Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HTC One E8: Panduan Lengkap dan Terperinci

Mendapatkan screenshot atau tangkapan layar dari smartphone HTC One E8 Anda adalah hal yang sangat berguna dalam berbagai situasi. Baik Anda ingin berbagi tampilan layar dengan teman atau mengambil gambar untuk keperluan dokumentasi, proses screenshot dapat membantu Anda dengan mudah mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot pada HTC One E8. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci dan memberikan tips tambahan untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam mengambil screenshot.

Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di HTC One E8 adalah dengan menggunakan tombol fisik pada perangkat. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah untuk melakukan screenshot dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mempersiapkan Layar yang Ingin Discreenshot

Pertama, pastikan Anda membuka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Pastikan juga bahwa tidak ada elemen yang mengganggu atau tidak perlu ditampilkan dalam screenshot.

Langkah 2: Menekan Tombol Power dan Volume Bawah

Setelah mempersiapkan layar, tekan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara shutter dan melihat efek animasi pada layar, yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Langkah 3: Mengecek Screenshot yang Dibuat

Setelah mengambil screenshot, Anda dapat langsung melihatnya dengan membuka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Screenshot yang baru saja diambil akan muncul di dalam folder Screenshots atau Gambar di Galeri, tergantung pada pengaturan perangkat Anda.

Langkah 4: Mengedit atau Berbagi Screenshot

Setelah Anda memiliki screenshot, Anda dapat mengeditnya atau berbagi dengan orang lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit foto bawaan atau aplikasi pihak ketiga untuk mengedit screenshot Anda sesuai kebutuhan Anda. Untuk berbagi screenshot, Anda dapat memilih opsi berbagi dari Galeri atau aplikasi pengedit foto yang Anda gunakan.

Menggunakan tombol fisik pada HTC One E8 adalah metode yang paling umum dan mudah untuk mengambil screenshot. Namun, jika tombol fisik Anda tidak berfungsi atau ingin mencoba metode lain, Anda dapat menggunakan tampilan virtual untuk mengambil screenshot.

Menggunakan Tampilan Virtual

Jika tombol fisik pada HTC One E8 Anda tidak berfungsi atau ingin mencoba metode lain, Anda dapat menggunakan tampilan virtual untuk mengambil screenshot. Dalam metode ini, Anda akan menggunakan kombinasi tombol pada tampilan layar untuk melakukan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mempersiapkan Layar yang Ingin Discreenshot

Seperti pada metode sebelumnya, pastikan Anda membuka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Pastikan juga bahwa tidak ada elemen yang mengganggu atau tidak perlu ditampilkan dalam screenshot.

Langkah 2: Mengaktifkan Tampilan Virtual

Pertama, pastikan Anda mengaktifkan tampilan virtual pada HTC One E8 Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dengan menggeser layar dari atas ke bawah dan ketuk ikon Pengaturan. Selanjutnya, gulir ke bawah dan ketuk opsi Tampilan Virtual untuk mengaktifkannya.

Langkah 3: Menekan Tombol Tampilan Virtual

Setelah mengaktifkan tampilan virtual, Anda akan melihat sebuah tombol yang muncul di layar. Tombol ini dapat berbeda tergantung pada versi HTC Sense yang Anda gunakan. Biasanya, tombol ini berbentuk lingkaran dengan ikon kamera di dalamnya. Ketuk tombol ini untuk mengambil screenshot.

Langkah 4: Mengecek Screenshot yang Dibuat

Seperti pada metode sebelumnya, setelah mengambil screenshot, Anda dapat langsung melihatnya dengan membuka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Screenshot yang baru saja diambil akan muncul di dalam folder Screenshots atau Gambar di Galeri.

Langkah 5: Mengedit atau Berbagi Screenshot

Seperti pada metode sebelumnya, setelah Anda memiliki screenshot, Anda dapat mengeditnya atau berbagi dengan orang lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit foto bawaan atau aplikasi pihak ketiga untuk mengedit screenshot Anda sesuai kebutuhan Anda. Untuk berbagi screenshot, Anda dapat memilih opsi berbagi dari Galeri atau aplikasi pengedit foto yang Anda gunakan.

Menggunakan tampilan virtual adalah alternatif yang baik jika tombol fisik pada HTC One E8 Anda tidak berfungsi atau Anda lebih nyaman dengan metode ini. Namun, terlepas dari metode yang Anda pilih, penting untuk mencoba dan menguasai setiap metode agar Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot kapan pun Anda membutuhkannya.

Melepaskan Screenshot ke Aplikasi

Setelah mengambil screenshot di HTC One E8, Anda mungkin ingin mengedit atau berbagi screenshot tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara melepaskan screenshot ke aplikasi setelah Anda mengambilnya.

