Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HTC Desire 12: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda memiliki HTC Desire 12 dan ingin tahu cara mengambil screenshot? Screenshot adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk menyimpan tampilan layar ponsel Anda dalam bentuk gambar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan screenshot di HTC Desire 12 Anda. Ikuti instruksi ini dan Anda akan dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan cepat dan mudah.

Sebelum kita masuk ke panduan langkah demi langkah, mari kita bahas mengapa Anda mungkin ingin mengambil screenshot. Screenshot dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari berbagi tangkapan layar game atau pesan yang lucu, hingga menyimpan informasi penting seperti bukti pembayaran atau tampilan situs web yang menarik. Dengan HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot tanpa perlu menggunakan perangkat lunak tambahan.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Langkah pertama untuk mengambil screenshot di HTC Desire 12 adalah dengan menggunakan tombol fisik pada perangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Pertama, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Pastikan tampilan layar yang ingin Anda tangkap sudah siap.

2. Tekan Tombol Volume Down dan Tombol Power Bersamaan

Selanjutnya, tekan tombol Volume Down dan tombol Power pada HTC Desire 12 secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

3. Lihat Hasil Screenshot Anda

Setelah Anda melepaskan tombol Volume Down dan tombol Power, Anda akan mendengar suara penangkapan layar dan melihat animasi layar yang berkedip. Hasil tangkapan layar akan ditampilkan di bilah notifikasi dan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di HTC Desire 12 menggunakan tombol fisik. Anda dapat mengulangi proses ini untuk mengambil tangkapan layar dari berbagai layar atau aplikasi yang berbeda.

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Gesture

Jika Anda lebih suka tidak menggunakan tombol fisik, HTC Desire 12 juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot menggunakan gesture. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Fitur Gesture Screenshot

Langkah pertama adalah memastikan fitur Gesture Screenshot diaktifkan di HTC Desire 12 Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah, dan pilih "Sistem". Kemudian, pilih "Gerakan" dan aktifkan "Gesture Screenshot".

2. Buka Layar yang Ingin Anda Screenshot

Seperti saat menggunakan tombol fisik, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Pastikan tampilan layar yang ingin Anda tangkap sudah siap.

3. Lakukan Gesture untuk Mengambil Screenshot

Setelah fitur Gesture Screenshot diaktifkan dan layar yang ingin Anda screenshot sudah siap, Anda dapat menggunakan gesture untuk mengambil tangkapan layar. Caranya adalah dengan menggesekkan tiga jari secara bersamaan dari atas ke bawah di layar ponsel Anda.

4. Lihat Hasil Screenshot Anda

Setelah melakukan gesture, Anda akan mendengar suara penangkapan layar dan melihat animasi layar yang berkedip. Hasil tangkapan layar akan ditampilkan di bilah notifikasi dan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan mengaktifkan dan menggunakan fitur Gesture Screenshot di HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering menggunakan satu tangan atau ingin menghindari menekan tombol fisik.

Cara Mengedit Screenshot

Sekarang setelah Anda berhasil mengambil screenshot di HTC Desire 12, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum membagikannya. Berikut adalah cara mengedit screenshot di perangkat Anda:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Edit

Pertama, buka galeri ponsel Anda dan temukan tangkapan layar yang ingin Anda edit. Ketuk pada tangkapan layar tersebut untuk membukanya dalam mode pengeditan.

2. Gunakan Aplikasi Pengedit Gambar

HTC Desire 12 dilengkapi dengan aplikasi galeri bawaan yang memungkinkan Anda mengedit gambar. Dalam aplikasi galeri, Anda akan menemukan berbagai fitur pengeditan gambar seperti memotong, memutar, menambahkan teks, dan masih banyak lagi. Gunakan alat-alat ini untuk mengedit tangkapan layar sesuai keinginan Anda.

