Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Direct Message Teman Instagram: Panduan Lengkap

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram menyediakan berbagai fitur menarik yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan teman-teman mereka. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah Direct Message atau DM, yang memungkinkan pengguna mengirim pesan langsung kepada teman-teman mereka di Instagram. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan fitur Direct Message ini dengan efektif dan menyenangkan. Mari kita mulai!

Membuka Direct Message

Langkah pertama dalam menggunakan fitur Direct Message di Instagram adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat ikon pesan yang terletak di pojok kanan atas layar. Ikon pesan ini biasanya terlihat seperti kotak dengan tanda panah ke kanan di dalamnya. Ketuk ikon tersebut untuk membuka Direct Message.

Membuka Direct Message

Setelah Anda membuka Direct Message, Anda akan melihat daftar teman yang sudah Anda ikuti dan obrolan sebelumnya. Daftar teman ini akan ditampilkan dalam bentuk urutan waktu terbalik, dengan obrolan yang paling baru berada di bagian atas. Anda dapat menggeser layar ke atas atau ke bawah untuk melihat obrolan yang lebih lama atau yang baru. Untuk memulai obrolan baru, ketuk ikon pensil yang terletak di pojok kanan atas layar. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengirim pesan langsung kepada teman di Instagram.

Memilih Teman yang Ingin Dikirim Pesan

Setelah membuka Direct Message, Anda akan melihat daftar teman yang sudah Anda ikuti. Pilihlah teman yang ingin Anda kirim pesan dengan mengetuk nama pengguna mereka pada daftar tersebut. Setelah Anda mengetuk nama pengguna teman Anda, obrolan dengan teman tersebut akan terbuka dan Anda dapat mulai mengirim pesan langsung kepada mereka.

Memilih Teman

Menggunakan Fitur Pencarian

Jika Anda memiliki banyak teman di Instagram dan ingin menemukan teman tertentu dengan cepat, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di Direct Message. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketuk ikon kaca pembesar yang terletak di bagian atas layar setelah membuka Direct Message. Setelah itu, ketikkan nama pengguna teman yang ingin Anda temukan dan Instagram akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Anda dapat mengetuk nama pengguna teman tersebut untuk membuka obrolan dengan mereka dan mulai mengirim pesan langsung.

Menulis Pesan

Sekarang saatnya untuk menulis pesan kepada teman Anda! Ketuk kotak teks yang tersedia di bagian bawah layar untuk memulai mengetik pesan. Instagram memungkinkan Anda untuk menulis pesan teks biasa, mengirim foto, video, atau menggunakan fitur-fitur lain yang tersedia seperti stiker atau emoji. Anda dapat mengetik pesan langsung di kotak teks atau menggunakan fitur perekaman suara untuk mengirim pesan suara. Jika Anda ingin mengirim foto atau video, cukup ketuk ikon kamera yang terletak di sebelah kiri kotak teks untuk mengambil foto atau merekam video langsung dari aplikasi Instagram.

Menulis Pesan

Menggunakan Fitur Stiker dan Emoji

Instagram menyediakan berbagai stiker dan emoji yang dapat Anda tambahkan ke pesan Anda untuk membuatnya lebih ekspresif dan menarik. Untuk menggunakan stiker atau emoji, cukup ketuk ikon wajah senyum yang terletak di sebelah kiri kotak teks. Setelah itu, Anda akan melihat berbagai pilihan stiker dan emoji yang tersedia. Anda dapat mengetuk stiker atau emoji yang ingin Anda tambahkan ke pesan Anda, dan mereka akan muncul di kotak teks. Anda juga dapat mengetuk ikon panah ke kanan di sebelah stiker atau emoji untuk melihat lebih banyak pilihan.

Mengirim Pesan

Setelah selesai menulis pesan, Anda dapat mengirimnya kepada teman Anda dengan mengetuk ikon "Kirim" yang terletak di sebelah kanan kotak teks. Setelah Anda mengirim pesan, pesan tersebut akan muncul di obrolan dengan teman Anda. Anda juga akan melihat centang berwarna biru di sebelah pesan yang menunjukkan bahwa pesan tersebut telah terkirim. Jika teman Anda membaca pesan Anda, centang biru tersebut akan berubah menjadi gambar profil teman Anda yang menandakan bahwa pesan tersebut telah dibaca oleh mereka.

