Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HTC One M8 Semua Varian: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda adalah pemilik HTC One M8, pasti Anda ingin tahu bagaimana cara mengambil screenshot pada ponsel pintar ini. Screenshot merupakan fitur yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, mulai dari berbagi tampilan layar dengan teman hingga menyimpan informasi penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara screenshot HTC One M8 semua varian.

Gambar:

Htc One M8

Menggunakan Tombol Fisik Pada HTC One M8

Pertama, cara paling umum untuk mengambil screenshot pada HTC One M8 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Anda hanya perlu menekan tombol Power (berada di sisi kanan ponsel) dan tombol Volume Down (berada di sisi kiri ponsel) secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara menyerupai jepretan kamera.

Gambar:

Tombol Fisik Htc One M8

Tombol fisik pada HTC One M8 adalah cara yang paling sederhana dan mudah untuk mengambil screenshot. Dengan menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan, Anda dapat mengambil gambar dari tampilan layar saat ini. Cara ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari aplikasi, pesan, atau halaman web yang ingin Anda bagikan dengan orang lain atau simpan untuk referensi di masa depan.

Langkah-langkah Menggunakan Tombol Fisik Pada HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan tombol fisik pada HTC One M8:

  1. Pilih tampilan layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol Power (berada di sisi kanan ponsel) dan tombol Volume Down (berada di sisi kiri ponsel) secara bersamaan.
  3. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara menyerupai jepretan kamera.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan layar yang baru saja Anda screenshot, dan pemberitahuan akan muncul di bilah notifikasi.
  5. Anda dapat membuka screenshot yang baru saja diambil dengan mengklik pemberitahuan tersebut atau dengan membuka aplikasi Galeri dan mencarinya di folder "Screenshots".

Sekarang Anda telah berhasil mengambil screenshot menggunakan tombol fisik pada HTC One M8. Screenshot akan disimpan dalam folder "Screenshots" di penyimpanan internal ponsel Anda. Anda dapat mengedit atau berbagi screenshot tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Fitur Screenshot Pada HTC Sense UI

Jika Anda menggunakan antarmuka pengguna HTC Sense UI, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan menggunakan fitur bawaan ponsel ini. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot, lalu tekan tombol Recent Apps (berada di bawah layar) selama beberapa detik. Setelah itu, pilih opsi "Screenshot" yang muncul di bagian bawah layar.

Gambar:

Screenshot Htc Sense Ui

Fitur screenshot pada antarmuka pengguna HTC Sense UI memudahkan Anda dalam mengambil gambar layar pada HTC One M8. Dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan kombinasi tombol fisik untuk mengambil screenshot. Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot langsung dari layar perangkat Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Screenshot Pada HTC Sense UI

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan fitur screenshot pada HTC Sense UI:

  1. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot di HTC One M8 Anda.
  2. Tekan tombol Recent Apps (berada di bawah layar) selama beberapa detik.
  3. Anda akan melihat beberapa opsi yang muncul di bagian bawah layar. Pilih opsi "Screenshot".
  4. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan layar yang baru saja Anda screenshot, dan pemberitahuan akan muncul di bilah notifikasi.
  5. Anda dapat membuka screenshot yang baru saja diambil dengan mengklik pemberitahuan tersebut atau dengan membuka aplikasi Galeri dan mencarinya di folder "Screenshots".

Dengan fitur screenshot pada HTC Sense UI, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar tampilan layar tanpa harus menggunakan kombinasi tombol fisik. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari aplikasi, pesan, atau halaman web yang ingin Anda bagikan atau simpan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menemukan fitur screenshot di HTC One M8 Anda, Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store, seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Capture". Anda hanya perlu mencari aplikasi tersebut di Play Store, unduh, dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot.

Gambar:

Aplikasi Screenshot Pihak Ketiga

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur screenshot bawaan, Anda dapat mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada HTC One M8 Anda. Aplikasi screenshot pihak ketiga adalah solusi yang baik jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur dan opsi dalam mengambil serta mengelola screenshot.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  1. Buka Google Play Store di HTC One M8 Anda.
  2. Cari aplikasi screenshot seperti "Screenshot Easy" atau "Screenshot Capture".
  3. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan unduh ke ponsel Anda.
  4. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan fitur screenshot.
  5. Saat Anda ingin mengambil screenshot, buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda screenshot, lalu ikuti instruksi pada aplikasi untuk mengambil screenshot.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot pada HTC One M8 dengan fitur tambahan yang tidak tersedia pada fitur bawaan. Anda dapat mencari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menyesuaikan pengaturan serta fitur yang diinginkan.

Mengatur Penyimpanan Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, penting untuk mengetahui di mana file screenshot tersebut disimpan di HTC One M8 Anda. Secara default, screenshot akan disimpan dalam folder "Screenshots" di penyimpanan internal ponsel Anda. Namun, Anda juga dapat mengatur lokasi penyimpanan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Gambar:

Lokasi Penyimpanan Screenshot Htc One M8

Mengetahui lokasi penyimpanan screenshot pada HTC One M8 adalah penting agar Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses file tersebut. Jika Anda ingin mengatur lokasi penyimpanan yang berbeda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah pengaturan penyimpanan screenshot pada HTC One M8 Anda.

