Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Status Bar Android Menjadi Lebih Menarik dan Fungsional

Anda mungkin pernah bosan dengan tampilan status bar standar di ponsel Android Anda. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat status bar Android Anda menjadi lebih menarik dan fungsional. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengubah tampilan status bar Anda sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, sehingga ponsel Android Anda akan terlihat lebih unik dan dapat digunakan dengan lebih efisien.

Sebelum kita mulai, pastikan ponsel Android Anda sudah dalam keadaan di-root. Jika belum, Anda perlu melakukan rooting terlebih dahulu untuk dapat mengakses pengaturan status bar. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat status bar Android Anda menjadi lebih menarik dan fungsional.

Mengubah Warna Latar Belakang Status Bar

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat status bar Android Anda menjadi lebih menarik adalah dengan mengubah warna latar belakangnya. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan tema atau gaya ponsel Anda. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan dan Cari Opsi Tampilan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda. Selanjutnya, gulir ke bawah dan cari opsi yang berhubungan dengan tampilan atau tema. Opsi ini dapat berbeda-beda tergantung versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Warna atau Tema

Jika Anda sudah menemukan opsi tampilan atau tema, pilih opsi Warna atau Tema. Di sini, Anda akan melihat berbagai pilihan warna atau tema yang tersedia.

3. Pilih Warna Latar Belakang yang Diinginkan

Pilih warna latar belakang yang Anda inginkan dari daftar pilihan yang tersedia. Anda juga dapat mengklik opsi kustom untuk mengatur warna latar belakang sesuai dengan preferensi Anda.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda memilih warna latar belakang yang diinginkan, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Status bar Android Anda sekarang akan memiliki warna latar belakang baru sesuai dengan pilihan Anda.

Menambahkan Pemberitahuan Langsung di Status Bar

Apakah Anda ingin mendapatkan informasi terkini dengan cepat tanpa membuka aplikasi? Anda dapat menambahkan pemberitahuan langsung di status bar Anda. Dengan begitu, Anda dapat melihat pemberitahuan penting secara langsung tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Notifikasi

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan notifikasi. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Bunyi, atau Aplikasi, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Aplikasi yang Ingin Ditambahkan Pemberitahuan Langsung

Pilih aplikasi yang ingin Anda tambahkan pemberitahuan langsung di status bar. Misalnya, jika Anda ingin menerima pemberitahuan langsung dari aplikasi Gmail, pilih opsi Gmail di daftar aplikasi yang muncul.

3. Aktifkan Fitur Pemberitahuan Langsung

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin ditambahkan pemberitahuan langsung, aktifkan fitur pemberitahuan langsung dengan menggeser tombol ke posisi ON. Anda juga dapat mengatur preferensi pemberitahuan langsung seperti tampilan ikon, suara, atau privasi.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda mengatur preferensi pemberitahuan langsung, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, aplikasi yang Anda pilih akan memberikan pemberitahuan langsung di status bar Android Anda.

Menampilkan Status Baterai dengan Persentase

Agar Anda dapat melihat persentase baterai dengan lebih jelas, Anda dapat menampilkan status baterai dengan persentase di status bar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melihat berapa persen baterai yang tersisa tanpa harus membuka pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan dan Cari Opsi Baterai

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan baterai. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Baterai, Tampilan, atau Pemberitahuan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Aktifkan Tampilan Persentase Baterai

Setelah Anda menemukan opsi baterai, aktifkan fitur tampilan persentase baterai dengan menggeser tombol ke posisi ON. Setelah diaktifkan, status bar Android Anda akan menampilkan persentase baterai yang tersisa.

3. Simpan Perubahan

Setelah Anda mengaktifkan tampilan persentase baterai, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Anda dapat melihat persentase baterai yang tersisa di status bar Android Anda.

