersimpan

Jika Anda berhasil menggesekkan tiga jari dengan benar, Anda akan melihat layar perangkat berkedip sejenak, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot ini otomatis akan disimpan di galeri perangkat Anda dan dapat diakses kapan saja.

Gesture

Menggunakan gesture untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah metode yang cepat dan intuitif. Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan beberapa gerakan jari, tanpa perlu mengakses tombol fisik atau jendela notifikasi. Namun, perlu diingat bahwa fitur gesture mungkin tidak tersedia di semua perangkat Huawei atau mungkin perlu diaktifkan terlebih dahulu di pengaturan perangkat. Jika Anda mencari alternatif lain, Anda dapat mencoba metode berikutnya.

Menggunakan S Voice

Jika Anda menggunakan fitur S Voice di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan perintah suara. S Voice adalah asisten suara yang memungkinkan Anda mengendalikan perangkat Huawei Anda melalui perintah suara. Untuk mengambil screenshot menggunakan S Voice, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Aktifkan Fitur S Voice

Sebelum Anda dapat menggunakan S Voice untuk mengambil screenshot, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur ini di perangkat Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi S Voice atau tekan dan tahan tombol Home perangkat Anda.

Langkah 2: Ucapkan Perintah "Ambil Screenshot"

Setelah Anda mengaktifkan S Voice, ucapkan perintah suara "Ambil screenshot" atau perintah serupa, seperti "Tangkap layar" atau "Screenshot, tolong". Perangkat Anda akan secara otomatis mengambil screenshot dan menyimpannya di galeri.

S Voice

Menggunakan S Voice untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah metode yang praktis jika Anda lebih suka menggunakan perintah suara daripada menekan tombol atau gesekan layar. Namun, perlu diingat bahwa fitur S Voice mungkin tidak tersedia di semua perangkat Huawei atau mungkin perlu diaktifkan terlebih dahulu di pengaturan perangkat. Jika Anda tidak memiliki fitur S Voice atau ingin mencoba alternatif lain, Anda dapat melanjutkan ke metode berikutnya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak puas dengan opsi screenshot bawaan di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia di Play Store, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Touch". Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi tersebut, lalu mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot di perangkat Anda.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Screenshot

Pertama, buka Play Store di perangkat Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s Anda. Cari aplikasi screenshot pihak ketiga yang ingin Anda gunakan, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Touch". Ketuk opsi "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut.

Langkah 2: Buka Aplikasi Screenshot

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot pihak ketiga, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan ikon aplikasi baru di layar utama atau di dalam folder "Aplikasi".

Langkah 3: Ikuti Petunjuk Aplikasi untuk Mengambil Screenshot

Setiap aplikasi screenshot pihak ketiga memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda-beda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi yang Anda pilih untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s. Biasanya, Anda akan diminta untuk menjalankan aplikasi dan mengikuti petunjuk untuk mengambil screenshot.

Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s adalah metode yang fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi screenshot yang memiliki fitur dan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi mungkin memerlukan izin akses tertentu atau menampilkan iklan. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan mempertimbangkan faktor keamanan sebelum mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Mengedit Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda dapat mengeditnya sebelum membagikannya. Perangkat ini memiliki fitur editor screenshot bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong, menambahkan teks, menggambar, atau melakukan perubahan lain pada screenshot Anda. Untuk mengedit screenshot, buka galeri perangkat Anda, pilih screenshot yang ingin diedit, lalu ketuk ikon edit yang tersedia.

Langkah 1: Buka Galeri Perangkat

Untuk mengedit screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, pertama-tama buka aplikasi Galeri di perangkat Anda. Biasanya, ikon Galeri dapat ditemukan di layar utama atau dalam folder "Aplikasi". Ketuk ikon Galeri untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Screenshot yang Ingin Diedit

Setelah Anda membuka Galeri, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda edit. Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan jari ke kiri atau kanan pada layar Galeri, atau dengan membuka folder yang berisi screenshot tersebut.

Langkah 3: Ketuk Ikon Edit

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin diedit, Anda akan melihat berbagai ikon dan opsi di bawah layar. Cari dan ketuk ikon edit, yang biasanya berbentuk pena atau kuas, untuk membuka editor screenshot bawaan.