Langkah-langkah Mengatur Penyimpan

Langkah-langkah Mengatur Penyimpanan Screenshot

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengatur penyimpanan screenshot pada HTC One M8:

  1. Buka aplikasi Galeri di HTC One M8 Anda.
  2. Cari dan buka salah satu screenshot yang telah Anda ambil sebelumnya.
  3. Tekan ikon menu atau titik tiga vertikal yang terletak di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih opsi "Ubah Penyimpanan" atau "Pindahkan ke" dari menu yang muncul.
  5. Pilih folder atau lokasi penyimpanan yang baru untuk screenshot Anda.
  6. Setelah memilih lokasi baru, tekan "Pindahkan" atau "Simpan" untuk mengonfirmasi perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatur ulang lokasi penyimpanan screenshot pada HTC One M8 sesuai dengan keinginan Anda. Ini dapat membantu Anda dalam mengorganisir dan mengelola file screenshot secara lebih efisien.

Anda juga dapat menggunakan opsi "Pindahkan ke" untuk memindahkan screenshot ke penyimpanan eksternal jika perangkat Anda memiliki slot kartu SD. Dengan cara ini, Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan internal ponsel Anda dan tetap memiliki akses mudah ke screenshot yang Anda ambil.

Mengedit dan Berbagi Screenshot

Selain mengambil screenshot, HTC One M8 juga menyediakan fitur untuk mengedit dan berbagi screenshot dengan mudah. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat langsung mengeditnya dengan menggunakan aplikasi bawaan seperti "Gallery" atau "Photo Editor". Anda dapat memotong, menambahkan teks, atau memberikan efek pada screenshot sebelum membagikannya ke teman atau media sosial.

Gambar:

Mengedit Screenshot Htc One M8

Fitur mengedit screenshot pada HTC One M8 memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan memperindah tampilan screenshot Anda sebelum membagikannya. Anda dapat menambahkan teks, garis, panah, atau memotong bagian yang tidak diperlukan dari screenshot. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan konteks atau penjelasan tambahan pada screenshot sebelum dibagikan atau disimpan.

Langkah-langkah Mengedit Screenshot pada HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengedit screenshot pada HTC One M8:

  1. Setelah mengambil screenshot, buka aplikasi Galeri di HTC One M8 Anda.
  2. Cari dan buka screenshot yang ingin Anda edit.
  3. Tekan ikon menu atau titik tiga vertikal yang terletak di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih opsi "Edit" atau "Sunting" dari menu yang muncul.
  5. Anda akan dibawa ke aplikasi pengeditan bawaan seperti "Gallery" atau "Photo Editor".
  6. Gunakan berbagai alat pengeditan yang tersedia untuk memotong, menambahkan teks, atau memberikan efek pada screenshot.
  7. Jika Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol Simpan atau selesai untuk menyimpan perubahan.

Setelah mengedit screenshot, Anda dapat langsung membagikannya ke teman atau media sosial melalui aplikasi berbagi yang tersedia di HTC One M8 Anda. Anda juga dapat menyimpan screenshot yang telah diedit ke galeri ponsel Anda untuk referensi atau penggunaan di masa depan.

Menggunakan HTC Sync Manager

Jika Anda ingin mengambil screenshot HTC One M8 Anda langsung dari komputer, Anda dapat menggunakan HTC Sync Manager. HTC Sync Manager adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola dan menghubungkan ponsel HTC Anda dengan komputer. Setelah menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB, Anda dapat mengambil screenshot langsung dari HTC Sync Manager.

Gambar:

Htc Sync Manager

Menggunakan HTC Sync Manager adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin mengambil screenshot secara langsung dari komputer tanpa harus menggunakan ponsel Anda. Ini dapat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dari aplikasi atau tampilan layar yang sulit dijangkau melalui ponsel Anda.

Langkah-langkah Menggunakan HTC Sync Manager

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan HTC Sync Manager:

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal HTC Sync Manager di komputer Anda.
  2. Sambungkan HTC One M8 Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Buka HTC Sync Manager pada komputer Anda.
  4. Pada tampilan utama HTC Sync Manager, pilih opsi "Media" atau "Multimedia" untuk mengakses file media di ponsel Anda.
  5. Pilih folder "Screenshots" untuk melihat dan mengelola screenshot yang telah Anda ambil sebelumnya.
  6. Pilih screenshot yang ingin Anda ambil dari komputer.
  7. Klik kanan pada screenshot dan pilih opsi "Save As" atau "Simpan Sebagai".
  8. Tentukan lokasi penyimpanan pada komputer Anda dan klik "Save" atau "Simpan" untuk menyimpan screenshot.

