Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Password WiFi Windows 10: Panduan Lengkap dan Terperinci

Saat ini, WiFi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakannya untuk bekerja, belajar, bersosialisasi, dan banyak lagi. Namun, terkadang kita lupa dengan kata sandi WiFi yang telah kita atur di perangkat Windows 10 kita. Jika Anda sedang mengalami masalah ini, jangan khawatir! Kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melihat password WiFi di Windows 10 Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa Anda perlu mengakses komputer dengan hak administratif untuk dapat melihat kata sandi WiFi. Selain itu, pastikan juga bahwa komputer Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda lihat kata sandinya.

Melihat Password WiFi Menggunakan Command Prompt

Jika Anda ingin melihat password WiFi di Windows 10 dengan cepat, Anda dapat menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Command Prompt

Pertama, buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X pada keyboard dan memilih "Command Prompt (Admin)".

Langkah 2: Tampilkan Daftar Profil WiFi

Ketikkan perintah "netsh wlan show profile" dan tekan Enter untuk melihat daftar profil WiFi yang telah Anda terhubung sebelumnya.

Langkah 3: Tampilkan Password WiFi

Pilih profil WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan mengetikkan perintah "netsh wlan show profile [nama_profil] key=clear" dan tekan Enter. Ganti [nama_profil] dengan nama profil WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Command Prompt akan menampilkan informasi lengkap tentang profil WiFi, termasuk kata sandi yang tersembunyi. Cari bagian "Key Content" untuk melihat password WiFi yang Anda cari.

Command Prompt merupakan salah satu cara termudah dan cepat untuk melihat password WiFi di Windows 10. Namun, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan Command Prompt untuk menggunakan metode ini.

Menggunakan Pengaturan Windows 10

Jika Anda lebih nyaman menggunakan antarmuka pengguna grafis daripada Command Prompt, Anda dapat menggunakan pengaturan Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan Windows 10

Pertama, buka Pengaturan Windows 10 dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard Anda.

Langkah 2: Pilih "Network & Internet"

Klik pada opsi "Network & Internet" di menu Pengaturan Windows 10.

Langkah 3: Pilih Tab "Wi-Fi"

Pilih tab "Wi-Fi" di panel sebelah kiri pengaturan "Network & Internet".

Langkah 4: Kelola Jaringan Yang Diketahui

Scroll ke bawah dan klik pada opsi "Manage known networks".

Langkah 5: Pilih Jaringan WiFi yang Ingin Dilihat Passwordnya

Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dari daftar jaringan yang ditampilkan.

Langkah 6: Buka "Properties"

Klik pada opsi "Properties" untuk membuka pengaturan jaringan WiFi yang dipilih.

Langkah 7: Tampilkan Password WiFi

Aktifkan opsi "Show characters" untuk melihat password WiFi yang tersembunyi.

Dengan menggunakan pengaturan Windows 10, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Anda. Metode ini lebih sederhana dan lebih intuitif daripada menggunakan Command Prompt.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Command Prompt atau pengaturan Windows 10, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi di Windows 10. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

1. WiFi Password Revealer

WiFi Password Revealer adalah aplikasi kecil dan ringan yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di komputer Windows 10 Anda. Aplikasi ini dapat memulihkan password WiFi yang tersembunyi dengan mudah dan cepat.

2. WirelessKeyView

WirelessKeyView adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk melihat dan memulihkan password WiFi yang tersimpan di komputer Windows 10 Anda. Aplikasi ini dapat menampilkan semua password WiFi yang pernah terhubung ke komputer Anda.

3. SterJo Wireless Passwords

SterJo Wireless Passwords adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di komputer Windows 10 Anda. Aplikasi ini dapat menampilkan password WiFi yang terhubung ke komputer Anda dalam waktu singkat.

Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi-aplikasi ini dari situs web resmi mereka. Setelah diinstal, jalankan aplikasi dan Anda akan dapat melihat password WiFi di Windows 10 Anda dengan mudah.

Menyimpan Password WiFi dengan Akun Microsoft

Jika Anda menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows 10 Anda, Anda dapat menyimpan password WiFi di akun Microsoft Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mengakses password WiFi di perangkat Windows 10 lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan Windows 10

Buka Pengaturan Windows 10 dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard Anda.