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Langkah pertama adalah membuka screenshot yang telah Anda ambil menggunakan Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan pilih screenshot yang ingin Anda lepaskan ke aplikasi.

Langkah 2: Memilih Opsi Berbagi atau Edit

Setelah membuka screenshot, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar. Biasanya, terdapat tombol berbagi dan tombol edit. Ketuk tombol berbagi jika Anda ingin langsung membagikan screenshot ke aplikasi lain seperti pesan teks, email, atau media sosial. Jika Anda ingin mengedit screenshot terlebih dahulu sebelum membagikannya, ketuk tombol edit.

Langkah 3: Memilih Aplikasi yang Dituju

Setelah memilih opsi berbagi atau edit, Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit atau berbagi screenshot. Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, misalnya Google Photos, Instagram, atau WhatsApp.

Langkah 4: Mengedit atau Berbagi Screenshot

Setelah memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda akan diarahkan ke aplikasi tersebut. Anda dapat mengedit screenshot sesuai keinginan Anda menggunakan alat pengeditan yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Setelah selesai mengedit, Anda dapat membagikan screenshot ke teman atau menyimpannya di aplikasi yang Anda pilih.

Melepaskan screenshot ke aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda untuk mengedit atau berbagi gambar dengan lebih banyak pilihan dan kemampuan. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi pengedit foto untuk memperbaiki atau mengubah tampilan screenshot sesuai keinginan Anda.

Menyimpan Screenshot di Galeri

Jika Anda hanya ingin menyimpan screenshot di galeri perangkat HTC One E8 Anda untuk dilihat nanti, berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Setelah Anda mengambil screenshot, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan pilih screenshot yang ingin Anda simpan di galeri.

Langkah 2: Menyimpan Screenshot di Galeri

Setelah membuka screenshot, Anda akan melihat beberapa ikon di bagian bawah layar. Cari dan ketuk ikon Simpan atau Ikon Unduh untuk menyimpan screenshot di galeri perangkat Anda. Setelah itu, screenshot akan tersimpan di dalam folder Screenshots atau Gambar di Galeri, tergantung pada pengaturan perangkat Anda.Langkah 3: Mengecek Screenshot yang Disimpan

Setelah menyimpan screenshot di galeri, Anda dapat dengan mudah melihatnya kapan pun Anda inginkan. Buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda dan cari folder Screenshots atau Gambar. Di dalam folder tersebut, Anda akan menemukan semua screenshot yang telah Anda simpan.

Langkah 4: Menghapus Screenshot yang Tidak Diperlukan

Setelah Anda selesai menggunakan screenshot dan tidak membutuhkannya lagi, Anda dapat menghapusnya untuk menghemat penyimpanan pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda.

2. Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar.

3. Pilih screenshot yang ingin Anda hapus dengan menekan dan tahan gambar tersebut.

4. Ketuk ikon hapus atau opsi hapus yang muncul di layar.

5. Konfirmasikan penghapusan screenshot dengan menekan tombol OK atau Ya.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, screenshot yang tidak diperlukan akan dihapus dari perangkat Anda, memberikan lebih banyak ruang penyimpanan untuk file-file lainnya.

Menggunakan Screenshot Editor Bawaan

HTC One E8 dilengkapi dengan editor screenshot bawaan yang memudahkan Anda untuk mengedit gambar yang baru saja diambil. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan screenshot editor bawaan untuk memperbaiki atau menyesuaikan screenshot sesuai keinginan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Pertama, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar untuk menemukan screenshot yang ingin Anda edit.

Langkah 2: Mengedit Screenshot dengan Editor Bawaan

Setelah membuka screenshot, Anda akan melihat tombol Edit di bagian bawah layar. Ketuk tombol Edit untuk membuka screenshot editor bawaan pada HTC One E8.

Langkah 3: Menggunakan Fitur-Fitur Editor Bawaan

Setelah masuk ke screenshot editor, Anda akan menemukan berbagai fitur dan alat pengeditan yang dapat Anda gunakan. Beberapa fitur umum yang biasanya tersedia di editor bawaan termasuk:

Pemotongan:

Anda dapat memotong atau memperkecil bagian dari screenshot untuk menghilangkan elemen yang tidak diinginkan atau memfokuskan perhatian pada bagian tertentu.

Penyempurnaan Warna:

Anda dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan tingkat warna lainnya untuk membuat screenshot terlihat lebih baik.

Teks dan Tanda Panah:

Anda dapat menambahkan teks, tanda panah, atau label lainnya ke screenshot untuk memberikan penjelasan atau menyoroti bagian tertentu.

