Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Instagram Stories Android: Panduan Lengkap

Instagram Stories telah menjadi salah satu fitur yang paling populer di platform media sosial ini. Dengan Stories, pengguna dapat berbagi momen sehari-hari mereka dalam bentuk foto dan video yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Namun, terkadang Anda mungkin ingin menyimpan Stories tersebut untuk ditonton kembali atau dibagikan kepada teman-teman Anda. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara download Instagram Stories di perangkat Android Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa mengunduh Stories orang lain tanpa izin mereka melanggar kebijakan privasi dan etika. Pastikan Anda hanya mengunduh Stories yang Anda miliki atau jika Anda memiliki izin dari pemiliknya. Selain itu, juga penting untuk diingat bahwa metode yang akan kami jelaskan hanya berfungsi untuk mengunduh Stories yang belum kadaluarsa, yaitu yang masih tersedia dalam waktu 24 jam sejak diposting.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengunduh Instagram Stories dengan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang memungkinkan Anda untuk mengunduh Stories dengan cepat dan tanpa harus repot. Salah satu aplikasi populer untuk mengunduh Instagram Stories adalah "Story Saver for Instagram". Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat membuka aplikasi dan login menggunakan akun Instagram Anda.

Setelah masuk, Anda akan melihat tampilan beranda yang menampilkan Stories dari akun yang Anda ikuti. Anda dapat menjelajahi Stories tersebut seperti biasa dan jika Anda menemukan Stories yang ingin Anda unduh, cukup ketuk ikon unduh yang muncul di layar. Aplikasi ini akan secara otomatis mengunduh Stories tersebut dan menyimpannya di galeri perangkat Anda. Selain itu, ada juga opsi untuk mengunduh Stories dalam format video atau gambar.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh Instagram Stories memiliki beberapa kelebihan. Pertama, aplikasi ini umumnya mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Kedua, aplikasi ini biasanya memiliki antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna, sehingga Anda dapat dengan mudah menjelajahi dan mengunduh Stories dengan cepat. Ketiga, aplikasi ini juga dapat memberikan opsi tambahan seperti mengunduh Stories dalam format video atau gambar, sehingga Anda dapat memilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh Instagram Stories memiliki kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, beberapa aplikasi mungkin mengandung iklan yang mengganggu pengalaman pengguna. Kedua, beberapa aplikasi mungkin memerlukan izin akses yang luas ke perangkat Anda, yang dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, penting untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum mengunduhnya. Terakhir, beberapa aplikasi mungkin tidak gratis dan memerlukan pembelian dalam aplikasi untuk mengakses fitur-fitur premium.

Menggunakan Situs Web Pengunduh

Menggunakan Situs Web Pengunduh

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan situs web pengunduh untuk mengunduh Instagram Stories. Beberapa situs web menyediakan layanan gratis yang memungkinkan Anda untuk mengunduh Stories dengan mudah dan cepat. Salah satu situs web yang populer adalah "Instaoffline". Untuk menggunakan situs web ini, Anda hanya perlu mengunjungi halaman utama dan memasukkan tautan Stories yang ingin Anda unduh.

Setelah memasukkan tautan, Anda dapat mengklik tombol "Download" atau "Unduh" untuk memulai proses pengunduhan. Situs web ini akan secara otomatis mengunduh Stories tersebut dan menyimpannya dalam format gambar atau video, tergantung pada pilihan Anda. Setelah selesai, Anda dapat melihat dan mengelola file unduhan tersebut di perangkat Anda.

Kelebihan Menggunakan Situs Web Pengunduh

Menggunakan situs web pengunduh memiliki beberapa kelebihan. Pertama, Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda, sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan dan menghindari kemungkinan masalah keamanan. Kedua, situs web ini umumnya mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Ketiga, situs web ini dapat diakses melalui browser di perangkat apa pun, sehingga Anda dapat mengunduh Stories dari mana saja.

Kekurangan Menggunakan Situs Web Pengunduh

Ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan saat menggunakan situs web pengunduh. Pertama, tidak semua situs web pengunduh dapat diandalkan dan aman. Beberapa situs web mungkin mengandung iklan yang mengganggu pengalaman pengguna atau bahkan mengarahkan Anda ke situs yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk memilih situs web yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menggunakan layanan mereka. Kedua, beberapa situs web mungkin memiliki batasan dalam hal jumlah atau jenis Stories yang dapat Anda unduh. Jadi, pastikan untuk memeriksa batasan ini sebelum menggunakan situs web pengunduh tertentu.

