Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Asus Zenpad 3: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda merupakan pengguna Asus Zenpad 3 dan ingin mengetahui cara melakukan screenshot pada perangkat Anda, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot pada Asus Zenpad 3. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada perangkat Anda.

Sebelum kita mulai, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu screenshot. Screenshot adalah proses mengambil tangkapan layar dari perangkat Anda. Ini berguna dalam berbagai situasi, seperti membagikan tampilan layar dengan orang lain, menyimpan informasi penting, atau bahkan sebagai cara untuk mengingat halaman web yang menarik. Dalam panduan ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot pada Asus Zenpad 3.

Metode Screenshot dengan Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang akan kami jelaskan adalah dengan menggunakan tombol fisik pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mempersiapkan Layar yang Akan Diambil

Pertama, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Pastikan juga bahwa layar tidak ada elemen yang mengganggu atau tidak relevan dengan informasi yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, siapkan jari Anda untuk menggunakan tombol fisik pada Asus Zenpad 3.

Langkah 2: Menekan Tombol Power dan Volume Down Secara Bersamaan

Setelah Anda mempersiapkan layar yang akan diambil, saatnya untuk mengambil screenshot-nya. Tekan dan tahan tombol Power (biasanya terletak di bagian atas atau samping perangkat) dan tombol Volume Down (biasanya terletak di bagian samping perangkat) secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik.

Langkah 3: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda melepaskan kedua tombol, Anda akan melihat efek animasi atau mendengar suara shutter dari perangkat Anda yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Untuk memeriksa tangkapan layar, Anda dapat membuka galeri atau aplikasi foto di perangkat Anda dan mencarinya di folder Screenshots atau Album Screenshot.

Dengan menggunakan metode ini, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk mengambil screenshot lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Gambar 1

Metode Screenshot dengan Menggunakan Gesture

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan gesture pada layar Asus Zenpad 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Fitur Gesture

Pertama, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Selanjutnya, buka pengaturan pada perangkat Anda dan cari opsi Gesture atau Gerakan. Pada beberapa perangkat, Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur gesture terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Langkah 2: Menggunakan Gesture Screenshot

Setelah fitur gesture telah diaktifkan, Anda dapat menggunakan gesture untuk mengambil screenshot. Gesture yang umum digunakan adalah dengan menggabungkan dua atau tiga jari dan menyapu layar dari atas ke bawah atau sebaliknya. Namun, metode ini dapat bervariasi tergantung pada versi sistem operasi yang Anda gunakan.

Langkah 3: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda melakukan gesture, perangkat Anda akan mengambil tangkapan layar. Anda akan melihat efek animasi atau mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Seperti pada metode sebelumnya, Anda dapat membuka galeri atau aplikasi foto untuk memeriksa tangkapan layar yang telah diambil.

Dengan menggunakan metode gesture, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar sesuai dengan pengaturan perangkat Anda.

Gambar 2

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memilih metode ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Screenshot

Pertama, buka Play Store atau toko aplikasi lainnya di perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Cari aplikasi screenshot dan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut seperti biasa.

Langkah 2: Membuka Aplikasi Screenshot

Setelah aplikasi screenshot terpasang, buka aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Pada umumnya, aplikasi screenshot akan menawarkan berbagai fitur dan opsi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 3: Menggunakan Aplikasi Screenshot

Setelah Anda membuka aplikasi screenshot, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengambil tangkapan layar. Metode penggunaan aplikasi ini dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda pilih.

Langkah 4: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda mengambil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memeriksa hasilnya di galeri atau aplikasi foto seperti biasa.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menambahkan fitur dan opsi tambahan dalam pengambilan tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Pastikan Anda memilih aplikasi terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gambar 3

Metode Screenshot dengan Menggunakan Penunjuk Tangan

Mungkin Anda tidak menyadari, Asus Zenpad 3 juga memiliki fitur screenshot dengan menggunakan penunjuk tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengaktifkan Fitur Penunjuk Tangan

Pertama, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Selanjutnya, buka pengaturan pada perangkat Anda dan cari opsi Penunjuk Tangan atau Gesture Screenshot. Aktifkan fitur ini jika belum diaktifkan.

Langkah 2: Menyapu Layar dengan Penunjuk Tangan

Setelah fitur penunjuk tangan telah diaktifkan, Anda dapat menggunakan penunjuk tangan untuk mengambil screenshot. Caranya adalah dengan menyapu tangan dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya di depan layar perangkat Anda. Pastikan gerakan tangan Anda melewati layar dengan cepat dan terdeteksi oleh sensor perangkat.

Langkah 3: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda menggunakan penunjuk tangan, perangkat Anda akan mengambil tangkapan layar. Anda akan melihat efek animasi atau mendengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Cek galeri atau aplikasi foto untuk melihat tangkapan layar yang telah diambil.