Filter:

Anda dapat menerapkan filter atau efek khusus ke screenshot untuk memberikan tampilan yang unik atau artistik.

Penggambaran atau Anotasi:

Anda dapat menggambar atau menulis langsung di atas screenshot menggunakan alat penggambaran atau anotasi yang disediakan oleh editor bawaan.

Stiker atau Emoji:

Anda dapat menambahkan stiker, emoji, atau gambar lucu lainnya ke screenshot untuk memberikan sentuhan kreatif atau humor.

Pemangkasan:

Anda dapat memangkas tepi screenshot untuk membuatnya lebih rapi atau menghilangkan bagian yang tidak diinginkan.

Langkah 4: Menyimpan atau Berbagi Screenshot yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit screenshot menggunakan editor bawaan, Anda dapat menyimpannya atau berbagi dengan orang lain. Ketuk tombol Simpan atau Berbagi di layar untuk memilih opsi yang Anda inginkan.

Menggunakan screenshot editor bawaan pada HTC One E8 memungkinkan Anda untuk dengan mudah memperbaiki, mengubah, atau menyesuaikan screenshot sesuai keinginan Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi pengedit foto pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menginginkan fitur dan fungsi yang lebih canggih daripada editor bawaan, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit screenshot Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi pengedit foto yang direkomendasikan:

1. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi pengedit foto yang populer dan kuat. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai tindakan pengeditan gambar seperti memotong, mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi, menghapus benda asing, menambahkan teks dan stiker, serta menerapkan berbagai filter dan efek khusus.

2. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi pengedit foto yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat pengeditan yang canggih, termasuk kontrol selektif, penyesuaian warna dan kecerahan secara terpisah, efek HDR, penghapusan objek, dan banyak lagi. Snapseed juga memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan.

3. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi pengedit foto online yang juga tersedia dalam versi aplikasi seluler. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pengeditan seperti pemotongan, penyesuaian warna dan kecerahan, efek filter, pemangkasan, dan lainnya. Pixlr juga memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna.

4. VSCO

VSCO adalah aplikasi pengedit foto yang terkenal dengan filter dan efek khususnya yang estetis. Dengan VSCO, Anda dapat menambahkan filter yang unik dan mengatur tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi untuk menciptakan tampilan yang konsisten dan artistik pada screenshot Anda.

5. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah aplikasi pengedit foto yang sering digunakan oleh fotografer profesional. Aplikasi ini menawarkan kontrol yang lebih detail dan akurat atas penyesuaian warna, kecerahan, kontras, dan banyak lagi. Lightroom juga memiliki fitur sinkronisasi dengan akun Adobe Anda, sehingga Anda dapat mengedit screenshot pada perangkat lain dan menyimpan perubahan secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengakses fitur dan alat pengeditan yang lebih canggih serta menghasilkan hasil yang lebih profesional pada screenshot Anda. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Mengatur Screenshot ke Wallpaper

Jika Anda ingin menggunakan screenshot sebagai wallpaper pada HTC One E8, Anda dapat dengan mudah mengaturnya dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Pertama, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar untuk menemukan screenshot yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper.

Langkah 2: Mengatur Screenshot sebagai Wallpaper

Setelah membuka screenshot, ketuk tombol menu (ikon titik tiga) di pojok kanan atas layar. Dalam menu yang muncul, pilih opsi "Set as wallpaper" atau "Atur sebagai wallpaper".

Langkah 3: Menyesuaikan Tampilan Wallpaper

Setelah Anda memilih "Set as wallpaper", Anda akan diarahkan ke layar pengaturan wallpaper. Di sini, Anda dapat mengatur bagaimana screenshot akan ditampilkan sebagai wallpaper. Anda dapat memperkecil, memperbesar, atau memindahkan gambar untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 4: Meny

Langkah 4: Menyimpan Perubahan

Setelah Anda puas dengan tampilan wallpaper, ketuk tombol Simpan atau Terapkan untuk menyimpan perubahan. HTC One E8 Anda akan menggunakan screenshot yang dipilih sebagai wallpaper utama pada layar beranda atau layar kunci.

Dengan mengatur screenshot sebagai wallpaper, Anda dapat mempersonalisasi tampilan perangkat Anda dengan gambar yang Anda sukai. Anda dapat menggunakan screenshot dari momen spesial, foto favorit, atau gambar dengan latar belakang menarik untuk menambahkan sentuhan pribadi pada HTC One E8 Anda.

Mengirim Screenshot melalui Email atau Pesan

Jika Anda ingin berbagi screenshot dengan orang lain melalui email atau pesan teks, berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Pertama, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar untuk menemukan screenshot yang ingin Anda bagikan melalui email atau pesan teks.