Menyembunyikan Icon yang Tidak Diperlukan

Agar tampilan status bar lebih rapi dan tidak terlalu penuh dengan ikon, Anda dapat menyembunyikan ikon yang tidak diperlukan. Dengan begitu, Anda hanya akan melihat ikon-ikon yang benar-benar penting bagi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Status Bar

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan status bar. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Notifikasi, atau Sistem, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Ikon atau Notifikasi

Jika Anda sudah menemukan opsi status bar, pilih opsi Ikon atau Notifikasi. Di sini, Anda akan melihat daftar ikon atau notifikasi yang dapat Anda sembunyikan.

3. Sembunyikan Ikon yang Tidak Diperlukan

Pilih ikon atau notifikasi yang tidak diperlukan dari daftar yang tersedia. Anda dapat menggeser tombol ke posisi OFF untuk menyembunyikan ikon atau notifikasi tersebut. Ulangi langkah ini untuk semua ikon atau notifikasi yang ingin Anda sembunyikan.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda menyembunyikan ikon atau notifikasi yang tidak diperlukan, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, status bar Android Anda akan lebih rapi dengan hanya menampilkan ikon-ikon yang benar-benar penting bagi Anda.

Menambahkan Widget di Status Bar

Anda juga dapat menambahkan widget di status bar untuk mempermudah akses ke aplikasi atau fitur yang sering Anda gunakan. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat membuka aplikasi atau fitur tersebut tanpa harus mencarinya di laci aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Widget

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan widget. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Layar Kunci, atau Aplikasi, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Widget atau Shortcut

Jika Andasudah menemukan opsi widget, pilih opsi Widget atau Shortcut. Di sini, Anda akan melihat daftar widget yang tersedia untuk ditambahkan ke status bar.

3. Pilih Widget yang Ingin Ditambahkan

Pilih widget yang ingin Anda tambahkan ke status bar dari daftar yang tersedia. Anda dapat memilih widget berdasarkan aplikasi atau fitur yang sering Anda gunakan.

4. Tempatkan Widget di Status Bar

Setelah Anda memilih widget yang ingin ditambahkan, tahan widget tersebut dan seret ke posisi di status bar yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengubah ukuran atau mengatur ulang widget sesuai keinginan Anda.

5. Simpan Perubahan

Setelah Anda menempatkan widget di status bar, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi atau fitur yang sering Anda gunakan melalui widget di status bar Android Anda.

Mengganti Tampilan Jam di Status Bar

Jika Anda bosan dengan tampilan jam standar di status bar, Anda dapat menggantinya dengan tampilan jam yang lebih menarik. Anda dapat memilih jam analog, jam digital, atau bahkan jam dengan tampilan unik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Tampilan Jam

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan tampilan jam. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Layar Kunci, atau Status Bar, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Tampilan Jam

Jika Anda sudah menemukan opsi tampilan jam, pilih opsi tersebut. Di sini, Anda akan melihat beberapa pilihan tampilan jam yang tersedia.

3. Pilih Tampilan Jam yang Diinginkan

Pilih tampilan jam yang Anda inginkan dari daftar pilihan yang tersedia. Anda dapat melihat pratinjau tampilan jam sebelum memilihnya.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda memilih tampilan jam yang diinginkan, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, status bar Android Anda akan menampilkan tampilan jam baru sesuai dengan pilihan Anda.

Menambahkan Shortcut Aplikasi di Status Bar

Agar Anda dapat membuka aplikasi favorit dengan cepat, Anda dapat menambahkan shortcut aplikasi di status bar. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengklik ikon aplikasi di status bar untuk membukanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Shortcut

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan shortcut. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Aplikasi, atau Layar Kunci, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Shortcut atau Aplikasi

Jika Anda sudah menemukan opsi shortcut, pilih opsi tersebut. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat ditambahkan sebagai shortcut di status bar.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Ditambahkan sebagai Shortcut

Pilih aplikasi yang ingin Anda tambahkan sebagai shortcut di status bar dari daftar yang tersedia. Anda dapat memilih aplikasi berdasarkan aplikasi yang sering Anda gunakan atau aplikasi favorit Anda.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin ditambahkan sebagai shortcut di status bar, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Anda dapat dengan mudah membuka aplikasi favorit melalui shortcut di status bar Android Anda.