Langkah 4: Sunting dan Modifikasi Screenshot

Sekarang, Anda dapat mulai mengedit dan memodifikasi screenshot Anda sesuai keinginan. Gunakan alat yang tersedia, seperti pemotong, penambah teks, penggaris, atau alat gambar lainnya untuk mengedit screenshot. Anda dapat memotong bagian yang tidak diinginkan, menambahkan teks untuk memberikan penjelasan, atau menggambar marka pada screenshot.

Edit Screenshot

Setelah selesai mengedit screenshot, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Biasanya, terdapat ikon centang atau opsi "Simpan" di editor screenshot. Ketuk ikon tersebut untuk menyimpan screenshot yang sudah diedit.

Mengedit screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s dapat meningkatkan kualitas dan kejelasan screenshot Anda, sehingga lebih mudah dipahami oleh orang lain. Anda dapat menyesuaikan dan memodifikasi screenshot sesuai kebutuhan, sehingga pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan lebih jelas dan terlihat lebih menarik.

Mengatur Penyimpanan Screenshot

Jika Anda ingin mengatur tempat penyimpanan screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Pertama, buka aplikasi Galeri di perangkat Anda. Kemudian, ketuk ikon Pengaturan atau tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih opsi "Pengaturan" atau "Pengaturan Galeri", lalu cari opsi "Penyimpanan" atau "Lokasi Penyimpanan". Di sini, Anda dapat memilih lokasi penyimpanan yang diinginkan, seperti memori internal atau kartu SD eksternal.

Langkah 1: Buka Aplikasi Galeri

Untuk mengatur penyimpanan screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, buka aplikasi Galeri di perangkat Anda. Biasanya, ikon Galeri dapat ditemukan di layar utama atau dalam folder "Aplikasi". Ketuk ikon Galeri untuk membukanya.

Langkah 2: Buka Pengaturan Galeri

Setelah Anda membuka Galeri, cari dan ketuk ikon Pengaturan, yang biasanya berbentuk roda gigi atau tiga titik, di pojok kanan atas layar. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu Pengaturan Galeri.

Langkah 3: Pilih Opsi "Penyimpanan" atau "Lokasi Penyimpanan"

Di dalam menu Pengaturan Galeri, cari opsi yang berkaitan dengan penyimpanan screenshot. Opsi ini mungkin disebut "Penyimpanan" atau "Lokasi Penyimpanan". Ketuk opsi tersebut untuk masuk ke pengaturan penyimpanan.

Langkah 4: Pilih Lokasi Penyimpanan

Setelah Anda masuk ke pengaturan penyimpanan, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia, seperti "Memori Internal" atau "Kartu SD Eksternal". Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda untuk menyimpan screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s.

Langkah 5: Simpan Pengaturan

Setelah Anda memilih lokasi penyimpanan yang diinginkan, pastikan untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda buat. Biasanya, terdapat opsi "Simpan" atau ikon centang di pojok kanan atas layar. Ketuk opsi tersebut untuk menyimpan pengaturan penyimpanan screenshot.

Penyimpanan Screenshot

Dengan mengatur penyimpanan screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda dapat mengelola dan mengatur file screenshot sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih untuk menyimpan screenshot di memori internal perangkat atau kartu SD eksternal, tergantung pada kapasitas dan kebutuhan penyimpanan Anda. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan semua screenshot yang Anda ambil.

Membagikan Screenshot

Setelah Anda mengambil dan mengedit screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda dapat membagikannya dengan mudah kepada orang lain. Untuk membagikan screenshot, buka galeri perangkat Anda, pilih screenshot yang ingin dibagikan, lalu ketuk ikon berbagi atau tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih opsi "Bagikan" atau "Bagikan melalui", kemudian pilih metode pengiriman yang diinginkan, seperti media sosial, email, atau aplikasi pesan.

Langkah 1: Buka Aplikasi Galeri

Pertama, buka aplikasi Galeri di perangkat Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s Anda. Anda dapat menemukan ikon Galeri di layar utama atau dalam folder "Aplikasi". Ketuk ikon Galeri untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Screenshot yang Ingin Dibagikan

Setelah Anda membuka Galeri, cari dan pilih screenshot yang ingin Anda bagikan. Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan jari ke kiri atau kanan pada layar Galeri, atau dengan membuka folder yang berisi screenshot tersebut.

Langkah 3: Ketuk Ikon Berbagi

Setelah Anda memilih screenshot yang ingin dibagikan, Anda akan melihat berbagai ikon dan opsi di bawah layar. Cari dan ketuk ikon berbagi, yang biasanya berbentuk panah keluar atau tiga titik, untuk membuka menu berbagi.