3. Simpan dan Bagikan Hasil Editan Anda

Setelah selesai mengedit tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya dengan menekan tombol "Simpan" atau "Selesai". Tangkapan layar yang sudah diedit akan tersimpan di galeri ponsel Anda dan siap untuk dibagikan dengan teman atau keluarga.

Dengan menggunakan aplikasi galeri bawaan di HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah mengedit tangkapan layar sebelum membagikannya. Jelajahi berbagai fitur pengeditan yang tersedia dan berikan sentuhan pribadi pada tangkapan layar Anda.

Cara Membagikan Screenshot

Setelah mengambil dan mungkin mengedit screenshot di HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain. Berikut adalah beberapa cara untuk membagikan screenshot Anda:

1. Bagikan Melalui Aplikasi Chat atau Media Sosial

Salah satu cara paling umum untuk membagikan screenshot adalah melalui aplikasi chat atau media sosial. Pilih aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, atau Facebook Messenger, atau platform media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook, dan pilih opsi untuk mengunggah atau membagikan gambar. Pilih screenshot yang ingin Anda bagikan dan ikuti petunjuk di aplikasi atau platform yang Anda gunakan untuk mengirimnya.

2. Kirim Melalui Email atau Pesan

Jika Anda ingin mengirim screenshot melalui email atau pesan teks biasa, buka aplikasi email atau pesan teks di HTC Desire 12 Anda. Mulai membuat email baru atau pesan teks baru, pilih opsi untuk melampirkan gambar, dan pilih screenshot yang ingin Anda kirim. Tulis penerima email atau nomor telepon penerima, tambahkan subjek atau teks pesan, dan kirim.

3. Unggah ke Layanan Penyimpanan Cloud

Jika Anda ingin membagikan screenshot dengan orang yang tidak memiliki akses langsung ke ponsel Anda, Anda dapat mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Buka aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan, pilih opsi untuk mengunggah file, dan pilih screenshot yang ingin Anda unggah. Setelah diunggah, Anda dapat membagikan tautan atau mengirimnya kepada orang lain untuk diunduh.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah membagikan screenshot yang telah Anda ambil di HTC Desire 12 kepada teman, keluarga, atau siapa pun yang Anda inginkan.

Cara Menyimpan Screenshot

Setelah mengambil screenshot, Anda mungkin ingin menyimpannya sebagai file gambar yang dapat Anda akses nanti. Berikut adalah cara menyimpan screenshot di HTC Desire 12:

1. Buka Screenshot yang Ingin Anda Simpan

Pertama, buka galeri ponsel Anda dan temukan tangkapan layar yang ingin Anda simpan. Ketuk pada tangkapan layar tersebut untuk membukanya dalam mode tampilan penuh.

2. Pilih Opsi Simpan

Dalam mode tampilan penuh, Anda akan melihat berbagai opsi di layar, termasuk tombol "Simpan" atau ikon simpan yang biasanya terletak di sudut kanan atas layar. Ketuk tombol atau ikon tersebut untuk menyimpan screenshot ke galeri ponsel Anda.

3. Beri Nama File dan Pilih Lokasi Penyimpanan

Setelah menekan tombol Simpan, Anda mungkin akan diminta untuk memberi nama file screenshot Anda. Beri nama yang relevan agar mudah ditemukan nanti. Selain itu, pilih lokasi penyimpanan di ponsel Anda seperti folder gambar atau album khusus, jika diperlukan.

4. Selesai! Screenshot Anda Telah Tersimpan

Setelah Anda memberi nama dan memilih lokasi penyimpanan, proses penyimpanan screenshot akan segera selesai. Screenshot Anda sekarang telah tersimpan di galeri ponsel Anda dan dapat diakses kapan saja.

Dengan menyimpan screenshot di HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya di galeri ponsel Anda untuk melihatnya kembali, mengeditnya, atau membagikannya dengan orang lain.