Screenshot atau Rekam Layar

Screenshot Atau Rekam Layar

Jika Anda hanya ingin menyimpan Stories dalam bentuk gambar atau video, Anda dapat menggunakan fitur screenshot atau rekam layar yang ada di perangkat Android Anda. Metode ini sangat sederhana dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Untuk mengambil tangkapan layar Stories, Anda hanya perlu menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik.

Setelah mengambil tangkapan layar, Anda dapat menemukan gambar tersebut di galeri perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya akan menghasilkan gambar dari Stories yang Anda simpan, bukan file asli Stories. Selain itu, jika Anda ingin menyimpan Stories dalam bentuk video, Anda dapat menggunakan fitur rekam layar yang ada di perangkat Android Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Stories yang ingin Anda rekam, lalu aktifkan fitur rekam layar di perangkat Anda.

Kelebihan Menggunakan Screenshot atau Rekam Layar

Menggunakan fitur screenshot atau rekam layar memiliki beberapa kelebihan. Pertama, metode ini sangat sederhana dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kedua, Anda dapat dengan mudah menyimpan Stories dalam bentuk gambar atau video, sesuai kebutuhan Anda. Ketiga, Anda dapat mengakses gambar atau video tersebut di galeri perangkat Anda, sehingga dapat dengan mudah melihat atau berbagi kembali Stories yang sudah Anda simpan.

Kekurangan Menggunakan Screenshot atau Rekam Layar

Metode screenshot atau rekam layar juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, metode ini hanya akan menghasilkan tangkapan layar atau rekaman layar, bukan file asli Stories. Hal ini dapat mengurangi kualitas gambar atau video yang Anda simpan. Kedua, metode ini tidak berfungsi jika Anda ingin mengunduh Stories orang lain yang tidak Anda miliki atau jika mereka tidak memberikan izin kepada Anda. Terakhir, metode ini tidak cocok jika Anda ingin mengunduh Stories dalam jumlah yang besar, karena membutuhkan waktu dan usaha yang lebihbanyak untuk melakukan tangkapan layar atau rekam layar satu per satu.

Fitur Arsip Instagram

Fitur Arsip Instagram

Instagram memiliki fitur arsip yang memungkinkan Anda untuk menyimpan Stories Anda sendiri ke dalam akun Anda. Fitur ini dapat sangat berguna jika Anda ingin mengunduh dan melihat kembali Stories yang sudah kadaluarsa. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Profil Anda

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dengan mengklik ikon profil di sudut kanan bawah layar.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Pada halaman profil Anda, klik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.

Langkah 3: Masuk ke Pengaturan Privasi

Pada menu pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Pengaturan". Klik opsi ini untuk membuka pengaturan akun Anda.

Langkah 4: Aktifkan Fitur Arsip

Pada halaman pengaturan, cari dan klik opsi "Privasi". Di bawah opsi ini, Anda akan menemukan opsi "Arsip". Klik opsi ini untuk membuka pengaturan arsip Anda.

Langkah 5: Aktifkan Arsip Otomatis

Pada halaman pengaturan arsip, Anda akan melihat opsi "Arsip Otomatis". Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi "On" atau "Aktif". Dengan mengaktifkan arsip otomatis, setiap Stories yang Anda unggah akan secara otomatis disimpan dalam arsip Anda.

Langkah 6: Melihat dan Mengunduh Stories yang Diarsipkan

Setelah mengaktifkan fitur arsip dan mengunggah Stories, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengunduh Stories yang diarsipkan. Untuk melihat Stories yang diarsipkan, buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil di sudut kanan bawah layar. Pada halaman profil Anda, klik ikon jamur di sudut kanan atas layar. Ini akan membuka halaman arsip Anda.