Langkah 2: Memilih Screenshot yang Akan Dibagikan

Setelah membuka folder Screenshots atau Gambar, pilih screenshot yang ingin Anda bagikan dengan mengetuk gambar tersebut.

Langkah 3: Memilih Opsi Berbagi

Setelah memilih screenshot, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar. Cari dan ketuk ikon Berbagi atau Ikon Email untuk memilih opsi berbagi melalui email atau pesan teks.

Langkah 4: Memasukkan Detail dan Mengirim

Setelah memilih opsi berbagi melalui email atau pesan teks, Anda akan diarahkan ke aplikasi email atau aplikasi pesan teks yang terpasang di HTC One E8 Anda. Di sini, masukkan alamat email penerima atau nomor telepon penerima, tambahkan subjek atau pesan (jika diperlukan), dan ketuk tombol Kirim atau Send untuk mengirim screenshot.

Dengan mengirim screenshot melalui email atau pesan teks, Anda dapat berbagi momen menarik atau informasi penting dengan teman, keluarga, atau kolega. Pastikan Anda memilih metode berbagi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Membagikan Screenshot ke Media Sosial

Bagikan momen menarik dengan teman dan pengikut Anda di media sosial menggunakan screenshot HTC One E8. Dengan langkah-langkah berikut, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot ke platform media sosial pilihan Anda:

Langkah 1: Membuka Screenshot yang Dibuat

Pertama, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda. Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar untuk menemukan screenshot yang ingin Anda bagikan di media sosial.

Langkah 2: Memilih Screenshot yang Akan Dibagikan

Setelah membuka folder Screenshots atau Gambar, pilih screenshot yang ingin Anda bagikan dengan mengetuk gambar tersebut.

Langkah 3: Memilih Opsi Berbagi ke Media Sosial

Setelah memilih screenshot, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar. Cari dan ketuk ikon Berbagi atau Ikon Media Sosial untuk memilih opsi berbagi ke platform media sosial.

Langkah 4: Memilih Platform Media Sosial

Setelah memilih opsi berbagi ke media sosial, Anda akan melihat daftar platform media sosial yang terpasang di HTC One E8 Anda. Pilih platform media sosial yang ingin Anda gunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau platform lainnya.

Langkah 5: Memasukkan Detail dan Memposting

Setelah memilih platform media sosial, Anda akan diarahkan ke aplikasi media sosial yang terpasang di HTC One E8 Anda. Di sini, Anda dapat memasukkan detail atau pesan yang ingin Anda sertakan dengan screenshot. Setelah itu, ketuk tombol Kirim atau Post untuk membagikan screenshot ke media sosial.

Dengan membagikan screenshot ke media sosial, Anda dapat berbagi momen spesial, informasi menarik, atau karya seni dengan audiens lebih luas. Pastikan Anda memilih platform media sosial yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Menghapus Screenshot yang Tidak Diperlukan

Setelah selesai menggunakan screenshot, pastikan Anda menghapus gambar yang tidak lagi diperlukan untuk menghemat ruang penyimpanan pada HTC One E8. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Galeri atau Aplikasi Foto

Pertama, buka Galeri atau aplikasi Foto di HTC One E8 Anda.

Langkah 2: Mencari Folder Screenshots atau Gambar

Cari dan buka folder Screenshots atau Gambar di Galeri atau aplikasi Foto.

Langkah 3: Memilih Screenshot yang Akan Dihapus

Pilih screenshot yang ingin Anda hapus dengan mengetuk dan tahan gambar tersebut.

Langkah 4: Menghapus Screenshot

Setelah memilih screenshot, Anda akan melihat opsi hapus atau ikon tong sampah di bagian atas layar. Ketuk opsi hapus atau ikon tong sampah untuk menghapus screenshot dari perangkat Anda.

Dengan menghapus screenshot yang tidak diperlukan, Anda akan membebaskan ruang penyimpanan pada HTC One E8 Anda untuk file-file lainnya. Pastikan Anda memeriksa kembali screenshot sebelum menghapusnya untuk memastikan bahwa Anda tidak menghapus gambar yang masih diperlukan atau berarti bagi Anda.

Secara keseluruhan, mengambil screenshot di HTC One E8 sangat mudah dan berguna dalam berbagai situasi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan cepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang telah kami jelaskan dan manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan pengalaman Anda dengan HTC One E8!

Jangan lupa untuk mengunjungi blog kami untuk informasi terbaru seputar HTC One E8 dan tips-tips menarik lainnya seputar teknologi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot HTC One E8: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]