Langkah 2: Pilih "Accounts"

Klik pada opsi "Accounts" di menu Pengaturan Windows 10.

Langkah 3: Pilih Tab "Your info"

Pilih tab "Your info" di panel sebelah kiri pengaturan "Accounts".

Langkah 4: Hubungkan Akun Microsoft Anda

Klik pada opsi "Sign in with a Microsoft account instead" dan ikuti instruksi untuk menghubungkan akun Microsoft Anda dengan perangkat Windows 10 Anda.

Langkah 5: Sinkronkan Pengaturan Anda

Setelah terhubung, klik pada opsi "Sync your settings" di panel sebelah kiri pengaturan "Accounts".

Langkah 6: Aktifkan Sinkronisasi Password

Aktifkan opsi "Password" untuk menyimpan password WiFi di akun Microsoft Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, password WiFi yang Anda masukkan di perangkat Windows 10 akan secara otomatis disinkronkan dengan akun Microsoft Anda. Ketika Anda login ke perangkat Windows 10 lain dengan akun Microsoft yang sama, password WiFi akan otomatis tersedia untuk digunakan.

Merekam Password WiFi Menggunakan Aplikasi Manajemen Password

Jika Anda menggunakan aplikasi manajemen password seperti LastPass atau Dashlane, Anda dapat menyimpan password WiFi di aplikasi tersebut. Ini akan memudahkan Anda untuk mengakses password WiFi di semua perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Manajemen Password

Unduh dan instal aplikasi manajemen password pilihan Anda dari situs web resmi mereka.

Langkah 2: Buat atau Masuk ke Akun Anda

Buat akun baru jika Anda belum memiliki aplikasi manajemen password, atau masuk dengan akun yang sudah ada.

Langkah 3: Tambahkan Entri Baru

Tambahkan entri baru untuk password WiFi dengan mengisi informasi yang diperlukan, seperti nama jaringan WiFi dan kata sandi.

Langkah 4: Simpan Entri

Simpan entri dan Anda akan dapat mengakses password WiFi di semua perangkat Anda yang terhubung ke aplikasi manajemen password tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi manajemen password, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses password WiFi di semua perangkat Anda. Aplikasimanajemen password akan memberikan lapisan keamanan tambahan dengan mengenkripsi dan mengamankan password Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda dalam mengelola dan mengatur semua password Anda secara terpusat.

Menyimpan Password WiFi di Catatan Teks

Jika Anda ingin menyimpan password WiFi di tempat yang sederhana dan mudah diakses, Anda dapat menggunakan catatan teks. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Notepad atau Aplikasi Catatan Teks

Buka Notepad atau aplikasi catatan teks lainnya di perangkat Windows 10 Anda.

Langkah 2: Tulis Nama Jaringan WiFi dan Passwordnya

Tuliskan nama jaringan WiFi beserta passwordnya di dalam catatan teks tersebut.

Langkah 3: Simpan File dengan Ekstensi .txt

Simpan file dengan ekstensi .txt di lokasi yang mudah diakses, seperti desktop atau folder khusus untuk menyimpan password.

Langkah 4: Akses Password WiFi

Setiap kali Anda perlu melihat password WiFi, cukup buka file catatan teks tersebut dan cari informasi yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan catatan teks, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses password WiFi di perangkat Windows 10 Anda. Namun, pastikan Anda menjaga keamanan file catatan teks tersebut dengan tidak membagikannya kepada orang lain atau menyimpannya di tempat yang tidak aman.

Menggunakan Perangkat Mobile untuk Melihat Password WiFi

Jika Anda memiliki perangkat mobile yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga di perangkat tersebut untuk melihat password WiFi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Unduh dan instal salah satu aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Map atau WiFi Password Show dari toko aplikasi perangkat Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi

Buka aplikasi yang telah Anda instal di perangkat mobile Anda.

Langkah 3: Cari Jaringan WiFi yang Ingin Dilihat Passwordnya

Cari jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya di dalam aplikasi tersebut.

Langkah 4: Tampilkan Password WiFi

Aplikasi akan menampilkan password WiFi secara otomatis untuk jaringan yang Anda pilih.

Dengan menggunakan perangkat mobile dan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Anda. Ini sangat berguna jika Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi dengan perangkat mobile Anda tanpa harus memasukkan password secara manual.