Pada halaman arsip, Anda akan melihat semua Stories yang telah diarsipkan. Anda dapat mengklik Stories yang ingin Anda tonton atau unduh, dan Stories tersebut akan dibuka dalam mode penuh layar. Untuk mengunduh Stories, Anda dapat menggunakan metode screenshot atau rekam layar yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kelebihan Menggunakan Fitur Arsip Instagram

Fitur arsip Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan dan mengakses kembali Stories yang Anda unggah sebelumnya. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau situs web pengunduh, karena Stories yang diarsipkan dapat langsung diakses melalui aplikasi Instagram. Kedua, fitur ini memberikan keamanan dan privasi tambahan, karena hanya Anda yang dapat melihat dan mengakses Stories yang diarsipkan.

Kekurangan Menggunakan Fitur Arsip Instagram

Fitur arsip Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, fitur ini hanya berlaku untuk Stories yang Anda unggah sendiri, bukan untuk Stories orang lain. Jadi, jika Anda ingin mengunduh Stories orang lain, Anda perlu menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya. Kedua, fitur ini hanya berfungsi untuk Stories yang diunggah sejak fitur arsip diaktifkan. Jika Anda ingin mengunduh Stories yang diunggah sebelumnya, Anda perlu menggunakan metode lain seperti aplikasi pihak ketiga atau situs web pengunduh.

Menggunakan Fitur Pemutar Stories

Menggunakan Fitur Pemutar Stories

Instagram memiliki fitur pemutar Stories yang memungkinkan Anda untuk melihat semua Stories di profil pengguna secara berurutan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat dan menyimpan Stories orang lain saat Anda melihatnya. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengunduh beberapa Stories sekaligus dari satu pengguna.

Untuk menggunakan fitur pemutar Stories, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Profil Pengguna

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan cari profil pengguna yang Stories-nya ingin Anda unduh. Anda dapat mencari pengguna dengan menggunakan fitur pencarian di bagian atas layar atau dengan mengklik nama pengguna yang muncul dalam Stories.

Langkah 2: Buka Pemutar Stories

Setelah membuka profil pengguna, gulir ke atas untuk melihat Stories yang telah diunggah oleh pengguna tersebut. Di bagian atas layar, Anda akan melihat pemutar Stories yang menunjukkan Stories yang sedang diputar secara otomatis. Di samping pemutar, ada ikon tiga titik vertikal. Klik ikon ini untuk membuka menu pemutar.

Langkah 3: Tonton dan Simpan Stories

Pada menu pemutar, Anda akan melihat daftar semua Stories yang diunggah oleh pengguna tersebut. Anda dapat mengklik Stories untuk melihatnya secara penuh. Selama pemutaran Stories, Anda dapat menggeser ke kiri atau ke kanan untuk melihat Stories sebelumnya atau berikutnya.

Jika ada Stories yang ingin Anda unduh, cukup ketuk ikon unduh yang muncul di layar. Stories tersebut akan secara otomatis disimpan di galeri perangkat Anda. Anda juga dapat menggeser ke bawah untuk melihat Stories yang lebih lama yang mungkin belum Anda lihat sebelumnya.

Kelebihan Menggunakan Fitur Pemutar Stories

Fitur pemutar Stories Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat Stories secara berurutan tanpa harus mengklik satu per satu. Ini dapat menghemat waktu dan usaha, terutama jika Anda ingin melihat banyak Stories dari satu pengguna. Kedua, fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan Stories yang Anda sukai dengan hanya mengklik ikon unduh yang muncul di layar, tanpa perlu menggunakan metode lain seperti aplikasi pihak ketiga atau situs web pengunduh.

Kekurangan Menggunakan Fitur Pemutar Stories

Fitur pemutar Stories Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, fitur ini hanya berfungsi jika Anda memiliki cukup waktu untuk melihat semua Stories yang ingin Anda simpan. Jika Anda tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk melihat semua Stories, mungkin lebih baik menggunakan metode lain seperti aplikasi pihak ketiga atau situs web pengunduh. Kedua, fitur ini hanya berlaku untuk Stories yang masih tersedia di profil pengguna dan belum kadaluarsa. Jadi, jika Anda ingin mengunduh Stories yang sudah kadaluarsa, Anda perlu menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menggunakan Fitur Unduh Data Instagram

Menggunakan Fitur Unduh Data Instagram

Instagram memiliki fitur "Unduh Data" yang memungkinkan Anda untuk mengunduh semua data yang terkait dengan akun Anda, termasuk Stories yang telah Anda unggah. Dengan mengaktifkan fitur ini, Instagram akan mengirimkan file arsip yang berisi semua data Anda melalui email. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengunduh semua Stories Anda sekaligus atau jika Anda ingin memiliki salinan cadangan dari semua data Anda di Instagram.