Mengirim Pesan

Menggunakan Fitur Balas Cepat

Jika Anda ingin membalas pesan dengan cepat tanpa mengetik pesan baru, Instagram menyediakan fitur "Balas Cepat". Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih pesan yang telah dikirim oleh teman Anda dan mengirimkannya kembali sebagai balasan. Untuk menggunakan fitur ini, cukup tahan pesan yang ingin Anda balas dan pilih opsi "Balas Cepat" yang muncul. Pesan tersebut akan muncul di kotak teks dan Anda dapat mengirimkannya kembali dengan mengetuk ikon "Kirim".

Mengirim Pesan ke Lebih dari Satu Teman

Instagram juga memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke lebih dari satu teman sekaligus. Anda dapat melakukan ini dengan mudah dengan menggunakan fitur "Kirim ke Banyak". Untuk mengirim pesan ke lebih dari satu teman, kembali ke daftar teman di Direct Message dengan mengetuk ikon panah kembali di pojok kiri atas layar. Setelah itu, pilihlah teman-teman yang ingin Anda kirim pesan dengan mengetuk foto profil mereka. Setelah Anda memilih teman-teman yang diinginkan, ketuk ikon "Berikutnya" di pojok kanan atas layar. Sekarang Anda dapat menulis pesan Anda seperti biasa dan mengirimkannya kepada teman-teman yang telah Anda pilih.

Mengirim Pesan Ke Lebih Dari Satu Teman

Menggunakan Fitur Grup

Selain mengirim pesan ke beberapa teman secara bersamaan, Instagram juga menyediakan fitur Grup yang memungkinkan Anda untuk membuat obrolan grup dengan beberapa teman sekaligus. Dalam obrolan grup, semua anggota grup dapat melihat dan mengirim pesan ke semua orang dalam grup tersebut. Untuk membuat obrolan grup, kembali ke daftar teman di Direct Message dengan mengetuk ikon panah kembali di pojok kiri atas layar. Setelah itu, ketuk ikon grup di pojok kanan atas layar dan pilih teman-teman yang ingin Anda tambahkan ke grup. Setelah Anda memilih teman-teman yang diinginkan, ketuk ikon "Buat" di pojok kanan atas layar. Beri nama grup Anda, tambahkan foto grup jika diinginkan, dan mulailah mengirim pesan ke grup tersebut.

Menghapus atau Blokir Pesan

Jika Anda ingin menghapus pesan yang sudah dikirim atau memblokir pesan dari seseorang, Instagram menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan Anda melakukan hal tersebut. Untuk menghapus pesan, cukup tahan pesan yang ingin Anda hapus dan pilih opsi "Hapus" yang muncul. Pesan tersebut akan dihapus dari obrolan dan tidak akan terlihat oleh Anda atau teman Anda. Sedangkan untuk memblokir pesan dari seseorang, tahan pesan yang telah diterima dari orang tersebut dan pilih opsi "Blokir". Setelah Anda memblokir seseorang, Anda tidak akan menerima pesan dari mereka lagi dan mereka juga tidak akan dapat mengirim pesan kepada Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk menghentikan komunikasi dengan seseorang yang mungkin tidak diinginkan.

Memperbaiki Kesalahan

Jika Anda telah mengirim pesan yang salah atau ingin mengedit pesan yang sudah dikirim, Instagram menyediakan fitur untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Untuk melakukannya, cukup tahan pesan yang ingin Anda perbaiki dan pilih opsi "Edit" yang muncul. Anda dapat mengedit teks pesan atau menghapus foto atau video yang telah dikirim. Setelah Anda selesai mengedit, pesan yang diperbarui akan muncul di obrolan.