Mengaktifkan Mode Gelap di Status Bar

Jika Anda lebih menyukai tampilan gelap, Anda dapat mengaktifkan mode gelap di status bar. Dengan begitu, status bar Anda akan memiliki latar belakang gelap dengan ikon-ikon yang terlihat lebih kontras. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Mode Gelap

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan mode gelap. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Layar Kunci, atau Baterai, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Mode Gelap

Jika Anda sudah menemukan opsi mode gelap, pilih opsi tersebut. Di sini, Anda akan melihat tombol atau opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap di status bar.

3. Aktifkan Mode Gelap

Aktifkan mode gelap di status bar dengan menggeser tombol ke posisi ON atau memilih opsi Aktifkan. Setelah diaktifkan, status bar Android Anda akan memiliki latar belakang gelap dengan ikon-ikon yang terlihat lebih kontras.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda mengaktifkan mode gelap di status bar, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, status bar Android Anda akan memiliki tampilan gelap yang elegan.

Menambahkan Informasi Cuaca di Status Bar

Jika Anda ingin selalu mengetahui perkiraan cuaca tanpa harus membuka aplikasi cuaca terlebih dahulu, Anda dapat menambahkan informasi cuaca di status bar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melihat perkiraan cuaca setiap saat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Cuaca

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan cuaca. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Tampilan, Widget, atau Notifikasi, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Opsi Widget Cuaca

Jika Anda sudah menemukan opsi widget cuaca, pilih opsi tersebut. Di sini, Anda akan melihat daftar widget cuaca yang tersedia untuk ditambahkan ke status bar.

3. Pilih Widget Cuaca yang Diinginkan

Pilih widget cuaca yang ingin Anda tambahkan ke status bar dari daftar yang tersedia. Anda dapat memilih widget berdasarkan tampilan cuaca yang Anda sukai atau preferensi Anda.

4. Tempatkan Widget di Status Bar

Setelah Anda memilih widget cuaca, tahan widget tersebut dan seret ke posisi di status bar yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengubah ukuran atau mengatur ulang widget sesuai keinginan Anda.

5. Simpan Perubahan

Setelah Anda menempatkan widget cuaca di status bar, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Anda dapat melihat informasi cuaca yang terkini di status bar Android Anda.

Mengatur Notifikasi yang Muncul di Status Bar

Terakhir, Anda dapat mengatur notifikasi yang muncul di status bar agar lebih sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih notifikasi yang ingin ditampilkan dan yang ingin disembunyikan di status bar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan dan Cari Opsi Notifikasi

Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi yang berhubungan dengan notifikasi. Opsi ini mungkin berada di bawah kategori Notifikasi, Aplikasi, atau Tampilan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

2. Pilih Aplikasi yang Ingin Diatur Notifikasinya

Pilih aplikasi yang ingin Anda atur notifikasinya di status bar dari daftar aplikasi yang tersedia

3. Atur Preferensi Notifikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin diatur notifikasinya, Anda dapat mengatur preferensi notifikasi sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa preferensi yang dapat Anda atur termasuk menampilkan atau menyembunyikan ikon notifikasi, suara notifikasi, atau tampilan notifikasi yang lebih detail.

4. Simpan Perubahan

Setelah Anda mengatur preferensi notifikasi, klik tombol Simpan atau Selesai untuk menyimpan perubahan. Sekarang, notifikasi dari aplikasi yang Anda atur akan muncul sesuai dengan preferensi yang Anda tentukan di status bar Android Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat status bar Android Anda menjadi lebih menarik dan fungsional sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk bereksperimen dengan pengaturan lainnya dan menyesuaikan status bar dengan gaya dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengoptimalkan penggunaan ponsel Android Anda!

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=sub title

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Status Bar Android Menjadi Lebih Menarik dan Fungsional"

Daftar Isi [
tampilkan
]