Langkah 4: Pilih Metode Pengiriman yang Diinginkan

Di dalam menu berbagi, Anda akan melihat berbagai opsi untuk membagikan screenshot, seperti media sosial, email, atau aplikasi pesan. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan metode pengiriman yang diinginkan.

Langkah 5: Ikuti Petunjuk untuk Mengirim Screenshot

Setelah Anda memilih metode pengiriman, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi atau platform yang Anda pilih untuk mengirim screenshot. Misalnya, jika Anda memilih opsi "Bagikan melalui WhatsApp", Anda akan diarahkan ke aplikasi WhatsApp dan dapat mengirimkan screenshot melalui pesan atau grup.

Membagikan Screenshot

Dengan membagikan screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi atau tampilan layar perangkat dengan orang lain. Anda dapat memilih metode pengiriman yang paling sesuai dengan preferensi Anda, seperti melalui media sosial, email, atau aplikasi pesan. Pastikan Anda mengirimkan screenshot ke penerima yang tepat dan menggunakan metode pengiriman yang aman dan sesuai dengan kebijakan privasi.

Memecahkan Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memecahkannya. Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang mungkin Anda hadapi saat mengambil screenshot dan solusinya.

Masalah 1: Tidak Bisa Mengambil Screenshot

Jika Anda tidak dapat mengambil screenshot sama sekali, pastikan Anda mengikuti metode yang tepat untuk perangkat Anda. Periksa apakah Anda menggunakan kombinasi tombol fisik, jendela notifikasi, gesture, atau aplikasi pihak ketiga dengan benar. Jika Anda masih tidak dapat mengambil screenshot, coba restart perangkat Anda dan coba lagi.

Masalah 2: Screenshot Tidak Tersimpan

Jika Anda berhasil mengambil screenshot tetapi tidak dapat menemukannya di galeri perangkat, periksa lokasi penyimpanan screenshot Anda. Pastikan Anda telah mengatur penyimpanan screenshot ke lokasi yang benar, seperti memori internal atau kartu SD eksternal. Jika Anda masih tidak dapat menemukan screenshot, coba periksa folder lain di galeri atau gunakan aplikasi file manager untuk mencari file screenshot.

Masalah 3: Screenshot Tidak Jelas atau Buram

Jika screenshot yang Anda ambil terlihat tidak jelas atau buram, periksa kualitas layar dan resolusi perangkat Anda. Pastikan Anda mengambil screenshot saat perangkat Anda dalam kondisi yang baik, dengan kecerahan layar yang sesuai dan tanpa gangguan visual. Jika masalah tetap ada, coba ulangi proses pengambilan screenshot dengan hati-hati dan pastikan Anda tidak menghalangi lensa kamera saat mengambil screenshot.

Masalah 4: Screenshot Tidak Seperti yang Diharapkan

Jika hasil screenshot tidak sesuai dengan harapan Anda, periksa apakah Anda telah mengambil screenshot dari halaman atau aplikasi yang benar. Pastikan Anda berada di halaman yang ingin Anda tangkap atau aplikasi yang ingin Anda screenshot. Jika masalah tetap ada, coba ulangi proses pengambilan screenshot dengan hati-hati dan periksa pengaturan dan preferensi perangkat Anda.

Memecahkan Masalah Screenshot

Jika Anda mengalami masalah saat mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus atau 7s, jangan khawatir. Masalah-masalah tersebut umumnya dapat diatasi dengan langkah-langkah yang sederhana. Pastikan Anda mengikuti metode yang tepat, memeriksa pengaturan, dan memahami preferensi perangkat Anda. Jika masalah persisten, Anda juga dapat menghubungi dukungan pelanggan Huawei untuk bantuan lebih lanjut.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara screenshot Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s. Kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, mulai dari menggunakan tombol fisik, jendela notifikasi, gesture, fitur S Voice, hingga aplikasi pihak ketiga. Kami juga telah memberikan informasi tentang mengedit, mengatur penyimpanan, membagikan, dan memecahkan masalah screenshot di perangkat Anda. Dengan panduan ini, kami harap Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s, serta memanfaatkannya sesuai kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk mencoba metode yang telah kami jelaskan dan temukan yang paling nyaman bagi Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil screenshot dengan mudah di Huawei Enjoy 7 Plus dan 7s. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Huawei Enjoy 7 Plus 7s: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]