Untuk menggunakan fitur "Unduh Data" Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengatur

Langkah 1: Buka Pengaturan Akun

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dengan mengklik ikon profil di sudut kanan bawah layar. Pada halaman profil Anda, klik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.

Langkah 2: Masuk ke Pengaturan Privasi

Di dalam menu pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Pengaturan". Klik opsi ini untuk membuka pengaturan akun Anda. Pada halaman pengaturan, cari dan klik opsi "Privasi".

Langkah 3: Masuk ke Opsi Keamanan

Di halaman privasi, gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Keamanan". Klik opsi ini untuk membuka pengaturan keamanan akun Anda.

Langkah 4: Masuk ke Opsi Unduh Data

Pada halaman keamanan, cari dan klik opsi "Unduh Data". Anda akan melihat penjelasan tentang fitur ini dan tombol "Minta Unduhan". Klik tombol ini untuk memulai proses pengunduhan data.

Langkah 5: Verifikasi Identitas Anda

Setelah mengklik tombol "Minta Unduhan", Instagram akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan privasi akun Anda. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses verifikasi identitas.

Langkah 6: Tunggu Email Pengunduhan

Setelah Anda memverifikasi identitas Anda, Instagram akan memproses permintaan Anda dan mengirimkan email yang berisi tautan untuk mengunduh file arsip. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima email tersebut. Jika tidak ada email yang masuk dalam jangka waktu yang wajar, periksa folder "Spam" atau "Promosi" di kotak masuk email Anda.

Langkah 7: Unduh dan Ekstrak File Arsip

Buka email yang Anda terima dari Instagram dan temukan tautan untuk mengunduh file arsip. Klik tautan tersebut untuk mulai mengunduh file. Setelah selesai mengunduh, buka file tersebut dan ekstrak isinya ke dalam folder di perangkat Anda.

Dalam folder arsip, Anda akan menemukan berbagai file yang terkait dengan akun Instagram Anda, termasuk Stories yang telah Anda unggah. Cari dan buka folder yang berisi Stories Anda, dan Anda dapat melihat, mengelola, dan mengunduh Stories tersebut sesuai keinginan Anda.

Kelebihan Menggunakan Fitur Unduh Data Instagram

Fitur "Unduh Data" Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunduh semua data yang terkait dengan akun Anda, termasuk Stories, dalam satu paket. Ini membantu Anda menghemat waktu dan upaya dalam mengunduh Stories satu per satu. Kedua, fitur ini memberikan Anda salinan cadangan dari semua data Anda di Instagram, sehingga Anda dapat memulihkan atau mengaksesnya di masa depan jika diperlukan. Ketiga, dengan memiliki file arsip, Anda dapat melihat semua Stories Anda dalam format asli, tanpa kehilangan kualitas gambar atau video.

Kekurangan Menggunakan Fitur Unduh Data Instagram

Fitur "Unduh Data" Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, proses pengunduhan data mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika Anda memiliki banyak konten di akun Anda. Kedua, file arsip yang diunduh harus diekstrak terlebih dahulu sebelum Anda dapat mengakses data yang ada di dalamnya. Ini dapat sedikit merepotkan jika Anda tidak terbiasa dengan proses ekstraksi file. Terakhir, fitur ini hanya berfungsi untuk mengunduh Stories yang telah Anda unggah sendiri, bukan untuk Stories orang lain.

Menggunakan Fitur Direct Message

Menggunakan Fitur Direct Message

Jika Anda ingin mengunduh Stories orang lain dan mereka telah memberikan izin kepada Anda, Anda dapat menggunakan fitur Direct Message di Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim Stories ke teman atau pengguna lain melalui pesan langsung, dan Anda juga dapat mengunduh Stories tersebut kembali ke perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur Direct Message untuk mengunduh Stories, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Stories Orang Lain

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan cari Stories orang lain yang ingin Anda unduh. Anda dapat melihat Stories ini di bagian atas layar beranda atau di profil pengguna tersebut.

Langkah 2: Ketuk Ikon Pesan

Jika Anda menemukan Stories yang ingin Anda unduh, ketuk ikon pesan yang muncul di bawah Stories tersebut. Ini akan membuka jendela pesan langsung.