Menggunakan HTC Sync Manager memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil screenshot dari HTC One M8 langsung dari komputer Anda. Anda dapat melihat, mengelola, dan menyimpan screenshot yang Anda ambil pada komputer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan Fitur Gestur pada HTC One M8

Selain menggunakan tombol fisik, HTC One M8 juga menyediakan fitur gestur yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot. Anda hanya perlu menggesek tiga jari secara horizontal pada layar ponsel dari tepi kiri ke kanan atau sebaliknya. Ponsel akan secara otomatis mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Gambar:

Fitur Gestur Htc One M8

Fitur gestur pada HTC One M8 memudahkan Anda dalam mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan gestur tiga jari, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah, hanya dengan satu gerakan tangan.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Gestur pada HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan fitur gestur pada HTC One M8:

  1. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot di HTC One M8 Anda.
  2. Letakkan tiga jari pada layar ponsel Anda.
  3. Gesekkan tiga jari secara horizontal dari tepi kiri ke kanan atau sebaliknya.
  4. Anda akan mendengar suara atau melihat efek visual yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  5. Screenshot akan disimpan di folder "Screenshots".

Fitur gestur pada HTC One M8 memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan gerakan tangan. Ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot secara instan tanpa harus mencari tombol atau aplikasi yang tepat.

Menggunakan Fitur Voice Command

Jika Anda lebih suka menggunakan perintah suara, Anda dapat mengambil screenshot pada HTC One M8 dengan menggunakan fitur voice command. Anda hanya perlu mengucapkan kata kunci "Okay Google" atau "Hey Google", lalu katakan "Take a screenshot" atau "Capture the screen". Ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Gambar:

Fitur Voice Command Htc One M8

Fitur voice command pada HTC One M8 memungkinkan Anda

Fitur voice command pada HTC One M8 memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menggunakan suara. Dengan menggunakan asisten suara seperti Google Assistant, Anda dapat memberikan perintah untuk mengambil screenshot tanpa harus menyentuh ponsel Anda.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Voice Command pada HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan fitur voice command pada HTC One M8:

  1. Aktifkan fitur voice command dengan mengucapkan kata kunci "Okay Google" atau "Hey Google".
  2. Jika asisten suara Google Assistant telah terbuka, katakan "Take a screenshot" atau "Capture the screen".
  3. Ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Dengan menggunakan fitur voice command pada HTC One M8, Anda dapat mengambil screenshot tanpa harus menyentuh ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang sibuk atau tidak memiliki akses langsung ke ponsel Anda, tetapi masih ingin mengambil screenshot dengan cepat.

Menggunakan Fitur Motion Launch

HTC One M8 juga dilengkapi dengan fitur Motion Launch yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan mudah. Anda hanya perlu mengetuk dua kali layar ponsel dengan cepat menggunakan jari Anda. Ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Gambar:

Fitur Motion Launch Htc One M8

Fitur Motion Launch pada HTC One M8 memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan melakukan gerakan cepat pada layar ponsel. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol fisik atau aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Motion Launch pada HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan fitur Motion Launch pada HTC One M8:

  1. Pastikan fitur Motion Launch telah diaktifkan pada HTC One M8 Anda.
  2. Tekuk dua kali layar ponsel dengan cepat menggunakan jari Anda.
  3. Ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Dengan menggunakan fitur Motion Launch pada HTC One M8, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan melakukan gerakan cepat pada layar. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot secara instan tanpa harus mencari tombol atau aplikasi yang tepat.

Menggunakan Aksesori HTC One M8

Terakhir, jika Anda memiliki aksesori khusus untuk HTC One M8, seperti HTC Dot View Case, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan mudah. Cukup tekan dua kali pada bagian depan case dengan jari Anda, ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Gambar:

Aksesori Htc One M8

Jika Anda menggunakan aksesori khusus seperti HTC Dot View Case, Anda dapat memanfaatkan fitur khusus pada aksesori tersebut untuk mengambil screenshot dengan mudah. Melalui teknologi yang terintegrasi dengan case, Anda dapat mengontrol ponsel Anda tanpa membuka case dan dengan cepat mengambil screenshot.

Langkah-langkah Menggunakan Aksesori HTC One M8

Berikut adalah langkah-langkah lebih terperinci untuk mengambil screenshot menggunakan aksesori HTC One M8:

  1. Pasang aksesori HTC One M8 seperti HTC Dot View Case pada ponsel Anda.
  2. Tekan dua kali pada bagian depan case dengan jari Anda.
  3. Ponsel akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder "Screenshots".

Dengan menggunakan aksesori HTC One M8, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah tanpa harus menyentuh langsung ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil screenshot dengan satu gerakan cepat dan tanpa repot membuka atau menekan tombol.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara screenshot pada HTC One M8 semua varian. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan mengetahui cara mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi, menunjukkan pesan atau kesalahan, atau menyimpan momen penting di layar ponsel Anda.

Apakah Anda memiliki tips atau trik lain untuk mengambil screenshot pada HTC One M8? Silakan berbagi melalui kolom komentar di bawah ini!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot HTC One M8 Semua Varian: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]