Cara Menghapus Screenshot

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang telah Anda ambil sebelumnya, HTC Desire 12 menyediakan opsi untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Galeri Ponsel Anda

Pertama, buka aplikasi galeri ponsel Anda di HTC Desire 12. Biasanya, ikon galeri terletak di layar beranda atau di laci aplikasi.

2. Temukan Screenshot yang Ingin Anda Hapus

Cari dan temukan screenshot yang ingin Anda hapus di galeri ponsel Anda. Anda dapat menggulir melalui daftar gambar atau menggunakan fitur pencarian jika galeri Anda mendukungnya.

3. Buka Screenshot dan Pilih Opsi Hapus

Setelah menemukan screenshot yang ingin Anda hapus, ketuk atau buka gambar tersebut untuk membukanya dalam mode tampilan penuh. Di mode tampilan penuh, biasanya ada ikon berupa ikon keranjang sampah atau opsi "Hapus". Ketuk ikon tersebut atau pilih opsi "Hapus" untuk menghapus screenshot.

4. Konfirmasi Penghapusan

Setelah memilih opsi hapus, Anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan screenshot. Pastikan Anda memilih opsi "Ya" atau "Hapus" untuk menghapus screenshot secara permanen dari galeri ponsel Anda.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, screenshot yang Anda pilih akan dihapus dari galeri ponsel Anda. Pastikan Anda berhati-hati saat menghapus screenshot, karena tindakan ini tidak dapat dibatalkan dan screenshot yang dihapus tidak dapat dikembalikan.

Cara Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

HTC Desire 12 juga dilengkapi dengan fitur screenshot panjang yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar panjang dari halaman web atau dokumen panjang. Berikut adalah cara menggunakan fitur ini:

1. Buka Halaman Web atau Dokumen Panjang

Pertama, buka halaman web atau dokumen panjang yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Pastikan Anda berada di bagian atas halaman atau dokumen yang ingin Anda tangkap.

2. Aktifkan Fitur Screenshot Panjang

Untuk mengaktifkan fitur screenshot panjang di HTC Desire 12, Anda perlu menggunakan gesture khusus. Mulailah dengan melakukan gesture seperti mengambil screenshot biasa dengan menekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan.

3. Gesekkan Jari ke Atas untuk Screenshot Panjang

Setelah Anda melakukan gesture awal, gesekkan jari Anda dari bawah ke atas layar secara perlahan. Pastikan Anda menahan jari Anda di layar dan terus menggesek hingga mencapai bagian bawah halaman atau dokumen yang ingin Anda tangkap.

4. Lihat Hasil Screenshot Panjang Anda

Setelah Anda melepaskan jari Anda dari layar, Anda akan melihat hasil tangkapan layar panjang yang mencakup seluruh halaman atau dokumen. Hasil tangkapan layar panjang akan ditampilkan di bilah notifikasi dan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan menggunakan fitur screenshot panjang di HTC Desire 12, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang mencakup seluruh halaman web atau dokumen panjang tanpa harus mengambil beberapa screenshot terpisah.

Cara Mengatasi Masalah Screenshot Tidak Berfungsi

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba mengambil screenshot di HTC Desire 12, ada beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat Anda coba. Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin membantu:

1. Restart Ulang Ponsel Anda

Kadang-kadang, masalah kecil dapat terjadi yang mengganggu fungsi screenshot di HTC Desire 12. Cobalah untuk merestart ulang ponsel Anda dengan menekan dan tahan tombol Power, lalu pilih opsi untuk merestart. Setelah ponsel Anda menyala kembali, coba mengambil screenshot lagi untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

2. Periksa Pengaturan Gesture Screenshot

Jika Anda menggunakan fitur Gesture Screenshot, periksa pengaturan gesture di HTC Desire 12 Anda. Pastikan fitur Gesture Screenshot diaktifkan dan gesekan jari Anda dilakukan dengan benar. Jika diperlukan, nonaktifkan dan aktifkan kembali fitur Gesture Screenshot untuk memperbarui pengaturannya.