Mengatur Notifikasi Direct Message

Jika Anda ingin menerima notifikasi setiap kali ada pesan baru di Direct Message, Anda dapat mengatur pengaturan notifikasi pada aplikasi Instagram. Buka aplikasi Instagram, masuk ke akun Anda, dan ketuk ikon menu yang terletak di pojok kanan atas layar. Pilih "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Notifikasi". Ketuk pada opsi "Notifikasi Direct Message" dan Anda akan melihat berbagai preferensi notifikasi yang dapat Anda atur sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih untuk menerima notifikasi suara, notifikasi pop-up, atau hanya notifikasi di layar kunci.

Mengatur Notifikasi Direct Message

Mengelola Permintaan Pesan

Instagram juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola permintaan pesan dari orang yang belum menjadi teman mereka di Instagram. Permintaan pesan ini dapat berasal dari orang-orang yang ingin mengirim pesan kepada Anda, tetapi Anda belum menerima permintaan mereka untuk menjadi teman di Instagram. Untuk mengelola permintaan pesan, buka Direct Message dan ketuk ikon "Permintaan Pesan" yang terletak di bagian atas layar. Anda akan melihat daftar permintaan pesan yang belum Anda terima. Anda dapat menerima permintaan tersebut dengan mengetuk "Terima" atau menolak permintaan tersebut dengan mengetuk "Tolak". Jika Anda menerima permintaan pesan, obrolan dengan orang tersebut akan terbuka dan Anda dapat mulai mengirim pesan langsung kepada mereka.

Mengelola Permintaan Pesan

Membalas Pesan dengan Cerita

Instagram memungkinkan Anda membalas pesan dengan cerita yang Anda bagikan. Fitur ini memberikan cara yang kreatif dan menyenangkan untuk mengirim balasan kepada teman Anda. Untuk melakukannya, ketuk pesan yang ingin Anda balas, tahan dan pilih "Balas dengan Cerita". Anda akan diarahkan ke halaman cerita Anda di mana Anda dapat mengambil foto atau video, menambahkan teks, stiker, atau efek lainnya, dan membagikannya sebagai balasan kepada teman Anda. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman Anda melalui Direct Message dan membuat obrolan menjadi lebih hidup.

Membalas Pesan Dengan Cerita

Menggunakan Pesan yang Hilang

Instagram juga menyediakan fitur "Pesan yang Hilang" yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang akan hilang setelah dibaca oleh penerima. Fitur ini berguna jika Anda ingin mengirim pesan yang lebih pribadi atau rahasia yang tidak ingin tetap ada dalam obrolan. Untuk menggunakan fitur ini, buka obrolan dengan teman yang ingin Anda kirim pesan yang hilang, ketuk nama pengguna mereka di bagian atas obrolan, dan pilih "Pesan yang Hilang". Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, pesan yang Anda kirim akan otomatis terhapus setelah dibaca oleh penerima atau setelah mereka keluar dari obrolan. Ini memberikan privasi dan keamanan tambahan untuk pesan yang Anda kirimkan.

Menggunakan Pesan Yang Hilang

Mengelola Pesan Tersimpan

Instagram memungkinkan Anda untuk menyimpan pesan yang penting atau berarti bagi Anda. Dengan menyimpan pesan, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kembali di masa depan. Untuk menyimpan pesan, cukup tahan pesan yang ingin Anda simpan dan pilih opsi "Simpan" yang muncul. Pesan tersebut akan disimpan dalam folder "Pesan Tersimpan" di Direct Message. Untuk mengakses pesan yang disimpan, kembali ke Direct Message dan ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar. Pilih "Pesan Tersimpan" dan Anda akan melihat semua pesan yang telah Anda simpan. Anda dapat membuka pesan-pesan tersebut kapan pun Anda mau dan mengelolanya sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan fitur Direct Message di Instagram, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dan terhubung dengan teman-teman Anda secara langsung. Fitur-fitur seperti mengirim pesan, mengirim pesan ke lebih dari satu teman, membalas pesan dengan cerita, dan menggunakan pesan yang hilang membuat obrolan menjadi lebih seru dan ekspresif. Jangan ragu untuk mencoba fitur-fitur ini dan nikmati pengalaman baru dalam berkomunikasi di Instagram.

Posting Komentar untuk "Cara Direct Message Teman Instagram: Panduan Lengkap"

Daftar Isi [
tampilkan
]