Menghubungi Provider Internet

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk mendapatkan bantuan. Biasanya, penyedia layanan internet akan dapat memberikan Anda password WiFi yang Anda perlukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Langkah 1: Cari Kontak Provider Internet Anda

Cari kontak penyedia layanan internet Anda, seperti nomor telepon atau alamat email mereka.

Langkah 2: Hubungi Provider Internet

Hubungi penyedia layanan internet Anda melalui telepon atau email dan jelaskan bahwa Anda lupa password WiFi yang Anda gunakan di perangkat Windows 10 Anda.

Langkah 3: Verifikasi Identitas

Penyedia layanan internet mungkin akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik akun. Siapkan informasi yang diperlukan, seperti nomor pelanggan, alamat, atau pertanyaan keamanan yang biasanya Anda gunakan saat mendaftar.

Langkah 4: Dapatkan Password WiFi

Penyedia layanan internet akan membantu Anda dengan memberikan password WiFi yang tersimpan di sistem mereka. Pastikan untuk mencatat password tersebut dengan aman agar tidak lupa lagi di masa mendatang.

Menghubungi penyedia layanan internet adalah solusi terakhir jika metode lainnya tidak berhasil. Pastikan untuk memberikan informasi yang valid dan memverifikasi identitas Anda dengan benar untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Menggunakan Perintah PowerShell

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih mendalam, Anda dapat menggunakan PowerShell untuk melihat password WiFi di Windows 10. PowerShell adalah alat yang kuat dan fleksibel untuk mengelola sistem Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka PowerShell dalam Mode Administrator

Buka PowerShell dengan cara menekan tombol Windows + X pada keyboard dan memilih "Windows PowerShell (Admin)".

Langkah 2: Ekspor Profil WiFi

Ketikkan perintah "netsh wlan export profile folder=[lokasi_folder]" dan tekan Enter. Ganti [lokasi_folder] dengan lokasi folder tempat Anda ingin menyimpan file profil WiFi.

Langkah 3: Buka File Profil WiFi

Buka folder yang Anda pilih tadi dan buka file profil WiFi dengan menggunakan aplikasi teks seperti Notepad.

Langkah 4: Cari Password WiFi

Cari kata "KeyMaterial" untuk melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Windows 10 Anda.

Dengan menggunakan PowerShell, Anda dapat mengakses dan melihat file profil WiFi yang berisi password WiFi yang terhubung di perangkat Anda. Namun, metode ini membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dalam penggunaan PowerShell.

Menggunakan Command Prompt dalam Mode Administrator

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt dalam mode administrator. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Command Prompt

Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X pada keyboard dan memilih "Command Prompt (Admin)".

Langkah 2: Tampilkan Nama Antarmuka WiFi

Ketikkan perintah "netsh wlan show interface" dan tekan Enter untuk melihat nama antarmuka WiFi Anda.

Langkah 3: Tampilkan Password WiFi

Ketikkan perintah "netsh wlan show profile name=[nama_profil] key=clear" dan tekan Enter. Ganti [nama_profil] dengan nama profil WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Command Prompt akan menampilkan informasi lengkap tentang profil WiFi, termasuk kata sandi yang tersembunyi. Cari bagian "Key Content" untuk melihat password WiFi yang Anda cari.

Dengan menggunakan Command Prompt dalam mode administrator, Anda dapat mengakses dan melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Windows 10 Anda. Pastikan untuk menggunakan mode administrator untuk menghindari masalah izin akses.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melihat password WiFi di Windows 10. Kami telah menjelaskan 10 metode yang berbeda mulai dari menggunakan Command Prompt hingga aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan tingkat pengetahuan teknis Anda.

Penting untuk dicatat bahwa mengakses password WiFi orang lain tanpa izin adalah melanggar privasi dan dapat melanggar hukum. Pastikan Anda hanya menggunakan metode ini untuk mengakses password WiFi di perangkat Anda sendiri atau dengan izin pemilik jaringan.

Kami harap panduan ini membantu Anda dalam mengatasi masalah lupa password WiFi di Windows 10. Dengan memiliki akses ke password WiFi, Anda dapat terhubung dengan mudah ke jaringan yang Anda butuhkan dan menikmati koneksi internet yang lancar. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Password WiFi Windows 10: Panduan Lengkap dan Terperinci"

Daftar Isi [
tampilkan
]