3. Periksa Ruang Penyimpanan Tersedia

Saat mengambil screenshot, ponsel Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Periksa apakah Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup tersedia di HTC Desire 12 Anda. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, hapus beberapa file yang tidak perlu atau pindahkan file ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD, untuk membuat ruang yang cukup untuk screenshot.

4. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk HTC Desire 12 Anda. Kadang-kadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah kecil yang mempengaruhi fungsi screenshot. Periksa pembaruan perangkat lunak melalui aplikasi Pengaturan dan pastikan perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru.

5. Hubungi Layanan Pelanggan HTC

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan masih mengalami masalah dengan fungsi screenshot di HTC Desire 12, sebaiknya hubungi layanan pelanggan HTC untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat membantu Anda mendiagnosis masalah dan memberikan solusi yang sesuai sesuai dengan situasi Anda.

Dengan mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah dengan fungsi screenshot di HTC Desire 12 dan kembali mengambil screenshot dengan lancar.

Tips dan Trik Mengambil Screenshot yang Lebih Baik

Agar dapat mengambil screenshot yang lebih baik dengan HTC Desire 12, Anda dapat mencoba beberapa tips dan trik berikut:

1. Bersihkan Layar Ponsel Anda

Sebelum mengambil screenshot, pastikan layar ponsel Anda bersih dari sidik jari, debu, atau kotoran lainnya. Bersihkan layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber atau tisu yang lembut untuk menghindari gangguan pada hasil tangkapan layar.

2. Gunakan Cahaya yang Cukup

Pastikan Anda berada dalam kondisi pencahayaan yang cukup saat mengambil screenshot. Cahaya yang cukup akan membantu menghasilkan tangkapan layar yang lebih jelas dan terlihat lebih baik.

3. Periksa Tampilan Layar Anda

Sebelum mengambil screenshot, pastikan tampilan layar ponsel Anda sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Periksa apakah semua elemen yang ingin Anda tangkap terlihat dengan jelas dan tidak ada yang terpotong atau tersembunyi. Jika perlu, atur ulang atau sesuaikan tampilan layar sebelum mengambil screenshot.

4. Gunakan Fitur Timer

Jika Anda sulit mengambil screenshot dengan tombol fisik atau gesture, Anda dapat menggunakan fitur timer yang ada di HTC Desire 12. Aktifkan timer sebelum mengambil screenshot dan berikan waktu beberapa detik untuk menyiapkan tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Hal ini akan membantu menghindari goyangan atau gerakan yang tidak diinginkan saat mengambil screenshot.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa fitur screenshot bawaan di HTC Desire 12 tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia di Play Store yang menawarkan fitur yang lebih lengkap dan kemampuan pengeditan yang lebih baik. Cari dan instal aplikasi screenshot yang sesuai dengan preferensi Anda.

6. Eksplorasi Pengaturan Tambahan

HTC Desire 12 mungkin memiliki pengaturan tambahan terkait screenshot yang tidak terlihat secara langsung. Eksplorasi menu pengaturan ponsel Anda dan cari opsi atau fitur terkait screenshot yang dapat ditingkatkan atau disesuaikan. Misalnya, Anda mungkin dapat mengubah format atau kualitas tangkapan layar, mengatur lokasi penyimpanan default, atau mengaktifkan fitur-fitur lain yang berguna untuk screenshot.

7. Praktek dan Eksperimen

Terakhir, praktek dan eksperimenlah dengan berbagai metode dan teknik pengambilan screenshot. Semakin sering Anda melakukannya, semakin terampil Anda akan menjadi dalam mengambil screenshot dengan HTC Desire 12. Coba berbagai kombinasi tombol fisik, gesture, atau fitur lain yang ada untuk menemukan cara yang paling nyaman dan efektif bagi Anda.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi pengambilan screenshot di HTC Desire 12. Teruslah mencoba dan jelajahi fitur-fitur yang ada untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam mengambil screenshot.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot HTC Desire 12: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]