Langkah 3: Kirim Stories sebagai Pesan

Di dalam jendela pesan langsung, ketuk ikon kamera di sebelah kiri kotak teks. Ini akan membuka kamera di aplikasi Instagram.

Langkah 4: Ambil Gambar atau Rekam Video

Pada kamera, Anda dapat mengambil gambar atau merekam video untuk mengirim sebagai pesan. Untuk mengambil gambar, cukup ketuk ikon lingkaran di tengah layar. Untuk merekam video, tahan ikon lingkaran selama beberapa detik hingga proses perekaman selesai.

Langkah 5: Tambahkan Keterangan dan Kirim

Setelah mengambil gambar atau merekam video, Anda dapat menambahkan keterangan atau pesan teks jika diinginkan. Setelah itu, klik tombol "Kirim" atau ikon panah di sebelah kanan kotak teks untuk mengirim Stories sebagai pesan langsung.

Langkah 6: Unduh Stories dari Pesan

Setelah mengirim Stories sebagai pesan langsung, Anda dapat mengunduhnya kembali ke perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka pesan yang Anda kirim dan cari Stories yang ingin Anda unduh. Ketuk Stories tersebut untuk membukanya dalam mode penuh layar, dan ketuk ikon unduh yang muncul di layar. Stories tersebut akan secara otomatis disimpan di galeri perangkat Anda.

Kelebihan Menggunakan Fitur Direct Message

Fitur Direct Message Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, Anda dapat mengunduh Stories orang lain dengan izin mereka, sehingga tidak melanggar kebijakan privasi dan etika. Kedua, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan langsung kepada pengguna lain, sehingga Anda dapat berinteraksi dan berbagi konten dengan mereka secara langsung. Ketiga, Anda dapat mengunduh Stories yang dikirimkan kepada Anda kembali ke perangkat Anda, sehingga Anda dapat melihat atau berbagi kembali Stories tersebut sesuai keinginan Anda.

Kekurangan Menggunakan Fitur Direct Message

Fitur Direct Message Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, metode ini hanya berlaku jika pengguna lain memberikan izin kepada Anda untuk mengunduh Stories mereka. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan metode ini untuk mengunduh Stories orang lain tanpa izin mereka. Kedua, fitur ini hanya berfungsi jika Anda ingin mengunduh Stories yang dikirimkan kepada Anda secara langsung melalui pesan. Jika Anda ingin mengunduh Stories yang diunggah secara umum oleh pengguna lain, Anda perlu menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menggunakan Fitur "Save" di Instagram

Menggunakan Fitur Save Di Instagram

Instagram memiliki fitur "Save" yang memungkinkan Anda untuk menyimpan postingan, termasuk Stories

Instagram memiliki fitur "Save" yang memungkinkan Anda untuk menyimpan postingan, termasuk Stories, ke dalam koleksi pribadi Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan melihat kembali Stories yang telah Anda simpan sebelumnya. Fitur "Save" ini berfungsi baik untuk Stories yang Anda unggah sendiri maupun Stories orang lain yang Anda temui di feed atau di profil mereka.

Untuk menggunakan fitur "Save" Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Stories yang Ingin Anda Simpan

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan cari Stories yang ingin Anda simpan. Anda dapat melihat Stories ini di bagian atas layar beranda atau di profil pengguna tersebut.

Langkah 2: Ketuk Ikon "Save"

Jika Anda menemukan Stories yang ingin Anda simpan, ketuk ikon "Save" yang muncul di bawah Stories tersebut. Ikon ini biasanya berbentuk ikon bendera atau ikon bookmark.

Langkah 3: Pilih Tempat Penyimpanan

Setelah Anda mengklik ikon "Save", Instagram akan memberikan opsi untuk memilih tempat penyimpanan untuk Stories yang Anda simpan. Anda dapat memilih untuk menyimpannya ke dalam koleksi "Disimpan" di profil Anda atau ke dalam "Koleksi" yang sudah ada atau baru.

Langkah 4: Lihat dan Kelola Stories yang Disimpan

Setelah Anda menyimpan Stories, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola Stories yang telah Anda simpan. Untuk melihat Stories yang disimpan, buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil di sudut kanan bawah layar. Pada halaman profil Anda, klik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.