Dengan menggunakan fitur penunjuk tangan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 tanpa perlu menyentuh tombol atau layar perangkat Anda. Pastikan Anda mengikuti gerakan dengan benar agar perangkat dapat mendeteksi dengan baik.

Gambar 4

Metode Screenshot dengan Menggunakan S-Pen

Jika Anda

Metode Screenshot dengan Menggunakan S-Pen

Jika Anda memiliki S-Pen, Anda dapat menggunakan metode ini untuk melakukan screenshot pada Asus Zenpad 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengeluarkan S-Pen dan Membuka Fitur S-Pen

Pertama, keluarkan S-Pen dari slot yang tersedia pada Asus Zenpad 3. Setelah itu, pastikan fitur S-Pen telah diaktifkan di perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka pengaturan dan mencari opsi S-Pen atau Pen Settings.

Langkah 2: Menggunakan S-Pen untuk Mengambil Screenshot

Setelah fitur S-Pen telah diaktifkan, Anda dapat menggunakan S-Pen untuk mengambil screenshot. Dengan S-Pen, Anda dapat menekan tombol di bagian atas S-Pen dan menyentuh layar untuk mengambil tangkapan layar. Jika perangkat Anda mendukung fitur Air Command, Anda juga dapat mengaktifkan Air Command dengan menekan tombol di S-Pen dan memilih opsi Capture Screen.

Langkah 3: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda menggunakan S-Pen untuk mengambil screenshot, perangkat Anda akan menampilkan efek animasi atau mendengar suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Anda dapat membuka galeri atau aplikasi foto untuk melihat tangkapan layar yang telah diambil.

Dengan menggunakan S-Pen, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 dengan sentuhan yang lebih presisi. Pastikan Anda menggunakan S-Pen dengan hati-hati dan mengikuti langkah-langkah dengan baik.

Gambar 5

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Google Assistant

Google Assistant juga dapat membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuka Google Assistant

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan Google Assistant di perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Buka Google Assistant dengan menekan dan menahan tombol Home atau dengan menggunakan perintah suara "Okay Google" atau "Hai Google".

Langkah 2: Meminta Google Assistant untuk Mengambil Screenshot

Setelah Google Assistant terbuka, Anda dapat memberikan perintah suara seperti "Ambil tangkapan layar" atau "Screenshot, mohon" untuk meminta Google Assistant untuk mengambil screenshot.

Langkah 3: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda memberikan perintah suara, Google Assistant akan mengambil tangkapan layar secara otomatis. Anda akan melihat efek animasi atau mendengar suara shutter yang menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Untuk memeriksa tangkapan layar, buka galeri atau aplikasi foto di perangkat Anda.

Dengan menggunakan Google Assistant, Anda dapat mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 dengan mudah hanya dengan menggunakan suara Anda. Pastikan Anda mengaktifkan dan mengkonfigurasi Google Assistant dengan benar sebelum menggunakan fitur ini.

Gambar 6

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam layar untuk mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Perekam Layar

Pertama, buka Play Store atau toko aplikasi lainnya di perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Cari aplikasi perekam layar yang sesuai dengan preferensi Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut seperti biasa.

Langkah 2: Membuka Aplikasi Perekam Layar

Setelah aplikasi perekam layar terpasang, buka aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Pada umumnya, aplikasi perekam layar akan menawarkan berbagai opsi dan pengaturan yang dapat Anda sesuaikan sebelum melakukan perekaman.

Langkah 3: Mengambil Tangkapan Layar dengan Aplikasi Perekam Layar

Dalam aplikasi perekam layar, Anda akan menemukan opsi untuk mengambil tangkapan layar. Biasanya, Anda dapat menekan tombol khusus atau menggesekkan jari Anda di layar untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 4: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda mengambil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi perekam layar, Anda dapat memeriksa hasilnya di galeri atau aplikasi foto seperti biasa.

Dengan menggunakan aplikasi perekam layar, Anda dapat mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 dengan lebih banyak opsi dan pengaturan tambahan. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Gambar 7

Metode Screenshot dengan Menggunakan Fitur Quick Memo

Asus Zenpad 3 dilengkapi dengan fitur Quick Memo yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengakses Fitur Quick Memo

Pertama, pastikan Anda membuka layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Selanjutnya, cari tombol atau ikon Quick Memo pada perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Biasanya, tombol atau ikon ini terletak di panel notifikasi atau di bagian navigasi perangkat.

Langkah 2: Menulis atau Menggambar pada Quick Memo

Setelah Anda membuka Quick Memo, Anda akan melihat layar kosong di mana Anda dapat menulis atau menggambar. Gunakan pena atau jari Anda untuk menulis atau menggambar apa pun yang ingin Anda tangkap pada layar.