Di menu ini, klik opsi "Disimpan" untuk melihat semua Stories yang telah Anda simpan. Di sini, Anda dapat mengelola koleksi Stories yang disimpan, seperti membuat folder baru, menyusun ulang urutan, atau menghapus Stories yang tidak lagi Anda inginkan.

Kelebihan Menggunakan Fitur "Save" di Instagram

Fitur "Save" Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan dan mengakses kembali Stories yang Anda temui di feed atau di profil pengguna lain. Kedua, Anda dapat menyimpan Stories yang Anda unggah sendiri untuk melihat atau berbagi kembali di masa depan. Ketiga, dengan menggunakan fitur "Save", Anda dapat membuat koleksi pribadi dari Stories yang Anda sukai atau yang memberikan inspirasi bagi Anda.

Kekurangan Menggunakan Fitur "Save" di Instagram

Fitur "Save" Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Stories yang Anda simpan hanya dapat diakses oleh Anda dan tidak dapat dilihat oleh pengguna lain. Jadi, jika Anda ingin berbagi Stories dengan orang lain, Anda perlu menggunakan metode lain seperti mengirim melalui pesan langsung atau menggunakan fitur repost. Kedua, jika pengguna yang mengunggah Stories menghapusnya atau mengubah status privasinya menjadi pribadi, Stories yang Anda simpan juga akan hilang dari koleksi Anda.

Menggunakan Fitur "Highlights" di Instagram

Menggunakan Fitur Highlights Di Instagram

Fitur "Highlights" di Instagram memungkinkan Anda untuk menyimpan Stories yang telah kadaluarsa dalam bentuk sorotan di profil Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan melihat kembali Stories yang ingin Anda simpan. Fitur "Highlights" ini berfungsi baik untuk Stories yang Anda unggah sendiri maupun Stories orang lain yang Anda simpan dari feed atau profil mereka.

Untuk menggunakan fitur "Highlights" Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Stories yang Ingin Anda Simpan

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan cari Stories yang ingin Anda simpan. Anda dapat melihat Stories ini di bagian atas layar beranda atau di profil pengguna tersebut.

Langkah 2: Ketuk Ikon "Highlight"

Jika Anda menemukan Stories yang ingin Anda simpan, ketuk ikon "Highlight" yang muncul di bawah Stories tersebut. Ikon ini biasanya berbentuk ikon stiker atau ikon plus.

Langkah 3: Buat Sorotan Baru atau Tambahkan ke Sorotan yang Sudah Ada

Setelah Anda mengklik ikon "Highlight", Instagram akan memberikan opsi untuk membuat sorotan baru atau menambahkan Stories ke sorotan yang sudah ada. Jika Anda ingin membuat sorotan baru, beri nama sorotan tersebut sesuai dengan tema atau konten Stories yang ingin Anda simpan. Jika Anda ingin menambahkan Stories ke sorotan yang sudah ada, pilih sorotan yang sudah ada dari daftar sorotan yang tersedia.

Langkah 4: Lihat dan Kelola Sorotan yang Dibuat

Setelah Anda membuat sorotan atau menambahkan Stories ke sorotan yang sudah ada, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola sorotan tersebut. Untuk melihat sorotan, buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil di sudut kanan bawah layar. Di halaman profil Anda, gulir ke bawah hingga menemukan bagian "Sorotan". Klik sorotan yang ingin Anda lihat untuk melihat Stories yang disimpan di dalamnya.

Anda juga dapat mengelola sorotan yang dibuat, seperti mengubah urutan Stories, menghapus Stories yang tidak lagi Anda inginkan, atau mengubah nama sorotan. Caranya cukup dengan mengklik ikon tiga titik di bagian kanan atas layar saat Anda berada di halaman sorotan.

Kelebihan Menggunakan Fitur "Highlights" di Instagram

Fitur "Highlights" Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan dan mengakses kembali Stories yang telah kadaluarsa di profil Anda. Kedua, Anda dapat mengatur Stories dalam sorotan berdasarkan tema atau konten tertentu, sehingga mudah bagi Anda dan pengunjung profil Anda untuk melihat Stories yang relevan. Ketiga, sorotan yang dibuat dapat dilihat oleh pengunjung profil Anda selama sorotan tersebut masih ada di profil Anda.