Langkah 3: Menyimpan Quick Memo sebagai Tangkapan Layar

Setelah Anda selesai menulis atau menggambar pada Quick Memo, Anda dapat menyimpannya sebagai tangkapan layar. Cari tombol atau opsi Simpan atau Capture untuk mengambil tangkapan layar dari Quick Memo yang telah Anda buat.

Langkah 4: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda menyimpan Quick Memo sebagai tangkapan layar, Anda dapat membukanya di galeri atau aplikasi foto seperti biasa untuk memeriksanya.

Dengan menggunakan fitur Quick Memo, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 dan menambahkan catatan atau gambaran langsung pada tangkapan layar tersebut. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar sesuai dengan pengaturan perangkat Anda.

Gambar 8

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Penyunting Foto

Jika Anda ingin mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya, Anda dapat menggunakan aplikasi penyunting foto. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Penyunting Foto

Pertama, buka Play Store atau toko aplikasi lainnya di perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Cari aplikasi penyunting foto yang sesuai dengan preferensi Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut seperti biasa.

Langkah 2: Membuka Tangkapan Layar yang Akan Diedit

Setelah aplikasi penyunting foto terpasang, buka tangkapan layar yang ingin Anda edit. Anda dapat membukanya melalui galeri atau aplikasi foto di perangkat Anda.

Langkah 3: Mengedit Tangkapan Layar dengan Aplikasi Penyunting Foto

Dalam aplikasi penyunting foto, Anda akan menemukan berbagai fitur dan alat pengeditan yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi tangkapan layar. Beberapa fitur umum yang tersedia adalah pemangkasan, penyesuaian warna dan kecerahan, penerapan filter, dan penambahan teks atau stiker. Anda dapat menyesuaikan tangkapan layar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Langkah 4: Menyimpan dan Membagikan Tangkapan Layar yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya di galeri atau aplikasi foto. Pastikan untuk memberikan nama yang sesuai agar mudah ditemukan di kemudian hari. Selain itu, Anda juga dapat membagikan tangkapan layar yang telah diedit melalui berbagai platform sosial media atau aplikasi pesan.

Dengan menggunakan aplikasi penyunting foto, Anda dapat memberikan sentuhan pribadi pada tangkapan layar sebelum menyimpan atau membagikannya. Pastikan Anda memilih aplikasi penyunting foto yang sesuai dengan preferensi dan tingkat keahlian Anda.

Gambar 9

Metode Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Penyimpan Layar

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi penyimpan layar untuk mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Penyimpan Layar

Pertama, buka Play Store atau toko aplikasi lainnya di perangkat Asus Zenpad 3 Anda. Cari aplikasi penyimpan layar yang sesuai dengan preferensi Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut seperti biasa.

Langkah 2: Membuka Aplikasi Penyimpan Layar

Setelah aplikasi penyimpan layar terpasang, buka aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Pada umumnya, aplikasi penyimpan layar akan menampilkan ikon atau opsi yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 3: Menggunakan Aplikasi Penyimpan Layar

Dalam aplikasi penyimpan layar, Anda akan menemukan berbagai opsi dan fitur yang dapat Anda sesuaikan sebelum mengambil tangkapan layar. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan opsi seperti penundaan pengambilan layar, mode layar penuh, atau pemilihan area layar yang akan diambil.

Langkah 4: Memeriksa Tangkapan Layar

Setelah Anda mengambil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi penyimpan layar, Anda dapat memeriksa hasilnya di galeri atau aplikasi foto seperti biasa.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpan layar, Anda dapat mengambil tangkapan layar pada Asus Zenpad 3 dengan lebih banyak opsi dan fitur tambahan. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Gambar 10

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot pada Asus Zenpad 3. Dengan menggunakan metode-metode yang kami jelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada perangkat Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Screenshot menjadi fitur penting dalam penggunaan perangkat Asus Zenpad 3, karena dapat membantu Anda dalam berbagai situasi. Anda dapat menggunakan screenshot untuk membagikan informasi atau tampilan layar kepada orang lain, menyimpan informasi penting, atau bahkan sebagai cara untuk mengingat halaman web yang menarik. Dengan menguasai cara melakukan screenshot menggunakan berbagai metode yang telah kami jelaskan, Anda akan dapat dengan mudah memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan ragu untuk mencoba metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat menggabungkan metode atau mencari metode lain yang tidak kami jelaskan dalam artikel ini. Selalu eksplorasi dan temukan cara yang paling nyaman dan efektif bagi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda untuk mengambil screenshot pada Asus Zenpad 3. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Asus Zenpad 3: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]