Kekurangan Menggunakan Fitur "Highlights" di Instagram

Fitur "Highlights" Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, sorotan yang Anda buat hanya dapat dilihat oleh pengunjung profil Anda dan tidak dapat dibagikan atau dilihat oleh pengguna lain di feed mereka. Jadi, jika Anda ingin berbagi Stories dengan pengguna lain secara umum, Anda perlu menggunakan metode lain seperti mengunggah ulang Stories di feed atau mengirim melalui pesan langsung. Kedua, sorotan yang Anda simpan dalam profil Anda akan tetap tersedia selama Anda memilih untuk menyimpannya, tetapi jika pengguna yang mengunggah Stories menghapusnya atau mengubah status privasinya menjadi pribadi, sorotan tersebut juga akan hilang dari profil Anda.

Menggunakan Fitur "Repost" di Instagram

Menggunakan Fitur Repost Di Instagram

Jika Anda ingin mengunduh Stories orang lain dan membagikannya di akun Instagram Anda sendiri, Anda dapat menggunakan fitur "Repost". Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan membagikan Stories orang lain dengan mudah. Salah satu aplikasi populer untuk melakukan ini adalah "Repost for Instagram".

Untuk menggunakan fitur "Repost" Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Repost

Buka Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi "Repost for Instagram". Unduh dan instal aplikasi ini di perangkat Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi InstagramLangkah 2: Buka Aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda dan cari Stories orang lain yang ingin Anda unduh. Anda dapat melihat Stories ini di bagian atas layar beranda atau di profil pengguna tersebut.

Langkah 3: Salin Tautan Stories

Jika Anda menemukan Stories yang ingin Anda unduh, klik ikon "More Options" (tiga titik vertikal) di sudut kanan atas Stories tersebut. Pilih opsi "Copy Link" (Salin Tautan) untuk menyalin tautan Stories ke clipboard perangkat Anda.

Langkah 4: Buka Aplikasi Repost

Buka aplikasi "Repost for Instagram" yang telah Anda unduh dan instal sebelumnya. Aplikasi ini akan mendeteksi otomatis tautan yang telah Anda salin ke clipboard.

Langkah 5: Pilih Stories untuk Direpost

Setelah tautan Stories dideteksi, Anda akan melihat daftar Stories yang tersedia untuk direpost dalam aplikasi Repost. Pilih Stories yang ingin Anda unduh dan repost dengan mengkliknya.

Langkah 6: Atur Pengaturan Repost

Setelah memilih Stories untuk direpost, Anda akan melihat opsi pengaturan seperti posisi watermark, keterangan, dan tautan pengguna. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 7: Unduh dan Repost Stories

Setelah mengatur pengaturan repost, klik tombol "Repost" untuk mengunduh dan membagikan Stories di akun Instagram Anda. Aplikasi Repost akan secara otomatis mengunduh Stories tersebut dan membuka aplikasi Instagram dengan opsi untuk membagikan ulang.

Kelebihan Menggunakan Fitur "Repost" di Instagram

Fitur "Repost" Instagram memiliki beberapa kelebihan. Pertama, dengan menggunakan aplikasi Repost, Anda dapat dengan mudah mengunduh dan membagikan Stories orang lain di akun Instagram Anda sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi konten menarik dan menginspirasi dengan pengikut Anda. Kedua, aplikasi Repost biasanya menyediakan opsi untuk mengatur tampilan repost, seperti posisi watermark atau tautan pengguna, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan repost sesuai dengan preferensi Anda.

Kekurangan Menggunakan Fitur "Repost" di Instagram

Fitur "Repost" Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Repost memerlukan instalasi tambahan dan membutuhkan ruang penyimpanan di perangkat Anda. Kedua, aplikasi Repost mungkin memiliki batasan fungsionalitas dalam versi gratisnya, dan Anda mungkin perlu membeli versi premium untuk mengakses fitur-fitur tambahan. Terakhir, beberapa pengguna mungkin tidak senang dengan orang lain yang mengunduh dan membagikan Stories mereka tanpa izin, jadi pastikan untuk mendapatkan izin sebelum melakukan repost.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda sekarang memiliki berbagai cara untuk mengunduh dan menyimpan Instagram Stories di perangkat Android Anda. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi Anda dan selalu hormati privasi dan hak cipta orang lain saat menggunakan konten mereka. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Download Instagram Stories Android: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]